Organisasi Hitam (Detektif Conan)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Organisasi Hitam (黒の組織, kuro no soshiki) atau Organisasi Berbaju Hitam (Inggris: Black Organization, disingkat: BO) adalah sebuah organisasi yang berperan sebagai antagonis utama dalam serial anime/manga Detektif Conan. Organisasi ini melakukan tindakan kriminal untuk berbagai alasan, dari pemerasan, pencurian, hingga pembunuhan. Organisasi ini bekerja dengan sangat teliti sehingga hampir tidak ada barang bukti yang dapat menunjukkan bahwa merekalah yang bersalah. Anggota Organisasi ini yang paling pertama kali muncul adalah jin dan Vodka[1] yang bertanggungjawab atas mengecilnya tubuh detektif SMU Shinichi Kudo.

Anggota[sunting | sunting sumber]

Organisasi ini terdiri dari beberapa anggota yaitu :


Anggota aktif[sunting | sunting sumber]

Karasuma Renya[sunting | sunting sumber]

Karasuma Renya (烏丸 蓮耶, Karasuma Ren'ya) adalah pemimpin dari Organisasi Hitam, identitasnya tidak di ketahui karena kalau muncul, gambarnya selalu kabur. Dia sering disebut oleh Gin sebagai "orang itu" (あの方, Anokata).

Gin[sunting | sunting sumber]

Gin adalah seorang anggota Organisasi Hitam yang memiliki posisi tinggi (koordinator) dalam organisasi tersebut. Dia selalu mengendarai Porsche 356A hitam. Dia memiliki rambut panjang yang berwarna keperakan. Gin telah meminumkan racun APTX 4869 pada Shinichi Kudo yang awalnya untuk membuatnya mati tapi justru membuat tubuhnya mengecil tanpa disadarinya. Gin diduga punya hubungan dengan Sherry karena di komik seperti mengisyaratkannya.

Vodka[sunting | sunting sumber]

Rekan Gin yang juga anggota dari Organisasi Hitam. Kerap diperlihatkan menjalankan aksinya bersama-sama Gin. Ceroboh dan mudah dikelabui apabila tidak bersama dengan Gin yang sering ia sebut "Kakak". Sempat berhasil dijebak oleh Conan, tetapi gagal.[2]

Vermouth[sunting | sunting sumber]

Nama aslinya Chris Vineyard. Seorang aktris besar di Amerika Serikat yang bakat aktingnya luar biasa dan pandai menyamar. Sangat cantik dan cerdas. Kemungkinan besar merupakan sosok yang sama dengan Sharon Wineyard, yang dikamuflasekan sebagai ibunya sendiri dengan meminum formula misterius organisasi yang dapat memudakan usianya kembali. Di Jepang menyamar sebagai Dr. Araide. Kalimat yang sering diucapkan: "a secret makes a woman woman"

Vermouth merupakan anggota utama dalam organisasi hitam. Vermouth memiliki kemampuan menyamar seperti Yukiko Kudo. Keduanya merupakan teman sekelas saat belajar akting kepada pesulap kelas dunia, Toichi Kuroba. Vermouth adalah anggota yang paling disayangi Boss organisasi hitam.

Vermouth mengetahui identitas Conan sebagai Shinichi Kudo dan Ai Haibara sebagai Sherry, tetapi tidak memberitahukannya kepada anggota organisasi yang lain.

Chianti[sunting | sunting sumber]

Chianti adalah anggota Organisasi Berbaju Hitam yang bertugas sebagai penembak jitu (sniper). Pertama kali mucul dalam Manga Detektif Conan Volume 48. Dia memiliki rambut cokelat pendek , memakai lipstik ungu , dan memiliki tato kupu-kupu Swallowtail disekitar mata kirinya. Ia sering bertindak dalam misi dengan Korn. Senjata Chianti adalah senapan semi-otomatis PSG-1. Mobil miliknya adalah Dodge Viper Biru dengan dua garis putih.

