Arnold Poernomo

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Arnold Poernomo
Lahir18 Agustus 1988 (umur 33)
Surabaya, Jawa Timur, Indonesia[1]
KebangsaanIndonesia
Nama lain
  • Arnold Poernomo
  • Chef Arnold
Pekerjaan
Kota asalSurabaya, Jawa Timur
Suami/istri
Tiffany Joy Soetanto
(m. 2017)
[2]
AnakArthur Miles Poernomo
Orang tua
  • Junarmo Poernomo (ayah)
  • Boyke Malada (ibu)[3]
Kerabat
Karier kuliner
Gaya masakMasakan Asia
Masakan Barat
Dessert
Restoran saat ini
    • Bebini Gelati Café (2015–sekarang)
    • KOI Dessert Bar (Januari 2016–sekarang)
    • Monkey's Corner (Agustus 2017–sekarang)
    • Laci Restaurant (2019–2020) Tutup Sementara
    • Mangkokku (2019–sekarang)
Penghargaan yang dimenangkan

Arnold Poernomo atau yang lebih dikenal sebagai Chef Arnold (lahir 18 Agustus 1988) adalah seorang jurutama masak dan koki selebritas asal Indonesia. Dia dikenal luas setelah menjadi juri pada ajang memasak MasterChef Indonesia. Dia pertama ditunjuk menjadi juri pada tahun 2013 menggantikan Juna Rorimpandey.[5]

Biografi[sunting | sunting sumber]

Chef Arnold lahir dari keluarga pencinta masak. Pemilik nama lengkap Arnold Poernomo ini sudah masuk ke dunia dapur sejak usia 14 tahun.

Lahir dari seorang ayah yang berasal dari Surabaya dan Ibu yang berasal dari Manado yang tinggal lama di Kupang. Ibunya seorang koki, neneknya pun koki sekaligus pemilik restoran. Latar belakang keluarga inilah yang menjadikannya memiliki kecintaan dan bakat pada bidang yang sama hingga saat sekarang.

Cerita berawal ketika Arnold kecil berusia 10 tahun pindah ke Sydney, Australia. Di sana, peluang untuk menekuni dunia masak semakin terbuka.

Ketika memulai kariernya, dia bekerja di beberapa restoran di Sydney sebagai pencuci piring hingga akhirnya diperkenalkan dengan berbagai teknik memasak. Tidak hanya itu, ilmu Front of House hingga dunia dapur ia dapatkan hingga akhirnya menjadi chef profesional saat ini.

Setelah menjadi bintang tamu di MasterChef Indonesia musim ke 2, Chef Arnold tidak pernah menyangka akan bergabung menjadi juri di MasterChef Indonesia musim ke 3 (MCI 3). Sebenarnya, para penggemar MasterChef Indonesia telah familiar dengan wajah tampannya. Pasalnya, di MasterChef Indonesia Musim ke 2, Chef Arnold pernah berhadapan dengan Vera dalam Pro Chef Challenge untuk memasak Seafood Risotto with Basil Oil and Lemon Zest.

Motivasinya tampil di televisi adalah untuk memperkenalkan berbagai masakan buatannya kepada masyarakat. Dia juga akan membagikan teknik masak, cara penyimpanan, kebersihan, bahan baku, dan proses memasak di Galeri MasterChef Indonesia musim ke 3.

Arnold Poernomo adalah abang dari kontestan MasterChef Australia musim ke 7, yaitu Reynold Poernomo[6]

Duta Merek[sunting | sunting sumber]

  • MEG Cheese (2020–sekarang)

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Wahyuni, Tri (20 Januari 2015). "Arnold Poernomo, dari Tukang Cuci Piring ke Celebrity Chef". CNN Indonesia. Diakses tanggal 8 Mei 2015. 
  2. ^ "Tiffany Soetanto, Pacar Shef Arnold Yang Secantik Bintang Korea". Kapanlagi.com. 7 Mei 2015. Diakses tanggal 8 Mei 2015. 
  3. ^ Arditya, Andreas (26 Mei 2013). "Arnold Poernomo: Putting food first". The Jakarta Post. Diakses tanggal 8 Mei 2015. 
  4. ^ Janati, Firda (1 Februari 2021). "Chef Arnold Poernomo Menangi Celebrity Creator of The Year di TikTok Awards Indonesia 2020". KOMPAS. Diakses tanggal 13 September 2021. 
  5. ^ Kenalan dengan Chef Tampan Pengganti Chef Juna, Yuk!
  6. ^ Sastra Wijaya, L (8 May 2015). "Reynold Poernomo dari Indonesia Ikut Masterchef Australia". Diakses tanggal 8 May 2015. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]