Detektif Conan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Case Closed)
Jump to navigation Jump to search
Detektif Conan
Detective Conan Logo.jpg
Logo Detektif Conan (versi anime)
Genre Cerita detektif, drama, komedi, misteri, petualangan, aksi
Manga
Pengarang Gōshō Aoyama
Penerbit Bendera Jepang Shogakukan
Penerbit bahasa Indonesia Bendera Indonesia Elex Media Komputindo
Demografi Shōnen
Majalah Shōnen Sunday
Tanggal terbit 1994 – sekarang
Volume 94 (Jepang)
92(Indonesia) (Daftar volume)
Seri anime televisi
Sutradara Kenji Kodama, Yasuichiro Yamamoto
Jaringan Bendera Jepang NTV, Yomiuri TV, Animax
Jaringan bahasa Indonesia Bendera Indonesia SCTV (19972000), Indosiar (20002011)
Tayang perdana 8 Januari 1996 – sekarang
Episode 895 (Daftar episode)
Video aksi langsung
Meitantei Conan: Kudo Shinichi he no Chosenjo
Sutradara Okamoto Kouichi
Produser Masahiro Kunimoto
Akira Miyagawa
Penulis Mutsuki Watanabe
Penggubah Katsuo Ohno
Rilis 2 Oktober 2006
Video aksi langsung
Kudo Shinichi no Fukkatsu! Kuro no Soshiki to no Taiketsu
Sutradara Okamoto Kouichi
Produser Masahiro Kunimoto
Akira Miyagawa
Penulis Mutsuki Watanabe
Penggubah Katsuo Ohno
Rilis 17 Desember 2007
Video aksi langsung
Kudo Shinichi he no Chosenjo: Kaitori Densetsu no Nazo
Sutradara Shi Shirakawa
Produser Yoshinori Horiguchi Daisuke Amako, Reiko Umeda
Penulis Takehiko Hata
Penggubah Katsuo Ono
Rilis 15 April 2011
Terkait

Portal Anime dan Manga

Detektif Conan (名探偵コナン, Meitantei Konan) adalah sebuah serial manga detektif yang ditulis dan digambar oleh Gōshō Aoyama. Sejak tahun 1994 cerita ini dipublikasikan pada majalah Mingguan Shōnen Sunday yang terbit di Jepang. Serial ini menceritakan tentang Shinichi Kudo, seorang detektif sekolah menengah atas, yang tubuhnya mengecil akibat sebuah racun.

Detektif Conan telah diterbitkan secara terus menerus di majalah antologi manga Mingguan Shōnen Sunday sejak tahun 1994 dan telah dikumpulkan dalam 86 volume tankōbon sampai dengan Desember 2014. Dalam versi bahasa Indonesia, Detektif Conan diterbitkan oleh Elex Media Komputindo yang telah menerbitkan hingga volume 92 sampai dengan Mei 2018.

Cerita ini kemudian diadaptasi dalam serial animasi TV yang diproduksi oleh TMS Entertainment dan Yomiuri Telecasting Corporation Jepang, dan masih ditayangkan hingga saat ini. Selain serial TV, cerita tentang tokoh detektif ini juga diterbitkan dalam bentuk animasi video asli (OVA), drama TV, spesial TV, film tuturan, permainan video, dan berbagai bentuk barang yang berkaitan dengan tokoh Detektif Conan.

Viz Media melisensikan serial manga ini untuk publikasi berbahasa Inggris di Amerika Utara, sedangkan Funimation Entertainment melisensikan serial anime ini untuk daerah penyiaran di Amerika Utara.[1] Kedua adaptasi bahasa Inggris tersebut menggunakan judul Case Closed dan nama karakter di dalamnya diganti untuk menghindari masalah hak cipta terhadap nama Detektif Conan.[1]

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Shinichi Kudo, seorang detektif SMA berusia 17 tahun yang biasanya membantu polisi memecahkan kasus, diserang oleh 2 anggota sindikat misterius ketika mengawasi sebuah pemerasan. Ia kemudian diberi minum racun misterius yang baru selesai dikembangkan untuk membunuhnya. Namun, karena sebuah efek samping yang jarang terjadi yang tidak diketahui anggota sindikat tersebut, racun tersebut mengakibatkan tubuhnya mengecil seperti anak kecil berusia tujuh tahun setelah mereka meninggalkannya.[2]

Untuk menyembunyikan identitasnya dan untuk menginvestigasi keadaan sindikat tersebut, yang selanjutnya dikenal dengan nama Organisasi Berbaju Hitam atau Organisasi Hitam, dia menyamarkan namanya menjadi Conan Edogawa.[3] Untuk mencari jejak sindikat tersebut, dia tinggal bersama dengan teman sejak kecilnya, Ran Mouri, yang ayahnya, Kogoro Mouri, merupakan seorang detektif swasta.[3] Dia bersekolah di SD Teitan dan membentuk Grup Detektif Cilik dengan 3 teman sekelasnya, yaitu: Ayumi Yoshida, Mitsuhiko Tsuburaya, dan Genta Kojima.[4] Meskipun tubuhnya mengecil, ia tetap memecahkan kasus. Biasanya, ia menyelesaikan kasus-kasus tersebut dengan meniru suara Kogoro Mouri dengan alat yang diciptakan oleh tetangganya, Profesor Agasa. Kogoro Mouri, seorang detektif yang agak bodoh, awalnya bingung pada kemampuan memecahkan kasusnya meningkat secara mendadak. Tetapi, kemudian ia tidak heran karena ia senang karena ketenarannya yang meningkat. Ran Mouri pernah beberapa kali mencurigai bahwa Conan adalah Shinichi, namun karena kecerdikan Conan, maka Ran pun percaya bahwa Conan bukanlah Shinichi.