Korn[sunting | sunting sumber]

Korn adalah anggota Organisasi Berbaju Hitam yang bertugas sebagai penembak jitu (sniper). Pertama kali mucul dalam Manga Detektif Conan Volume 48. Dia selalu memakai kacamata hitam dan topi. Baik umur maupun kebangsaannya tidak diketahui , tetapi ada keterangan yang menyatakan bahwa ia adalah orang asing. Senapan yang Korn gunakan adalah Remington M24. Ia sering berpartner dengan Chianti dalam misi. Dia berbicara lebih sedikit dan berbicara acuh tak acuh dengan kata-kata pendek dan ditandai dengan banyak jeda.

Kichiro Numabuchi[sunting | sunting sumber]

Kichiro Numabuchi adalah pembunuh menyeramkan yang pertama kali muncul sebagai tersangka dalam pembunuhan besar-besaran di Osaka dalam Volume 19. Kemudian, dia ternyata telah digunakan oleh Organisasi Berbaju Hitam sebagai pembunuh, tetapi ia akhirnya terbukti tidak berguna bagi mereka. Dia akan dikirim ke laboratorium Sherry yang menguji APTX 4869 pada dirinya, tetapi dia melarikan diri. Dia kemudian pergi bersembunyi, bersalah membunuh orang-orang yang dia yakini sebagai anggota organisasi yang dikirim untuk mendapatkannya. Seiyu-nya adalah Naoki Tatsuta, aktor suara bahasa Inggris-nya adalah Barry Yandell. Dia dikenal Graver Kornelius Sebagai Detektif Conan dalam versi Amerika Serikat

Rum[sunting | sunting sumber]

Nama Rum pertama muncul di manga file 898 (anime di episode 783) oleh Hidemi Hondo lewat sebuah pesan singkat. Selanjutnya, diketahui dari Ai bahwa dia merupakan tangan kanan atau penasihat terdekat "Big Boss". Big Boss mempercayakan semuanya pada Rum sehingga dia sering memutuskan suatu keputusan di organisasi. Dan dia mempunyai nomor code 002. Dia tidak pernah diketahui sosoknya seperti apa, bahkan anggota organisasi pun tidak tahu. Mereka percaya sosoknya tegap seperti pemuda, seorang wanita feminim, atau seorang kakek tua. Ai Haibara menyebutnya salah satu ciri Rum yang diketahui organisasi adalah ia hanya mempunyai mata satu karena mata satunya luka. Dan akhir-akhir ini, identitas Rum diketahui yaitu Wakita Kanenori. Di akhir chapter 1066, terungkap jelas wajah asli rum ketika hendak menyamar menjadi Wakita Kanenori. Hal ini memungkinkan bahwa Wakita Kanenori adalah nama samarannya dan nama aslinya belum diketahui.

Anggota yang telah meninggal[sunting | sunting sumber]

Calvados[sunting | sunting sumber]

Calvados adalah sniper yang membantu Vermouth yang hampir membunuh Jodie, dia akhirnya bunuh diri karena telah dikalahkan oleh akai, dia sampai rela mempertaruhkan nyawanya demi Vermouth ( Kematiannya membuat Chianti marah dan menyalahkan Vermouth).

Akemi Miyano[sunting | sunting sumber]

Akemi Miyano (dengan nama samaran Masami Hirota dalam organisasi) adalah kakak dari Shiho Miyano (Ai Haibara). Dalam jilid kedua, Masami Hirota ditembak oleh Gin dalam kasus pencurian uang sebesar 1 miliar Yen. Ia menginginkan adiknya, Sherry dikembalikan dan dilepaskan dari organisasi, tetapi organisasi menolaknya dan malah menembaknya. Akemi Miyano juga merupakan pacar dari Shuichi Akai, anggota FBI berdarah Jepang yang mendekati Akemi untuk mendapatkan informasi seputar dengan kepala penelitian APTX 4869, tetapi pendekatan itu diketahui oleh organisasi dan tidak membuahkan apapun, melainkan Akemi ditembak sehingga Shuichi memiliki dendam yang besar kepada Gin dan anggota organisasi lainnya. Awalnya, Akemi sangat mencintai Akai yang saat itu menyusup dalam organisasi sebagai Rye. Dan karena suatu hubungan, hubungan keduanya ada sangkut pautnya dengan Amuro Tooru. Sehingga Akai dan Amuro sering terlibat masalah. Sebenarnya, Akemi adalah sepupu Shuichi karena Elena Miyano merupakan adik dari Mary Sera.

