Lompat ke isi

Auregnais

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Bahasa Auregnais
aoeur'gny, auregny
Aoeur'gnaeux, Aurignais
Dituturkan diAlderney
Kepunahanpada ca 1960 (beberapa rememberer)[butuh rujukan]
Bentuk awal
Kode bahasa
ISO 639-3
GlottologTidak ada
Linguasfer51-AAA-hcg
Status pemertahanan
Terancam

CRSingkatan dari Critically endangered (Terancam Kritis)
SESingkatan dari Severely endangered (Terancam berat)
DESingkatan dari Devinitely endangered (Terancam)
VUSingkatan dari Vulnerable (Rentan)
Aman

NESingkatan dari Not Endangered (Tidak terancam)
ICHEL Red Book: Extinct

Auregnais diklasifikasikan sebagai bahasa yang telah punah (EX) pada Atlas Bahasa-Bahasa di Dunia yang Terancam Kepunahan

Referensi: [3][4]
Artikel ini mengandung simbol fonetik IPA. Tanpa bantuan render yang baik, Anda akan melihat tanda tanya, kotak, atau simbol lain, bukan karakter Unicode. Untuk pengenalan mengenai simbol IPA, lihat Bantuan:IPA.
 Portal Bahasa
L • B • PW   
Sunting kotak info  Lihat butir Wikidata  Info templat

Auregnais (pengucapan bahasa Prancis: [ɔʁɲɛ]), Aoeur'gnaeux, atau Aurignais adalah dialek Norman di Alderney, Kepulauan Channel (bahasa Prancis: Aurigny, Auregnais: aoeur'gny atau auregny). Dialek ini berkerabat dekat dengan Guernésiais (Guernsey), Jèrriais (Jersey), dan Sercquiais (Sark) di pulau-pulau sebelahnya, serta Norman kontinental di Eropa daratan.

Dialek ini punah pada abad ke-20. Hanya sedikit contoh Auregnais yang bertahan, sebagian besar pada nama tempat di Alderney, dan satu rekaman audio.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b Hammarström, Harald; Forkel, Robert; Haspelmath, Martin; Bank, Sebastian (2022-05-24). "Glottolog 4.8 - Oil". Glottolog. Max Planck Institute for Evolutionary Anthropology. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-11-11. Diakses tanggal 2023-11-11. 
  2. ^ a b "51-AAA-hcg Aurigniais". Linguasphere Register via hortensj-garden.org. Linguasphere Observatory. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2022-10-08. Diakses tanggal 2022-10-07 – via hortensj-gardens.org. 
  3. ^ "UNESCO Interactive Atlas of the World's Languages in Danger" (dalam bahasa bahasa Inggris, Prancis, Spanyol, Rusia, and Tionghoa). UNESCO. 2011. Diarsipkan dari versi asli tanggal 29 April 2022. Diakses tanggal 26 Juni 2011. 
  4. ^ "UNESCO Atlas of the World's Languages in Danger" (PDF) (dalam bahasa Inggris). UNESCO. 2010. Diarsipkan dari versi asli (PDF) tanggal 31 Mei 2022. Diakses tanggal 31 Mei 2022.