Angkatan Bersenjata Belanda

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Angkatan Bersenjata Belanda
Nederlandse krijgsmacht
Cabang-cabang dinas Angkatan Bersenjata Kerajaan Belanda
Angkatan
Markas besarDen Haag
Situs webSitus web resmi
Kepemimpinan
Panglima Tertinggi Pemerintah
Menteri Pertahanan Kajsa Ollongren
Sekretaris Pertahanan Christophe van der Maat
Kepala Pertahanan Jenderal Onno Eichelsheim
Kekuatan personel
Usia penerimaan17[1]
Wajib militerTidak ada, ditangguhkan sejak 1996
Personel aktif41.199 (2022)[2]
Personel cadangan6.532 (2022)[2]
Personel dikerahkan921[3]
Belanja
Anggaran€13,996 miliar (2023)[4]
Persentase terhadap PDB~1,66%; (2023)[5]
Industri
Pemasok lokalDamen Group
Thales Nederland
Defenture
Pemasok asingLockheed Martin
Rheinmetall
Krauss-Maffei Wegmann
BAE Systems Hägglunds
Artikel terkait
Operasi militerSejarah militer Belanda
Jenjang pangkatKepangkatan militer Belanda

Angkatan Bersenjata Belanda (bahasa Belanda: Nederlandse krijgsmacht) adalah dinas militer Kerajaan Belanda. Inti angkatan bersenjata ini terdiri dari empat cabang dinas: Angkatan Laut Kerajaan Belanda (Koninklijke Marine), Angkatan Darat Kerajaan Belanda (Koninklijke Landmacht), Angkatan Udara Kerajaan Belanda (Koninklijke Luchtmacht), dan Marsose Kerajaan Belanda (Koninklijke Marechaussee). Cabang-cabang layanan ini dilengkapi dengan berbagai organisasi pendukung bersama. Selain itu, pasukan wajib militer lokal ada di Karibia Belanda di pulau Aruba (AruMil) dan Curaçao (CurMil). Mereka beroperasi di bawah naungan Angkatan Laut Kerajaan Belanda dan Korps Marinir Belanda. Angkatan bersenjata ini secara organisasi merupakan bagian dari Kementerian Pertahanan.

Keberadaan, wewenang, dan tugas angkatan bersenjata ditentukan dalam konstitusi Belanda. Pemerintah, yang terdiri dari anggota kabinet yang dipimpin oleh Perdana Menteri dan Raja, berfungsi sebagai kepala angkatan bersenjata. Meskipun pasukan militer bersumpah setia kepada Raja Belanda, raja tidak memegang posisi panglima tertinggi.

Pangkat dalam militer angkatan bersenjata Belanda mirip dengan negara-negara anggota NATO lainnya dan ditetapkan oleh Dekret Kerajaan. Perwira tertinggi di militer Belanda adalah Kepala Pertahanan, yang merupakan perwira bintang empat (NATO OF-9).

Landasan hukum dan tujuan[sunting | sunting sumber]

Angkatan bersenjata Belanda ada berdasarkan deklarasi dalam konstitusi Belanda.[6] Pasal 97 konstitusi ini menentukan bahwa angkatan bersenjata:

  • Untuk membela Kerajaan Belanda dan kepentingannya di dunia; dan
  • Untuk melindungi dan memajukan aturan hukum internasional.

Artinya, peran dan tanggung jawab militer Belanda dalam stabilitas internasional dan pemeliharaan perdamaian ditentukan secara konstitusional.

Pasal yang sama dari konstitusi menentukan bahwa komando tertinggi militer Belanda berada di tangan Pemerintah Belanda. Ini telah terjadi sejak konstitusi diubah pada tahun 1983; sebelum itu, komando tertinggi angkatan bersenjata Belanda dipegang oleh Raja Belanda.

Sekarang[sunting | sunting sumber]

Organisasi[sunting | sunting sumber]

Kepala Pertahanan jenderal Onno Eichelsheim saat upacara serah terima jabatan, April 2021

Kementerian Pertahanan adalah kementerian pemerintah yang bertanggung jawab untuk merumuskan dan melaksanakan kebijakan pertahanan. Kementerian tersebut terdiri dari Menteri, Sekretaris Negara, Staf Pusat, Angkatan Bersenjata Belanda dan dua organisasi pendukung independen. Staf Pusat (Bestuursstaf) Kementerian terdiri dari beberapa direktorat yang bertanggung jawab untuk melaksanakan kebijakan, memberi nasihat kepada Menteri dan Sekretaris Negara, dan mengendalikan organisasi Pertahanan. Staf Pusat dipimpin oleh pegawai negeri tertinggi organisasi pertahanan, Sekretaris Jenderal. Selain itu, Staf Pusat termasuk Staf Pertahanan, yang merupakan organ militer tertinggi di bawah komando Kepala Pertahanan.

Panglima Pertahanan adalah pemimpin militer Angkatan Bersenjata Belanda dan penasihat militer paling senior untuk Menteri Pertahanan. Kepala Pertahanan memiliki komando atas Angkatan Bersenjata, Komando Operasi Khusus Belanda (NLD SOCOM), dan Komando Cyber Pertahanan. Beberapa organisasi eksekutif khusus, termasuk Dinas Intelijen dan Keamanan Militer dan kantor Inspektur Jenderal, juga dimasukkan ke dalam Staf Pusat.

Personel[sunting | sunting sumber]

Angkatan Bersenjata Belanda adalah militer profesional, wajib militer di Belanda dihentikan pada tahun 1996, dengan pengecualian Aruba dan Curaçao.[7] Semua cabang dan spesialisasi militer terbuka untuk rekrutan wanita. Pada Oktober 2018 Kementerian Pertahanan mengumumkan bahwa layanan kapal selam juga akan menerima rekrutan wanita untuk posisi sebagai perwira, bintara, dan pelaut.[8]

Kementerian Pertahanan Belanda mempekerjakan lebih dari 66.000 personel, termasuk personel sipil dan militer.[9]

Galeri[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Salinan arsip". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2012-04-15. Diakses tanggal 2021-10-15. 
  2. ^ a b "Aantallen personeel". 
  3. ^ [1]
  4. ^ "Budgettaire bijlage coalitieakkoord 2021-2025 - Publicatie - Kabinetsformatie". 
  5. ^ "Extra geld voor Defensie in 2022". 
  6. ^ "Artikel 97: Krijgsmacht - Nederlandse Grondwet". www.denederlandsegrondwet.nl. Diakses tanggal 2021-10-15. 
  7. ^ "Ditangguhkan" dalam hal ini berarti tidak ada wajib militer yang berlaku di Belanda, namun mekanisme hukum untuk rancangan wajib militer tersebut masih ada.
  8. ^ Gain, Nathan (2020-01-22). "Dutch female sailors now admitted for submarine service". Naval News (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2021-10-15. 
  9. ^ Defensie, Ministerie van (2019-03-29). "Aantallen personeel - Over Defensie - Defensie.nl". www.defensie.nl (dalam bahasa Belanda). Diakses tanggal 2021-10-15.