Selanjutnya dalam seri ini, tokoh utama lainnya, Ai Haibara, muncul. Ai adalah seorang mantan anggota Organisasi Hitam, yang memiliki nama sandi "Sherry". Nama aslinya adalah Shiho Miyano, seorang ilmuan yang mengembangkan racun APTX 4869 yang membuat tubuh Shinichi mengecil.[5] Setelah kakaknya secara kejam dibunuh oleh anggota Organisasi Hitam, ia mencoba keluar dari organisasi itu, namun ia ditangkap.[5] Dia mencoba bunuh diri dengan menelan pil APTX 4869, namun ternyata tubuhnya mengecil, dan dia berhasil kabur dari organisasi tersebut.[5] Dia kemudian bersekolah di SD Teitan dengan nama samaran "Ai Haibara".[5] Dia mengetahui identitas asli Conan dan membantunya dalam perjuangan Conan untuk menjatuhkan Organisasi Hitam.[5] Selain Ai Haibara, Profesor Agasa, dan kedua orangtua Shinichi, orang yang juga mengetahui identitas asli Conan adalah Heiji Hattori, seorang detektif SMA dari Osaka. Pada mulanya, Heiji dikenal sebagai detektif SMA dari Barat dan mengaku sebagai saingan Shinichi, detektif SMA dari Timur. Dengan berkembangnya cerita, Heiji pun kini menjadi sahabat dekat Shinichi (Conan).

Selama terus menyamar sebagai anak SD dan menjadi dalang di balik ketenaran Kogoro Mouri, Conan bertemu dengan berbagai macam penjahat dan musuh. Namun hanya satu tokoh yang dapat diakui sebagai rival bebuyutan Conan, yaitu Kid si Pencuri - pencuri yang ahli menyamar dan gemar menggunakan trik sulap dalam setiap pencuriannya. Ia selalu berhasil lepas dari kejaran polisi dan juga Conan.

Musuh utama Conan lain yang muncul berasal dari Organiasi Hitam dan bernama Vermouth (alias Sharon/ Chris Vineyard). Tokoh ini diketahui merupakan orang yang sangat dekat dengan bos Organisasi Hitam dan secara misterius tidak pernah bertambah tua. Vermouth mengetahui identitas asli Conan dan Ai Haibara, namun merahasiakannya dari anggota Organisasi Hitam lainnya.

Penyelidikan Conan membawanya terlibat dengan Biro Investigasi Federal (FBI) yang ternyata mempunyai misi sejalan, yaitu menghancurkan Organisasi Hitam. Dari situ, diketahui bahwa terdapat beberapa agen rahasia yang menyusup ke dalam organisasi tersebut, yang dikenal sebagai agen NOC (Non Official Cover). Salah satu mantan agen penyusup dari FBI adalah Shuuichi Akai (bernama sandi Rye), yang pada perkembangan ceritanya banyak ikut membantu Conan. Agen-agen rahasia yang hingga sekarang diketahui menyusup dalam Organisasi Hitam berasal dari FBI, CIA (Central Intelligence Agency), dan Biro Keamanan Publik Kepolisian Tokyo.

Banyaknya agen rahasia yang menyusup dalam Organisasi Hitam membuat salah satu anggota organisasi mulai bergerak. Ia dikenal dengan nama sandi Rum dan merupakan orang terpenting kedua dari organisasi tersebut. Identitas Rum belum diketahui. Namun Conan menemukan bahwa Rum terlibat dalam sebuah kasus pembunuhan seorang pemain Shoji bernama Koji Haneda, yang menurut Ai merupakan salah satu korban racun APTX 4869.

Tokoh[sunting | sunting sumber]

Serial Detektif Conan menampilkan tokoh-tokoh ciptaan Gōshō Aoyama. Alur utama cerita ini berlatar belakang tempat di Jepang modern, dengan penggunaan nama-nama tempat sungguhan seperti Tokyo dan Osaka, namun juga menggunakan nama tempat fiktif seperti "Teitan", "Beika" dan "Haido". Nama tokoh versi Funimation Entertainment dan Viz Media (keduanya di Amerika Utara) memiliki sejumlah perbedaan dengan versi aslinya.[6]

Tokoh Utama[sunting | sunting sumber]

Tokoh utama dalam seri ini ada 3, yaitu: Conan Edogawa atau Shinichi Kudo, Ran Mouri, dan Kogoro Mouri.

Selain keluarga Mouri, tokoh-tokoh yang juga sering muncul adalah Grup Detektif Cilik (Shonen Tantei-dan) yang terdiri dari Ayumi Yoshida, Genta Kojima, dan Mitsuhiko Tsuburaya, kemudian Ai Haibara dan Profesor Agasa.

Tokoh Pendukung[sunting | sunting sumber]

Tokoh pendukung yang sering muncul adalah Heiji Hattori sang detektif SMA dari Osaka bersama dengan teman masa kecilnya Kazuha Toyama, Sonoko Suzuki - sahabat Ran sekaligus putri direktur Perusahaan Suzuki, Kid si Pencuri, orang tua Shinichi: Yusaku dan Yukiko Kudo, Sera Masumi dan Shuukichi Akai. Tokoh sampingan lainnya adalah Eri Kisasi - ibu Ran dan Makoto Kyogoku - kekasih Sonoko.

Kepolisian Jepang[sunting | sunting sumber]

Seri ini melibatkan pihak-pihak sungguhan, seperti Kepolisian Jepang atau Biro Investigasi Federal (FBI). Meski begitu tokoh-tokohnya tetap fiktif.

Dari Kepolisian Jepang tokoh-tokohnya yang sering muncul adalah Inspektur Megure, Inspektur Shiratori, Miwako Sato, Wataru Takagi, Chiba, Yumi Miyamoto. Mereka berasal dari Kepolisian Daerah Tokyo dan banyak bertemu Conan dan Kogori Mouri saat ada kasus. Tokoh kepolisian lain yang juga terkadang muncul merupakan anggota kepolisian dari daerah lain, seperti Inspektur Yamato dari wilayah Nagano, Inspektur Yamamura dari Gunma, Heizo Hattori dari Osaka atau Inspektur Ayanokoji dari Kyoto.

Agen Rahasia[sunting | sunting sumber]

Anggota agen rahasia dalam cerita Detektif Conan berasal dari FBI, CIA (Central Intelligence Agency), dan Biro Keamanan Publik Kepolisian Tokyo (PSB). Dari FBI tokoh yang dikenal adalah Jodie Starling, James Black, Shuuichi Akai atau Subaru Okiya, dan Agen Camel.

Dari CIA tokoh yang dikenal adalah Rena Mizunashi, sementara dari Biro Keamanan Publik Kepolisian Tokyo tokoh yang muncul adalah Rei Furuya.

Organisasi Hitam[sunting | sunting sumber]

Tokoh-tokoh dari Organsasi Hitam hanya diketahui nama sandinya saja. Pertama ada Gin dan Vodka yang memberi racun pada Shinichi Kudo sehingga tubuhnya mengecil, kemudian ada Vermouth, dan dua sniper andalan Organisasi Hitam - Chianti dan Korn.

