Batu TV

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Batu TV
PT Batu Televisi
Kantor dan Studio Batu TV
Batu, Jawa Timur
Indonesia
SaluranDigital: 31 UHF
Virtual: 5
SloganBatu TV Kerrr
Pemrograman
BahasaBahasa Indonesia
AfiliasiIndependen
Riwayat
Siaran perdana
Maret 2004[1]
Bekas nomor kanal
48 UHF (analog)
Kota Batu
Informasi teknis
Otoritas perizinan
Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia
Pranala
Situs webbatutelevisi.com
Informasi tambahan
NegaraIndonesia
Kantor pusatJl. TVRI, Ds. Dresel, Oro-oro Ombo, Kota Batu, Jawa Timur

Batu TV merupakan stasiun televisi lokal Malang Raya yang berpusat di Kota Batu. Lokasi kantor dan studionya berada di lereng gunung dan pegunungan setinggi ±1.100 m dari permukaan laut ditunjang dengan pemandangannya yang indah merupakan keuntungan tersendiri bagi Batu TV untuk mendapatkan pemandangan yang bagus dalam pengambilan gambar untuk sebuah produksi acara dan menembus jangkauan pancar hingga ke pelosok Malang Raya.

Mengudara sejak Maret 2004 silam, Batu TV sendiri awalnya hanya bersiaran dengan bilah warna, dan kemudian sehingga untuk sempat merelai sejumlah televisi swasta nasional yang belum bersiaran di Malang saat itu, yaitu Global TV, TV7 (kini Trans7) dan TPI (kini MNCTV) secara berturut-turut masing-masing hingga 2004, 2005 dan 2006. Sejak 5 November 2006, program-program Batu TV sudah diproduksi hampir sendiri.[2] Sempat juga stasiun televisi ini menggandeng Tempo TV, VH1 Indonesia dan MNC Entertainment (2007-2009) dalam program siaran.[3][4] Sejak Siaran Batu TV sendiri resmi sempat dihentikan sementara pada November 2008-Januari 2009, demi mengantisipasi kebijakan penertiban penggunaan frekuensi siaran tanpa izin oleh pemerintah saat itu.[5]

Batu TV berdiri dilatarbelakangi oleh adanya otonomi daerah Kota Administratif Batu menjadi Kota Batu, munculnya undang-undang pertelevisian lokal dan dari letak demografi ada potensi usaha pertelevisian di Malang Raya. Didirikan seorang bernama Andry Hoediono dengan modal Rp 300 juta,[6] program acara Batu TV terbentuk berdasarkan kerjasama dengan tim kreatif Batu TV, rumah produksi dan penyelenggara acara baik lokal maupun nasional.

Selain itu banyaknya potensi-potensi daerah yang dapat dikembangkan, status Kota Malang sebagai Kota Pelajar dimana mahasiswa dan pelajar dari seluruh pelosok daerah menempuh pendidikan di Kota Malang, potensi pariwisata yang sangat besar, serta kreativitas masyarakatnya. Dengan tujuan ingin berperan aktif dalam membangkitkan dan menggali potensi-potensi daerah serta meningkatkan pendapatan dan kreativitas masyarakat Malang Raya, Batu TV menghadirkan program-program acara dengan jangka waktu siaran setiap hari pukul 07.00 WIB hingga pada pukul 22.00 WIB.

Siaran Batu TV juga dapat dinikmati melalui siaran TV digital, [7] hal itu sesuai dengan kebijakan Menkominfo terkait penerapan ASO (Analog Switch Off) di wilayah Malang Raya untuk seluruh stasiun televisi, Batu TV berada di UHF 31 dan Frekuensi DVB-T2 (MHz): 554 format penyiaran menggunakan frekuensi TV digital.

Program acara[sunting | sunting sumber]

  • Info 7 Malang Raya

Berita-berita terhangat seputar Malang Raya. Acara ini siap menyajikan berita yang informatif, edukatif, dapat dipercaya dan beragam seputar Malang Raya. Acara ini ditayangkan setiap hari pukul 18.00 WIB.

  • Pengobatan Alternatif

Pengobatan Alternatif yang ditayangkan Batu TV ditayangkan setiap minggunya bagi Anda yang memiliki keluhan tentang berbagai penyakit. Anda dapat langsung menyampaikan keluhan melalui layanan telepon interaktif.

  • Nada & Irama

Tayangan dari Batu TV untuk pemirsa setia yang menayangkan berbagai macam musik terbaru. Tersedia juga acara dansa dan tembang kenangan, yang didukung oleh komunitas tembang kenangan se-Malang Raya.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]