Brawlhalla

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Brawlhalla
Brawlhalla BoxArt.jpg
Seni kotak edisi standar menampilkan "legends" Orion dengan Tombak (kiri) dan Hattori dengan Pedang (kanan)
PengembangBlue Mammoth Games
PenerbitUbisoft
PlatformMicrosoft Windows, macOS, PlayStation 4, PlayStation 5, Xbox One, Nintendo Switch, Android, iOS
Tanggal rilisMicrosoft Windows, macOS, PlayStation 4
  • WW: 17 Oktober 2017
Xbox One, Nintendo Switch
  • WW: 6 November 2018
Android, iOS
  • WW: 6 Agustus 2020
GenrePertarungan
ModePemain tunggal, multipemain

Brawlhalla adalah permainan pertarungan 2D gratis untuk dimainkan yang dikembangkan oleh Blue Mammoth Games untuk Nintendo Switch, Xbox Series X|S, Xbox One, PS5, PS4, Steam, iOS, dan Android, dengan permainan lintas permainan di semua platform. Permainan ini ditampilkan di PAX East pada bulan April 2014, dan masuk ke alpha akhir bulan itu.[1] Sebuah beta terbuka tersedia pada November 2015, diikuti dengan perilisan permainan pada Oktober 2017.[2] Pada April 2021, permainan ini menampilkan 53 karakter yang dapat dimainkan yang disebut "Legends", masing-masing dengan statistik unik, peralatan, dan Skin kosmetik yang tersedia.

Pada tanggal 5 Maret 2018, Brawlhalla pengembang-penerbit Blue Mammoth Games diakuisisi oleh penerbit permainan video Ubisoft. Sebagai hasilnya, Rayman, bersama dua karakter lain dari waralaba, ditambahkan ke dalam permainan pada 6 November 2018.[a] Brawlhalla dirilis untuk Nintendo Switch dan Xbox One pada hari yang sama.[3][4]

Pada 6 Juli 2018, Ars Technica merilis sebuah artikel yang merinci jumlah pemain yang tepat untuk permainan Steam yang diperoleh melalui kebocoran sebagai akibat dari "lubang" di API-nya. Bocoran ini menunjukkan Brawlhalla berada di peringkat ke-24 dalam jumlah pemain di Steam dengan total 8.646.824 pemain, dari semua permainan yang menampilkan sistem Prestasi Steam.[5] Ubisoft melaporkan lebih dari 20 juta pemain pada Februari 2019.[6] Pada Maret 2021, Brawlhalla memiliki lebih dari 50 juta pemain.[7]

Alur permainan[sunting | sunting sumber]

Di sebagian besar mode permainan Brawlhalla, tujuannya adalah untuk menjatuhkan lawan dari arena, (melintasi batas permainan yang merupakan empat dimensi layar) yang sebanding Super Smash Bros. Ini dapat dilakukan dengan menyerang berulang kali. Kerusakan bisa dilihat pada tampilan warna di sekitar icon karakter lawan, yang berubah dari putih menjadi merah menjadi hitam seiring pemain terus terkena pukulan. Semakin dekat warnanya dengan merah, semakin jauh pemain akan terlempar ke belakang, sampai mereka akhirnya tersingkir. Terlempar dari arena akan mengakibatkan pemain kehilangan nyawa. Baik pemain terakhir yang bertahan (yang masih memiliki setidaknya satu nyawa) atau pemain dengan poin terbanyak memenangkan pertandingan.

Permainan ini mendukung permainan lokal dan online. Pemain kompetitif dapat bersaing 1 lawan 1 untuk naik peringkat. Mereka juga dapat menemukan pasangan untuk bermain melawan duo lain untuk meningkatkan peringkat kolaboratif mereka. Brawlhalla juga memiliki beberapa mode kasual: Free-For-All, 1v1 Strikeout, Experimental 1v1, dan mode unggulan yang berbeda setiap minggu. Free-For-All adalah mode chaotic dimana 4 pemain saling menjatuhkan untuk mendapatkan poin. Dalam 1v1 Strikeout, pemain memilih 3 karakter yang mereka mainkan masing-masing untuk 1 stock. Experimental 1v1 memungkinkan pemain untuk menguji fitur yang akan datang satu sama lain. Permainan Kustom dapat dihosting secara online dan lokal, dan mereka mendukung hingga 8 pemain per pertandingan, peta eksperimental, dan perubahan wilayah. Anda dapat bergabung dengan grup teman Anda untuk membuat klan, dengan banyak peringkat dalam klan. Klan hanya tersedia di PC. Klan mendapatkan experience dari semua anggota.

