Ace Combat Zero: The Belkan War

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Ace Combat Zero: The Belkan War
Publikasi
  • JP: 23 Maret 2006
  • NA: 25 April 2006
  • EU: 15 September 2006
  • AU: 21 September 2006
GenreSimulator penerbangan tempur
Karakteristik teknis
PlatformPlayStation 2
Modepermainan video multipemain dan Permainan video pemain tunggal
FormatDVD
Metode inputgamepad
Format kode
Daftar
  • 30
Informasi pengembang
PengembangNamco
PenyuntingBandai Namco Entertainment
PengarahNaoto Maeda
ProdusenHiroyuki Ichiyanagi
DesainerRyosuke Waki
KomponisKeiki Kobayashi
Tetsukazu Nakanishi
Hiroshi Okubo
Junichi Nakatsuru
PenerbitBandai Namco Games
Penilaian
ESRB
enllaç=d:Q14864330
Informasi tambahan
MobyGamesace-combat-zero-the-belkan-war
Musicbrainz: 8baf221f-0351-44fc-b361-18915b84cfe5
Bagian dari Ace Combat
Sebelum
Tidak ada
Sebelum
Portal permainan video
Sunting di Wikidata • L • B • PW
Info templat
Bantuan penggunaan templat ini


Ace Combat Zero: The Belkan War (エースコンバット・ゼロ ザ・ベルカン・ウォー, Ēsu Konbatto Zero Za Berukan Wō) adalah permainan video penerbangan tempur semi-realistis yang dikembangkan oleh Bandai Namco Games untuk PlayStation 2. Gim ini adalah bagian dari serial gim Ace Combat. Di wilayah Eropa, gim ini dirilis dengan nama Ace Combat: The Belkan War.

Permainan[sunting | sunting sumber]

Permainan Ace Combat Zero terbagi menjadi mode cerita pemain tunggal mode versus dua pemain. Mekanisme dalam gim ini adalah campuran dari fitur-fitur Ace Combat 04 dan 5.

Gim ini menampilkan sebagian besar pesawat tempur versi lama yang muncul pada gim sebelumnya, seperti F-15C, F/A-18C, dan beberapa jet tempur generasi kedua- dan ketiga seperti Saab 35 Draken. Pemain memulai permainan dengan sebuah F-5E, sebuah F-1, dan sebuah J35J, tetapi dapat membuka dan membeli pesawat yang lebih canggih dengan menyelesaikan misi dan menghancurkan target untuk mendapatkan uang. Pesawat super resmi gim ini adalah ADF-01 Falken dariAce Combat 5 dan ADFX-02 Morgan, tetapi pemain dapat mengakses X-02 Wyvern dari Ace Combat 04.

Gim ini menghidupkan kembali sistem kustomisasi pesawat dari Ace Combat 04 - pemain dapat membeli hingga tiga senjata "SP" khusus per pesawat namun hanya dapat memilih satu untuk setiap misi; pemain juga dapat memilih senjata SP wingman namun tidak dapat memilih pesawatnya. Fitur yang kembali lainnya dari Ace Combat 04 adalah kemampuan untuk mundur dari medan tempur untuk mengisi senjata di pangkalan udara saat misi panjang.

Zero memperbaiki sistem perintah wingman dari Ace Combat 5 selama sebagian besar misi, pemain dapat memerintahkan wingman AI menggunakan D-pad Dualshock 2.

Gim ini melanjutkan tradisi serial Ace Combat yang melawan pilot unggul yang menerbangkan pesawat dengan warna unik. Selain pilot dan squadron yang pemain lawan sebagai karakter bos,banyak misi yang berisi pilot unggul musuh lainnya yang tersebar di seluruh peta misi; mengalahkan mereka akan mendaftarkan pesawat unik mereka dan biografi pendek sang pilot dalam album digital didalam gim.

Ace Style[sunting | sunting sumber]

Salah satu elemen dalam mekanisme gim ini adalah sistem Ace Style. Selama permainan mode cerita, pemain akan menemui target musuh yang tidak dapat melawan pemain dan bangunan netral, keduanya ditandai dengan titik kuning di tampilan peta dan lambang target silang kuning di dalam HUD. Batang horizontal dengan tifa kotak bertanda "Mercenary" (Tentara Bayaran), "Soldier" (Prajurit), dan "Knight" (Ksatria), dapat ditemukan saat wawancara setelah misi. Bagaimana pemain bertindak saat misi akan memindahkan bilah peringkat menuju salah satu dari tiga kotak tersebut.

