Meitantei Konan Junkoku no Naitomea

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Meitantei Konan Junkoku no Naitomea
Poster teater
Nama lain
Jepang名探偵コナン 純黒の悪夢(ナイトメア)
HepburnMeitantei Konan: Junkoku no Naitomea
SutradaraKobun Shizuno
SkenarioTakeharu Sakurai
Berdasarkan
Detective Conan
oleh Gosho Aoyama
PemeranMinami Takayama
Wakana Yamazaki
Rikiya Koyama
Megumi Hayashibara
Yukiko Iwai
Ikue Ohtani
Wataru Takagi
Kenichi Ogata
Shūichi Ikeda
Tōru Furuya
Kotono Mitsuishi
Yukitoshi Hori
Fumihiko Tachiki
Mami Koyama
Kikuko Inoue
Hiroyuki Kinoshita
Miyuki Ichijō
Kiyoyuki Yanada
Penata musikKatsuo Ohno
Perusahaan
produksi
DistributorToho
Tanggal rilis
    • Jepang 16 April 2016[1]
    • Indonesia 24 Agustus 2016
[2]
Negara Jepang
BahasaJepang
Inggris
Indonesia
Pendapatan
kotor
¥5,06 miliar[3]

Meitantei Konan Junkoku no Naitomea (名探偵コナン 純黒の悪夢) merupakan film animasi Jepang yang dirilis pada tahun 2016. Film tersebut adalah seri ke-20 dari film tuturan Detektif Conan yang ceritanya diadaptasi dari komik. Film ini merupakan kelanjutan dari film seri sebelumnya, Meitantei Konan Gōka no Himawari dan dirilis pada tanggal 16 April 2016 di Jepang.[4]

Alur cerita[sunting | sunting sumber]

Pembunuhan secara misterius terjadi di berbagai daerah di seluruh dunia. Tersangka merupakan seorang mata-mata yang menginginkan berkas rahasia. Di Jepang, seorang mata-mata membobol markas polisi dan mencuri berkas yang berisi daftar mata-mata yang ditugaskan untuk mengawasi Organisasi Hitam oleh beberapa agensi mata-mata: MI6 Inggris, CSIS Kanada, CIA Amerika Serikat, FBI dan BND Jerman. Sebelum berkas itu diambil, Rei Furuya datang dengan pasukan polisi dan mengakibatkan mata-mata tersebut kabur dengan mobil curian. Rei dapat mengejarnya dengan Mazda FD RX-7. Dua joki sudah berjaga di jalan raya dan akan membuat kerusakan yang besar. Sebelum mereka melakukannya, Shuichi Akai menembak mobil mata-mata tersebut sehingga meledak.

Beberapa hari kemudian, Conan, Profesor Agasa, Haibara, dan Detektif Cilik mengunjungi Tohto Akuarium yang baru direnovasi. Di tengah-tengah taman, mereka menemukan seorang wanita yang terluka dengan "mata ganjil" (heterokromia). Wanita tersebut mengalami kehilangan ingatan yang membuatnya tidak mampu mengingat namanya sendiri. Conan dan teman-teman memutuskan untuk menjaga wanita tersebut dan membantu mengembalikan ingatannya. Tanpa disadari, Vermouth telah bersembunyi di dekat mereka dengan sepucuk pistol dengan peredam dan mendengarkan semua percakapan mereka. Ia mundur dan menghubungi rekannya, "Seperti yang sudah direncanakan, Gin." Wanita yang ditemui Conan tersebut ternyata merupakan anggota baru Organisasi Hitam.

Pengisi suara[sunting | sunting sumber]

Film laris[sunting | sunting sumber]

Film animasi ini merupakan salah satu film terlaris di Jepang pada minggu pertama sejak dirilis dengan keuntungan hingga US$11,1 juta dan 934.000 tiket terjual.[6] Dengan US$47 juta selama tiga minggu pertama berturut-turut, film ini mengungguli Meitantei Konan Gōka no Himawari dan menjadi film yang paling laris dari seri film tuturan Detektif Conan.[7]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Detective Conan: The Darkest Nightmare Segera Sapa Indonesia". celebrity.okezone.com. Diakses tanggal 15 Agustus 2016. 
  2. ^ "Detective Conan: The Darkest Nightmare, Ketika Organisasi Hitam Membantu Conan". celebrity.okezone.com. Diakses tanggal 26 Agustus 2016. 
  3. ^ "Detective Conan: The Darkest Nightmare Pecahkan Rekor Box Office Jepang". celebrity.okezone.com. Diakses tanggal 15 Agustus 2016. 
  4. ^ "20th Detective Conan Film's Title, Visual, Story Unveiled". Anime News Network (dalam bahasa bahasa Inggris). Diakses tanggal 14 Juni 2016. The movie will open on April 16 in Japan, 
  5. ^ 映画『名探偵コナン 純黒の悪夢』池田さん&古谷さんインタビュー. 映画『名探偵コナン 純黒の悪夢』池田さん&古谷さんインタビュー - アニメイトタイムズ (dalam bahasa bahasa Jepang). Diakses tanggal 15 Juni 2016. 
  6. ^ Schilling, Mark. "Japan Box Office: 'Detective Conan: Nightmare' Bows at Number One". Variety (dalam bahasa bahasa Inggris). Diakses tanggal 15 Juni 2016. 
  7. ^ "Detective Conan: The Darkest Nightmare Film Earns 5 Billion Yen, Sets Franchise Record". Anime News Network (dalam bahasa bahasa Inggris). Diakses tanggal 15 Juni 2016. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]