Bernardus Djonoputro

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Bernardus Djonoputro
Kepala Badan Pengelola Metropolitan Rebana ke-1
Mulai menjabat
27 April 2023
PresidenJoko Widodo
GubernurRidwan Kamil
Sebelum
Pendahulu
Jabatan Baru
Pengganti
Petahana
Sebelum
Informasi pribadi
Lahir16 Oktober 1963 (umur 60)
Bandung, Indonesia
KebangsaanIndonesia
Alma materInstitut Teknologi Bandung Universitas Bina Nusantara
Sunting kotak info
Sunting kotak info • L • B
Bantuan penggunaan templat ini

Ir. Bernardus Djonoputro MM IAP (lahir 16 Oktober 1963) adalah seorang perencana kota yang juga praktisi bisnis dan ahli pembiayaan infrastruktur, dan pengembangan kota. Bernardus adalah praktisi senior dan memiliki karir internasional yang sangat luas sebagai manajemen puncak di berbagai firma konsultan terbesar di dunia, termasuk Deloitte, EY[1] dan PwC. Bernardus ditunjuk oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil sebagai Kepala Badan Pengelola Metropolitan Rebana sejak 27 April 2023[2].

Di bidang perencanaan kota dan wilayah, Bernardus memegang Sertifikat Perencana Utama dan saat ini menjabat sebagai Ketua Majelis Kode Etik Ikatan Ahli Perencanaan Indonesia (IAP) [3]setelah sebelum nya merupakan Ketua Umum IAP selama 2 periode dan Sekjen IAP selama 2 periode. Bernardus juga merupakan anggota International Society of City and Regional Planner (ISOCARP), dan terlibat sebagai Senior Urban Planner dalam Pre Masterplan dan Penentuan Lokasi IKN di Bappenas.

Pendidikan[sunting | sunting sumber]

Bernardus menghabiskan masa pendidikan nya di SMA St. Aloysius Bandung, kemudian melanjutkan ke jurusan Teknik Perencanaan Kota dan Wilayah, Institut Teknologi Bandung. Selama di kampus, Bernie sapaan akrab Bernardus aktif dalam berbagai gerakan kemahasiswaan, termasuk menjadi Ketua Iota Tau Beta 1983, yaitu kegiatan karya mahasiswa baru ITB dan melibatkan hampir 1,500 mahasiswa baru angkatan 1983, dan menjadi Ketua Himpunan Mahasiswa Planologi Pangripta Loka tahun 1986.

Bernardus melanjutkan pendidikan Master Manajemen Bisnis pada Binus Business School dan merupakan kandidat Doktor pada Sekolah Kajian Strategis dan Global, Universitas Indonesia.

Karir[sunting | sunting sumber]

Bernardus mulai bekerja pada saat sebelum lulus kuliah, ketika memasuki tahun terakhir di jurusan Teknik Perencanaan Kota dan Wilayah, Institut Teknologi Bandung, Bernardus bekerja di Australia sebagai staff komunikasi di pavilion Indonesia di World Expo 88 di Brisbane Australia selama hampir setahun. Kemudian Bernardus melanjutkan dengan bekerja sebagai junior intern di dinas tata kota Brisbane, Australia.

Kembali ke Indonesia menyelesaikan pendidikan sarjana S1 nya, Bernardus memulai karir bisnis nya di American Express Bank 34 tahun lalu, dan kemudian menjabat berbagai posisi manajemen di berbagai perusahan pengembangan infrastruktur, pembiayaan dan pengembangan kawasan, termasuk pernah menjabat sebagai Komisaris di PT Jababeka Infrastruktur[4], Managing Director PT Nusantara Infratructure, Chief Representative Hawkins Infrastructure New Zealand. Sebelum nya sebagai Direktur di PricewaterhouseCoopers (PwC). Pada tahun 2016 menjadi Country Head Infrastructure dari Deloitte Infrastructure Advisory, dan terakhir di Ernst & Young (EY).

