Daftar film dari seri Detektif Conan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari

Dua-puluh satu film dari seri Detektif Conan telah dirilis sejak 1997 sampai 2017. Tujuh film pertama disutradarai oleh Kenji Kodama, film kedelapan sampai kelima belas disutradarai oleh Yasuichiro Yamamoto, lalu film keenambelas dan setelahnya disutradarai oleh Kobun Shizuno.

Film-film tersebut dirilis setiap bulan April, pada minggu golden-week sejak tahun 1997. Setiap film memiliki jalur plot tesendiri dan bukan merupakan adaptasi dari cerita manganya (non-canon). Di antara film-film ini, hanya 11 yang pernah ditayangkan di Indonesia melalui Indosiar, yaitu film ke-1, ke-2, ke-3, ke-5, ke-6, ke-9, ke 10, ke-11, ke-12, ke-13, dan ke-14.[1]

Daftar Film[sunting | sunting sumber]

Bom Waktu di Gedung Pencakar Langit[sunting | sunting sumber]

Film pertama, dikenal juga dengan Detective Conan: The Time-Bombed Skyscraper (名探偵コナン 時計じかけの摩天楼 Meitantei Konan: Tokei Jikake no Matenrō[2]), rilis pada 19 April 1997 di Jepang, disutradarai oleh Kenji Kodama dan naskahnya ditulis oleh Kazunari Kouchi. Pada film ini, sebuah kasus pengeboman berantai terjadi di sekitar Tokyo dan berhubungan dengan kasus di masa lalu Shinichi Kudo.

Target Keempat Belas[sunting | sunting sumber]

Film kedua, dikenal juga dengan Detective Conan: The Fourteenth Target (名探偵コナン 14番目の標的 Meitantei Konan: Jūyon-banme no Tāgetto[3]), rilis pada 18 April 1998 di Jepang. Disutradarai oleh Kenji Kodama dan naskahnya ditulis oleh Kazunari Kouchi. Bercerita tentang Conan yang berusaha menghentikan penyerangan orang-orang terdekat Kogoro Mouri yang mempuyai pola yang mirip dengan The A.B.C. Murders oleh Agatha Christie. DVDnya Rilis pada 20 November 2007 di Amerika Utara oleh Funimation Entertainment. Film ini berhasil meraup pendapatan sebesar 1,05 miliar yen.

Penyihir Penghujung Abad[sunting | sunting sumber]

Film ketiga, dikenal juga dengan Detective Conan: The Last Wizard of the Century (名探偵コナン 世紀末の魔術師 Meitantei Konan: Seikimatsu no Majutsushi[4]), rilis pada 17 April 1999 di bioskop Jepang, dan DVDnya di Amerika Utara rili pada 15 Deember 2009. Disutradarai oleh Kenji Kodama dan naskahnya ditulis oleh Kazunari Kouchi. Bercerita tentang Conan yang berusaha menggagalkan rencana Kid si Pencuri untuk mencuri newly discovered Faberge egg dan sebuah kasus pembunuhan yang melibatkan keturunan Rasputin. Film ini berhasil meraup pendapatan sebesar 1,45 juta yen.

Pembunuh yang Terlihat di Mata[sunting | sunting sumber]

Film keempat, dikenal juga dengan Detective Conan: Captured in Her Eyes (名探偵コナン 瞳の中の暗殺者 Meitantei Konan: Hitomi no Naka no Ansatsusha[5]), rilis pada 22 April 2000 di bioskop Jepang dan 29 Desember 2009 untuk DVD di Amerika Utara dan berhasil meraup pendapatan sebesar 2,5 milyar yen. Disutradarai oleh Kenji Kodama dan naskahnya ditulis oleh Kazunari Kouchi. Ran Mouri terlibat sebuah pembunuhan berantai dimana korbannya adalah polisi yang sedang menyelidiki kembali kasus lama, Ran berhasil melihat pelaku namun ia mengalami amnesia karena terlalu shock sehingga ia menjadi target pembunuhan untuk menjaga identitas sang pelaku.

