Kapal patroli

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Kapal patroli adalah kapal angkatan laut yang relatif kecil yang umumnya dirancang untuk pertahanan pantai, perlindungan perbatasan, penegakan hukum imigrasi, tugas pencarian dan penyelamatan. Sudah banyak desain untuk kapal patroli. Mereka dapat dioperasikan oleh angkatan laut suatu negara, penjaga pantai, kepolisian atau bea cukai dan mungkin ditujukan untuk lingkungan laut ("air biru") atau muara ("air hijau") atau sungai ("air coklat"). Mereka biasanya ditemukan terlibat dalam berbagai peran perlindungan perbatasan, termasuk anti-penyelundupan, anti-pembajakan, patroli perikanan, dan penegakan hukum imigrasi. Mereka juga sering dipanggil untuk berpartisipasi dalam operasi penyelamatan.

Klasifikasi[sunting | sunting sumber]

Mereka dapat secara luas diklasifikasikan sebagai kapal patroli pantai (IPVs) atau kapal patroli lepas pantai (OPVs). Mereka adalah kapal perang yang biasanya berukuran lebih kecil dari korvet dan dapat mencakup kapal serang cepat, kapal torpedo, dan kapal rudal, meskipun beberapa berukuran sebesar fregat. Kapal patroli lepas pantai biasanya merupakan kapal terkecil dalam armada angkatan laut yang besar dan cukup layak untuk berpatroli di lepas pantai di laut terbuka. Kapal patroli pantai yang lebih kecil juga dikenal sebagai kapal patroli pantai atau kapal patroli pantai. Kapal patroli sungai digunakan untuk patroli wilayah sungai. Di militer yang lebih besar, seperti di militer Amerika Serikat, kapal patroli lepas pantai biasanya bertugas di penjaga pantai, tetapi banyak angkatan laut negara yang lebih kecil mengoperasikan kapal jenis ini.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

PCE-872, kapal patroli pengawal Perang Dunia II Angkatan Laut AS

Selama kedua Perang Dunia untuk meningkatkan jumlah dengan cepat, semua pihak menciptakan kapal patroli tambahan dengan mempersenjatai perahu motor dan pukat nelayan yang berlayar di laut dengan senapan mesin dan senjata angkatan laut yang sudah usang. Beberapa kapal patroli modern masih didasarkan pada kapal nelayan dan rekreasi. Kapal patroli laut biasanya memiliki panjang sekitar 30 m (100 kaki) dan biasanya membawa senjata artileri kaliber menengah tunggal sebagai persenjataan utama, dan berbagai persenjataan sekunder yang lebih ringan seperti senapan mesin atau sistem senjata jarak dekat. Tergantung pada perannya, kapal di kelas ini mungkin juga memiliki sensor dan sistem pengendalian tembakan yang lebih canggih yang memungkinkan mereka membawa torpedo, rudal anti-kapal dan rudal permukaan-ke-udara..[1]

Sebagian besar desain modern ditenagai oleh pengaturan turbin gas seperti CODAG, dan kecepatan umumnya berkisar antara 25–30 knot (46–56 km/jam; 29–35 mpj). Mereka terutama digunakan untuk patroli di zona ekonomi eksklusif (ZEE) suatu negara. Tugas umum adalah inspeksi perikanan, tugas anti-penyelundupan (biasanya anti-narkotika), patroli imigrasi ilegal, patroli anti-pembajakan dan pencarian dan penyelamatan (jenis pekerjaan penegakan hukum). OPV terbesar mungkin juga memiliki dek penerbangan dan helikopter. Pada saat krisis atau perang, kapal-kapal ini diharapkan dapat mendukung kapal-kapal besar di angkatan laut.

Ukurannya yang kecil dan biaya yang relatif rendah menjadikannya salah satu jenis kapal perang paling umum di dunia. Hampir semua angkatan laut mengoperasikan setidaknya beberapa kapal patroli lepas pantai, terutama yang hanya memiliki kemampuan "air hijau". Mereka berguna di laut yang lebih kecil seperti Laut Utara serta di lautan terbuka. Kapal serupa untuk tugas militer eksklusif termasuk kapal torpedo dan kapal rudal. Angkatan Laut Amerika Serikat mengoperasikan hidrofoil bersenjata kelas Pegasus selama bertahun-tahun, dalam peran kapal patroli. Perahu Patroli Sungai (PBR, kadang-kadang disebut "Riverine" dan "Pibber") adalah desain jenis perahu patroli kecil AS yang dirancang untuk berpatroli di perairan sungai besar.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "MK VI Patrol Boats, United States of America". www.naval-technology.com (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2021-06-24.