Produksi[sunting | sunting sumber]

Manga Meitantei Konan (Detektif Conan) dikarang oleh Gōshō Aoyama dan dipublikasi oleh Shōgakukan di Weekly Shonen Sunday sejak 2 Februari 1994.[7] Manga ini diadaptasi menjadi sebuah serial anime yang disutradarai oleh Kenji Kodama dan Yasuichiro Yamamoto dan diproduksi oleh TMS Entertainment dan Yomiuri Telecasting Corporation.[8][9] Episode pertama serial anime ditayangkan di Nippon Television Network System Jepang pada tanggal 8 Januari 1996.[10]

Gōshō Aoyama menyebut Arsène Lupin, Sherlock Holmes, dan film samurai karya Akira Kurosawa sebagai faktor yang telah memengaruhi karyanya.[11] Dalam wawancara dengan Sankei Shimbun pada tanggal 2 Oktober 2007, Gōshō mengisyaratkan dia telah merencanakan cerita penutup seri ini tetapi dia belum berniat mengakhiri seri ini.[12][13] Ketika membuat sebuah cerita, dia berusaha untuk menjaga misteri segar dengan menempatkan mereka dalam situasi yang berbeda dan menghindari kata-kata rumit dan frasa untuk membuat pembaca yakin bisa mengikuti cerita. Dia mengungkapkan bahwa dia mengambil rata-rata 4 jam untuk menghubungkan sebuah cerita bersama, dan 12 jam untuk kasus yang sulit.[13]

Media[sunting | sunting sumber]

Manga[sunting | sunting sumber]

Sampul Detektif Conan volume ke-34 dalam Bahasa Indonesia terbitan Elex Media Komputindo.

Jilid dari manga Detektif Conan ditulis dan digambar oleh Gōshō Aoyama. Di Jepang, Detektif Conan telah diterbitkan di Weekly Shonen Sunday-nya Shogakukan sejak 2 Februari 1994.[7] Sejak terbitnya Detektif Conan, lebih dari 1000 bab (chapter/ file) telah dirilis di Jepang. Per Oktober 2017, telah terbit 1006 bab. Masing-masing bab dikumpulkan oleh Shogakukan dalam serangkaian volume tankōbon. Jilid pertama dirilis pada 18 Juni 1994;[14] sampai dengan Oktober 2017, di Jepang telah dirilis 93 volume.[15] Viz Media (penerbit Detektif Conan di Amerika Utara) merilis volume pertama pada 7 September 2004, dengan 35 jilid dirilis per 13 Juli 2010.[16][17] Elex Media Komputindo merupakan penerbit Detektif Conan dalam versi Bahasa Indonesia. Per Oktober 2017 Elex Media Komputindo telah menerbitkan sampai volume 91.

Ada 9 edisi Detektif Conan yang diterbitkan dalam bahasa Indonesia oleh Elex Media Komputindo, yaitu:

  • Detektif Conan edisi reguler, berupa volume berbentuk tankobon yang isinya telah diterjemahkan dari bahasa Jepang ke bahasa Indonesia
  • Detektif Conan Edisi Spesial, yaitu buku komik Detektif Conan yang dibuat oleh asisten-asisten Gosho Aoyama
  • Detektif Conan Seri Animasi TV, yaitu seri anime yang diterbitkan dalam versi buku komik berwarna
  • Detektif Conan Movie, yaitu film-film tuturan yang diterbitkan dalam versi buku komik berwarna
  • Detektif Conan Super Digest Book, berisikan wawancara dengan Gosho Aoyama terkait serial Detektif Conan
  • Detektif Conan Cerita Spesial, berisikan bab-bab komik Detektif Conan yang diseleksi secara tematik
  • Detektif Conan The Movie Comics Edition, berupa komik film tuturan yang digambar oleh para asisten Gosho Aoyama
  • Detektif Conan Reader's Choice, berisikan bab-bab cerita Detektif Conan pilihan para fans dalam rangka ulang tahun ke-15 animasi Detektif Conan
  • Detektif Conan Sains, berupa buku edukasi untuk anak-anak tentang sains

Seri manga ini dilisensikan untuk berbagai negara oleh: Changchun Publishing House di Republik Rakyat Tiongkok;[18] Kana di Perancis;[19] Egmont Manga & Anime di Jerman;[20] Star Comics di Italia;[21] Egmont di Swedia, Norwegia, dan Finlandia;[22][23][24] Chingwin Publishing Group di Taiwan;[25] Kim Dong Publishing House di Vietnam;[26] dan Planeta DeAgostini di negara berbahasa Spanyol dan Katalan.[27][28]

Anime[sunting | sunting sumber]

Episode dari serial anime Detektif Conan diarahkan oleh Kenji Kodama dan Yasuichiro Yamamoto dan diproduksi oleh Tokyo Movie Shinsha dan Yomiuri Telecasting Corporation.[8][9] Berdasarkan ceritanya, serial anime Detektif Conan terdiri dari animasi adaptasi manganya dan animasi original TV yang berlaku sebagai filler.

Serial anime ini pertama kali diputar pada 8 Januari 1996 dan ditayangkan di Nippon Television Network System dan Animax di Jepang.[10][29][30] Lima puluh episode dari serial Detektif Conan Bahasa Inggris disiarkan di Cartoon Network sebagai bagian dari blok program Adult Swim pada 24 Mei 2004 sampai Januari 2005 dan telah dihentikan karena rendahnya popularitas.

Sampai dengan Agustus 2010, 18 musim dan 153 volume secara keseluruhan telah dirilis oleh Shogakukan.[31][32] Lima kotak kumpulan DVD anime dalam versi bahasa Inggris telah dirilis oleh Funimation Entertaiment di antara tanggal 22 Juli 2008 and 12 Mei 2009.[33][34] Kotak DVD telah dirilis ulang dalam edisi Viridian dari tanggal 14 Juli sampai dengan 23 Maret 2010.[35][36][37][38][39]

Hingga 10 Maret 2018, serial anime Detektif Conan telah mencapai 27 musim yang mencakup 895 episode. Seri anime Detektif Conan setiap minggunya ditayangkan di Jepang pada pukul 6.00 setiap Sabtu, lewat jaringan televisi Yomiuri.[40]

Film tuturan[sunting | sunting sumber]