Countdown Menuju Surga[sunting | sunting sumber]

Film kelima, dikenal juga dengan Detective Conan: Countdown to Heaven (名探偵コナン 天国へのカウントダウン Meitantei Konan: Tengoku e no Kauntodaun[6]), rilis pada 21 April 2001 di bioskop Jepang dan 19 Januari 2010 untuk DVD di Amerika Utara dan berhasil meraup pendapatan sebesar 2,9 milyar yen. Disutradarai oleh Kenji Kodama dan naskahnya ditulis oleh Kazunari Kouchi. Sebuah gedung kembar yang baru selesai dibangun akan diresmikan namun terjadi pembunuhan yang memakan korban satu per satu. Disaat yang sama Organisasi Hitam sedang mencari Miyano Shiho (Haibara Ai).

Hantu Baker Street[sunting | sunting sumber]

Film keenam, dikenal juga dengan Detective Conan: The Phantom of Baker Street (名探偵コナン ベイカー街の亡霊 Meitantei Konan: Beikā Sutorīto no Bōrei[7]), rilis pada 20 April 2002 di bioskop Jepang dan 16 Februari 2010 untuk DVD di Amerika Utara dan berhasil meraup pendapatan sebesar 3,4 milyar yen. Disutradarai oleh Kenji Kodama dan naskahnya ditulis oleh Hisashi Nozawa. Bercerita tentang Conan dan beberapa anak-anak yang terjebak dalam Noah's Ark, sebuah permainan realitas virtual dimana mereka akan mati jika kalah dalam permainan tersebut. Disamping itu juga terjadi kasus pembunuhan seorang kepala pemrograman TI di dunia nyata.

Labirin Persimpangan[sunting | sunting sumber]

Film ketujuh, dikenal juga dengan Detective Conan: Crossroad in the Ancient Capital (名探偵コナン 迷宮の十字路 Meitantei Konan: Meikyū no Kurosurōdo[8]), rilis pada 19 April 2003 di bioskop Jepang dan berhasil meraup pendapatan sebesar 3,2 milyar yen. Disutradarai oleh Kenji Kodama dan naskahnya ditulis oleh Kazunari Kouchi. Film ini bercerita tentang Conan dan Heiji Hattori di Kyoto yang berusaha untuk membuka kedok perampok barang antik.

Pesulap Langit Perak[sunting | sunting sumber]

Film kedelapan, dikenal juga dengan Detective Conan: Magician of the Silver Sky (名探偵コナン 銀翼の奇術師 Meitantei Konan: Gin'yoku no Majishan[9]), rilis pada 17 April 2004 di bioskop Jepang dan berhasil meraup pendapatan sebesar 2,8 milyaryen. Disutradarai pertama kalinya oleh Yasuichiro Yamamoto dan naskahnya tetap ditulis oleh Kazunari Kouchi. Film ini bercerita tentang kasus keracunan di pesawat terbang di mana kedua pilot dan co-pilot juga menjadi korban, sehingga Conan dan Kid si Pencuri terpaksa mengambil alih kendali pesawat.

Tipu Daya di Atas Laut[sunting | sunting sumber]

Film kesembilan, dikenal juga dengan Detective Conan: Strategy Above the Depths (名探偵コナン 水平線上の陰謀 Meitantei Konan: Suihei-Senjō no Sutoratejī[10]), rilis pada 9 April 2005 di bioskop Jepang dan berhasil meraup pendapatan sebesar 2,15 milyar yen. Disutradarai dan naskahnya tetap ditulis oleh orang yang sama pada film sebelumnya. Film ini bercerita di sebuah kapal pesiar dan mengintegrasikan pembunuhan pembuat kapal dan bencana kapal karam, dan sedikit masa lalu Ran Mouri dan Shinichi Kudo

Requiem Para Detektif[sunting | sunting sumber]

Film ke-sepuluh, dikenal juga dengan Detective Conan: The Private Eyes' Requiem (名探偵コナン探偵たちの鎮魂歌 Meitantei Konan: Tantei Tachi no Rekuiemu), rilis pada 15 April 2006 di bioskop Jepang dan berhasil meraup pendapatan sebesar 3,03 milyar yen. Film ini disutradai oleh Yasuichiro Yamamoto dan ditulis oleh Hiroshi Kashiwabara. Perilisan film ini menyambut 10 tahun berjalannya animasi Detektif Conan (1996-2006). Film ini bercerita tentang seorang klien misterius yang merekrut Conan, Kogoro Mouri, dan para detektif terkenal lainnya, untuk menyelesaikan sebuah kasus dalam waktu 12 jam. Klien tersebut secara aneh mengetahui identitas Conan sebagai Shinichi Kudo. Sementara itu, Ran dan Grup Detektif Cilik ditahan sebagai sandera. Kasus tersebut ternyata juga melibatkan Kid si Pencuri.