Awalnya, Akemi dan Shiho terlibat dalam organisasi hitam karena orangtua mereka yang bernama Atsushi Miyano dan Elena Miyano (yang berasal dari Inggris dan mempunyai code name Hell Angel). Oleh Conan, Atsushi Miyano disebutkan sebagai "Ilmuwan gila yang diusir dari dunia pengetahuan", karena ingin menciptakan obat yang dapat membangkitkan orang mati kembali.

Atsushi Miyano[sunting | sunting sumber]

Atsushi Miyano adalah ayah dari Shiho Miyano dan Akemi Miyano. Dia merupakan suami dari Elena Miyano. Dia bekerja sebagai ilmuwan di Organisasi Hitam. Dia telah bekerja dalam suatu obat primitif yang nantinya akan jadi obat bernama APTX4869 . Dia disebut sebagai The Mad Scientist (Ilmuwan gila) dalam komunitas ilmuwan. Namun Profesor Agasa menyebutnya sebagai orang yang baik dan penyabar. Dia tewas dalam apa yang dipercaya sebagai "kecelakaan" bersama istrinya ketika Shiho masih sangat muda.

Elena Miyano[sunting | sunting sumber]

Elena Miyano adalah ibu dari Shiho Miyano dan Akemi Miyano. Dia merupakan istri dari Atsushi Miyano. Dia bekerja sebagai ilmuwan di Organisasi Hitam. Dia lahir di Inggris, tetapi mencintai Atsushi Miyano sehingga dia pun tinggal di Jepang. Dia dikatakan sebagai wanita yang pendiam & pemalu. codename yang diberikan Organisasi kepada dia adalah Hell Angel (Malaikat Neraka). Dia tewas dalam apa yang dipercaya sebagai "kecelakaan" bersama dengan Atsushi Miyano ketika Shiho masih sangat muda. Di suatu kasus, Shiho menemukan rekaman suara ibunya yang ditujukan kepada Shiho.

Kusuda Rikumichi[sunting | sunting sumber]

Kusuda Rikumichi adalah seorang anggota Organisasi Hitam yang mengajukan sebagai pasien dengan harapan Rena Mizunashi terlacak, namun Conan dan FBI berhasil menemukan dia. Ia melarikan diri dari rumah sakit, sehingga Conan dan Shuichi mengejarnya, tetapi ia bunuh diri karena alasan yang tidak diketahui sebelum mereka berhasil mendapatkan informasi. Dia pertama kali diperkenalkan pada volume 57. Namun, ia dapat dianggap sebagai orang misterius yang disebut oleh anak laki- laki (yang menyaksikan Kasus Kir) bahwa ia telah melihat Rena Mizunashi. Seiyu nya adalah Mitsuo Iwata.

Irish[sunting | sunting sumber]

Irish merupakan salah satu Anggota Organisasi Hitam yang mengetahui bahwa Shinichi Kudo belum mati dan berubah menjadi Edogawa Conan. Irish adalah karakter non-canon, jadi hanya muncul di film ke 13 nya yang bernama "Countdown to Heaven" dan tidak masuk ke cerita asli manga. Irish sendiri pernah mengatakan bahwa dia sangat membenci Gin yang telah membunuh ayahnya yang sama-sama ada di karasuma group dengan bersandi "Pisco". Irish pun mati di film itu sendiri dengan pengkhianatan Gin yang setelah menyelesaikan tugasnya lalu ditembak mati. Seiyu nya adalah {Yuji Mikimoto}

