Bandungsari, Banjarharjo, Brebes

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Bandungsari
Desa
Negara  Indonesia
Provinsi Jawa Tengah
Kabupaten Brebes
Kecamatan Banjarharjo
Pemerintahan
 • Kepala desa -Abdul Kodir
Kodepos 52265
Luas -1658 Ha/-16,58 km2
Jumlah penduduk -5550 (laki-laki 2552 dan perempuan 2998)
Kepadatan -334,74 jiwa/km2

Bandungsari adalah salah satu desa yang ada di kecamatan Banjarharjo, Brebes, Jawa Tengah, Indonesia. Desa Bandungsari mempunyai keistimewaan dibandingkan dengan daerah sekitarnya (Banjarharjo Selatan). Selain dikelilingi oleh pemandangan alam yang cukup indah, Bandungsari juga menjadi tempat yang paling sentral di antara desa sekitarnya. Beberapa keistimewaan Bandungsari dibanding dengan daerah sekitarnya :

Ekonomi[sunting | sunting sumber]

Salah satu potensi ekonomi desa Bandungsari adalah kawasan yang dinamakan Nyagak, daerah ini cukup strategis karena ada tiga jalur yang bisa dihubungkan. Pertama jalur ke Banjarharjo (ibukota kecamatan), kedua jalur ke kecamatan Salem, dan ketiga Jalur ke kecamatan Cibingbin. Nyagak menjadi penggerak kehidupan ekonomi sekitarnya karena ada pasar yang dinamakan Pasar Pon dan Kliwon. Pasar ini tidak beroperasi tiap hari, tetapi hanya hari-hari tertentu saja mengikuti/sesuai keterangan yang ada di kalender. Seperti pasar pada umumnya, disini akan menjumpai berbagai aneka kebutuhan pokok yang diperjual-belikan. Saatini sudah dilakukan pemugaran pasar dengan lebih terorganisir, sehingga semakin memudahkan pengunjung untuk berbelanja segala kebutuhan. Beberapa toko klontong yang menjadi agen penyalur untuk daerah sekitarnya di antaranya, Toko Adi dan Toko Kamal. Selain itu juga ada ada toko jajanan, ada bengkel motor yang sudah lama berdiri (walaupun sekarang sudah banyak menjamur). Bahkan sekarang masyarakat Bandungsari sekarang semakin termudahkan untuk membeli keperluan di luar kebutuhan pokok, karena di bandungsari sudah ada Dealer motor milik Rusman, yang selain menjual motor juga menjual barang-barang elektronik. Ada juga Rahmat Showroom yang bisnisnya bergerak dalan jual beli mobil. Bila ingin belanja pakaian anda bisa berkunjung ke toko ACI, nama toko yang diambil dari inisial pemiliknya (Ahmad (alm), Caswati & Ida). Selain itu ada juga tempat untuk memenuhi kebutuhan Tas, Sepatu, dan Sandal di Toko Bu Guntur. Kondisi tersebut memudahkan bagi warga sekitar Bandungsari memenuhi kebutuhan, sekaligus akan menggeliatkan roda perekonomian desa-desa disekitarnya. Lembaga lain yang menunjang kegiatan ekonomi di desa bandungsari ada bank BRI unit. BRI unit Bandungsari sudah bisa menggunakan sistem online juga. Artinya untuk menunjang kegiatan transaksi masyarakat Bandungsari dan sekitarnya akan semakin mudah. Saat ini BRI Unit Bandungsari sudah dilengkapi dengan fasilitas ATM. Selain bank, di bandungsari juga ada Koperasi Unit Desa. Berita baiknya adalah dengan adanya KUD ini akan memudahkan masyarakat dalam membayar tagihan listrik, selain juga ada fasilitas lain yang bisa ditawarkan.

Infrastruktur[sunting | sunting sumber]

Desa Bandungsari terkenal karena mempunyai fasilitas yang lengkap, yaitu fasitas pendidikan dan kesehatan.

Pendidikan[sunting | sunting sumber]

Mulai dari SD, MI, SLTP dan MTS bahkan sekolah kejar paket semuanya ada. Di level pendidikan dasar ada SD I Bandungsari yang berada tepat di persimpangan nyagak. Ada SD II Bandungsari terletak dipedukuhan jumbleng (pangebonan). Terakhir ada SD III Bandungsari yang berada di dukuh cacaban. Selain itu bagi anda yang mau lebih religius bisa menyekolahkan anak anda di MI Sindang Raja. Di level Sekolah Lanjutan, bandungsari punya SMP 3 Banjarharjo, sekolah yang sudah cukup lama berdiri & sudah banyak menghasilkan lulusannya. Pada level ini juga ada MTS yang letaknya di Sindang raja. Namun memang masih sangat disayangkan Bandungsari belum mempunyai SMA, jadi biasanya untuk bisa bersekolah di level itu, maka banyak siswa-siswa yang "hijrah" ke Brebes untuk bisa bersekolah di tempat favorit mereka. Saat ini sudah banyak anak-anak Desa Bandungsari yang sudah mengenyam pendidikan hingga ke level perguruan tinggi.

Kesehatan[sunting | sunting sumber]

Sudah sejak dulu bandungsari punya Puskesmas. Puskesmas Bandungsari sudah direlokasi ke tempat yang lebih representatif. Beberapa pasien yang berobat sudah bisa rawat inap. Sudah ada dokter jaga yang bertugas disana. Ini tentu memudahkan warga sekitar untuk berobat, sehingga untuk penyakit yang relatif ringan bisa segera tertangani dengan cepat, karena tidak harus pergi keluar daerah.

Wisata[sunting | sunting sumber]

Bandungsari mempunyai daerah wisata yang tidak kalah menarik dengan waduk malahayu, yaitu daerah yang disebut "Pasir Ipis". Daerah ini sekitar 8 KM dari Desa Bandungsari terletah di Dukuh pangebonan (bukan Badodon) yaitu dukuh paling ujung barat desa bandungsari, sedangkan dukuh badodon adalah dukuh sebelum jumbleng dan pangebonan, di pasir ipis atau wisata cigora Selain udara sejuk pegunungan, pengunjung juga bisa menikmati segarnya air sungai yang masih jernih. Beberapa pedagang dadakan biasanya berdagang dihari-hari libur. Karena saat libur tiba, banyak pemuda dan pemudi menghabiskan waktu disana. Tidak hanya dari daerah sekitar banjarharjo selatan, wilayah ini sudah terkenal sampai ke tetangga kecamatan seperti Kecamatan Kersana dan Ketanggungan. Jelas kondisi ini akan menguntungkan bagi penduduk sekitar yang menjadi penjual dadakan. Tapi masih sangat disayangkan, potensi yang besar itu masih belum bisa dikembangkan dengan baik.