Ace Combat 6: Fires of Liberation

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Ace Combat 6: Fires of Liberation
Ace Combat 6 Fires of Liberation Game Cover.jpg
PengembangProject Aces
PenerbitNamco (Jepang dan Eropa)
Bandai Namco Games (Amerika Utara)
PengarahNatsuki Isaki
ProduserHiroyuki Ichiyanagi
PerancangToshiyuki Ishii
PenulisToshiyuki Ishii
Komposer musikTetsukazu Nakanishi
Ryuichi Takada
Keiki Kobayashi
Hiroshi Okubo
Junichi Nakatsuru
SerialAce Combat
PlatformXbox 360
Tanggal rilis
  • NA: 23 Oktober 2007
  • JP: 1 November 2007
  • EU: 23 November 2007
  • AU: 13 Desember 2007
GenreSimulasi penerbangan tempur
ModePemain-tunggal, pemin-jamak

Ace Combat 6: Fires of Liberation (エースコンバット6 解放への戦火, Ēsu Konbatto Roku Kaihō e no Senka, Ace Combat 6: War on Liberation) adalah permainan ketujuh (Ace Combat Zero: The Belkan War merupakan gim keenam) dari serial Ace Combat, dikembangkan oleh Project Aces dan diterbitkan oleh Bandai Namco Games, dan dirilis pada bulan Oktober 2007 dan dibuat kompatibel pada Xbox One pada bulan Januari 2019.[1] Gim ini merupakan gim pertama dalam serial Ace Combat yang dirilis secara eksklusif untuk Xbox 360, dibandingkan platform PlayStation seperti gim sebelumnyaaku, dan juga merupakan gim pertama yang memiliki mode daring dan konten yang dapat diunduh (DLC). seperti gim sebelumnya dalam serial Ace Combat milik Namco, Ace Combat 6 menampilkan permainan yang menjadi standar serial Ace Combat yang mencampurkan penerbangan arcade dengan simulasi penerbangan nyata.

Walaupun gim ini berisi berbagai jet tempur berlisensi dari dunia nyata, cerita gim ini mengambil tempat di Strangereal, dunia fiksional yang menjadi latar serial gim ini. Cerita utama gim ini berfokus pada invasi kejutan sebuah negara oleh negara tetangganya, dan upaya selanjutnya oleh pasukan bersenjata untuk merebut kembali ibu kota dan negaranya, dengan pemain berperan sebagai pilot dari squadron dua pesawat yang membantu upaya tersebut. Tidak seperti gim-gim sebelumnya yang peristiwanya diceritakan dalam satu sudut pandang, kejadian dalam gim ini berikatan erat dengan beberapa cerita sampingan yang diceritakan oleh berbagai tokoh, menjelaskan perjuangan pribadi dan opini mereka terhadap konflik yang sedang berlangsung.

elemen dari gim-gim sebelumnya tetap ada dalam Ace Combat 6, tetapi cerita utama gim memiliki misi yang lebih mendetail. Elemen-elemen baru tersebut termasuk sebagian besar misi memiliki banyak tujuan untuk diselesaikan, dimana pemain hanya perlu menyelesaikan beberapa misi untuk melanjutkan ke misi selanjutnya, dan dengan kemampuan untuk memanggil bantuan dari unit sekutu selama misi. Gim ini menerima banyak ulasan positif saat perilisannya.

Gameplay[sunting | sunting sumber]

Permainan saat mode kooperatif. Pemain, diliputi oleh HUD dalam mode kamera ini.

Seperti gim lainnya dalam serial Ace Combat, Ace Combat 6 menempatkan pemain untuk berperan sebagai seorang pilot pesawat tempur, yang ditugaskan untuk menghancurkan lawan baik di udara maupun di darat. Kendali utama gim ini disederhanakan sebagai bagian dari rancangan serial Ace Combat yaitu sebagai gim penerbangan arcade, dengan pemain diberikan akses untuk tidak hanya berbagai pilihat jet tempur berlisensi, tetapi juga berbagai senjata - bersama dengan meriam vulcan dan misil, pesawat dapat dipasang dengan salah satu dari beberapa senjata untuk digunakan dalam pertempuran, senjata tersebut meliputi misil kendali radar, bom, dan peluncur roket, dan lainnya. Selagi pemain mengunci lawan dan mengganti kunci target (tergantung dari senjata yang digunakan), HUD di dalam gim menyediakan umpan balik mengenai jumlah peluru, kerusakan pesawat, kecepatan dan ketinggian, dan juga menyediakan radar yang dapat diganti tingkat pembesarannya atau menampilkan peta pertempuran secara penuh, dan menyediakan informasi mengenai jumlah waktu yang tersisa selama permainan, dan skor pemain saat itu.

