Air Combat

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Air Combat
Air Combat cover.jpg
PengembangNamco
Arsys Software[1]
PenerbitNamco
SeriAce Combat
PlatformPlayStation
Tanggal rilis
  • JP: 30 June 1995
  • NA: 9 September 1995
  • EU: Oktober 1995[2]
GenreSimulasi penerbangan tempur
ModePemain-tunggal, pemain-jamak

Air Combat, dikenal dengan nama Ace Combat (エースコンバット, Ēsu Konbatto) di Jepang, adalah gim permainan aksi simulasi penerbangan semi-realistis yang dirilis oleh Namco untuk konsol permainan video rumah PlayStation di tahun 1995.

Cerita[sunting | sunting sumber]

Sekelompok pasukan teroris memulai sebuah pemberontakan (dan membuat kerusakan besar di sebuah negara yang tidak diketahui, yang nantinya diubah menjadi Skully Island yang merupakan bagian dari benua Usea; upaya untuk mengalahkan para teroris tersebut melalui cara konvensional gagal dan situasi bertambah buruk. Sebagai tanggapan, sebuah angkatan udara bayaran dibentuk untuk melawan teroris tersebut dan membebaskan negara tersebut dari pasukan teroris.[3]

Gameplay[sunting | sunting sumber]

Air Combat dianggap sebagai gim penerbangan dengan "gaya arcade" karena gravitasinya yang semi-realistis dan pesawat yang mampu membawa sampai 65 misil (sangat tidak mungkin pada pesawat sebenarnya). Tujuan dari gim ini adalah untuk menghancurkan target musuh yang tersebar di seluruh misi dalam berbagai misi dan mendapatkan uang untuk membeli pesawat atau mempekerjakan wingman. Uang tambahan didapatkan dengan menghancurkan musuh "non-target", yang dapat dipilih untuk dihancurkan atau tidak karena tidak memengaruhi misi secara signifikan. Pemain dapat memilih 16 pesawat berbeda dari F-4 Phantom hingga Su-27 Flanker dan Pesawat siluman, namun semuanya memiliki warna pesawat khusus "Phoenix".[4] Mengulangi gim setelah menamatkannya akan membuka warna normal dari pesawat-pesawat tersebut. Gim ini memiliki berbagai misi yang tersebar dalam peta mode cerita, membuatnya mungkin untuk tidak menyelesaikan semua misi dalam satu kali bermain. Di tengah permainan, pemain dapat memilih pilot baru sebagai "wingman" mereka saat misi, dengan menugaskan mereka pada satu dari tiga tugas yang tersedia. Setiap wingman memiliki pesawatnya sendiri, dan mengurangi uang yang pemain dapatkan di akhir setiap misi.

Penerimaan[sunting | sunting sumber]

Penerimaan
Nilai agregat
AgregatorNilai
GameRankings60%[5]
Nilai ulasan
PublikasiNilai
Famitsu31 out of 40[7]
IGN7.0 out of 10[8]
OPM (UK)6 out of 10[6]
Next Generation3/5 stars[9]

Air combat menerima ulasan beragam;[5] IGN mendeskripsikan elemen permainan ini "sangat sulit", walaupun mereka melihat kelemahan grafik dalam gim ini, menyatakan bahwa "gambar yang berkelip dan pewarnaan yang hambar tidak memamerkan kekuatan grafik Playstation".[8] Air Hendrix dari GamePro juga menjelaskan hambarnya grafik gim ini, karena latar dan ledakan dalam gim ini kurang "detail dan dipoles" seperti dalam gim Playstation kebanyakan. Ia juga menemukan misi yang terlalu sederhana dan tidak menarik, namun mengatakan bahwa misi-misi akhir menunjukkan kedalaman strategi yang menarik, dan menyimpulkan, "Walaupun banyak kekurangan dalam Air Combat, penggemar gim arcade penembak perlahan akan terpukau dengan permainan yang memikat."[10] Sebuah ulasan singkat dalam majalah Next Generation mengatakan "gim penerbangan yang cukup baik ini adalah salah satu gim Playstation pertama dan mulai ketinggalan zaman".[9] Air Combat juga dianugerahi "Simulasi Penerbangan Terbaik tahun 1995" oleh Electronic Gaming Monthly.[11]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Corporate profile". Cyberhead. Diarsipkan dari versi asli tanggal October 24, 2001. Diakses tanggal 30 August 2012. 
  2. ^ "Air Combat (1995) PlayStation release dates - MobyGames". MobyGames. Diakses tanggal 12 October 2017. 
  3. ^ "Gameplay screenshot" (PNG). Vizzed.com. Diakses tanggal 21 June 2017. 
  4. ^ "Air Combat". Maximum: The Video Game Magazine. Emap International Limited (1): 40–47. October 1995. 
  5. ^ a b "Air Combat (PlayStation)". GameRankings. Diakses tanggal 2012-07-12. 
  6. ^ "PlayTest: Air Combat". Official UK PlayStation Magazine. Future Publishing (1): 80–81. November 1995. In terms of excitement Air Combat is an A-class product but it doesn't deliver enough staying power. Its coin-op lineage is painfully apparent. 
  7. ^ New Games Cross Review: エースコンバット. Weekly Famicom Tsūshin. No.342. Pg.32. 7 July 1995.
  8. ^ a b "Air Combat Review". IGN. 1996-11-26. Diakses tanggal 2012-07-12. 
  9. ^ a b "Every PlayStation Game Played, Reviewed, and Rated". Next Generation. No. 25. Imagine Media. January 1997. hlm. 57. 
  10. ^ "Air Combat". GamePro. IDG (87): 68. December 1995. 
  11. ^ "Electronic Gaming Monthly's Buyer's Guide". 1996.