Bendera Jolly Roger Berwarna Biru-Langit[sunting | sunting sumber]

Film ke-sebelas, dikenal juga dengan Detective Conan: Jolly Roger in the Deep Azure  (名探偵コナン 紺碧の棺 (ジョリー・ロジャー)Meitantei Konan: Kon Peki no Jorī Rojā), rilis pada 21 April 2007 di bioskop Jepang dan berhasil meraup pendapatan sebesar 2,53 milyar yen. Film ini disutradai oleh Yasuichiro Yamamoto dan ditulis oleh Hiroshi Kashiwabara. Film ini bercerita tentang Conan dan kawan-kawan yang sedang berlibur ke Pulau Koumi di Samudra Pasifik. Pulau Koumi juga dikenal mempunyai harta karun tersembunyi peninggalan dua bajak laut wanita, Anne Bonnie dan Mary Reed, dan karenanya menjadi destinasi unggulan untuk para pencari harta karun. Liburan menjadi bencana, saat seorang pencari harta karun diserang ikan hiu. Namun Conan menemukan kejanggalan di balik kecelakaan tersebut.

Nada Sempurna yang Menakutkan[sunting | sunting sumber]

Film ke-duabelas, dikenal juga dengan Detective Conan: Full Score of Fear (名探偵コナン 戦慄の楽譜(フルスコア)Meitantei Conan: Senritsu no Full Score), rilis pada 19 April 2008 di bioskop Jepang dan berhasil meraup pendapatan sebesar 2,42 milyaryen. Film ini disutradai oleh Yasuichiro Yamamoto dan ditulis oleh Kazunari Kouchi. Film ini bercerita tentang pembunuhan berantai yang mengancam para musisi sebuah akademi musik yang didirikan Kazuki Domoto, seorang pianis terkenal. Conan dan kawan-kawan diundang menghadiri konser musik dalam rangka pembukaan gedung baru milik Domoto. Namun nyawa orang-orang dalam konser tersebut ikut terancam, saat sang pelaku kembali beraksi.

Sang Pemburu Hitam Kelam[sunting | sunting sumber]

Film ke-tigabelas, dikenal juga dengan Detective Conan: The Raven Chaser (名探偵コナン 漆黒の追跡者(チェイサー)Meitantei Conan: Shikkoku no Chaser), rilis pada 18 April 2009 di bioskop Jepang dan berhasil meraup pendapatan sebesar 3,9 milyar yen. Film ini disutradai oleh Yasuichiro Yamamoto dan ditulis oleh Kazunari Kouchi. Film ini berfokus pada kasus pembunuhan berantai, di mana pelakunya selalu meninggalkan sebuah pion Mahjong di dekat para korbannya. Kasus tersebut ternyata juga melibatkan kawanan Organisasi Hitam. Sementara itu, identitas Conan sebagai Shinichi Kudo pun ikut terancam. Film ini menjadi film terakhir di tahun 2000-an.

Kapal yang Menghilang di Langit[sunting | sunting sumber]

Film ke-empatbelas, dikenal juga dengan Detective Conan: The Lost Ship in The Sky (名探偵コナン 天空の難破船(ロスト・シップ)Meitantei Conan: Tenkū no Lost Ship), rilis pada 17 April 2010 di bioskop Jepang dan berhasil meraup pendapatan sebesar 3,1 milyar yen. Film ini disutradai oleh Yasuichiro Yamamoto dan ditulis oleh Kazunari Kouchi. Film ini bercerita tentang perjalanan pesawat zeppelin milik Suzuki Corp. yang ditujukan untuk mengumpan Kid si Pencuri. Pesawat tersebut ternyata dibajak oleh kelompok teroris yang mengancam para penumpang (Conan dan kawan-kawan) dan penduduk kota tujuan (Osaka) dengan senjata biologis berbahaya. Conan, Kid si Pencuri, dan Heiji Hattori bekerjasama untuk menghadang rencana kelompok penjahat tersebut.

