Ace Combat 2

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Ace Combat 2
Ace Combat 2.jpg
PengembangNamco
PenerbitNamco
PerancangAsahi Higashiyama
Takahiro Miura
Takuya Iwasaki
KomponisKohta Takahashi
Nobuhide Isayama
Hiroshi Okubo
Tetsukazu Nakanishi
SeriAce Combat
PlatformPlayStation
Tanggal rilis
  • JP: 30 Mei 1997
  • NA: 31 Juli 1997
  • EU: Oktober 1997
GenreSimulasi penerbangan tempur
ModePemain-tunggal

Ace Combat 2 adalah gim Simulasi penerbangan tempur semi-realistis yang dibuat oleh Namco untuk konsol gim Playstation. Gim ini merupakan gim kedua untuk Playstation dari serial Ace Combat dan melanjutkan gaya permainan arcade dari gim pertama Air combat, dengan peningkatan besar. Gim ini dirilis pada bulan Mei dan Juli 1997 di Jepang dan Amerika Utara, sementara di Eropa baru dirilis pada bulan Oktober 1997.

Di tahun 2005 Namco merilis ulang Ace Combat 2 sebagai bagian dari NamCollection untuk Playstation 2, merayakan ulang tahun ke-50 Namco.

Saat perilisan, Ace Combat 2 menerima ulasan positif. Dalam penjualan minggu pertama, Gim ini terjual sebanyak 256,000 unit di Jepang, menjadikan gim ini sebagai salah satu gim Playstation yang menjual lebih dari 250,000 unit secara cepat di Jepang.

Permainan[sunting | sunting sumber]

Pemain menyelesaikan misi dengan menghancurkan berbagai target darat dan udara untuk mendapatkan uang untuk angkatan udara mereka. Pengarahan misi memberikan detail mengenai rute penyerangan pemain dan lokasi musuh melalui tampilan peta 3D. Pemain juga dapat memilih pengaturan kendali Novice (Pemula) atau Expert (Ahli); pengaturan Expert memungkinkan pemain untuk melakukan manuver realistis dari pesawat seperti berputar dan berbelok tajam.

Sistem wingman bayaran dari Air Combat kembali, tetapi jika sebelumnya menggunakan pilot yang memiliki pesawat mereka sendiri, gim ini memperkenalkan kepada pemain untuk memilih satu pilot pria atau wanita untuk satu misi, tetapi dapat juga memilih untuk melakukan misi sendirian. Pesawat tertentu akan diberikan kepada wingman tergantung dari tugas wingman dalam sebuah misi. Waktu misi yang diberikan sesuai dengan bahan bakar yang dimiliki pemain. Gim ini dimulai dengan misi yang tidak bercabang, tetapi dipertengahan, pemain akan memilih dua jalur misi yang bercabang (bernama Alphaville dan Belissima). Beberapa target tertentu dalam misi juga dapat membuka misi rahasia dan akhir cerita yang berbeda.

Pesawat[sunting | sunting sumber]

Ace Combat 2 menampilkan banyak pesawat yang muncul di gim sebelumnya, dan juga pesawa-pesawat baru. Gim ini juga memperkenalkan konsep pesawat super ke dalam seri ini, atau jet yang unik dari pesawat yang ada baik desain maupun performanya. Dua pesawat super yang diperkenalkan adalah - ADF-01 (bentuk aslinya dari Ace Combat 2 dan Ace Combat Assault Horizon Legacy) dan XFA-27; pemain hanya dapat memakai XFA-27 di gim ini. Sebuah grafik batang juga menandakan berapa kali pesawat digunakan. Pesawat juga memiliki warna militer dari dunia nyata, membuang warna Phoenix dari gim pertama.

Aces[sunting | sunting sumber]

Aces Combat 2 memperkenalkan konsep aces, yaitu pilot elit yang memiliki kemampuan penerbangan yang lebih baik dari pilot musuh lainnya. Mereka dapat diidentifikasi dengan warna pesawat mereka yang unik dan nama panggilan mereka. Beberapa aces terbang bersama dalam satu squadron. Menembak jatuh pilot legendaris atau squadron akan mendapatkan medali di catatan pemain.

Plot[sunting | sunting sumber]

Sekelompok pasukan militer pemberontak melancarkan pemberontakan di berbagai tempat di benua Usea. Kebangkitan mereka terjadi setelah beberapa pemimpin negara pergi mengunjungi KTT perdamaian di tempat yang jauh. Cepatnya kudeta membuat para pemberontak berhasil merebut senjata strategis khusus. Bahaya dari ancaman senjata tersebut membuat pasukan pro-pemerintah untuk memanggil Scarface, sebuah angkatan udara bayaran elit, untuk menumpas para pemberontak.

