Banjarharjo, Banjarharjo, Brebes

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Banjarharjo
Desa
Negara Indonesia
ProvinsiJawa Tengah
KabupatenBrebes
KecamatanBanjarharjo
Kodepos52265
Luas... km²
Jumlah penduduk... jiwa
Kepadatan... jiwa/km²

Banjarharjo adalah desa di kecamatan Banjarharjo, Brebes, Jawa Tengah, Indonesia.

Wilayah adminstrasi[sunting | sunting sumber]

Wilayahnya meliputi Banjarharjo, Dukuh Longkrang, Dukuh karangbandung, Dukuh Nambo.

Batas[sunting | sunting sumber]

Desa ini berbatasan langsung dengan Kecamatan Kersana di sebelah utara, Kecamatan Ketanggungan di sebelah Timur, Kecamatan Salem di sebelah selatan dan Provinsi Jawa Barat di sebelah barat.

Demografi[sunting | sunting sumber]

Bahasa utama yang digunakan dalam pergaulan sehari-hari adalah Bahasa Jawa, tetapi banyak pula yang menggunakan Bahasa Sunda sebagai bahasa komunikasi masyarakatnya.

Fasilitas[sunting | sunting sumber]

Di desa Banjarharjo terdapat rumah sakit Derra-asy Syifa An-nahdiyah di sebelah Banjarharjo utara. Ada juga pom bensin yang berfasilitas mewah. Selain itu, banjarharjo juga memiliki beberapa saluran irigasi yang di alirkan dari waduk malahyu. Di dukuh nambo-banjarharjo terdapat bendungan, bendungan itu biasa jadi tempat rekreasi anak remaja, bisa juga dijadikan sebagai tempat olahraga untuk lari jarak jauh.

Pendidikan[sunting | sunting sumber]

SMP N 02 banjarharjo adalah salah satu sekolah menengah yang sederajat yang terletak di desa banjarharjo jalan pramuka no 02. SMP 02 sudah memiliki LAB bahasa,LAB TIK,dan LAB ipa dan juga memiliki siswa yang cerdas, SMP 02 banjarharjo sering memenangkan lomba-lomba di berbagai daerah.

Selain SMP di banjarharjo juga terdapat MTs Al-Hidayah dan pondok pesantren asshodiqin.ponpes ini didirikan oleh k.h iman sekaligus mantan kepsek MTs al-hidayah banjarharjo. Santri nya diajarkan berbagai macam ilmu agama, bahasa inggris,serta tata krama dalam kehidupannya.[butuh rujukan]

Referensi[sunting | sunting sumber]