15 Menit Keheningan[sunting | sunting sumber]

Film ke-limabelas, dikenal juga dengan Detective Conan: Quarter of Silence (名探偵コナン 沈黙の15分(クォーター)Meitantei Conan: Chinmoku no Quarter), rilis pada 9 April 2011 di bioskop Jepang dan berhasil meraup pendapatan sebesar 3,73 milyar[11] yen. Film ini disutradai oleh Yasuichiro Yamamoto dan ditulis oleh Kazunari Kouchi. Film ini bercerita tentang teror bom di lorong kereta yang mengancam nyawa gubernur Tokyo. Insiden ini membawa Conan dan kawan-kawan pada sebuah investigasi di Kitanowasa, Prefektur Niigata, tempat sebuah desa direlokasi karena dibangunnya sebuah bendungan atas ide gubernur tersebut. Film ini dirilis dengan menyambut 15 tahun berjalannya animasi Detektif Conan (1996-2011).

Sang Striker Kesebelas[sunting | sunting sumber]

Film ke-enambelas, dikenal juga dengan Detective Conan: The Eleventh Striker (名探偵コナン 11人目のストライカー) Meitantei Conan: Jūichininme no Sutoraikā), rilis pada 14 April 2012 di bioskop Jepang dan berhasil meraup pendapatan sebesar 4,4 milyar yen. Film ini disutradai oleh Kobun Shizuno dan ditulis oleh Kazunari Kouchi. Film ini dimulai dengan cerita saat Kogoro Mouri diberi peringatan dalam bentuk teka-teki oleh seorang peneror bom yang mengancam para suporter sepak bola di Kota Beika. Conan pun harus mencari cara untuk mencegah pelaku melancarkan serangannya.

Detektif di Lautan Lepas[sunting | sunting sumber]

Film ke-tujuhbelas, dikenal juga dengan Detective Conan: Private Eye in the Distant Sea (名探偵コナン 絶海の探偵) Meitantei Conan: Zekkai no Puraibēto Ai), rilis pada 20 April 2013 di bioskop Jepang dan berhasil meraup pendapatan sebesar 3,6 milyar yen. Film ini disutradai oleh Kobun Shizuno dan ditulis oleh Takeharu Sakurai[12]. Film ini bercerita tentang Conan dan kawan-kawan yang sedang menaiki kapal tempur militer Aegis untuk menonton pelatihan militer publik. Suasana menjadi mencekam saat ditemukan sebuah benda mencurigakan di dekat kapal dan sebuah tangan milik seorang letnan SDF. Sementara itu, para kru terlihat menyembunyikan sesuatu dari para penumpang dan negara.

Penembak Jitu Berdimensi[sunting | sunting sumber]

Film ke-delapanbelas, dikenal juga dengan Detective Conan: Dimensional Sniper (名探偵コナン 異次元の狙撃手) Meitantei Conan: Ijigen no Sunaipā), rilis pada 19 April 2014 di bioskop Jepang dan berhasil meraup pendapatan sebesar 4 milyar yen. Film ini disutradai oleh Kobun Shizuno dan ditulis oleh Kazunari Kouchi. Film ini bercerita tentang munculnya serangan penembakan sniper yang menggemparkan di Tokyo. Conan pun berusaha mencari pelakunya dan target serangan berikutnya. Sementara itu, orang-orang di dekatnya ikut terancam.

Bunga Matahari dari Api Neraka[sunting | sunting sumber]

Film ke-sembilanbelas, dikenal juga dengan Detective Conan: Sunflowers of Inferno (名探偵コナン 業火の向日葵) Meitantei Conan: Gōka no Himawari), rilis pada 18 April 2015 di bioskop Jepang dan berhasil meraup pendapatan sebesar 4,48 milyar yen[13]. Film ini disutradai oleh Kobun Shizuno dan ditulis oleh Takeharu Sakurai[14]. Film ini bercerita tentang usaha Conan menangkap Kid si Pencuri, yang ingin mencuri salah satu lukisan Bunga Matahari karya Van Gogh. Namun serangkaian serangan terjadi saat karya-karya tersebut dipindahkan ke Jepang, untuk dipamerkan penasihat Suzuki Corp., Jirokichi Suzuki. Conan pun mencurigai adanya pihak lain yang menjadi dalang atas insiden-insiden tersebut.