Plot di atas disempurnakan dalam gim 3DS, Assault Horizon Legacy. Takut akan berada ditengah ancaman perang antara Federasi Osea dan Persatuan Republik Yuktobania empat tahun setelah kejadian dalam Perang Belka, negara-negara benua Usea setuju untuk bersatu dan membentuk aliansi blok ketiga. Namun, negara-negara di selatan Usea lebih memilih untuk bergabung dengan Federasi Osea setelah mereka menawarkan perjanjian militer dengan negara-negara tersebut. Para personil militer konservatis melancarkan kudeta di hari penandatanganan perjanjian, dan bahkan pasukan militer dari negara Usea yang lain bergabung dalam pemberontakan tersebut. Dalam bahaya akan keruntuhan total, pemerintah Usea melancarkan serangan bernama Operasi Fighter's Honor, dengan Squadron Tempur Taktis Khusus Scarface memimpin serangan tersebut.

Penerimaan[sunting | sunting sumber]

Penerimaan
Nilai agregat
AgregatorNilai
GameRankings81%[1]
Nilai ulasan
PublikasiNilai
EGM8.375/10[2]
GameSpot7.5/10[3]
Next Generation4/5 stars[4]

Ace Combat 2 diterima secara positif saat perilisannya. Gim ini memiliki penilaian 81% di agregator ulasan GameRankings berdasarkan sembilan ulasan.[1] Kritikus mengatakan gim ini memiliki umur yang lebih panjang dari Air Combat, dilihat terutama dari jumlah misi yang meningkat[2][3][4][5] dan penggunaan misi yang bercabang,[2][4] walaupun Jeff Gerstmann dari Gamespot berpendapat bahwa tingkat kesulitan yang rendah membuat gim ini terlalu cepat walaupun jumlah misinya sangat banyak.[3] Namun, sebagian besar kritik mengatakan bahwa AI musuh sangatlah mahir, membuat kesulitan gim ini, sangatlah tinggi.[2][4][5] Majalah Next Generation menekankan bahwa "Pemain yang tidak memerhatikan apa yang sedang terjadi akan dengan cepat menemukan musuh di belakang mereka yang tahu apa yang harus dilakukan dengan misil pencari-panas."[4]

Grafik dalam gim ini diberi banyak pujian, terutama pada frame rate tinggi yang konsisten[3][4][5] dan penggambaran lingkungan yang memukau.[2][3][5] Crispin Boyer dari Electronic Gaming Monthly, yang memberi Ace Combat 2 penghargaan "Gim Terbaik Bulan ini", juga memuji Jarak tembak dalam gim ini: "Medan tempur dilukiskan lebih jauh daripada kebanyakan gim simulasi lainnya, dan pop-up dunia dalam gim ini bertahap, berkat cakrawala yang samar - namun tidak terlalu samar." Boyer dan tiga asisten pengulasnya merasa titik terkuat gim ini adalah beranekaragamnya pesawat yang dapat dipilih dan misi yang bervariasi.[2] Bro Buzz dari GamePro berpendapat bahwa "Radar yang mudah dimengerti adalah kuncinya: Saat pikiranmu bersatu dengan itu... kau akan jadi mematikan!"[5]

Remake Nintendo 3DS[sunting | sunting sumber]

Sebuah remake untuk Nintendo 3DS dirilis dengan nama Ace Combat: Assault Horizon Legacy di Amerika Utara pada 15 November 2011 dan di Eropa pada 2 Desember 2011. Versi Jepangnya, yang berjudul Ace Combat 3D: Cross Rumble, dirilis pada 12 Januari 2012. Remake ini menampilkan akting suara yang dikerjakan ulang dan desain level yang ditata ulang.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b "Ace Combat 2". GameRankings. Diakses tanggal November 8, 2018. 
  2. ^ a b c d e f "Review Crew: Air Combat 2". Electronic Gaming Monthly. No. 97. Ziff Davis. August 1997. hlm. 50. 
  3. ^ a b c d e Gerstmann, Jeff (July 2, 1997). "Ace Combat 2 Review". GameSpot. Diakses tanggal 8 November 2018. 
  4. ^ a b c d e f "Finals: Ace Combat 2". Next Generation. No. 35. Imagine Media. November 1997. hlm. 189–190. 
  5. ^ a b c d e "PlayStation ProReview: Ace Combat 2". GamePro. No. 108. IDG. September 1997. hlm. 92. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]