Kiki Singarimbun

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Rizkisyah Putra Singarimbun
Lahir27 Desember 2000 (umur 23)
Medan, Sumatera Utara Indonesia
KebangsaanIndonesia
Nama lainKiki MCI 11
PendidikanSMKN 8 Medan
PekerjaanPegawai restoran
Jurutama masak
Karier kuliner
Gaya masak
Acara televisi
Situs webwww.instagram.com/kiki.mci11

Rizkisyah Putra Singarimbun atau yang akrab dipanggil Kiki (lahir 27 Desember 2000) adalah seorang pegawai restoran dan jurutama masak berkebangsaan Indonesia yang sekarang dikenal sebagai kontestan MasterChef Indonesia musim kesebelas.[1] Kiki keluar sebagai juara kedua atau Runner-up pada MasterChef Indonesia di musim kesebelas.

Kehidupan awal dan pendidikan[sunting | sunting sumber]

Kiki merupakan anak pertama dari 4 bersaudara dan satu-satunya anak laki-laki dalam keluarga. Kiki memiliki marga Singarimbun. Ayahnya adalah seorang mantan pengacara. Ayahnya berasal dari Medan dan Ibunya berasal dari Sunda.

Kiki menempuh pendidikan sekolah menengah kejuruan di SMKN 8 Medan jurusan tata boga. Sebelum mengikuti MasterChef Indonesia ia adalah seorang kitchen helper di salah satu kafe di Medan.

Sejak bangku sekolah dasar Kiki telah menunjukkan minatnya di dunia kuliner meski sempat ditentang sang ayah. Kiki adalah penotonton setia MasterChef Indonesia sejak kecil. Salah satu chef yang menginspirasi Kiki untuk mengikuti MasterChef Indonesia adalah Desi Trisnawati.

Perjalanan di MasterChef Indonesia[sunting | sunting sumber]

Kiki mencuri perhatian pentonton MasterChef Indonesia sejak pertama kali audisi yang ditayangkan RCTI pada 27 Agustus 2023. Kiki memasak menu Manok Cipera saat audisi yaitu masakan khas Suku Karo di hadapan 3 juri. Masakan Kiki lantas mendapat 3 yes dari Chef Juna, Chef Arnold, dan Chef Renatta. Manok Cipera buatan kiki disebut sebagai makanan paling favorit sepanjang sejarah audisi MasterChef Indonesia musim kesebelas.

Selama menjadi kontestan, Kiki banyak menggabungkan menu masakan western dan menu masakan nusantara dalam hidangannya. Kiki sangat penuh dengan ide kreatif dalam menciptakan menu untuk disajikan di hadapan juri. Kiki adalah salah satu kontestan yang sangat suka mengambil tantangan misalnya dengan menggunakan beragam teknik memasak dalam dish buatannya serta menggunakan bahan yang lebih kompleks sehingga menghasilkan banyak tekstur di dalam hidangan yang disajikan.

Kiki adalah peserta MasterChef Indonesia musim kesebelas yang paling banyak memenangkan challenge individu selama berada di galeri. Ketekunan dan konsistensinya membawa Kiki sampai di penghujung grand final MasterChef Indonesia musim kesebelas. Kiki mendapat juara kedua atau runner-up dengan nilai total akhir 1857 point.

Televisi[sunting | sunting sumber]

Acara TV[sunting | sunting sumber]

Tahun Acara Saluran TV Peran
2023 MasterChef Indonesia musim kesebelas RCTI Kontestan
For Your Pagi Trans7 Bintang tamu
Rumpi (No Secret) Trans TV
2024 Orderan Masak Besar RCTI Pembawa acara

Program Digital[sunting | sunting sumber]

Tahun Acara Saluran Peran
2023 #IdoLyfe RCTI+ Bintang tamu

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Profil dan Biodata Kiki MasterChef, Pegawai Resto yang Disebut King Season 11