Sejak 1997, setiap tahun diproduksi film animasi tuturan Detektif Conan (movie) yang ditayangkan di bioskop. Hingga sekarang, telah dirilis 21 film. Setiap film tuturan memiliki jalur plot tersendiri dan bukan merupakan adaptasi dari cerita manganya (non-canon). Di antara film-film ini, hanya 14 film pertama yang ditayangkan di televisi Indonesia melalui Indosiar.[41] Pada tahun 2016, film tuturan Detektif Conan yang ke-20 ditayangkan jaringan bioskop CGV Blitz dan Cinemaxx.[42] Film tuturan terbarunya yang berjudul Detective Conan: Crimson Love Letter (2017) juga ditayangkan di Indonesia pada Juni 2017.[43]

Animasi video asli[sunting | sunting sumber]

Dua seri animasi video asli (OVA) diproduksi oleh TMS Entertainment, Nippon Television, dan Yomiuri Telecasting Corporation. Seri OVA Shōnen Sunday Original Animation adalah episode tahunan yang tersedia untuk pelanggan Weekly Shōnen Sunday.[44] Shōnen Sunday Original Animation pertama tersedia dalam Weekly Shōnen Sunday edisi ke-26 tahun 2000 dengan 11 OVA yang telah dirilis per 2011.[45][46] Sembilan episode pertama dari seri OVA selanjutnya dikemas dalam 4 volume DVD berjudul Secret Files dan dirilis antara 24 Maret 2005 dan 9 April 2010.[47][48] Seri OVA ke-2 berjudul Magic File adalah rilisan langsung ke DVD tahunan. Magic File pertama dirilis pada 11 April 2007 dan berisi 4 episode dari seri anime.[49] OVA Magic File selanjutnya berisi plot dengan latar belakang yang masing-masing berkaitan dengan film tuturan Detektif Conan dimulai dari film ke-12 Detective Conan: Full Score of Fear.[50] Magic File ke-5 berkaitan dengan film tuturan ke-15, Detective Conan: Quarter of Silence.[51] Sebuah episode OVA berjudul Meitantei Conan Supesharu 「Kaitō Kiddo Tanjou no Himitsu」 (名探偵コナンスペシャル 「怪盗キッド誕生の秘密」?, lit. Detective Conan Special: Secret of the Birth of Phantom Thief Kid) disiarkan di NNS ketika jadwal siaran Detektif Conan pada 24 April 2010. Plot ini mengungkapkan asal usul Kid si Pencuri.[52]

Animasi spesial televisi[sunting | sunting sumber]

Selain seri anime Detektif Conan yang ditayangkan setiap minggunya, terdapat juga rangkaian film animasi spesial TV yang diproduksi secara tahunan. Cerita yang dituturkan biasanya tidak mengikuti alur cerita anime yang sedang ditayangkan. Sejak tahun 2004 hingga sekarang, telah diproduksi 6 seri animasi spesial TV Detektif Conan. Selain itu, pada tahun 2011, diproduksi seri Magic Kaito sebanyak 12 episode dalam rangka menyambut "Festival Kaito Kid". Animasi TV spesial Magic Kaito menceritakan kisah Kid si Pencuri dari perspektif Kaito Kuroba, sebagaimana diceritakan dalam serial manga "Magic Kaito".

Pada 2009 sebuah animasi spesial TV berjudul Lupin III vs Detective Conan (ルパン三世 vs 名探偵コナン, Rupan Sansei vs Meitantei Konan) diproduksi oleh TMS Entertainment, Nippon Television, dan Yomiuri Telecasting Corporation dan ditayangkan pada 27 Maret 2009.[53] Animasi spesial TV ini diumumkan pada edisi ke-9 Weekly Shōnen Sunday pada tahun 2009.[54] Animasi spesial TV ini merupakan animasi kolaborasi pertama Detektif Conan dengan seri animasi lain, yaitu anime Lupin III. Kisahnya bercerita tentang Conan yang menginvestigasi kematian Ratu Vespania, ketika Arsène Lupin III mencoba mencuri mahkota Ratu. Animasi spesial TV ini mendapatkan rating 19,5 di Jepang.[55] VAP merilis special TV ini dalam bentuk DVD dan cakram Blu-ray pada 24 Juli 2009.[56][57] Pada tahun 2013 diproduksi film tuturan Detektif Conan yang kembali berkolaborasi dengan Lupin III.

Tahun 2014 dirilis animasi spesial TV kelima yang berjudul The Disappearance of Conan Edogawa: The Worst Two Days in History (江戸川コナン失踪事件 ~史上最悪の二日間~ Edogawa Conan Shissō Jiken ~ Shijō Saiaku no Futsukakan ~). Animasi ini bercerita tentang hilangnya Conan yang diculik dan hilang ingatan. Film spesial TV ini terinspirasi dari kisah hilangnya Agatha Christie dan disutradarai oleh Kenji Uchida yang terkenal dengan filmnya Kagi Dorobo no Method (2012). Film berdurasi sekitar 1,5 jam ini diproduksi dalam rangka ulang tahun ke-20 serialisasi manga Detektif Conan.[58]

Pada tahun 2016 dirilis animasi spesial TV keenam yang berjudul Episode One: The Great Detective Turned Small (エピソード"ONE" 小さくなった名探偵 Episōdo "Wan" Chīsakunatta Meitantei). Film ini menceritakan kembali kisah awal mulanya Shinichi Kudo menjadi Conan Edogawa. Dalam film animasi ini beberapa bagian cerita dan karakter yang belum muncul di awal seri animenya, dimunculkan. Animasi spesial TV yang berdurasi sekitar 1,5 jam ini diproduksi dalam rangka peringatan 20 tahun berjalannya animasi Detektif Conan.[59]

Drama televisi[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 2006, sebuah drama televisi yang memfokuskan pada Shinichi Kudo disiarkan oleh Yomiuri Telecasting Corporation untuk memperingati tahun ke-10 publikasi manga.[60] Episode lainnya disiarkan pada tahun berikutnya.[61] Drama TV ini diproduksi oleh Yomiuri Telecasting Corporation dan TMS entertainment, dan menampilkan aktor pemenang penghargaan; Shun Oguri memerankan Shinichi Kudo dan Takanori Jinnai memerankan Kogoro Mouri.[62] Kedua drama dirilis dalam DVD setelah disiarkan di televisi.[61][63] Drama TV ke-3, "Kudo Shinichi he no Chosenjo: Kaitori Densetsu no Nazo" (工藤新一への挑戦状~怪鳥伝説の謎~?, lit. Shinichi Kudo's Written Challenge! The Mystery of the Legendary Strange Bird) disiarkan pada 15 April 2011 dan menampilkan Junpei Mizobata sebagai Shinichi Kudo dan Shioli Kutsuna sebagai Ran Mouri.[64]