Dalam kehidupan di luar pekerjaan, Bernardus aktif termasuk menjadi aktivis Solidaritas Profesional untuk Reformasi (SPUR), sebuah gerakan kaum professional dalam mendukung pergerakan mahasiswa di jaman reformasi 1998. Bernardus menjadi Ketua kegiatan pengumpulan dana SPUR untuk mahasiswa berupa pagelaran Three Shot to Death, sebuah kolaborasi SPUR dan almarhum Harry Roesli di Hotel Hilton 1998. Kegiatan tersebut menjadi kegiatan pengumpulan dana untuk mendukung kegiatan politik mahasiswa pertama yang digelar secara publik.

Dalam kerjasama bilateral Bernardus aktif diberbagai forum, pada tahun 2017 menjadi Ketua Tim Panel Ahli untuk Indonesia di Sekretariat Belt & Road Initiatives di Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman. Pada tahun 2021 menjadi Co-Leader di EY untuk Katalis, yaitu Kemitraan Kerja Sama Ekonomi Pemerintah Australia-Indonesia dalam Australia Indonesia Comperehensive Economic Partnership (IA-CEPA).

Dalam kerjasama bilateral aktif diberbagai forum termasuk sebagai Trade Advisor New Zealand untuk Asia Timur. Selain itu juga aktif di berbagai Lembaga internasional, antara lain sebagai Faculty & Fellow di Salzburg Global Seminar, lembaga think-tank globalisasi berbasis di Salzburg Austria. Juga sebagai Vice President EAROPH (Eastern Region Organization for Planning and Human Settlement) lembaga afiliasi PBB bidang perencanaan dan pemukiman. Juga sebagai Fellow di Australia Indonesia Center berbasis di Melbourne.

Bernardus berpengalaman menjadi manajemen perusahaan publik infrastruktur terintegrasi dengan aset di jalan tol, air, pelabuhan dan energi. Selain itu juga banyak terlibat di berbagai proyek strategis nasional, KPBU maupun proyek-proyek vital infrastruktur. Termasuk sebagai team leader dalam berbagai transaksi dan penyiapan proyek LRT dan Urban Transport Moderen Kota Medan, Penyiapan Fasilitas Pengolah Sampah Selatan dan Timur Jakarta, Penyiapan Project Management Unit KPBU di Kementerian Keuangan, Persiapan Proyek Strategis Nasional Bandara Kertajati, Pengembangan Pelabuhan Samudera Sabang, pelabuhan Bitung.

Dibidang perencanaan kota, selain sebagai senior urban planner reviewer Concept Masterplan IKN, juga Revisi RTRW Propinsi Jawa Barat, Revisi RTRW Jakarta 2030, Penyusunan Masterplan Makassar. Juga terlibat dalam penyelesaian Jalan Tol W1 Layang Jakarta Barat, dan penyiapan proyek KPBU Air Bersih Lampung, KPBU Satelit Multifungsi Indonesia, dan Penyiapan KPBU Sistem Informasi Pertanahan Moderen Indonesia.

Bernardus adalah pemrakarsa indeks layak huni Indonesia Most Livable City Index yang dilansir Ikatan Ahli Perencanaan setiap dua tahun sejak 2009. Buku yang pernah ditulis adalah “Menikmati Roman dan Satire Kehidupan Kota” (Penerbit Kanisius, 2020) dan mengasuh kolom di kompas.com sejak 2016.

Di dunia Pendidikan, Bernardus saat ini menjadi Komite Investasi dan Advisory Board Badan Pengembangan Usaha dan Dana Lestari (BPUDL-ITB)[5]. Beliau juga duduk sebagai anggota Advisory Board di Sekolah Arsitektur, Perencanaan dan Pengembangan Kebijakan, Institut Teknologi Bandung ( SAPPK ITB)[6].

Kepala Badan Pengelola Metropolitan Rebana[sunting | sunting sumber]

Bernardus Djonoputro diangkat oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil sebagai Kepala Badan Pengelola Metropolitan Rebana yang pertama[7]. Badan Pengelola wilayah metropolitan lintas daerah ini merupakan salah satu badan pengelola metropolitan pertama terbentuk di Indonesia, sebagai mandat dari Peraturan Presiden no 87 Tahun 2021 tentang Percepatan Pembangunan Kawasan Rebana dan Kawasan Jawa Barat Bagian Selatan, tugas nya mengelola koordinasi dan fasilitasi investasi dan penyelenggaraan Proyek Strategis Nasional meliputi daerah tingkat dua di wilayah metropolitan meliputi Kota Cirebon, Kabupaten Cirebon, Kabupaten Indramayu, Kabupaten Subang, Kabupaten Majalengka, Kabupaten Kuningan dan Kabupaten Sumedang.

