Seleukos VII Filomitor

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Seleukos VII Filomitor
Kybiosaktes
Penguasa
Berkuasam. 83–69 SM (oposisi terhadap Tigranes II)
PendahuluFilipos I Filadelfus
PenerusAntiokhos XIII Asiaticus
PendampingKleopatra Selini (ibu), diperkirakan Antiokhos XIII Asiaticus (adik)
Penguasa Mesir
Memerintahca. 58 SM (pendamping)
PendahuluBerenike IV
PenerusBerenike IV
WakilBerenike IV
LahirTidak diketahui
Wafatca. 58 SM
(diperkirakan di Mesir)
DinastiKekaisaran Seleukia
AyahAntiokhos X Eusebes
IbuKleopatra Selini
PasanganBerenike IV (diperkirakan)

Seleukhos VII Filomitor (Yunani: Φιλομήτωρ) atau Kybiosaktes (Yunani: Κυβιοσάκτης), adalah penguasa Seleukia yang berbasis di Suriah.

Biografi[sunting | sunting sumber]

Penguasa Suriah[sunting | sunting sumber]

Anggota terakhir dari Kekaisaran Seleukia yang berpengaruh adalah tokoh bayangan, Dinasti lokal dengan ikatan kekeluargaan yang rumit dan identitasnya sulit untuk dipastikan. Banyak dari mereka juga memiliki nama dan gelar yang sama. Seleukos juga tidak diketahui hingga saat ini. Dari mata uang logam yang di terbitkan olehnya dan ibunya, seorang putri Dinasti Ptolemaik Kleopatra Selini, diduga ia adalah anak Antiokhos X dan adik Antiokhos XIII. Seleukhos VII sepertinya telah "memerintah" selama pendudukan Suriah oleh Penguasa Armenia Tigranes II (83-69 SM). Dalam kenyataannya, selama periode ini, hanya sedikit kota saja yang setia kepada Seleukia.

Beberapa waktu setelah Tigranes II telah menaklukan Suriah pada 83 SM, Kleopatra Selini bepergian ke Roma agar putranya diakui sebagai penguasa Mesir, tetapi usahanya tidak berhasil. Mereka ada disana setidaknya antara tahun 75 hingga 73 SM. Diakui sebagai "Penguasa Suriah" dan "mempertahankan negara kerajaan".[1]

Wakil penguasa Mesir[sunting | sunting sumber]

Seorang penguasa muda mungkin adalah Seleukos yang sama yang kemudian menikahi seorang putri Ptolemaik yang bernama Berenike IV, (Kakak dari putri Mesir yang terkenal Kleopatra VII) pada tanggal yang tidak diketahui untuk menjadi wakil penguasa Mesir.[2] Namun, ia diduga dibunuh oleh pengantin wanitanya karena kurangnya tara krama. Ia menyandang nama "Kybiosaktes", istilah bagi pekerjaan yang berbau busuk dari memotong ikan tuna.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  • Heinen, Heinz (1968). "Séleucos Cybiosactés et le Probléme De Son Identité". Dalam Cerfaux, Lucien; et al. Antidorum W. Peremans Sexagenario Ab Alumnis Oblatum. Studia Hellenistica (dalam bahasa Prancis). 16. Publications universitaire de Louvain. OCLC 876029154. 
  1. ^ E.R. Bevan, The House of Seleucus, London, 1902, p. 263.
  2. ^ "Berenice IV". Tyndalehouse. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2018-05-12. Diakses tanggal 2021-01-18. 
Seleukos VII Filomitor
Lahir: Tidak diketahui Wafat: Tidak diketahui
Didahului oleh:
Tigranes II
Penguasa Suriah
83 SM–69 SM
bersama dengan
Kleopatra Selini (83 SM–69 SM)
Diteruskan oleh:
Antiokhos XIII