Mimpi Buruk Tergelap[sunting | sunting sumber]

Film keduapuluh, dikenal juga dengan Detective Conan: The Darkest Nightmare (名探偵コナン 純黒の悪夢(ナイトメア)) Meitantei Conan: Junkoku no Nightmare), rilis pada 16 April 2016 di bioskop Jepang dan berhasil meraup pendapatan sebesar 6,33 milyar yen[13]. Film ini disutradai oleh Kobun Shizuno dan ditulis oleh Takeharu Sakurai. Film ini bercerita tentang seorang anggota Organisasi Hitam bernama Curaçao, yang mencuri data nama-nama anggota inteligen yang berhasil menyusup ke dalam organisasi. Suatu hari Conan dan Grup Detektif Cilik menemukannya dalam keadaan hilang ingatan dan berjanji untuk mendampinginya. Tanpa diketahui, Vermouth dan kawanan organisasi lainnya ternyata membuntuti mereka.

Surat Cinta Merah Tua[sunting | sunting sumber]

Film keduapuluh-satu dikenal juga dengan Detective Conan: The Crimson Love Letter (名探偵コナン から紅の恋歌(ラブレター)) Meitantei Conan: Kara Kurenai no Love Letter), rilis pada 15 April 2017 di bioskop Jepang dan berhasil meraup pendapatan sebesar 6,35 milyar yen[13]. Film ini disutradai oleh Kobun Shizuno dan ditulis oleh Takeharu Sakurai. Film ini bercerita tentang sebuah serangan bom di stasiun televisi Nichiuri yang sedang mengambil rekaman turnamen Karuta. Sementara itu, Heiji Hattori dan Kazuha Toyama masih terjebak di dalam gedungnya. Conan pun mencari cara untuk menyelamatkan mereka dan menemukan pelakunya, yang masih berkeliaran dan akan melancarkan serangan lain. Film ini meraih keuntungan tertinggi sepanjang sejarah film Detektif Conan.