Metropolitan Rebana diresmikan berdasarkan Keputusan Presiden Joko Widodo no 87 Tahun 2021 dan Keputusan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil no 84 Tahun 2020. Kawasan Metropolitan Rebana mencakup lebih dari tujuh pemerintah daerah termasuk Kota Cirebon, Kabupaten Cirebon, Majalengka, Subang, Kuningan, Indramayu dan Sumedang, metropolitan Rebana saat ini merupakan rumah bagi lebih dari 10 juta jiwa penduduk. Dan memiliki luas daerah lebih dari 42.000 ha dari 13 Zona Industri yang dibatasi.

Metropolitan Rebana secara strategis terhubung dengan infrastruktur nasional utama jalan tol trans Jawa, jalur kereta api ganda, pelabuhan nasional Patimban dan terhubung dengan Bandara Internasional Kertajati dan Dirgantara Jawa Barat. Rebana juga rumah bagi tidak kurang dari 20 proyek Prioritas Infrastruktur Nasional utama termasuk proyek bendungan, limbah menjadi energi, air dan transportasi.

Pemerintah Indonesia telah merencanakan 234 triliun rupiah dalam proyek-proyek infrastruktur prioritas, dan diharapkan dapat menumbuhkan ekonomi sebesar 6,7% dan menyumbang 4 juta lapangan kerja baru dalam dekade berikutnya.

Sebagai CEO, Bernie bertugas untuk mengkoordinasikan investasi, tata ruang, dan pembangunan daerah di daerah, bekerja sama dengan Gubernur, Walikota, dan Bupati dari 7 Pemerintah Daerah.

Sebelumnya Bernie pernah menjadi Penasihat Senior Gubernur Jawa Barat, provinsi terbesar di Indonesia yang berpenduduk 50 juta jiwa.

Penghargaan[sunting | sunting sumber]

Pada Worldwide Best Performer President’s Award 1993, American Express, Bernardus berhasil meraih penghargaan prestasi terbaik dunia di American Express dan merupakan orang Indonesia satu-satu nya yang pernah di anugerahi award ini.

Tahun Penghargaan Kategori Hasil
1993 American Express Award Worldwide Best Performer President’s Award Pemenang

Catatan[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Bernardus Djonoputro". www.ey.com (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2023-04-27. 
  2. ^ "Ridwan Kamil Lantik Bernardus Djonoputro Jadi Kepala BP Rebana". Bisnis.com. 2023-04-27. Diakses tanggal 2023-04-27. 
  3. ^ VIVA, PT VIVA MEDIA BARU- (2023-04-27). "Sosok Bernie dan Tatang RW, Kepala BP Rebana dan BP Cekban yang Baru Dilantik". jabar.viva.co.id. Diakses tanggal 2023-04-27. 
  4. ^ Media, Kompas Cyber (2015-08-21). "Indonesia dan Australia Bentuk "Policy Dialogue" Percepat Pembangunan Infrastruktur". KOMPAS.com. Diakses tanggal 2024-02-05. 
  5. ^ "Meet Our Team - Bahasa Indonesia". BPUDL ITB. Diakses tanggal 2024-02-05. 
  6. ^ "Advisory Board SAPPK-ITB Tahun 2020 – SAPPK". sappk.itb.ac.id (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2024-02-05. 
  7. ^ Media, Kompas Cyber (2023-04-27). "Bernardus Djonoputro Dilantik Jadi Kepala BP Metropolitan Rebana". KOMPAS.com. Diakses tanggal 2023-04-28. 
Jabatan Politik
Didahului oleh:

Jabatan Baru

Kepala Badan Pengelola Metropolitan Rebana:

2023-sekarang

Petahana