Pisco[sunting | sunting sumber]

Pisco (ピスコ, Pisuko) atau Kenzo Masuyama (枡山 憲三, Masuyama Kenzou) adalah seorang pembunuh dari Organisasi Hitam. Pisco sendiri dari dikatakan Irish bahwasanya mereka berdua ada hubungan Ayah dan Anak.[3] Gin membunuhnya karena melanggar kode kerahasiaan Organisasi Hitam setelah ditangkap di kamera saat ia melakukan pembunuhan.[3] Seiyu-nya adalah Yasuo Maramatsu.[4]

Tequila[sunting | sunting sumber]

Tequila (テキーラ, Tekiira) adalah seorang anggota intimidasi tinggi Organisasi Hitam yang digunakan untuk otot orang-orang ke dalam pembuatan kesepakatan dengan sindikat.[5] Dia tewas karena ledakan bom koper yang sebenarnya ditujukan untuk orang lain.[6] Seiyū-nya adalah Kōsei Hirota dan pengisi suara bahasa Inggrisnya adalah Andrew Chandler.[7][8]

NOC[sunting | sunting sumber]

Bourbon[sunting | sunting sumber]

Rei Furuya (降谷零 Furuya Rei) / Tōru Amuro (安室透 Amuro Tōru) / Bourbon (バーボン Bābon) adalah anggota baru Organisasi Hitam. Menurut informasi yang disampaikan Kir, Bourbon adalah anggota yang pandai menginspeksi, mengumpulkan informasi, dan berwawasan luas. Ai Haibara mencurigai Subaru Okiya yang tinggal di rumah Shinichi Kudo sebagai Bourbon. Namun selanjutnya diketahui bahwa identitas Bourbon adalah Amuro Tooru, seorang pelayan di Kafe Poirot dan saat ini magang sebagai detektif di kantornya Kogoro Mouri. Nama aslinya adalah Rei Furuya, agen rahasia kepolisian nasional jepang. Bourbon adalah teman satu angkatan Wataru Date, seorang detektif di kepolisian yang merupakan rekan dari Detektif Wataru Takagi. Baru-baru ini ia diketahui sebagai agen rahasia PSB (Police Security Bureau) Nasional/NPA (National Police Agency). Di dalamnya ia dijuluki "Zero". Dan ia menyusup ke dalam organisasi untuk mendapatkan informasi rahasia. Sehingga namanya termasuk dalam daftar NOC.

Mantan anggota[sunting | sunting sumber]

Sherry[sunting | sunting sumber]

Shiho Miyano (宮野志保 Miyano Shiho) atau "Sherry" (シェリー) / Ai Haibara (灰原哀 Haibara Ai) adalah mantan anggota Organisasi Hitam setelah kakaknya, Akemi Miyano, terbunuh di tangan Gin. Perempuan yang cerdas dan serius. Melalui tangannya susunan formula misterius warisan orang tuanya yang juga bekerja pada organisasi ia menciptakan APTX 4869 untuk organisasi yang telah mengecilkan tubuhnya serta Shinichi Kudo.

Rye[sunting | sunting sumber]

Shuichi Akai (赤井 秀一, Akai Shūichi) adalah mantan anggota Organisasi Hitam. Saat bergabung, dia berkode nama Rye. Dia bergabung ke dalam organisasi dengan tujuan untuk memata-matai, tetapi pada akhirnya diketahui karena kecerobohan Andre Camel. Akai adalah satu-satunya sniper terbaik yang berhasil menembak sebelah mata Gin sehingga satu matanya terluka.