Drama ini menampilkan cerita ketika Shinichi Kudo menginvestigasi misteri dalam tubuh remajanya. Alur cerita drama pertama, "Meitantei Conan: Kudo Shinichi he no Chosenjo" (名探偵コナン- 工藤新一への挑戦状?, lit. Detective Conan: Shinichi Kudo's Written Challenge), terjadi sebelum Shinichi menginvestigasi APTX 4869 dan drama ini menceritakan tentang kasus penculikan di sebuah kapal pesiar.[62] Di drama ke-2, "Kudo Shinichi no Fukkatsu! Kuro no Soshiki to no Taiketsu" (工藤新一の復活!〜黒の組織との対決?, lit. Shinichi Kudo Returns! Showdown with the Black Organization), tubuh Shinichi kembali ke bentuk awalnya setelah memakan sejenis kue dan harus melindungi Miyano, yang tubuhnya juga telah kembali ke bentuk awal, dari Organisasi Hitam.[61]

Album Soundtrack[sunting | sunting sumber]

Gambar sampul album dari Detective Conan Original Soundtrack

Soundtrack dari seri Detektif Conan ditulis dan diaransemen oleh Katsuo Ono. Dua puluh tujuh album soundtrack, diproduksi oleh Polydor Records dari Universal Music Group, telah dirilis untuk seri anime dan film Detektif Conan.[65]

  • Detective Conan: Original Soundtrack 1 dirilis pada tanggal 21 Februari 1996 dan berisi 20 lagu.[66]
  • Detective Conan: Original Soundtrack 2 dirilis pada tanggal 2 Mei 1996 dengan 70 lagu.[67]
  • Detective Conan: Original Soundtrack 3 dirilis pada tanggal 25 November 1996 dengan 27 lagu.[68]
  • Detective Conan: Original Soundtrack 4 ~Let's go! Detective Boys~ dirilis pada tanggal 25 April 2001 dengan 28 lagu.[69]

Tiga album dirilis dengan berisi kumpulan lagu jalur suara "terbaik" di dalam seri anime.

  • Detective Conan: Original Soundtrack- Super Best dirilis pada tanggal 27 November 1997 berisi 30.[70]
  • Detective Conan: Original Soundtrack- Super Best 2 dirilis pada tanggal 17 Desember 2003 berisi 22 lagu.[71]
  • Detective Conan TV Original Soundtrack: Selection Best dirilis pada tanggal 5 Desember 2007.[72]

Empat singel dirilis oleh Universal Music Group, yaitu:

  • Lagu tema Detektif Conan (bahasa Inggris: Detective Conan Main Theme) dirilis pada tanggal 23 April 1996
  • "If Your Here" (キミがいれば, "Kimi Ga Ireba") dirilis pada tanggal 25 Januari 1996
  • "If Your Here, If I Have You" ~Theme of Conan~ (ぼくがいる~コナンのテーマ~, "Kimi Ga Ireba Ba Bokuga Iru" ~Conan no Teema~) dirilis pada 26 September 1997
  • Our Memories ~Memories~ (想い出たち ~想い出~, Omoide Tachi ~Omoide~) dirilis pada tanggal 28 Desember 2005.

Dua album foto juga dirilis oleh Universal Music Group :

  • '"If I have" TV anime Detective Conan Image Song Album (ぼくがいる~TVアニメ「名探偵コナン」イメージソングアルバム, "Bokuga Iru" TV anime Meitantei Conan Imeeji Songu Arubamu) dirilis pada 22 Oktober 1997
  • Detective Conan All Character Best Songs in School (名探偵コナン・キャラクター・ソング集 帝丹小学校に全員集合!!, Meitantei Conan・ Kyarakutaa・ Songu Shuu Mikado ni Shoogakko ni zenin shuugoo!!) dirilis pada 25 Januari 2006.

Tujuh puluh sembilan lagu tema dari seri anime Detektif Conan telah dirilis; 29 lagu pembuka, 36 lagu penutup, dan 14 lagu tema dari film tuturan dari seri ini. Universal Music Group merilis singel 2 lagu pembuka pertama, 2 lagu penutup pertama, dan lagu tema film pertama. Semua lagu tema selanjutnya diproduksi dan dirilis oleh Being Incorporated.[73] Being Inc selanjutnya merilis 3 album kumpulan lagu tema yang berjudul "The Best of Detective Conan", "The Best of Detective Conan 2", "The Best of Detective Conan (The Movie Themes Collection)", dan "The Best of Detective Conan 3".[73]

Permainan Trading Card[sunting | sunting sumber]

Case Closed Trading Card Game adalah sebuah permainan yang dapat dikumpulkan didasarkan dari seri Detektif Conan (Case Closed). Permainan ini diproduksi oleh Score Entertainment, dan dipublikasikan pada Juni 2005 di Amerika Serikat.[74] Permainan ini dimainkan oleh antara 2 sampai 6 pemain.[74] Para pemain bersaing untuk menyelesaikan 3 kasus menggunakan petunjuk yang sesuai, sementara secara bersamaan pemain berusaha untuk menghentikan lawan mereka untuk menyelesaikan kasus. Setiap pemain masing-masing mengambil 5 langkah dalam 1 giliran.

Tanggapan[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 2001, manga Detektif Conan memenangi Penghargaan Manga Shogakukan ke-46 untuk kategori shōnen.[75] Lebih dari 120 juta kopi dari volume tankōbon telah terjual.[76] Dalam sebuah survei untuk manga dengan penjualan terbanyak di Jepang pada tahun 2008, Detektif Conan volume 61, 62, dan 63 secara berurutan menempati peringkat ke-25, 28 dan 45; dan secara keseluruhan telah terjual 160 volume.[77][78] Dalam sebuah survei pada semester pertama tahun 2009, volume 64 menempati peringkat ke-16 dan pada semester pertama tahun 2010, volume 67 menempati peringkat 18.[79][80]