Empat statistik ditetapkan ke setiap karakter: Strength, Dexterity, Defense dan Speed. Kombinasi statistik ini menentukan kekuatan dan kelemahan karakter dan memengaruhi cara mereka dimainkan, dan dapat sedikit dimodifikasi dengan menggunakan sikap - yang memindahkan titik dari satu status ke status lainnya.

Model bisnis[sunting | sunting sumber]

Brawhalla gratis-untuk-dimainkan, berdasarkan model bisnis freemium. Permainan ini menawarkan 9 karakter yang dapat dipilih untuk digunakan secara gratis dari rotasi mingguan, membuatnya lebih mudah diakses oleh pemain baru. Jumlah karakter rotasi gratis ini meningkat dari 6 pada akhir 2018 dan 8 pada Agustus 2020, likely sebagai hasil dari berapa banyak karakter baru yang ditambahkan ke permainan saat ini. Saat ini ada 53 karakter pemain, dipanggil "Legends" (per Mei 2021).[8] Karakter baru biasanya dirilis setiap lima minggu hingga beberapa bulan, tetapi seiring waktu, tingkat perilisan melambat menjadi sekitar 4 per tahun, kemungkinan karena akuisisi Ubisoft. Untuk membeli karakter sepenuhnya, Brawlhalla menawarkan toko dalam permainan, memberikan kesempatan bagi pemain untuk menggunakan mata uang dalam permainan yang diperoleh melalui pertandingan, misi harian, dan naik level. Sebagai alternatif, pemain dapat membeli semua karakter yang ada dan yang akan datang melalui transaksi satu kali.

Produk lain juga tersedia untuk dibeli di sini, menggunakan mata uang premium yang disebut Mammoth Coins. Mata uang ini diperoleh dengan membelinya dengan uang sungguhan. Mammoth Coins dapat digunakan untuk produk seperti skin karakter, skin senjata, avatar, dan emote yang dapat digunakan dalam pertandingan.[9] Juga di toko-toko ada peti skin, yang diperbarui setiap hari. Peti ini menawarkan banyak skin yang dapat dibeli di toko dengan harga diskon sambil menawarkan 2 hingga 3 skin eksklusif untuk peti. Peti ini berharga 100 Mammoth Coins untuk dibeli, dan ketika dibeli, peti akan secara acak memberikan pembeli salah satu skin yang ditawarkan.

Brawlhalla juga telah memperkenalkan sistem battle pass dengan skin dan warna eksklusif.

Lintas permainan[sunting | sunting sumber]

Brawlhalla memperkenalkan lintas permainan di semua platform pada 9 Oktober 2019.[10] Lintas-permainan memungkinkan pemain di PC, Nintendo Switch, PlayStation 4, Xbox One, Android, dan iOS untuk saling antri dalam permainan peringkat online dan untuk membuat lobi khusus yang dapat diikuti oleh pemain di platform apa pun.[10]

Crossover[sunting | sunting sumber]

Beberapa karakter memiliki skin yang berfungsi sebagai karakter crossover dari warabala lain. Karakter ini hanya dapat diperoleh melalui "mammoth coins" dan bukan koin biasa. Waralaba dan karakternya adalah sebagai berikut:

Warabala Karakter
X-Ray and Vav Mogar, The Mad King
Rivals of Aether Ranno
Shovel Knight Shovel Knight, Black Knight, King Knight, Plague Knight, Specter Knight, Enchantress
Rayman Rayman,[a] Globox, Barbara
Hellboy Hellboy, Gruagach, Daimio, Nimue
WWE The Rock, John Cena, Xavier Woods, Becky Lynch, Macho Man, The Undertaker, Asuka, Roman Reigns
Adventure Time Finn, Jake, Princess Bubblegum
Steven Universe Stevonnie, Pearl, Amethyst, Garnet
Tomb Raider Lara Croft
Ben 10 Four Arms, Diamondhead, Heatblast
The Walking Dead Michonne, Rick Grimes, Daryl Dixon
Kung Fu Panda Po, Tigress, Tai Lung
Teenage Mutant Ninja Turtles Leonardo, Donatello, Raphael, Michelangelo

