Lompat ke isi

Bahasa Norman Kuno

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas


Bahasa Norman Kuno
Kadipaten Normandia pada tahun 911 hingga 1050. Dengan warna biru, kawasan permukiman Nordik.
WilayahNormandia
EraAbad Pertengahan Awal, berkembang menjadi bahasa Norman Pertengahan
Bentuk awal
Kode bahasa
ISO 639-3
Status pemertahanan
Terancam

CRSingkatan dari Critically endangered (Terancam Kritis)
SESingkatan dari Severely endangered (Terancam berat)
DESingkatan dari Devinitely endangered (Terancam)
VUSingkatan dari Vulnerable (Rentan)
Aman

NESingkatan dari Not Endangered (Tidak terancam)
ICHEL Red Book: Extinct

Norman Kuno diklasifikasikan sebagai bahasa yang telah punah (EX) pada Atlas Bahasa-Bahasa di Dunia yang Terancam Kepunahan

Referensi: [2][3]
Artikel ini mengandung simbol fonetik IPA. Tanpa bantuan render yang baik, Anda akan melihat tanda tanya, kotak, atau simbol lain, bukan karakter Unicode. Untuk pengenalan mengenai simbol IPA, lihat Bantuan:IPA.
 Portal Bahasa
L • B • PW   
Sunting kotak info  Lihat butir Wikidata  Info templat

Bahasa Norman Kuno adalah salah satu dari banyak ragam bahasa Oïl yang berasal dari Prancis bagian utara. Dari wilayah yang sekarang disebut Normandia, bahasa ini menyebar ke Inggris, Italia Selatan, Sisilia, dan Syam. Bahasa ini merupakan leluhur dari bahasa Norman Modern, termasuk dialek kepulauan (seperti Jèrriais), serta Norman Inggris. Bahasa Norman Kuno adalah bahasa penting di Kepangeranan Antiokhia selama masa pemerintahan Tentara Salib di Syam.[4]

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Ketika bangsa Viking Nordik dari Skandinavia tiba di Neustria, di bagian barat Kerajaan Franka, dan menetap di negeri yang kemudian dikenal sebagai Normandia, orang-orang berbahasa Jermanik Utara ini datang untuk tinggal di lingkungan penduduk berbahasa Gallo-Roman.[5] Pada saat itu, masyarakat tersebut berkumpul, sehingga, Normandia terus menjadi nama wilayah tersebut sementara orang-orang Nordik asli sebagian besar terasimilasi oleh orang-orang Gallo-Roman, mengadopsi bahasa mereka tetapi masih menyumbangkan beberapa unsur dari bahasa Nordik Kuno dan kebudayaan Nordik.

Bahasa Norman Kuno terdapat kata-kata serapan dari bahasa Nordik Kuno yang tidak dikenal dalam bahasa Oïl lainnya pada waktu itu.[6]

Bahasa Norman Kuno dibawa ke Inggris oleh William sang Penakluk dan para pengikutnya dalam apa yang dikenal sebagai Penaklukan Inggris oleh Norman, membentuk kelas penguasa Norman Inggris. Seiring berjalannya waktu, bahasa mereka berevolusi dari bahasa Normandia Kuno menjadi bahasa Norman Inggris.

Tulisan penyair kelahiran Jersey bernama Wace adalah salah satu dari sedikit catatan Norman Kuno yang tersisa.

Rujukan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b Hammarström, Harald; Forkel, Robert; Haspelmath, Martin; Bank, Sebastian (2022-05-24). "Glottolog 4.8 - Oil". Glottolog. Max Planck Institute for Evolutionary Anthropology. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-11-11. Diakses tanggal 2023-11-11. 
  2. ^ "UNESCO Interactive Atlas of the World's Languages in Danger" (dalam bahasa bahasa Inggris, Prancis, Spanyol, Rusia, and Tionghoa). UNESCO. 2011. Diarsipkan dari versi asli tanggal 29 April 2022. Diakses tanggal 26 Juni 2011. 
  3. ^ "UNESCO Atlas of the World's Languages in Danger" (PDF) (dalam bahasa Inggris). UNESCO. 2010. Diarsipkan dari versi asli (PDF) tanggal 31 Mei 2022. Diakses tanggal 31 Mei 2022. 
  4. ^ Madden, Thomas F. (12 September 2005). Crusades: The Illustrated History. University of Michigan Press. hlm. 67. ISBN 978-0-472-03127-6. 
  5. ^ "Norman". Encyclopædia Britannica. Diakses tanggal 22 July 2020. Norman, member of those Vikings, or Norsemen, who settled in northern France...The Normans (from Nortmanni: "Northmen") were originally pagan barbarian pirates from Denmark, Norway, and Iceland 
  6. ^ Elisabeth Ridel (2010). Les Vikings et les mots. Editions Errance.