Batu TV

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Batu TV
PT Batu TV
Batu TV.png
Kantor batu tv.JPG
Kantor dan Studio Batu TV
Batu, Jawa Timur
Indonesia
SaluranAnalog: 48 UHF
Digital: 31 UHF
SloganBatu TV Kerrr
Pemrograman
BahasaBahasa Indonesia
AfiliasiIndependen
Kepemilikan
PemilikPT. Batu TV (2003-2012, 2020-Sekarang) Jawa Pos Group (2012-2020)
Riwayat
Siaran perdana
16 Agustus 2003[1]
JPM (2012-2020)
Kota Batu
Informasi teknis
Otoritas perizinan
Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia
Pranala
Situs webbatutelevisi.com
Batu TV
Kantor pusatJl. TVRI, Ds. Dresel, Oro-oro Ombo, Kota Batu, Jawa Timur

Batu TV merupakan stasiun televisi lokal Malang Raya yang berpusat di Kota Batu. Lokasi kantor dan studionya berada di lereng gunung dan pegunungan setinggi ±1.100 m dari permukaan laut ditunjang dengan pemandangannya yang indah merupakan keuntungan tersendiri bagi Batu TV untuk mendapatkan pemandangan yang bagus dalam pengambilan gambar untuk sebuah produksi acara dan menembus jangkauan pancar hingga ke pelosok Malang Raya.

Mengudara sejak 2003, Batu TV sendiri awalnya hanya bersiaran dengan color bar, dan kemudian sempat merelai sejumlah televisi swasta nasional yang belum bersiaran di Malang saat itu, yaitu Global TV, TV7 dan TPI secara berturut-turut masing-masing hingga 2004, 2005 dan 2006. Sejak 2006, program-program Batu TV sudah diproduksi sendiri.[2] Sempat juga stasiun televisi ini menggandeng Tempo TV, VH1 Indonesia dan MNC Entertainment (2007-2009) dalam program siaran.[3][4] Siaran Batu TV sendiri sempat dihentikan pada November 2008-Januari 2009, demi mengantisipasi kebijakan penertiban penggunaan frekuensi siaran tanpa izin oleh pemerintah saat itu.[5]

Batu TV berdiri dilatarbelakangi oleh adanya otonomi daerah Kota Administratif Batu menjadi Kota Batu, munculnya undang-undang pertelevisian lokal dan dari letak demografi ada potensi usaha pertelevisian di Malang Raya. Didirikan seorang bernama Andry Hoediono dengan modal Rp 300 juta,[6] program acara Batu TV terbentuk berdasarkan kerjasama dengan tim kreatif Batu TV, rumah produksi dan penyelenggara acara baik lokal maupun nasional.

Selain itu banyaknya potensi-potensi daerah yang dapat dikembangkan, status Kota Malang sebagai Kota Pelajar dimana mahasiswa dan pelajar dari seluruh pelosok daerah menempuh pendidikan di Kota Malang, potensi pariwisata yang sangat besar, serta kreativitas masyarakatnya. Dengan tujuan ingin berperan aktif dalam membangkitkan dan menggali potensi-potensi daerah serta meningkatkan pendapatan dan kreativitas masyarakat Malang Raya, Batu TV menghadirkan program-program acara dengan jangka waktu siaran setiap hari pukul 07.00 WIB hingga pada pukul 22.00 WIB.

Acara TV[sunting | sunting sumber]

  • Info 7 Malang Raya

Berita-berita terhangat seputar Malang Raya. Acara ini siap menyajikan berita yang informatif, edukatif, dapat dipercaya dan beragam seputar Malang Raya. Acara ini ditayangkan setiap hari pukul 18.00 WIB.

  • Pengobatan Alternatif

Pengobatan Alternatif yang ditayangkan Batu TV ditayangkan setiap minggunya bagi Anda yang memiliki keluhan tentang berbagai penyakit. Anda dapat langsung menyampaikan keluhan melalui layanan telepon interaktif.

  • Nada & Irama

Tayangan dari Batu TV untuk pemirsa setia yang menayangkan berbagai macam musik terbaru. Tersedia juga acara dansa dan tembang kenangan, yang didukung oleh komunitas tembang kenangan se-Malang Raya.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]