Esports[sunting | sunting sumber]

Sementara acara kecil telah diadakan oleh komunitas sejak peluncuran beta tertutupnya, Blue Mammoth Games sekarang menyelenggarakan acara kompetitif resmi mereka sendiri.

Pada Mei 2016, mereka memimpin dengan Seri Kejuaraan Brawlhalla atau "BCX". Itu adalah rangkaian dari 21 turnamen online mingguan yang dimulai pada 18 Juni.[11] Turnamen diadakan di server Amerika Utara dan Eropa, di mana pemain berkompetisi dalam mode 1v1 dan 2v2. Untuk setiap turnamen, kumpulan hadiah $1.000 dibagi di antara delapan pemain teratas. Penempatan di setiap acara BCS memberi pemain peringkat yang digunakan di akhir seri untuk memasukkan mereka ke turnamen Kejuaraan Dunia. Selain itu, turnamen Regional Qualifier 1v1 juga diadakan, dimana pemenang dari setiap acara regional mendapatkan tiket pesawat dan kamar hotel untuk Kejuaraan Dunia.

Pada awal 2017, Blue Mammoth Games mengumumkan Brawlhalla Circuit, rangkaian turnamen resmi '' Brawlhalla '' resmi di seluruh dunia yang diselenggarakan oleh beberapa organisasi yang disetujui oleh Blue Mammoth Games. Pemain yang bersaing dalam acara Brawlhalla Circuit akan diberikan Poin Circuit. Pemain dengan poin tertinggi dari setiap wilayah di akhir musim akan mendapatkan tempat di Kejuaraan Dunia Brawlhalla 32 pemain senilai $100.000 pada bulan November. Seorang pemain juga bisa mendapatkan tempat di Kejuaraan Dunia Brawlhalla dengan memenangkan Kualifikasi Regional, atau menempatkan 3 teratas di turnamen BCX terbuka di BCX.

Kejuaraan Dunia 2016[sunting | sunting sumber]

Kejuaraan Dunia Brawlhalla adalah turnamen resmi senilai $50.000 yang diadakan oleh Blue Mammoth Games di acara akhir tahun mereka, BCX (Brawlhalla Championship Expo). Ada lebih dari 400 orang yang hadir. Pengembang, tokoh streaming, artis komunitas, penggemar esports, dan pesaing semuanya berkumpul untuk bersenang-senang di akhir pekan Brawlhalla.

Acara tersebut berlangsung di Cobb Galleria di Atlanta di Amerika Serikat. Pemain dari seluruh dunia berkompetisi secara lokal dari 11-13 November.[12] Kejuaraan Dunia dipisahkan menjadi dua turnamen terbuka yang terpisah (1v1 dan 2v2), masing-masing memiliki kumpulan hadiah sebesar $25.000, menambahkan hingga total $50.000.

Kejuaraan Dunia 2019[sunting | sunting sumber]

Kejuaraan Dunia Brawlhalla tahunan ke-4 diadakan di DreamHack Atlanta sekali lagi. Mirip dengan 2018, itu adalah turnamen terbuka $100.000 dengan pemain diunggulkan berdasarkan peringkat kekuatan turnamen resmi. Kumpulan hadiah dibagi rata antara 1v1 dan 2v2, masing-masing $50.000. Turnamen ini memiliki lebih banyak peserta aktif daripada turnamen Brawlhalla tatap muka sebelumnya. Kejuaraan Dunia 1v1 dimenangkan untuk kedua kalinya oleh Stephen "Sandstorm" Myers, dan untuk pertama kalinya, pemenang 1v1 juga memenangkan Kejuaraan Dunia 2v2 - bersama rekan setimnya Zack "Boomie" Bielamowicz.[13]

Kejuaraan Dunia 2020[sunting | sunting sumber]

