A Shaun the Sheep Movie: Farmageddon

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
A Shaun the Sheep Movie: Farmageddon
Shaun the Sheep Movie - Farmageddon.jpg
Poster perilisan teater di Inggris
Sutradara
  • Will Becher
  • Richard Phelan
ProduserPaul Kewley
Skenario
CeritaRichard Starzak
BerdasarkanShaun the Sheep
oleh Nick Park
Pemeran
MusikTom Howe
SinematografiDave Alex Riddett
PenyuntingSim Evan-Jones
Perusahaan
produksi
DistributorStudioCanal
(Britania Raya)
Netflix
(Amerika Serikat, Kanada, dan Amerika Latin)
Tanggal rilis
  • 22 September 2019 (2019-09-22) (Odeon Leicester Square)
  • 27 September 2019 (2019-09-27) (Indonesia)
  • 14 Februari 2020 (2020-2-14) (Amerika Serikat)
Durasi
87 menit
NegaraBritania Raya
BahasaInggris (tidak ada dialog)
Pendapatan kotor$43.1 juta[1]

A Shaun the Sheep Movie: Farmageddon adalah sebuah film komedi fiksi ilmiah animasi gerak henti tahun 2019 yang diproduksi oleh Aardman Animations. Disutradarai oleh Will Becher dan Richard Phelan dalam debut penyutradaraan mereka, film tersebut adalah sekuel yang berdiri sendiri dari Shaun the Sheep Movie (2015) dan berdasarkan pada seri televisi animasi tanah liat Shaun the Sheep, seri televisi itu sendiri berdasarkan pada film tahun 1995 A Close Shave buatan Nick Park. Film tersebut menampilkan Justin Fletcher, John Sparkes, Kate Harbour dan Rich Webber yang mempersembahkan kembali peran-peran mereka dari seri tersebut dan film sebelumnya, sementara para anggota pemeran yang baru meliputi Amalia Vitale, David Holt dan Chris Morrell.[2]

Rencana untuk sekuel dimulai pada 2015, setelah rilis film pertama. Film ini secara resmi mulai diproduksi setelah akhir produksi Early Man (2018). Richard Starzak diumumkan untuk kembali sebagai sutradara, namun pada November 2018, film tersebut kemudian diumumkan untuk disutradarai oleh Becher dan Phelan.

Shaun the Sheep Movie: Farmageddon dirilis pada 18 Oktober 2019 di Inggris, dan Netflix dirilis di Amerika Serikat pada 14 Februari 2020. Film ini mendapat ulasan positif dari para kritikus atas animasi, humor, dan ceritanya. Itu menghasilkan $43.1 juta di seluruh dunia dan dinominasikan untuk British Academy Film Awards untuk Best Animated Film.

Alur cerita[sunting | sunting sumber]

Di kota Mossingham, Petani John dan anjingnya, Bingo, menemukan pendaratan UFO dan melarikan diri dari alien yang keluar dari sana. Di Mossy Bottom Farm, Shaun dan kawanannya mencoba menghabiskan waktu dengan beberapa kegiatan berbahaya, hanya agar Bitzer menghentikan mereka dan melarang petualangan mereka sepenuhnya. Setelah dilarang memiliki barbekyu untuk makan malam, Shaun memutuskan untuk memesan tiga pizza, tetapi ketika pizza tiba, keduanya Bitzer - yang mencegat dua pertiga pengiriman - dan kawanan menemukan kotak pizza benar-benar kosong.

Pagi berikutnya, Shaun menemukan jejak kerak pizza dan bertemu alien. Pengunjung memperkenalkan dirinya sebagai "Lu-La", seorang alien yang nakal dari planet To-Pa dengan kekuatan luar angkasa. Ketika Shaun memperkenalkannya kepada kawanan domba, dia menyebabkan kerusakan dengan pemanen gabungan, merusaknya saat mengubah ladang di belakang rumah pertanian menjadi lingkaran tanaman yang tidak disengaja. Mengambil keuntungan dari berita penampakan alien baru-baru ini, si Petani menyimpulkan bahwa ia dapat membuat taman hiburan bertema alien, "Farmageddon", di mana ia dapat memperoleh uang untuk membeli pemanen baru.

Pemimpin Ministry of Alien Detection's (M.A.D.), Agen Red, yang telah terobsesi untuk membuktikan keberadaan alien sejak melihat dua dari mereka sebagai seorang anak, menyelidiki klaim UFO. Setelah menemukan UFO telah menghilang, John dan Bingo ditangkap. Sementara itu, Lu-La dan Shaun melacak UFO, yang diturunkan tidak terlihat sebelumnya. Pasangan ini mencoba memulai UFO tetapi tidak bisa. Mencoba mengingat bagaimana memulai pesawat ruang angkasa dan permintaan Shaun pada foto keluarganya, Lu-La mengirimkan ingatannya ke Shaun, mengungkapkan bahwa dia sebenarnya seorang anak dan secara tidak sengaja meluncurkan pesawat ruang angkasa orang tuanya saat bermain di atasnya. Mereka juga menyadari bahwa mereka membutuhkan perangkat bola berbentuk telur untuk mengaktifkannya. GILA. menangkap pesawat ruang angkasa dengan Shaun dan Lu-La masih di atas kapal dan membawanya ke markas mereka.

