Angkatan Pertahanan Kerajaan Bahama

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Royal Bahamas Defence Force
Emblem of the Royal Bahamas Defence Force
Didirikan1980; 44 tahun lalu (1980)
AngkatanTemplat:Unbulletedlist
Markas besarNew Providence Island
Situs webrbdf.gov.bs
Kepemimpinan
Panglima TertinggiKing Charles III
Minister of National SecurityWayne Munroe KC
Commander Defence ForceRaymond King
Kekuatan personel
Usia penerimaan18
Ketersediaan
menurut usia
84,903[1], umur 18-49 (2010 est.)
Ketersediaan untuk
tugas militer
62,779[1] laki-laki, umur 18-49 (2010 est.),
63,954[1] perempuan, umur 18-49 (2010 est.)
Penambahan
usia militer/tahun
2,840[1] laki-laki (2010 est.),
2,758[1] perempuan (2010 est.)
Belanja
AnggaranUS$67,106,665 (2018)
Persentase terhadap PDB0.5% (2018) [2]
Artikel terkait
Jenjang pangkatPangkat militer Bahama

Pasukan Pertahanan Kerajaan Bahamas (RBDF) adalah militer Bahama. Karena Bahama tidak memiliki angkatan darat atau angkatan udara, angkatan lautnya merupakan keseluruhan angkatan bersenjatanya. Berdasarkan Undang-Undang Pertahanan, Angkatan Pertahanan Kerajaan Bahama telah diberi mandat untuk membela Bahama, melindungi integritas teritorialnya, berpatroli di perairannya, memberikan bantuan pada saat bencana, menjaga ketertiban bersama dengan lembaga penegak hukum Bahama, dan melaksanakan tugas apa pun sebagaimana ditentukan oleh Dewan Keamanan Nasional. Angkatan Pertahanan juga merupakan anggota Satuan Tugas Keamanan Regional CARICOM. Gugus tugas ini telah melihat tindakan dalam mandat Perserikatan Bangsa-Bangsa di Haiti tahun 1994.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Melalui Undang-Undang Parlemen, RBDF menjadi entitas resmi pada tanggal 31 Maret 1980, berada di bawah Kementerian Keamanan Nasional. Raja Bahama, Raja Charles III, adalah Panglima Tertinggi Angkatan Pertahanan dengan peran seremonialnya dijalankan oleh Gubernur Jenderal Bahama. Angkatan Pertahanan juga telah mengadopsi sistem medali dan penghargaannya sendiri. Satu-satunya aksi tempur yang pernah dilakukan RBDF adalah melawan Kuba. Pada 10 Mei 1980, HMBS Flamingo berusaha menangkap dua kapal penangkap ikan Kuba, Ferrocem 165 dan Ferrocem 54, karena melakukan perburuan liar di perairan Bahama. Sebagai pembalasan, dua [MiG-21|MiG-21]] Kuba menyerbu wilayah udara Bahama dan menembaki kapal patroli.

Kuba menenggelamkan kapal dengan meriam 23 mm mereka, dan menembaki Marinir yang berada dalam keadaan darurat di dalam air.[3] Fenrick Sturrup, Austin Smith, David Tucker dan Edward Williams, semuanya Marinir Angkatan Pertahanan Bahama, tewas dalam serangan itu.[4] Lima belas awak kapal dan Komandan berhasil sampai dengan selamat ke Kota Duncan, di Pulau Ragged, setelah dijemput oleh kapal penangkap ikan yang mereka tumpangi.

Para pemburu tersebut dihukum pada bulan Juli 1980, dan Kuba akhirnya mengakui tanggung jawab mereka dan membayar Bahama sebesar $10 juta sebagai kompensasi atas insiden tersebut.

Kekuatan[sunting | sunting sumber]

RBDF merupakan kekuatan angkatan laut, yang berbeda dari pasukan Karibia dan Persemakmuran Bangsa-Bangsa lainnya karena tidak ada formasi militer reguler berbasis darat. Namun, dengan sekitar 1.600 anggota, ini adalah angkatan laut Persemakmuran Karibia yang terbesar. Anggota RBDF yang bertugas ditugaskan ke salah satu dari tujuh sub-bagian utama: Markas Besar, Administrasi, Teknik, Perbekalan, Polisi Militer, Operasi dan Skuadron Komando.

Departemen Operasi berisi senjata bergerak RBDF dan terdiri dari unit operasional utama:

  • Skuadron (Patroli) - Unit maritim yang bertugas mengoperasikan semua kapal RBDF dan kapal kecil dari Unit Patroli Pelabuhan (sub-unit keamanan):
  • Skuadron Komando - Unit infanteri ringan amfibi, juga ditugaskan dengan tugas tambahan keamanan nasional/anti-kejahatan
  • The Air Wing - Yang mengoperasikan armada pesawat sayap tetap untuk tugas pengawasan dan dukungan udara Skuadron Komando adalah kekuatan yang cukup besar yang terdiri dari 500 Komando Marinir Khusus.