Peninjau dari Mania.com, Eduardo M. Chavez, memuji gaya seni Gōshō Aoyama dan bagaimana caranya gaya tersebut cocok untuk sebuah serial misteri.[81] Dia juga mengomentari drama, ketegangan, perbuatan dan humor yang mampu memikat pembaca dari segala usia dan dia juga memuji plot, humor, dan dramanya.[81] Dia mengkritik dan juga kecewa atas perubahan nama karakter Detektif Conan oleh Viz Media pada versi bahasa Inggris.[81] A.E. Sparrow dari IGN memuji kasus dan menyatakan plot dari seri ini berada di antara Scooby-Doo dan Sherlock Holmes.[82] Leroy Douresseaux dari Comicbin.com menyebutkan ceritanya menarik meskipun skema kejahatan yang kurang masuk akal digunakan untuk melakukan pembunuhan.[83] Mangalife.com juga memuji misteri dan gaya seni seri ini, dan mengomentari bagaimana cara karakter tersebut tajam dan ekspresif.[84][85]

Sebuah survei nasional yang dipandu oleh TV Asahi menyatakan popularitas seri ini berada pada peringkat 6 besar, ke-8 pada survei daring, pada 2005 dan 23 pada tahun 2006.[86][87][88] Pada kompetisi tahunan Tokyo Anime Awards ke-5, film ke-9 dari seri ini memenangkan kategori Film Tuturan.[89] Rilis cakram Blu-ray dari film ke-13 dianugerahi Penghargaan Interaktivitas Terbaik oleh Digital Entertainment Group Japan.[90]

Karena popularitas yang tinggi, beberapa lembaga pemerintah Jepang telah menggunakan seri ini untuk mempromosikan kebijakan-kebijakan pemerintah seperti untuk memperkenalkan Konferensi Tingkat Tinggi G8 ke-34 dan digunakan untuk mempromosikan memerangi kejahatan umum.[91][92] Patung Shinichi Kudo, Conan Edogawa, dan Ran Mouri dapat ditemukan di Hokuei, Prefektur Tottori, Jepang, kota kelahiran Gōshō Aoyama, pengarang Detektif Conan.[93][94][95] Di kota Tottori jugalah sejak Maret 2007 telah berdiri Museum Gosho Aoyama Manga Factory. Museum tersebut memamerkan aneka ragam karya Gosho Aoyama sebagai seorang pengarang manga.