No. Judul bahasa Inggris
dan bahasa Jepang
Tanggal rilis
pertama kali
Pendapatan
box office (¥)
Durasi
1 Detective Conan: The Time-Bombed Skyscraper
(名探偵コナン 時計じかけの摩天楼 Meitantei Konan Tokei Jikake no Matenrō?)
19 April 1997 ? 95 menit
2 Detective Conan: The Fourteenth Target
(名探偵コナン 14番目の標的 Meitantei Konan Jyuuyon banme no Tagetto?)
18 April 1998 1,05 miliar [15] 99 menit
3 Detective Conan: The Last Wizard of the Century
(名探偵コナン 世紀末の魔術師 Meitantei Konan Seikimatsu no Majutsushi?)
17 April 1999 1,45 miliar[16] 100 menit
4 Detective Conan: Captured in Her Eyes
(名探偵コナン 瞳の中の暗殺者 Meitantei Konan Hitomi no Naka no Ansatsusha?)
22 April 2000 2,5 miliar[17] 99 menit
5 Detective Conan: Countdown to Heaven
(名探偵コナン 天国へのカウントダウン Meitantei Konan Tengoku e no Kauntodaun?)
21 April 2001 2,9 miliar[18] 99 menit
6 Detective Conan: The Phantom of Baker Street
(名探偵コナン ベイカー街の亡霊 Meitantei Konan Beikā Sutorīto no Bōrei?)
20 April 2002 3,4 miliar[19] 107 menit
7 Detective Conan: Crossroad in the Ancient Capital
(名探偵コナン 迷宮の十字路 Meitantei Konan Meikyū no Kurosurōdo?)
19 April 2003 3,2 miliar[20] 108 menit
8 Detective Conan: Magician of the Silver Sky
(名探偵コナン 銀翼の奇術師 Meitantei Konan Gin-yoku no Majishan?)
17 April 2004 2,8 miliar[21] 110 menit
9 Detective Conan: Strategy Above the Depths
(名探偵コナン 水平線上の陰謀 Meitantei Konan Suiheisenjō no Sutoratejī?)
19 April 2005 2,15 miliar[22] 109 menit
10 Detective Conan: The Private Eyes' Requiem
(名探偵コナン 探偵たちの鎮魂歌 Meitantei Konan Tantei-tachi no Requiem?)
15 April 2006 3,03 miliar[23] 111 menit
11 Detective Conan: Jolly Roger in the Deep Azure
(名探偵コナン 紺碧の棺 Meitantei Konan Konpeki no Jorī Rojā?)
27 April 2007 2,53 miliar[24] 95 menit
12 Detective Conan: Full Score of Fear
(名探偵コナン 戦慄の楽譜 Meitantei Konan Senritsu no Furu Sukoa?)[25][26][27]
19 April 2008 2,42 miliar[28] 116 menit
13 Detective Conan: The Raven Chaser
(名探偵コナン 漆黒の追跡者 Meitantei Konan Shikkoku no Chaser?)
18 April 2009 3,5 miliar[29] 111 menit
14 Detective Conan: The Lost Ship in the Sky
(名探偵コナン 天空の難破船 Meitantei Konan Tenkuu no Rosuto Shippu?)[30]
17 April 2010[30] 3,1 miliar[31] 102 menit
15 Detective Conan: Quarter of Silence
(名探偵コナン 沈黙の15分 Meitantei Konan Chinmoku no Kwōtā?)[32]
16 April 2011[32] 3,73 miliar 109 menit[33]
16 Detective Conan: The Eleventh Striker
(名探偵コナン 11人目のストライカー Meitantei Konan Jūichi Ninme no Sutoraikā?)[34]
14 April 2012[34] ? 110 menit
17 Detective Conan: Private Eye in the Distant Sea
(名探偵コナン 絶海の探偵 Meitantei Konan: Zekkai no Private Eye?)[35]
20 April 2013[35] 3,6 miliar 101 menit
18 Detective Conan: Dimensional Sniper
(名探偵コナン 異次元の狙撃手 Meitantei Konan: Ijigen no Sniper?)[35]
19 April 2014[35] 4 Miliar 110 menit
19 Detective Conan: Sunflowers of Inferno (名探偵コナン 業火の向日葵 Meitantei Konan Gōka no Himawari) 18 April 2015 4,48 miliar 112 menit
20 Detective Conan: The Darkest Nightmare (名探偵コナン 純黒の悪夢(ナイトメア)) Meitantei Conan: Junkoku no Nightmare) 16 April 2016 6,33 miliar 112 menit
21 Detective Conan: The Crimson Love Letter (名探偵コナン から紅の恋歌(ラブレター)) Meitantei Conan: Kara Kurenai no Love Letter) 15 April 2017 6,35 miliar 112 menit
22 April 2018

