Meitantei Konan Tokei Jikake no Matenrō

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Detective Conan: The Time-Bombed Skyscraper
190px
SutradaraKanetsugu Kodama
ProduserMichihiko Suwa
PenulisKazunari Kochi
PemeranMinami Takayama
Kappei Yamaguchi
Wakana Yamazaki
Akira Kamiya
Chafurin
Kenichi Ogata
Taro Ishida
MusikKatsuo Ono
DistributorToho
Tanggal rilis
19 April 1997
Durasi
94 menit
NegaraJepang
BahasaJepang
Pendapatan kotor¥ 174,083,700 [1]
(1,405,083 US$)

Case Closed: The Time-Bombed Skyscraper, dikenal sebagai Detective Conan: The Time-Bombed Skyscraper (名探偵コナン 時計じかけの摩天楼, Meitantei Konan: Tokei Jikake no Matenrō) di Jepang, adalah sebuah film fitur animasi Jepang tahun 1997 yang didasarkan dari seri manga Detektif Conan karya Gosho Aoyama dan menampilkan detektif Shinichi Kudo. Film ini di antara episode 54 dan 55. Funimation merilis film di Amerika Utara.

Ringkasan[sunting | sunting sumber]

Awal cerita menunjukkan terbunuhnya Kurokawa yang dibunuh oleh pembantunya. Setelah itu, Conan dirumah Profesor Agasa sedang mencari surat untuk dirinya, lalu dia menemukan surat untuknya dari arsitek terkenal dari Jepang, Teiji Moria. Namun, Conan (Shinichi) meminta Ran untuk menghadiri undangan pesta minum teh di kediaman Teiji Moria. Ran pun mau menghadiri undangan tersebut dengan syarat pada tanggal 3 Mei dia harus menemani Ran menonton film "Benang Merah" di Beika City Building. Setelah itu, Conan, Ran, dan ayahnya Kogoro Mouri menghadiri undangan pesta minum teh di kediaman Teiji Moria yang bentuknya simetris dan bergaya arsitekur dari Inggris. Karena Conan berhasil menjawab kuis tersebut, Ran dan Conan pun diajak menuju galeri karya-karya Teiji Moria dari semasa muda. Setelah sampai di rumah, Conan mendengar kabar dari televisi bahwa ada pencurian bahan peledak dengan jumlah yang sangat besar. Kemudian, Conan ditelepon oleh seseorang tak dikenal, dia memberitahukan bahwa ada sebuah bom di taman dekat sungai. Kemudian, Conan menuju taman tersebut dan bertemu Ayumi, Genta, dan Mitsuhiko yang bermain pesawat radio kontrol. Ternyata pesawat itu dipasang bom dan meledak. Bom selanjutnya pun meledak di dekat jalan tol dan Conan pun terluka akibat ledakan bom tersebut. Dan bom terbesar terdapat di Jalur Lingkar Toto. Kemudian, pada malam harinya di kediaman Teiji Moria, dilakukan investigasi terhadap kasus-kasus kebakaran beruntun dan ledakan bom yang terjadi di semua bangunan rancangan Teiji Moria. Hingga akhirnya, pelaku pun diketahui. Namun, pelaku memasang bom terbesar di Beika City Building pada saat Ran berada di sana. Bom pun meledak, namun masih ada bom yang terbesar. Hingga akhirnya, Ran dibantu Shinichi (Conan) berhasil menjinakkan bom tersebut.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Karakter Pengisi suara versi Jepang Pengisi suara versi Inggris
Conan Edogawa Minami Takayama Alison Retzloff
Shinichi Kudo Kappei Yamaguchi Jerry Jewell
Ran Mouri Wakana Yamazaki Colleen Clinkenbeard
Kogoro Mouri Kogoro Mouri R. Bruce Elliot
Inspector Meguire Chafurin Mark Stoddard
Dr. Agasa Kenichi Ogata Bill Flynn
Ayumi Yeager Yukiko Iwai Monica Rial
Mitsuhiko Tennyson Ikue Ōtani Cynthia Cranz
Genta Kaminski Wataru Takagi Dameon Clarke
Ninzaburou Shiratori Kaneto Shiozawa Eric Vale
Sonoko Suzuki Naoko Matsui Laura Bailey
Leo Joel (Teiji Moriya) Tarō Ishida Kent Williams

Produksi[sunting | sunting sumber]

Untuk adegan terakhir dari film ini, sebuah "episode" yang ingin dimasukkan di manga oleh pencipta aslinya—Gosho Aoyama, digunakan. Ia bahkan dapat menggambar versi aslinya sendiri.[2]

Untuk lagu tema penutup, film ini menggunakan "Happy Birthday" yang dibawakan oleh Kyoko.

Perilisan[sunting | sunting sumber]

Film ini dirilis di 13 bioskop di Jepang pada tanggal 19 April 1997 dan berakhir dengan total pendapatan $1,405,083 (¥174,083,700). Pada minggu pembuka, film ini meraup $68,965 (¥8,554,500).[1]

Video rumahan[sunting | sunting sumber]

VHS[sunting | sunting sumber]

VHS dari film ini dirilis pada tanggal 19 Oktober 1997.[3] Produksinya tidak dilanjutkan setelah beralih ke DVD pada tahun 2006.

DVD Wilayah 1[sunting | sunting sumber]

FUNimation merilis versi dub bahasa Inggris dari film The Time-Bombed Skyscraper dalam DVD dwibahasa pada tanggal 3 Oktober 2006. Tidak seperti serinya, film ini mengabaikan animasi asli secara utuh tanpa terjemahan kecuali pada judul pembuka dan kredit penutup. Judul pembukanya diganti dengan versi bahasa Inggris. Kredit asli versi Jepang diubah dari yang awalnya menampilkan adegan berkeliling Tokyo beserta rekap film, menjadi cuplikan adegan final dari film ini (pantauan udara yang menampilkan karakter dan mobil polisi di tempat kejadian perkara).

DVD Wilayah 2[sunting | sunting sumber]

DVD dari film ini dirilis pada tanggal 28 Maret 2001.[4] Sebuah DVD baru kemudian dirilis pada tanggal 25 Februari 2011, dengan penurunan harga yang signifikan dan menambahkan trailer sebagai fitur khusus.[5]

Blu-ray[sunting | sunting sumber]

Versi Blu-ray dari film ini dirilis pada tanggal 26 Agustus 2011.[6] Versi Blu-ray tersebut berisi konten yang serupa dengan versi DVD ditambah sebuah buklet mini yang menjelaskan film dan fungsi BD-live.[6]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b "Box Office for Time Bombed Skyscraper". Internet Movie Database (IMDB). Diakses tanggal 15 Mei 2011. 
  2. ^ Aoyama, Gosho (21 November 2006). "Afterword". Detektif Conan. 14. San Francisco: Viz Media. hlm. 183. ISBN 1-4215-0444-8. 
  3. ^ "Detective Conan: The Time Bombed Skyscraper VHS". Amazon.co.jp. Diakses tanggal 10 Agustus 2011. 
  4. ^ "Detective Conan: The Time Bombed Skyscraper DVD". Amazon.co.jp. Diakses tanggal 10 Agustus 2011. 
  5. ^ "Detective Conan: The Time Bombed Skyscraper DVD (New)". Amazon.co.jp. Diakses tanggal 10 Agustus 2011. 
  6. ^ a b "Detective Conan: The Time-Bombed Skyscraper" (dalam bahasa Jepang). Being Inc. Diarsipkan dari versi asli tanggal 18 September 2011. Diakses tanggal 10 Agustus 2011. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]