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b "Funimation renames Conan". Anime News Network. 2007-10-09. Diakses tanggal 2008-08-18. 
  2. ^ Aoyama, Gosho (2004-09-07). "File 2". Case Closed. 1. San Francisco: Viz Media. hlm. 44. ISBN 1-59116-327-7. 
  3. ^ a b Aoyama, Gosho (2004-09-07). "File 2". Case Closed. 1. San Francisco: Viz Media. hlm. 56–57. ISBN 1-59116-327-7. 
  4. ^ Aoyama, Gosho (18 Juli 1995). "File 6. 結成!少年探偵団,". 名探偵 コナン. Detektif Conan (dalam bahasa Bahasa Jepang). Volume 6. Shogakukan. ISBN 4-09-123376-7.  Parameter |trans_title= yang tidak diketahui akan diabaikan (bantuan); Parameter |trans_chapter= yang tidak diketahui akan diabaikan (bantuan)
  5. ^ a b c d e Aoyama, Gosho (1998-01-17). "File 8. コードネーム・シェリー". 名探偵 コナン. Detektif Conan (dalam bahasa Bahasa Jepang). Volume 18. Shogakukan. ISBN 4-09-125048-3.  Parameter |trans_title= yang tidak diketahui akan diabaikan (bantuan); Parameter |trans_chapter= yang tidak diketahui akan diabaikan (bantuan)
  6. ^ "Meitantei Conan". Diakses tanggal 2010-07-02. 
  7. ^ a b Weekly Shōnen Sunday (dalam bahasa Jepang). Shogakukan. 1994 (5).  Tidak memiliki atau tanpa |title= (bantuan)
  8. ^ a b "Detective Conan staff" (dalam bahasa Jepang). Yomiuri Telecasting Corporation. Diakses tanggal April 13, 2009. 
  9. ^ a b "Detective Conan". TMS Entertainment. Diakses tanggal December 9, 2010. 
  10. ^ a b "Detective Conan airdates" (dalam bahasa Jepang). Stingray Co. Ltd. Diakses tanggal September 25, 2010. 
  11. ^ "Case Closed- Profiles". Viz Media. Diarsipkan dari versi asli tanggal June 12, 2009. Diakses tanggal June 12, 2009. 
  12. ^ "「名探偵コナン、最終回の構想できている」" (dalam bahasa Jepang). Sankei Shimbun. October 2, 2010. Diarsipkan dari versi asli tanggal February 2, 2008. Diakses tanggal December 3, 2010.  Parameter |trans_title= yang tidak diketahui akan diabaikan (bantuan)
  13. ^ a b "Case Closed for Detective Conan? Not Quite". Anime News Network. October 2, 2010. Diakses tanggal December 3, 2010. 
  14. ^ "Detective Conan Vol 01" (dalam bahasa Jepang). Shogakukan. Diakses tanggal June 11, 2009. 
  15. ^ "Detective Conan Vol 73" (dalam bahasa Jepang). Shogakukan.  Teks "urlhttp://www.shogakukan.co.jp/comics/detail/_isbn_9784091232359 " akan diabaikan (bantuan);
  16. ^ "Case Closed, Vol. 1" (dalam bahasa Jepang). Viz Media. Diakses tanggal August 26, 2009. 
  17. ^ "Case Closed, Vol. 35". Viz Media. Diakses tanggal July 10, 2010. 
  18. ^ "《名侦探柯南》01" (dalam bahasa Chinese). Changchun Publishing House. Diakses tanggal December 10, 2010.  Parameter |trans_title= yang tidak diketahui akan diabaikan (bantuan)
  19. ^ "Détective Conan" (dalam bahasa Perancis). Kana. Diakses tanggal November 28, 2010. 
  20. ^ "Detektiv Conan" (dalam bahasa Jerman). Egmont Manga & Anime. Diakses tanggal November 28, 2010. 
  21. ^ "Detective Conan" (dalam bahasa Italia). Star Comics. Diakses tanggal December 9, 2010. 
  22. ^ "Mästerdetektiven Conan" (dalam bahasa Swedia). Sfbok.se. Diakses tanggal November 28, 2010.  Parameter |trans_title= yang tidak diketahui akan diabaikan (bantuan)
  23. ^ "Mesterdetektiven Conan" (dalam bahasa Norwegia). Egmont. Diakses tanggal November 28, 2010.  Parameter |trans_title= yang tidak diketahui akan diabaikan (bantuan)
  24. ^ "Salapoliisi Conan" (dalam bahasa Finlandia). Egmont. Diakses tanggal November 28, 2010.  Parameter |trans_title= yang tidak diketahui akan diabaikan (bantuan)
  25. ^ "名偵探柯南" (dalam bahasa Mandarin). Chingwin Publishing Group. Diakses tanggal December 10, 2010.  Parameter |trans_title= yang tidak diketahui akan diabaikan (bantuan)
  26. ^ "Thám tử lừng danh Conan - Tập 1" (dalam bahasa Vietnam). Kim Dong Publishing House. Diakses tanggal December 9, 2010.  Parameter |trans_title= yang tidak diketahui akan diabaikan (bantuan)
  27. ^ "Detective Conan Vol. 2 Nº 68" (dalam bahasa Spanyol). Planeta DeAgostini. Diakses tanggal November 28, 2010.  Parameter |trans_title= yang tidak diketahui akan diabaikan (bantuan)
  28. ^ "Detectiu Conan (Català) Vol. 1 Nº 08" (dalam bahasa Katalan). Planeta DeAgostini. Diakses tanggal November 28, 2010.  Parameter |trans_title= yang tidak diketahui akan diabaikan (bantuan)
  29. ^ "Detective Conan on Animax" (dalam bahasa Jepang). Animax. Diakses tanggal December 5, 2010. 
  30. ^ "Detective Conan on YTV" (dalam bahasa Jepang). Yomiuri Telecasting Corporation. Diarsipkan dari versi asli tanggal December 4, 2012. Diakses tanggal December 5, 2010. 
  31. ^ "Part 1 DVDs" (dalam bahasa Jepang). Aga-Search.com. Diakses tanggal May 6, 2009. 
  32. ^ "Detective Conan Part 18 Vol.10" (dalam bahasa Jepang). Amazon.co.jp. Diakses tanggal August 30, 2010. 
  33. ^ "Season 1". Amazon.com. Diakses tanggal May 3, 2009. 
  34. ^ "Season 5". Amazon.com. Diakses tanggal May 5, 2009. 
  35. ^ "Case Closed: Season One Box Set (Viridian Collection)". Amazon.com. Diakses tanggal August 26, 2009. 
  36. ^ "Case Closed: Season Two Box Set (Viridian Collection)". Amazon.com. Diakses tanggal August 26, 2009. 
  37. ^ "Case Closed: Season Three (Viridian Collection)". Amazon.com. Diakses tanggal November 28, 2009. 
  38. ^ "Case Closed: Season Four (2010)". Amazon.com. Diakses tanggal February 14, 2010. 
  39. ^ "Case Closed: Season Five (2010)". Amazon.com. Diakses tanggal January 5, 2009. 
  40. ^ http://www.ytv.co.jp/conan/
  41. ^ "Indosia - Tag: detective conan". Diakses tanggal 2011-09-01. 
  42. ^ https://www.kaorinusantara.or.id/newsline/57939/cgv-blitz-umumkan-tanggal-debut-movie-detektif-conan-ke-20
  43. ^ https://www.kaorinusantara.or.id/newsline/77556/ulasan-anime-detective-conan-the-crimson-love-letter
  44. ^ "New Conan vs. Kaitō Kid story in mail-away offer to readers". Anime News Network. Diakses tanggal June 17, 2010. 
  45. ^ Weekly Shōnen Sunday (dalam bahasa Japanese). Shogakukan. 2000 (46).  Tidak memiliki atau tanpa |title= (bantuan)
  46. ^ "『名探偵コナン』特製DVD ~ロンドンからの㊙指令~特製DVD ~ロンドンからの㊙指令~" (dalam bahasa Japanese). Shogakukan. Diarsipkan dari versi asli tanggal April 14, 2011. Diakses tanggal April 14, 2011.  Parameter |trans_title= yang tidak diketahui akan diabaikan (bantuan)
  47. ^ "名探偵コナン Secret File 1" (dalam bahasa Japanese). Toho. Diarsipkan dari versi asli tanggal January 7, 2011. Diakses tanggal January 7, 2011.  Parameter |trans_title= yang tidak diketahui akan diabaikan (bantuan)
  48. ^ "名探偵コナン Secret File 4" (dalam bahasa Japanese). Toho. Diarsipkan dari versi asli tanggal January 7, 2011. Diakses tanggal January 7, 2011.  Parameter |trans_title= yang tidak diketahui akan diabaikan (bantuan)