Kejuaraan Dunia Brawlhalla tahunan ke-5 dialihkan ke kompetisi online untuk masing-masing dari lima wilayah utama permainan karena pandemi global. Kumpulan hadiah $204.000 dibagi antara 1v1 dan 2v2 di antara lima wilayah. Dengan kumpulan hadiah dari Kejuaraan Dunia, lebih dari $1.000.000 kini telah diberikan kepada para pemain. Kejuaraan Dunia 1v1 dimenangkan untuk ketiga kalinya berturut-turut oleh Stephen "Sandstorm" Myers, dan gelar Kejuaraan Dunia 2v2 dimenangkan "Sandstorm" bersama rekan satu timnya "Boomie" untuk kedua kalinya berturut-turut.[13]

Penerimaan[sunting | sunting sumber]

Kotaku menyimpulkan bahwa "Brawlhalla adalah tampilan dinamis dari petarung platform yang terasa menyenangkan untuk dimainkan." Mereka mengatakan bahwa inovasi terbaik untuk petarung platform sebelum itu adalah lompatan dan gerakan dindingnya. Tiga lompatan dan penskalaan dinding yang hampir tidak terbatas menjadi strategi baru dan penggemar dalam mobilitas berarti banyak aksi adrenalin tinggi terjadi di luar panggung.[14] Push Square menyatakan bahwa sementara itu tidak dirancang seketat Super Smash Bros., daftar besar, berbagai mode, dan tingkat kedalaman yang wajar membantunya mencapai keseimbangan yang sama antara aksesibilitas dan tantangan, memberi skor pada 7 dari 10.[15]

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b Rayman telah diperkenalkan sebagai karakter tamu yang dapat dimainkan, dan bukan sebagai Skin Crossover.

Refrensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "PAX East 2014: Little gems like Brawlhalla make PAX special". Gamezone. 2014-04-12. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2018-07-07. Diakses tanggal 2018-12-25. 
  2. ^ "The gates of Brawlhalla swing wide for open beta November 3". Neoseeker. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2017-03-27. Diakses tanggal 2018-12-25. 
  3. ^ Phillips, Tom (2018-03-02). "Ubisoft just snapped up the Smash Bros-like Brawlhalla". Eurogamer. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2018-03-04. Diakses tanggal 2018-03-05. 
  4. ^ Faller, Patrick. "Brawlhalla Dev Acquired By Ubisoft". GameSpot. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2018-03-06. Diakses tanggal 2018-03-05. 
  5. ^ "Valve leaks Steam game player counts; we have the numbers". Ars Technica (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2018-07-10. Diakses tanggal 2018-10-30. 
  6. ^ "Brawlhalla Celebrates 20 Million Players With Fact-Filled Infographic". news.ubisoft.com (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2020-06-21. 
  7. ^ Mammoth, Blue (2020-10-09). "50 Million Players!". Brawlhalla (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2020-10-16. 
  8. ^ "Meet the Legends of Brawlhalla". Brawlhalla (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2020-06-22. 
  9. ^ D'Anastasio, Cecilia. "Brawlhalla: The Kotaku Review". Kotaku (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2018-10-31. Diakses tanggal 2018-10-30. 
  10. ^ a b "All-Platform Cross-Play is Live in Brawlhalla! - Brawlhalla". Brawlhalla (dalam bahasa Inggris). 2019-10-09. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2019-12-17. Diakses tanggal 2019-12-17. 
  11. ^ "BCS week 1 recap". 2016-06-21. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2016-12-20. Diakses tanggal 2016-12-15. 
  12. ^ "Brawlhalla World Championship Begins Nov. 11 in Atlanta with $50,000 On The Line". Gamasutra. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2016-12-21. Diakses tanggal 2016-12-15. 
  13. ^ a b "Brawlhalla World Championship 2019 Results - Brawlhalla". Brawlhalla (dalam bahasa Inggris). 2019-11-19. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2019-12-22. Diakses tanggal 2019-12-17. 
  14. ^ "Brawlhalla: The Kotaku Review". Kotaku (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2020-06-22. 
  15. ^ Square, Push (2017-10-22). "Review: Brawlhalla (PS4)". Push Square (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2020-06-22. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]