Kertasari, Banjarharjo, Brebes

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Kertasari
Desa
Negara Indonesia
ProvinsiJawa Tengah
KabupatenBrebes
KecamatanBanjarharjo
Kodepos52265
Luas... km²
Jumlah penduduk... jiwa
Kepadatan... jiwa/km²

Kertasari adalah desa di kecamatan Banjarharjo, Brebes, Jawa Tengah, Indonesia.

Kertasari,banjarharjo,brebes,adalah sebuah desa yang mengedepankan perdamaian,kekeluargaan,ramah,sopan.

EKONOMI Dari segi tempat mungkin tempat desa krtasari kurang begitu strategis dengan desa yang lain.penggerak ekonomi desa ini adalah pertanian peternakan,perikanan dan wiraswasta.

1 pertaniaan
  Sudah sejak lama penduduk desa kertasari mengandalkan sektor pertaniaan untuk memenuhi kebutuhannya.lahan pertanian yang subur dan terhampar begitu luas sangat mendukung sektor pertaniaan desa kertasari.padi,jagung dan bawang merah yang menjadi paforit petani desa kertasari.target desa kertasari 2012 menjadi lumbung padi dan jagung.
2 peternakan
  Peternakan bukan menjadi tumpuan utama ekonomi penduduk desa kertasari,hanya sebagai pendukung ekonomi saja.itik,ayam,kambing,sapi,kerbau itulah peternakan yang ada di desa kertasari,mungkin karena hanya sebagai pendukung pengelolaanya belum tertata dengan baik.
3 Perikanan
  Sama seperti peternakan perikananpun bukan menjadi sektor utama penghasilan penduduk desa kertasari.paguyuban untuk perikanan sendiri sudah terbentuk di desa kertasari.setelah berjalan sekitar 3 tahun sepertinya sektor peternakan cukup menjanjikan jika dikelola dengan baik dan dengan ilmu yang baik.lele merupakan ikan paforit warga.
4 Wiraswasta
  Seiring dengan perkembangan Zaman sektor wiraswasta di desa kertasari berkembang sangat pesat.entah itu yang berdiri didesa kertasari ataupun yang berdiri di tempat lain.dari segi teknologi internet sudah tersedia di desa kami,dan mungkin pertama untuk banjarharjo selatan sama seperti counter handphone yang pertama berdiri.kertasari menjadi pusat perkembangan teknologi bagi desa sekitarnya.dari bidang otomotif sudah berdiri 2 buah showroom mobil walaupun masaih sederhana tetapi sudah mengangkat perekonomiaan desa karena bisa membuka lapangan pekerjaan baru.dan masih begitu banyak sektor wiraswasta warga desa kertasari.
5 Karyawan swasta dan pegawai negeri
  sudah banyak tentunya warga desa kertasari yang menjadi salah satu karyawan perusahaaan terkenal yang ada  di kota-kota besar,untuk pegawai negeri kebanyakan menjadi guru.

BIDANG ORGANISASI

1 Organisasi kepemudaan
  Sudah tidak asing lagi bahwa setiap desa mempunyai organisasi kepemudaan,begitu juga dengan desa kertasari mempunyai 3 organisasi kepemudaan yang berdasarkan kampung yang ada,tetapi mempunyai satu tujuan menjadi organisasi pemuda yang bermanfaat bagi masyarakat,bangsa dan negara.
  a. BAMKERS
     BARISAN MUDA KERTASARI (BAMKERS) organisasi kepemudaan untuk kampung kertasari.sudah menjadi tekad pengurus bamkers untuk mengelola organisasi ini secara profesional.

APA YANG ADA DI BAMKERS

 1 Perpustakaan desa (sudah terbentuk)
 2 sekretariat Bamkers (sudah terbentuk)
 3 Koperasi pemuda (dalam proses)
 4 Lembaga dakwah BAMKERS (dalam proses)
 5 Rehabilitasi tempat ibadah (dalam proses)
 6 bakti sosial (dalam proses)
    
  b. PERPPEC (persatuan pemuda pemudi cikandang )yang ªϑª di dukuh cikandang desa kertasari,merupakan suatu organisasi kepemudaana yang di ketuai oleh sodara usup. Menjadi sebuah wadah bagi pemuda pemudi cikandang untuk menuangkan kereatifitasnya dalam berorganisasi dan bermasyarakat

Banyak hal yang sudah di lakukan oleh PERPPEC diantaranya 1. Membangun sarana dan perasarana untuk berolahraga 2. Membangun pos kamling di setiap bloknya 3. Membantu membangun sarana ibadah Dan masih banyak lainnya. Struktur Organisasi PERPPEC Ketua umum: Usup Ketua harian: teguh Wakil ketua: Septiana Ketua blok 1: Ono kelong Ketua blok 2: restu hidayat Ketua blok 3: castono Sekertaris: juli isakandar

            Ardi

Bendahara: koko

            Arif
            Wardoyo