Pelatihan dilakukan dengan Pasukan Operasi Khusus AS dan setara dengan Inggris (seperti Marinir Kerajaan) dalam operasi khusus dan perang maritim.Praktik pelatihan yang umum dilakukan adalah meminta anggota angkatan laut melakukan renang sejauh dua mil sambil membawa ransel seberat empat puluh pon.

Beberapa perubahan peralatan telah terlihat dalam sejarah RBDF baru-baru ini. Awalnya seragam gaya Inggris dikenakan oleh personel RBDF; sekarang AS. Korps Marinir hutan digital bergaya kamuflase dipakai (sebagai lawan dari kamuflase universal A.S. Army yang dikenakan oleh Kepolisian Kerajaan Bahamas Unit Penegakan Narkoba). Demikian pula, senjata pertama yang digunakan oleh RBDF adalah Sterling submachine gun Inggris dan L1A1 SLR; sekarang senapan mesin ringan M4 carbine buatan AS dan Heckler & Koch UMP digunakan untuk tugas di garis depan. Artileri derek M101 105mm howitzer juga digunakan, dengan lima belas senjata dalam layanan RBDF.[butuh rujukan]

Karier[sunting | sunting sumber]

Ada dua jalur karier di RBDF: Marinir (peringkat) & Perwira (pangkat). Pangkat personel tamtama berkisar dari Pelaut Laut hingga Kepala Perwira Kecil. Pangkat Perwira berkisar dari Taruna hingga Komodor. Pasukan ini diorganisir dan dilatih sesuai dengan gaya Angkatan Laut Kerajaan Inggris dan banyak perwiranya bersekolah di akademi dinas Inggris.

Markas Besar Angkatan Pertahanan berada di Kompleks Keamanan Nasional Baru di John F. Kennedy Drive, di Pulau New Providence. Komandannya, yang dikenal sebagai "Komandan Angkatan Pertahanan" adalah Komodor Dr. Raymond King. Pangkalan tambahan berlokasi di Matthew Town, Inagua, Marsh Harbour, Abaco, Freeport, Grand Bahama, dan Gun Point, Ragged Island .

RBDF menggunakan lambang pangkat gaya Angkatan Laut Kerajaan Inggris, dan semua nama kapal memiliki awalan HMBS (Kapal Bahama Yang Mulia).

Karena kurangnya kapal, sebagian besar anggota RBDF tidak menghabiskan waktu di laut, dan digunakan untuk peran militer atau non-militer lainnya. Angkatan Pertahanan pada dasarnya adalah angkatan bersenjata, yang perannya juga mencakup beberapa aspek penjaga pantai serta badan bantuan bencana. Peran-peran ini mengharuskan personel Angkatan Pertahanan untuk mengemban tugas: Personil Angkatan Laut dan Infanteri, Petugas Polisi (Petugas Perdamaian), Petugas Bea Cukai, Petugas Imigrasi, Pengawas Perikanan, Personel Penyelamat Darurat, Pencarian & Pertolongan, Penjaga, Keamanan Pusat Penahanan dan Pemeliharaan Navigasi. AIDS.

RBDF menawarkan kursus sekolah menengah yang disebut Royal Bahamas Defense Force Rangers.

Misi penjaga perdamaian telah dilakukan dengan partisipasi anggota RBDF di El Salvador dan Haiti.

Kapal[sunting | sunting sumber]

Kapal utama dalam pasukan ini adalah dua kelas Bahama dan empat kelas Legenda lepas pantai kapal patroli.[5] Yang terakhir adalah bagian pertama dari kontrak akuisisi sembilan kapal yang ditandatangani dengan Damen Shipyards Group pada bulan April 2013.[6][7] Sebagian besar misi terdiri dari patroli anti-perburuan liar, patroli anti-narkoba, penegakan hukum imigrasi, pencarian dan penyelamatan, atau misi Pertahanan Nasional secara umum.

Empat kapal baru akan berdesain Stan 4207, empat kapal baru akan berdesain Stan 3007, dan kapal terakhir akan berdesain 55 meter (180 ft) kapal pengangkut gaya kapal pendarat, Damen Stan Lander 5612.