  49. ^ "名探偵コナン Magic File" (dalam bahasa Japanese). Visionare Corporation. Diarsipkan dari versi asli tanggal June 5, 2008. Diakses tanggal January 8, 2011.  Parameter |trans_title= yang tidak diketahui akan diabaikan (bantuan)
  50. ^ "名探偵コナン Magic File 2" (dalam bahasa Japanese). Visionare Corporation. Diakses tanggal January 8, 2011.  Parameter |trans_title= yang tidak diketahui akan diabaikan (bantuan)
  51. ^ "Detective Conan Magic File 2011" (dalam bahasa Japanese). Shogakukan. Diakses tanggal April 6, 2011. 
  52. ^ "Detective Conan warning letter from Kid! 4/24" (dalam bahasa Japanese). Conan-movie.jp. Diarsipkan dari versi asli tanggal April 5, 2010. Diakses tanggal April 5, 2010. 
  53. ^ "Lupin the 3rd vs Detective Conan" (dalam bahasa Japanese). Nippon Television. Diarsipkan dari versi asli tanggal January 7, 2011. Diakses tanggal January 30, 2009. 
  54. ^ Weekly Shōnen Sunday (dalam bahasa Japanese). Shogakukan. 2009 (9).  Tidak memiliki atau tanpa |title= (bantuan)
  55. ^ "Japanese Anime TV Ranking, March 23–29". Anime News Network. April 6, 2009. Diakses tanggal January 9, 2011. 
  56. ^ "Lupin III vs Detective Conan (DVD)" (dalam bahasa Japanese). Amazon.co.jp. Diakses tanggal March 8, 2010. 
  57. ^ "Lupin III vs Detective Conan (Blu-Ray)" (dalam bahasa Japanese). Amazon.co.jp. Diakses tanggal March 8, 2010. 
  58. ^ http://www.animenewsnetwork.com/news/2014-06-29/detective-conan-20th-anniversary-special-previewed-in-video/.76100
  59. ^ "Detective Conan Episode One TV Special's December 9 Premiere Confirmed". Anime News Network (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2017-10-15. 
  60. ^ "Detective Conan: Shinichi Kudo's Written Challenge official website date" (dalam bahasa Japanese). Yomiuri Telecasting Corporation. Diarsipkan dari versi asli tanggal December 17, 2008. Diakses tanggal March 29, 2011. 
  61. ^ a b c "Detective Conan Drama 2 DVD" (dalam bahasa Japanese). HMV Group. Diarsipkan dari versi asli tanggal March 31, 2011. Diakses tanggal March 31, 2011. 
  62. ^ a b "Detective Conan: Shinichi Kudo's Written Challenge official website plot" (dalam bahasa Japanese). Yomiuri Telecasting Corporation. Diarsipkan dari versi asli tanggal July 15, 2006. Diakses tanggal March 29, 2011. 
  63. ^ "Detective Conan drama DVD" (dalam bahasa Japanese). Amazon.co.jp. Diakses tanggal March 29, 2011. 
  64. ^ "「名探偵コナン」実写版スペシャルドラマ第3弾" (dalam bahasa Japanese). Yomiuri Telecasting Corporation. Diakses tanggal February 13, 2011.  Parameter |trans_title= yang tidak diketahui akan diabaikan (bantuan)
  65. ^ "名探偵コナン サウンドトラックリスト" (dalam bahasa Jepang). Aga-search.com. Diakses tanggal October 3, 2009. 
  66. ^ "Detective Conan: Original Soundtrack 1". CdJapan. Diakses tanggal 2009-10-08. 
  67. ^ "名探偵コナン(2)" (dalam bahasa Jepang). Amazon.com. Diakses tanggal 2009-10-08. 
  68. ^ "Meitantei Conan (Detective Conan) Soundtrack 3". CdJapan. Diakses tanggal 2009-10-08. 
  69. ^ "名探偵コナン サントラ(4)" (dalam bahasa Jepang). Amazon.com. Diakses tanggal 2009-10-08. 
  70. ^ "Meitantei Conan (Detective Conan) Soundtrack BEST". CdJapan. Diakses tanggal 2009-10-08. 
  71. ^ "名探偵コナン・オリジナル・サウンドトラック スーパーベスト2" (dalam bahasa Jepang). Amazon.com. Diakses tanggal 2009-10-08. 
  72. ^ "Detective Conan TV Original Soundtrack Selection BEST". CdJapan. Diakses tanggal 2009-10-08. 
  73. ^ a b "Detective Conan Theme Songs" (dalam bahasa Jepang). Being Inc. Diakses tanggal May 15, 2010. 
  74. ^ a b "Case Closed TCG". Boardgamegeek. Diakses tanggal October 4, 2009. 
  75. ^ "小学館漫画賞:歴代受賞者" (dalam bahasa Jepang). Shogakukan. Diarsipkan dari versi asli tanggal October 11, 2010. Diakses tanggal December 17, 2009.  Parameter |trans_title= yang tidak diketahui akan diabaikan (bantuan)
  76. ^ "興収34億円を突破し、シリーズ新記録を更新中!" (dalam bahasa Jepang). TMS Entertainment. Diarsipkan dari versi asli (PDF) tanggal December 17, 2009. Diakses tanggal December 17, 2009.  Parameter |title_trans= yang tidak diketahui akan diabaikan (bantuan)
  77. ^ "2008's Top-Selling Manga in Japan, #1–25". Anime News Network. December 19, 2008. Diakses tanggal October 18, 2010. 
  78. ^ "2008's Top-Selling Manga in Japan, #26–50". Anime News Network. December 21, 2008. Diakses tanggal October 18, 2010. 
  79. ^ "Top-Selling Manga in Japan by Volume: 1st Half of 2009". Anime News Network. June 15, 2009. Diakses tanggal October 18, 2010. 
  80. ^ "Top-Selling Manga in Japan by Volume: 1st Half of 2010". Anime News Network. June 2, 2010. Diakses tanggal October 18, 2010. 
  81. ^ a b c Eduardo M. Chavez (October 20, 2004). "Case Closed Vol. #01 review". Mania.com. Diakses tanggal December 29, 2009. 
  82. ^ A.E. Sparrow (December 4, 2007). "Case Closed: Volume 21 Review". IGN. Diakses tanggal December 29, 2009. 
  83. ^ Leroy Douresseaux (January 8, 2008). "Case Closed: Volume 21". Comicbin.com. Diakses tanggal December 29, 2009. 
  84. ^ Park Copper. "Case Closed: Volume 25 review". Mangalife.com. Diakses tanggal October 10, 2010. 
  85. ^ Steven M.Bari. "Case Closed: Volume 31 review". Mangalife.com. Diakses tanggal October 10, 2010. 
  86. ^ "TV Asahi Top 100 Anime". Anime News Network. September 3, 2005. Diakses tanggal December 17, 2009. 
  87. ^ "TV Asahi Top 100 Anime (Part 2)". Anime News Network. September 23, 2005. Diakses tanggal December 29, 2009. 
  88. ^ "Japan's Favorite TV Anime". Anime News Network. October 13, 2006. Diakses tanggal December 17, 2009. 
  89. ^ "Tokyo Anime Fair: Award Winners". Anime News Network. March 27, 2006. Diakses tanggal December 17, 2009. 
  90. ^ "Ponyo, Bakemonogatari, Conan Win Jepang BD Prizes". Anime News Network. February 18, 2010. Diakses tanggal February 20, 2010. 
  91. ^ "名探偵コナン-サミットガイド-" (dalam bahasa Jepang). Kementerian Luar Negeri Jepang. Diakses tanggal January 28, 2010.  Parameter |trans_title= yang tidak diketahui akan diabaikan (bantuan)
  92. ^ "Detective Conan Helps Kids Fight Crime". Anime News Network. September 18, 2006. Diakses tanggal December 17, 2009. 
  93. ^ "Statue of Shinichi Kudo" (dalam bahasa Jepang). Conan-Town.jp. Diakses tanggal January 28, 2010. 
  94. ^ "Statue of Conan Edogawa" (dalam bahasa Jepang). Conan-Town.jp. Diakses tanggal January 28, 2010. 
  95. ^ "Daiei Elementary" (dalam bahasa Jepang). Conan-Town.jp. Diakses tanggal January 28, 2010. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]