Mode cerita berisi limabelas misi, yang beberapa diantaranya pemain harus menyelesaikan sejumlah tugas dalam misi. sebelum misi dimulai, pemain harus memilih pesawat dan senjata yang akan dipakai pemain dan wingman AI - di awal gim jumlah pesawat yang dapat digunakan terbatas, tetapi selagi pemain berlanjut ke tingkat berikutnya pilihan yang lebih banyak akan tersedia dengan menggunakan credit di dalam gim yang didapatkan dari kinerja pemain selama mode cerita, untuk membuka pesawat baru. Tidak seperti gim sebelumnya dalam seri Ace Combat, Ace Combat 6 menampilkan misi dimana pemain mengambil peran dalam satu dari sejumlah operasi - sebagian besar misi memiliki beberapa operasi, berkisar dari tiga hingga enam, dimana pemain harus menyelesaikan sejumlah kuota (secara kasar sebagian besar dari operasi), untuk membuka tahap terakhir dari misi tersebut. Operasi tersebut sebagian besar berfokus pada membantu atau melindungi pasukan udara, darat, atau laut sekutu selagi mereka mencoba menyelesaikan tugasnya, biasanya dengan menghancurkan target yang sudah ditandai dalam operasi tersebut. Menyelesaikan sebuah operasi dapat menguntungkan pemain untuk menyelesaikan misi, seperti menyediakan markas garis depan di darat untuk memperbaiki dan mengisi ulang senjata pemain dan wingman.

Konten unduhan[sunting | sunting sumber]

Namco telah merilis tujuh warna pesawat yang dapat diunduh untuk Ace Combat 6. Warna pesawat tersebut memengaruhi manuver, kecepatan, ketangguhan, dan jumlah senjata pesawat.[2] Diantara warna tersebut terdapat warna pesawat milik protagonis Ace Combat 2, warna berdasarkan pesawat purwarupa, A-10 dengan gambar mulut hiu, dam sebuah warna dengan tema Halloween untuk F-14D yang memberikan kemampuan siluman untuk pesawat tersebut. "Colored Wings", pesawat dengan warna monoton yang setiap warnanya merupakan warna untuk pertunjukan udara juga tersedia. Ada juga beberapa warna yang berasal dari Squadron dalam gim sebelumnya. Warna Ace Squadron tersebut meliputi Grabacr dan Razgriz Squadron dari Ace Combat 5: The Unsung War; Rot Squadron (EF-2000 Typhoon), Espada Squadron (Rafale M), Gault Squadron (Su-47 Berkut), Galm Team (Cipher dan Pixy F-15E), dan Crow Team (PJ F-16C, saat ini tidak tersedia) dari Ace Combat Zero: The Belkan War; Mobius 1 (F-22A Raptor) dan Yellow Squadron (Su-33) dari Ace Combat 04: Shattered Skies; Gryphus 1 (F-22A Raptor) dari Ace Combat X: Skies of Deception dan organisasi UPEO (Eurofighter Typhoon) dan General Resources (A/F-117 Nav Hawk) dari Ace Combat 3: Electrosphere.

Sebagai tambahan, warna alternatif untuk beberapa pesawat yang didasarkan dari karakter serial The Idolm@ster juga tersedia. Lebih lanjut lagi, pemain Jepang menerima penghargaan bonus untuk pembelian awal daring. Bonus tersebut dikirim dalam bentuk kartu dengan dua kode didalamnya. Kedua kode tersebut akan membuka warna pesawat khusus untuk F-15E Strike Eagle, berdasarkan Su-37 Yellow 13 dan F-22A Raptor Mobius 1 dari Ace Combat 04.

Namco juga merilis versi co-op dari misi cerita. Ragno Fortress, dan Chandelier sekarang tersedia dengan tambahan Aigaion dan San Loma yang sudah ada di dalam gim.

Ace Edge[sunting | sunting sumber]

Tuas Kendali Ace Combat 6
(Ace Edge)
Berkas:Ace Combat 6 - Ace Edge.jpg
ManufacturerHori, Bandai Namco Games
TypeTuas kendali pesawat
GenerationEra generasi ketujuh
Retail availability23 Oktober 2007
ConnectivityUSB

Ace Edge adalah sebuah tuas kendali dan kendali throttle yang didesain khusus untuk Ace Combat 6. Diproduksi oleh Hori, tuas kendali ini hanya tersedia dalam edisi khusus gim ini. Ace Edge secara resmi hanya dirilis di Amerika Utara dan Jepang. Harga dari edisi terbatas tersebut adalah $149.99 dolar Amerika. Edisi tersebut juga berisi pelat muka Ace Combat 6 untuk Xbox 360.

Tuas kendali ini disebut "Flight Stick EX" di Jepang. Tuas kendali ini sangat mirip dengan sistem tuas kendali / throttle X45 HOTAS buatan Saitek yang populer diantara pemain simulasi penerbangan komputer.

Penilaian[sunting | sunting sumber]

Sambutan
Skor agregat
AgregatorSkor
GameRankings81.57% (56 Reviews)[4]
Metacritic80/100 (54 Reviews)[5]
Skor ulasan
PublikasiSkor
EGM6.5, 6.5, 8.0[8]
Game Informer8.75/10
GameSpot8.5/10[6]
IGN8.4/10[7]
OXM8.5/10

Gim ini secara umum menerima ulasan positif dari kritikus, walaupun lebih rendah dari gim sebelumnya. Agregator ulasan gim GameRankings dan Metacritic masing-masing memberi gim ini rating 81.57% dan 80/100. TeamXbox memberi gim ini rating 8.8/10,[9] sementara X-Play memberi gim ini nilai 4/5.[10]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]