APTX 4869[sunting | sunting sumber]

APTX 4869 (4869 (四八六九, Yon-Hachi-Roku-Kyuu atau Shi-Ya-Ro-Ku (Sherlock))) yang bernama sandi (code name) "Detektif Prototip", adalah sebuah toksin fiksi dan sebuah turunan eksperimen formula keabadian yang diciptakan oleh Elena Miyano, dan Attushi Miyano dan dikembangkan oleh Shiho Miyano, yang digunakan oleh Organisasi Hitam sebagai sebuah racun yang mematikan tetapi tidak terlacak. APTX adalah singkatan dari "Apotoksin" (Inggris : Apotoxin), dan sesuai dengan namanya, racun ini melibatkan pengaktifan apotosis yang tidak terkendali yang menyebabkan kematian dengan penghancuran sel. Selain itu, racun ini juga dapat mengaktifkan telomerase. Namun, dalam kasus yang sangat jarang, racun ini menyebabkan apotosis non-neural saja dan apotosis akan stabil pada saat tertentu, menyebabkan usia korban tampak menurun (lebih muda). Shinichi Kudo, tokoh utama seri Detektif Conan, adalah korban racun ini yang menemui kasus keracunan yang sangat jarang ini; selanjutnya Shiho Miyano, yang mencoba bunuh diri dengan racun yang dibuatnya, menjadi korban kedua yang menemui kasus keracunan yang sangat jarang ini. Lalu, Mary Sera Ibu Masumi Sera, juga mengecil karena Vermouth telah memasukkan obat itu ke mulutnya.

Sepanjang seri ini, ada beberapa kasus dimana racun ini dinetralisir dan Shinichi & Shiho kembali ke bentuk usia mereka yang sebenarnya. Bahan utama untuk pembalikan ini adalah sebuah komponen yang ditemukan di akar ginseng Cina, schnaps, dimana Ai Haibara (Shiho Miyano) telah mencoba mengembangkan sebuah pritotip obat penawar untuk racun ini. Pada keadaan dimana Shinichi ataupun Shiho kembali ke bentuk usia mereka yang sebenarnya, resipien menderita flu biasa ketika komponen dicerna, ini menunjukkan bahwa sistem imunitas (kekebalan tubuh) harus diserang sebelum obat penawar bekerja.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Aoyama, Gosho (2004-09-07). "File 1". Case Closed (dalam bahasa English). 1. San Francisco: Viz Media. hlm. p. 14. ISBN 1-59116-327-7. 
  2. ^ Aoyama, Gosho (2004-09-07). Case Closed (dalam bahasa English). 37. San Francisco: Viz Media. hlm. p. 14. 
  3. ^ a b Aoyama, Gasho (July 17, 1999). "File 11. 白の世界" [File 11. The White World]. 名探偵 コナン [Detective Conan]. Case Closed (dalam bahasa Japanese). Volume 24. Shogakukan. ISBN 4-09-125494-2. 
  4. ^ "黒の組織との再会(灰原編)" [Meeting With the Black Organization Again (Haibara Part)]. Detective Conan. Musim ke-7. January 17, 2000. Nippon Television Network System. Yomiuri Telecasting Corporation. 
  5. ^ Aoyama, Gasho (September 18, 1996). "File 4. 突然の遭遇" [File 4. An Unexpected Meeting]. 名探偵 コナン [Detective Conan]. Case Closed (dalam bahasa Japanese). Volume 12. Shogakukan. ISBN 4-09-125042-4. 
  6. ^ Aoyama, Gasho (September 18, 1996). "File 5. 爆弾の行方" [File 5. The Whereabout of the Bomb]. 名探偵 コナン [Detective Conan]. Case Closed (dalam bahasa Japanese). Volume 12. Shogakukan. ISBN 4-09-125042-4. 
  7. ^ "ゲーム会社殺人事件" [Game Company Murder Case]. Detective Conan. Musim ke-2. April 14, 1997. Nippon Television Network System. Yomiuri Telecasting Corporation. 
  8. ^ Game Gone Bad (DVD). Funimation Entertainment. November 12, 2004. Templat:UPC. 

Lihat pula[sunting | sunting sumber]