Attalos III

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Attalos III Filomitor Euergetes
Attalid portrait at the Antikensammlung Berlin.jpg
Attalos III (atau II), pada 150/152 SM dari Antikensammlung, Berlin.
Raja Pergamon
Berkuasa138–133 SM
PendahuluAttalus II
PenerusEumenes III
Lahirc. 170 SM
Wafat133 SM
WangsaDinasti Attalidon
AyahEumenes II
IbuStratonike dari Kapadokia
YunaniΆτταλος Γ΄ Φιλομήτωρ Ευεργέτης
AgamaAgama Yunani Kuno

Attalos III (bahasa Yunani: Ἄτταλος Γ΄) Filomitor Euergetes (ca. 170–133 SM) adalah Raja terakhir Dinasti Attalidon dari Pergamum, yang memerintah sejak 138 SM hingga 133 SM.

Biografi[sunting | sunting sumber]

Attalos III adalah putra dari Eumenes II dan ibunya Stratonike. Ia juga keponakan dari Attalus II yang posisinya ia gantikan. "Filomitor Euergetes" dalam bahasa Yunani berarti "penyayang ibu, dermawan". Ia dipanggil demikian karena memang dekat dengan ibunya Stratonike.

Menurut sejarawan Romawi Titus Livius, Attalos III memiliki minat yang sedikit dalam memerintah Pergamon, ia banyak menghabiskan waktunya untuk belajar kedokteran, botani, pertamanan dan aktifitas lainnya. Ia tidak memiliki keturunan laki-laki atau ahli waris dirinya dan dalam surat wasiatnya ia menyerahkan Kerajaannya kepada Republik Romawi,[1] dengan meyakini Kerajaannya akan tetap diambil alih walaupun ia tidak menyerahkannya dan cara ini dianggap dapat menghindari pertumpahan darah.[2] Tiberius Gracchus meminta bahwa kekayaan Pergamum dapat terbuka bagi publik Romawi, namun Senat Romawi menolak permintaan tersebut.

Tidak semua orang di Pergamon dapat menerima aturan yang ditetapkan Roma. Pada tahun 131 SM, Eumenes III yang mengaku sebagai adik Attalos III yang juga mengaku sebagai putra Raja sebelumnya Eumenes II, memimpin pemberontakan dengan bantuan filsuf Romawi Gaius Blossius. Ia memerintah sebagai Eumenes III. Pemberontakan tersebut berhasil hentikan pada 129 SM dan Pergamon terbagi diantara Roma, Pontos dan Kapadokia.

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Livy: Periochae 58
  2. ^ Asimov, I. and F. White, The March of the Millennia (1991), hlm. 74

Referensi[sunting | sunting sumber]

  • Hansen, Esther V. (1971). The Attalids of Pergamon. Ithaca, New York: Cornell University Press; London: Cornell University Press Ltd. ISBN 0-8014-0615-3.
  • Kosmetatou, Elizabeth (2003) "The Attalids of Pergamon," in Andrew Erskine, ed., A Companion to the Hellenistic World. Oxford: Blackwell: pp. 159–174. ISBN 1-4051-3278-7. text
  • Simon Hornblower and Tony Spawforth, Who's Who (Classical World), hlm. 61.
Gelar kebangsawanan
Didahului oleh:
Attalus II
Raja Pergamon
138–133 SM
Diteruskan oleh:
Eumenes III