Jenis Ace yang pemain milik saat itu akan menentukan obrolan radio, menentukan Squadron ace mana yang pemain temui, juga menentukan cutscene mana yang akan dimainkan. Pilot yang berbeda akan mendapatkan pesawat yang berbeda pula, dan di akhir permainan, setiap pesawat yang sudah dimiliki akan mendapatkan warna pesawat yang mewakili gaya bertempur mereka.

  • Mercenary Ace - Pilot Mercenary adalah pilot yang menghancurkan oposisis tanpa ampun dan tidak peduli terhadap sekutunya, dan diumumkan melalui cutscene dalam gim. Pemain yang membunuh semua target termasuk target yang tidak bermusuhan dalam semua misi dan membiarkan permintaan bantuan dari sekutu, akan melihat peringkat mereka berpindah ke arah kiri.
  • Soldier Ace - Pilot Soldier adalah pilot yang bertempur sebagaimana situasi dan mengubah aliran pertempuran, seperti yang dikatakan dalam cutscene antara misi. Peringkat ini dapat diraih dengan kemampuan menyeimbangkan menghancurkan target bukan musuh selagi membiarkan beberapa melarikan diri, dan menerima beberapa permintaan bantuan.
  • Knight Ace - Pilot Knight adalah pilot yang percaya dalam bertarung secara adil selama pertempuran dan melindungi yang lemah, seperti yang dikatakan dalam cutscene. Pemain dapat meraih peringkat ini dengan membantu unit sekutu dan tidak menghancurkan target bukan musuh, yang akan memindahkan peringkat ke arah kanan.

Plot[sunting | sunting sumber]

Latar[sunting | sunting sumber]

Gim ini berlatar pada tahun 1995, 15 tahun sebelum peristiwa Ace Combat 5: The Unsung War, mengitari sebuah konflik antara Belka dan Pasukan Sekutu - sebuah koalisi militer yang terdiri dari Federasi Osea, Persatuan Republik Yuktobania, Kerajaan Sapin dan Republik Ustio. Perang tersebut dan latar belakangnya pernah diceritakan dalam cutscene pembuka mode cerita The Unsung War.

Tujuh tahun sebelum peristiwa di dalam gim ini, setelah beberapa tahun ketidakstabilan politik akibat dari tinjauan hukum federal Belka pada tahun 1998, pemerintahan Belka mengizinkan sebagian wilayahnya (Ustio dan Gebet untuk memisahkan diri, yang berujung pada kemerdekaan dua negara bagian. Namun, hal ini tidak juga memperbaiki krisis ekonomi yang menerjang Belka, membuat negara tetangga adidaya (Federasi Osea) mengambil alih sebagian wilayah barat Belka. Pembaruan dan krisis ekonomi akhirnya memicu kebangkitan sebuah partai sayap kanan di Belka pada tahun 1991. Selama beberapa tahun berikutnya, Belka dengan cepat memiliterisasi seluruh negaranya dan, setelah menemukan sumber daya alam di Ustio, melancarkan operasi militer besar-besaran pada 25 Maret 1995.

Cerita[sunting | sunting sumber]

Pada Maret 1995, Kepangeranan Belka menginvasi Republik Ustio, sebuah negara bekas provinsi Belka, untuk merebut sumber daya yang baru ditemukan yang dibutuhkan untuk merevitalisasi ekonomi mereka. Dengan kebanyakan wilayah Ustio jatuh ke dalam pendudukan Belka, pemerintahan Ustio bersekutu dengan Osea, Sapin, dan Yuktobania untuk melawan Belka yang maju memasuki wilayah Pasukan Sekutu. Salah satu upaya Ustio dalam perang adalah menyewa pilot bayaran untuk angkatan udara mereka, termasuk dua pilot dengan panggilan Cipher dan Pixy.