HMBS Bahamas P-60 di Nassau

Peralatan[sunting | sunting sumber]

Panji angkatan laut RBDF
Kapal Asal Jenis Dalam pelayanan Catatan
Kapal patroli
HMBS Bahamas United States Kapal patroli 1[8] Bahamas class
HMBS Nassau United States Kapal patroli 1[8] Bahamas class
HMBS Arthur Dion Hanna Belanda Kapal patroli 1[8] Legend class
HMBS Durward Knowles Belanda Kapal patroli 1[8] Legend class
HMBS Leon Livingstone Smith Belanda Kapal patroli 1[8] Legend class
HMBS Rolly Gray Belanda Kapal patroli 1[8] Legend class
HMBS Lignum Vitae Belanda Kapal patroli 1[8] Floral Class
HMBS Cascarilla Belanda Kapal patroli 1[8] Floral Class
HMBS Kamalame Belanda Kapal patroli 1[8] Floral Class
HMBS Madeira Belanda Kapal patroli 1[8] Floral Class
Kapal pendarat
HMBS Lawrence Major Belanda Kapal pendarat/ auxiliary 1[8] Damen Stan Lander
Cessna 208B yang mirip dengan ini digunakan oleh RBDF

Sayap Udara[sunting | sunting sumber]

Sayap Udara dibentuk pada tanggal 26 November 1981, dua tahun setelah pembentukan angkatan pertahanan. Awalnya tiga Komandan Aero dibeli dari Bahamasair dan dioperasikan, tetapi ini dijual pada tahun 1990. Pada tahun 1992, Cessna 402 ditambahkan dengan Cessna 421 segera setelahnya. Pada akhir tahun 2005, pengiriman Super king Air 350 dilakukan. Pada bulan Mei 2009, Karavan Turbin Cessna 208 dengan pelampung dan Partenavia P.68 dikirimkan dan secara signifikan meningkatkan kemampuan pengawasan dan transportasi RBDF.

Roundel tersedia untuk digunakan oleh pesawat RBDF Air Wing

Pada bulan Desember 2019, Bahama mendirikan program Sistem Udara Tak Berawak Bahama, yang dikontrak Rekayasa Cepat untuk menyediakan 55 Pesawat tidak berawak.[9]

Persedian saat ini[sunting | sunting sumber]

Pesawat terbang Asal Jenis Varian Dalam pelayanan Catatan
Patroli maritim
Super King Air Amerika

serikat

patroli 350 1[10]
Pengangkut
Partenavia P.68 Italia transportasi / utility 1[10]
Cessna 208 Amerika

serikat

transportasi / utility 208B 1[10]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c d e Bahamas, The. "CIA – The World Factbook". CIA.gov. Diakses tanggal 23 February 2011. 
  2. ^ In 2010 the total estimated capital and recurrent expenditure on the RBDF was $48,901,806 of a total Budgetary Expenditure of $1,819,306,320. This represents about 0.7% of GDP. (http://www.bahamas.gov.bs/finance)
  3. ^ Webbe, Stephen (May 19, 1980). "Bahama bergolak tenggelamnya kapal patroli". The Christian Science Monitor. Boston, Mass. Diarsipkan dari versi asli tanggal June 15, 2013. Diakses tanggal March 12, 2013. 
  4. ^ Maura, Matt (13 Mei 2011). "Perdana Menteri mengatakan negaranya masih 'berhutang' kepada marinir HMBS Flamingo". The Freeport News. Freeport, Bahamas. Diarsipkan dari versi asli tanggal 13 April 2013. Diakses tanggal 2013-03-12. 
  5. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama Janes2
  6. ^ -bahamas-defence-force "Angkatan Pertahanan Kerajaan Bahama mengontrak Damen untuk armada kapal patroli jarak jauh 19 Apr 2013" Periksa nilai |archive-url= (bantuan). 2013-04-19. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2014-07-18. Selain itu, delapan kapal patroli, empat jenis Damen Stan Patrol 4207 dan empat lainnya jenis SPa 3007, akan bergabung dengan armada Bahama. 
  7. ^ ://www.thinkdefence.co.uk/2013/06/lock-stock-and-a-sandy-bottom/ "Kunci, Stok, dan Dasar Berpasir" Periksa nilai |archive-url= (bantuan). Think Defense. 2013-05-13. Diarsipkan dari .co.uk/2013/06/lock-stock-and-a-sandy-bottom/ versi asli Periksa nilai |url= (bantuan) tanggal 2013-08-15. Diakses tanggal 2014-07-18. 
  8. ^ a b c d e f g h i j k Trade Registers Diarsipkan 2011-05-13 di Wayback Machine.. Armstrade.sipri.org. Retrieved on 14 September 2017
  9. ^ Sanchez, Alejandro (February 3, 2020). "Bahamas Defence Force acquires UAVs". IHS Jane’s. The Royal Bahamas Defence Force (RBDF) has established the Bahamas Unmanned Aerial System (BUAS) programme, after signing a contract with Swift Tactical Systems for the delivery of 55 unmanned aerial vehicles. 
  10. ^ a b c "World Air Forces 2023"Perlu mendaftar (gratis). Flightglobal Insight. 2023. Diakses tanggal 23 November 2022. 
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Janes" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.

Tautan luar[sunting | sunting sumber]

Templat:Topik Bahama