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Indosia - Tag: detective conan". Diakses tanggal 2010-05-07. 
  2. ^ 名探偵コナン 時計じかけの摩天楼 [Detective Conan: The Time Bombed Skyscraper] (dalam Japanese). Stingray Co. Ltd. Diakses tanggal September 25, 2010. 
  3. ^ 名探偵コナン 14番目の標的 [Detective Conan: The Fourteenth Target] (dalam Japanese). Stingray Co. Ltd. Diakses tanggal September 25, 2010. 
  4. ^ Empty citation (bantuan) 
  5. ^ http://www.rightstuf.com/1-800-338-6827/catalogmgr/2OCbySoO4XL-5PMFjL/browse/item/85169/4/0/0
  6. ^ http://www.allcinema.net/prog/show_c.php?num_c=163032
  7. ^ http://www.allcinema.net/prog/show_c.php?num_c=237362
  8. ^ http://www.allcinema.net/prog/show_c.php?num_c=240658
  9. ^ http://www.allcinema.net/prog/show_c.php?num_c=319322
  10. ^ http://www.allcinema.net/prog/show_c.php?num_c=321636
  11. ^ "Japanese Box Office, May 28-29". Anime News Network. Diakses tanggal 2017-09-15. 
  12. ^ "Detective Conan: Private Eye in the Distant Sea (movie 17) - Anime News Network". www.animenewsnetwork.com. Diakses tanggal 2017-09-15. 
  13. ^ a b c "21st Detective Conan Film Earns 6.35 Billion Yen, Sets New Record For Film Franchise". Anime News Network. Diakses tanggal 2017-09-15. 
  14. ^ "Detective Conan: Sunflowers of Inferno (movie 19) - Anime News Network". www.animenewsnetwork.com. Diakses tanggal 2017-09-15. 
  15. ^ "Highest grossing movies of 1998" (dalam Jepang). Motion Picture Producers Association of Japan. Diarsipkan dari versi asli tanggal December 15, 2009. Diakses tanggal May 13, 2008. 
  16. ^ "Highest grossing movies of 1999" (dalam Jepang). Motion Picture Producers Association of Japan. Diarsipkan dari versi asli tanggal December 15, 2009. Diakses tanggal May 13, 2008. 
  17. ^ "Highest grossing movies of 2000" (dalam Jepang). Motion Picture Producers Association of Japan. Diarsipkan dari versi asli tanggal December 15, 2009. Diakses tanggal May 13, 2008. 
  18. ^ "Highest grossing movies of 2001" (dalam Jepang). Motion Picture Producers Association of Japan. Diarsipkan dari versi asli tanggal December 15, 2009. Diakses tanggal May 13, 2008. 
  19. ^ "Highest grossing movies of 2002" (dalam Jepang). Motion Picture Producers Association of Japan. Diarsipkan dari versi asli tanggal December 15, 2009. Diakses tanggal May 13, 2008. 
  20. ^ "Highest grossing movies of 2003" (dalam Jepang). Motion Picture Producers Association of Japan. Diarsipkan dari versi asli tanggal December 15, 2009. Diakses tanggal May 13, 2008. 
  21. ^ "Highest grossing movies of 2004" (dalam Jepang). Motion Picture Producers Association of Japan. Diarsipkan dari versi asli tanggal December 15, 2009. Diakses tanggal May 13, 2008. 
  22. ^ "Highest grossing movies of 2005" (dalam Jepang). Motion Picture Producers Association of Japan. Diarsipkan dari versi asli tanggal December 15, 2009. Diakses tanggal May 13, 2008. 
  23. ^ "Highest grossing movies of 2006" (dalam Jepang). Motion Picture Producers Association of Japan. Diarsipkan dari versi asli tanggal December 15, 2009. Diakses tanggal December 15, 2009. 
  24. ^ "Highest grossing movies of 2007" (dalam Jepang). Motion Picture Producers Association of Japan. Diarsipkan dari versi asli tanggal December 15, 2009. Diakses tanggal December 15, 2009. 
  25. ^ ""Next Detective Conan Film to Use Unreleased Zard Song"". Anime News Network. Diakses tanggal April 21, 2008. 
  26. ^ ""Japanese Box Office: April 19–20"". Anime News Network. Diakses tanggal April 21, 2008. 
  27. ^ "Detective Conan Movie 12 : Full Score Of Fear Begins In Japan Cinemas Today". furuanimepanikku.com. Diakses tanggal May 15, 2010. 
  28. ^ "Highest grossing movies of 2008". Motion Picture Producers Association of Japan. Diakses tanggal May 9, 2010. 
  29. ^ "Highest grossing movies". Motion Picture Producers Association of Japan. Diakses tanggal April 9, 2010. 
  30. ^ a b "Detective Conan Official Movie Website". Shogakukan. Diakses tanggal December 8, 2009. 
  31. ^ "2010 First Half Box Office". Toho. Diakses tanggal August 5, 2010. 
  32. ^ a b "名探偵コナン 沈黙の15分(クォーター) OFFICIAL SITE" (dalam Jepang). Diakses tanggal 2010-12-04. 
  33. ^ "映画 アニメ 名探偵コナン 沈黙の15分(クォーター) - allcinema" (dalam Jepang). Diakses tanggal 2011-12-03. 
  34. ^ a b "16th Detective Conan Anime Feature to Open in April". Anime News Network. Diakses tanggal November 18, 2011. 
  35. ^ a b c d http://id.wikipedia.org/wiki/Meitantei_Konan_I_Jigen_no_Sniper Kesalahan pengutipan: Invalid <ref> tag; name "17ann" defined multiple times with different content