Cipher dan Pixy bekerja sama dengan unit tempur sekutu dalam mengusir pasukan Belka dari Ustio. Pasukan Sekutu terus melangkah masuk menyerang wilayah Belka, dengan tujuan menghancurkan kemampuan bertempurnya. Di waktu yang sama, Pixy mulai mempertanyakan kebenaran invasi tersebut, terutama ketika pesawat Sekutu mengebom target sipil. Belka terpaksa meledakkan senjata nuklir di tanah mereka sendiri untuk menghentikan Sekutu yang terus masuk ke dalam wilayah Belka. Saat pasukan Sekutu kebingungan, Pixy menembak pesawat Cipher dan meninggalkannya. Setelah mundur, Cipher dipasangkan dengan PJ sebagai wingman barunya.

Pasukan Sekutu terus maju walaupun terdampak oleh ledakan nuklir. Pemerintahan Belka akhirnya jatuh dan diganti oleh pemerintahan sementara, di mana semua pasukan Belka harus menyerah. Cipher dan PJ menghancurkan pasukan Belka yang menolak perintah gencatan senjata. Belka dan Sekutu menandatangani perjanjian gencatan senjata, yang mengurangi jumlah militer Belka dan membagi sebagian besar wilayah yang kaya akan sumber daya milik Belka kepada negara-negara anggota Sekutu. Saat Sekutu masih memperdebatkan wilayah baru mereka, pilot dan prajurit dari lima negara menunjukkan kebencian mereka dan membentuk sebuah organisasi teroris bernama A World With No Boundaries (AWWNB) (Dunia Tanpa Batas), yang ingin menghapus konsep batas antar negara dan mencipatakan dunia yang bersatu. Cipher dan PJ dikirim untuk menghadang AWWNB, dengan kemenangan pertama mereka adalah kehancuran benteng udara XB-0 Hresvelgr dan pengawalnya, squadron pembelot Espada dari Sapin.

Pertempuran terakhir dalam gim ini berada di langit Avalon Dam, dimana Cipher dan PJ menghancurkan markas musuh yang dapat meluncurkan misil balistik antar benua, termasuk senjata super baru bernama V2; rencana AWWNB untuk menggunakan senjata tersebut untuk memaksa persatuan global. Setelah pertempuran, PJ tertembak oleh Pixy, yang membelot ke AWWNB dengan senjata laser ADFX-02 Morgan. Cipher akhirnya mengalahkan Pixy dan menghentikan ancaman AWWNB.

Keseluruhan Cerita diceritakan melalui sebuah dokumenter yang dibuat beberapa tahun setelah perang. Banyak pilot ulung musuh yang Cipher lawan berhasil keluar dari kokpit pesawat mereka dan selamat dari perang, antara mereka dikirim ke penjara atau melanjutkan hidup sebagai warga biasa. Narator berhasil melacak keberadaan mereka semua dan mewawancarai mereka mengenai pertarungan mereka melawan Cipher dari sudut pandang mereka. Narasumber terakhir adalah Pixy, yang selamat dari pertarungan melawan Cipher. Ia kecewa dengan idologi AWWNB, tetapi terus mencoba mencari arti dari ideologi tersebut. Narator menyimpulkan bahwa tidak cukup informasi untuk mengetahui seperti apa Cipher, tetapi kenyataanya bahwa semua musuh lama Cipher tersenyum saat menyebut namanya sudah cukup bagi sang narator, "itu, mungkin, adalah jawabanku."

Penerimaan Kritik[sunting | sunting sumber]

Gim ini menerima ulasan-ulasan positif.

Gim ini saat ini memiliki skor 75/100 di Metacritic.[1] Juan Castro dari IGN menilai gim ini 8.8/10, menyatakan bahwa Namco mengambil kesempatan secara pelan-pelan dalam mengevolusi serial ini, dan gim ini menampilkan "modifikasi kecil" dalam mesinnya." Ia juga memuji cerita gim ini karena berbeda dari gim penerbangan konsol lainnya dan mode kooperatif adalah berkah bagi para penggemar.[2]

Computerandvideogames.com memuji tanggal perilisan gim ini sebagai penyegar dari berbagai gim dari berbagai genre berbeda yang rilis pada waktu itu. Ia melihat presentasi grafik yang baik dan kesulitan yang tajam dari squadron ace musuh.[3]

Namun, Rob Fahey dari Eurogamer, mengatakan perubahan "tambahan" dari gim ini membuat bingung pemain mengenai apa yang berubah antara gim ini dan The Unsung War.[4]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]