Di markas, Shaun dan Lu-La menyelinap keluar dan berhasil mengambil perangkat, sementara yang lain terganggu oleh Bitzer, yang telah mengikuti Shaun dan disalahartikan sebagai alien karena Petani telah mengenakan pakaiannya sebagai alien. Shaun dan Lu-La memulai kembali kapal dan berhasil melarikan diri dengan Bitzer, merencanakan jalur untuk To-Pa; Dalam perjalanan, Shaun mengabaikan instruksi Bitzer untuk tidak menyentuh apa pun di kapal, dan menyebabkan mereka jatuh kembali ke Bumi. Melihat UFO hancur, Lu-La hancur hati dan tak berdaya. Merasa buruk atas apa yang telah ia lakukan, Shaun mencoba mencari cara lain untuk membuat Lu-La pulang. Dia menemukan bahwa perangkat itu dapat digunakan untuk menghubungi orang tua Lu-La kembali di planetnya, tetapi membutuhkan sinyal pada ketinggian yang lebih besar. Shaun menyarankan agar ia dan Lu-La berusaha untuk mencapai puncak papan nama taman petani "Farmageddon" untuk melakukan kontak.

Dengan bantuan kawanan domba dan Bitzer, Shaun dan Lu-La memanjat papan tanda sementara Petani meluncurkan pertunjukan di taman hiburan. Sementara itu, Red tiba dan mengejar Shaun dan Lu-La menaiki papan menggunakan perangkat robot. Menunda dia dari menangkap alien dan akhirnya mendorongnya ke bawah, Shaun berhasil mengirim pesan kesusahan ke To-Pa. Orang tua Lu-La, Ub-Do dan Me-Ma, dengan cepat tiba dan bersatu kembali dengan putri mereka. Red akhirnya menyambut alien, mengenali mereka sebagai alien yang dilihatnya sebagai seorang anak. Shaun, Bitzer dan kawanannya mengucapkan selamat tinggal pada alien, sementara taman hiburan dan pertunjukkan "Farmageddon" menerima sambutan hangat karena seluruh insiden itu dianggap sebagai bagian dari 'efek khusus' pertunjukan taman hiburan itu. Dalam perjalanan kembali ke To-Pa, alien menemukan Petani di UFO mereka, mendorong mereka untuk membawanya kembali ke Bumi.

Dalam adegan kredit menengah, si Petani , sekarang kembali ke Bumi, mencoba pemanen barunya, sementara Bitzer dan kawanannya bermain frisbee. Frisbee berhembus ke lapangan di mana Petani, memasuki pemanen, menyumbat mesin, dan menghancurkannya secara tidak sengaja.

Dalam adegan pasca-kredit, salah satu M.A.D. agen mengungkapkan dirinya sebagai versi tanah liat dari Profesor Brian Cox; dia memainkan lagu "Things Can Get Get Better" pada piano elektrik, hanya untuk Timmy, dengan piyamanya, untuk datang dan mencabutnya, mengklaim itu terlalu keras.

Pemeran suara[sunting | sunting sumber]

  • Justin Fletcher sebagai Shaun, tokoh utama dan pemimpin kawanan
    • Fletcher juga menyuarakan Timmy, sepupu Shaun, dan domba terkecil dari kawanan itu
  • John Sparkes sebagai Bitzer, anjing gembala pertanian dan sahabat Shaun
    • Percikan juga menyuarakan si Petani, pemilik pertanian.
  • Amalia Vitale sebagai Lu-La, alien perempuan nakal yang berteman dengan Shaun.
    • Vitale juga menyuarakan Me-Ma, ibu Lu-La.
  • Kate Harbour sebagai ibu Timmy, bibi Shaun.
    • Harbor juga menyuarakan Agen Red, yang bertekad untuk melacak alien untuk membuktikan keberadaan mereka. Ketika dia masih muda, dia bertemu mereka dan membicarakannya dengan teman-teman sekelasnya, hanya untuk ditertawakan.
  • David Holt sebagai Mugg-1N5, sebuah robot mutakhir.
  • Richard Webber sebagai Shirley, domba gemuk.
    • Webber juga menyuarakan Ub-Do, ayah Lu-La.
  • Simon Greenall sebagai si kembar, dua domba.
  • Emma Tate sebagai Hazel, anggota kawanan domba.
  • Andy Nyman sebagai Nuts, seekor domba dengan mata yang aneh.
  • Chris Morrell sebagai Petani John
  • Joe Sugg sebagai laki-laki Pizza[3]

Produksi[sunting | sunting sumber]

Pada 14 September 2017, StudioCanal mengumumkan pihaknya bekerja dengan Aardman pada sekuel dari Shaun the Sheep Movie.[4] Pada 25 Oktober 2016, di bawah judul kerja, Shaun the Sheep Movie 2, Aardman mengonfirmasi bahwa sekuelnya akan masuk ke pra produksi pada Januari 2017 dengan Richard Starzak, co sutradara film pertama, kembali.

Pada bulan November 2018, diumumkan bahwa karyawan Aardman, Richard Phelan dan Will Becher akan menjadi sutradara film ini, dengan Starzak masih terikat sebagai sutradara, karena Peter Lord dan David Sproxton memberikan mayoritas kepemilikan kepada karyawan untuk menjaga perusahaan tetap independen.

Musik[sunting | sunting sumber]

Musik untuk film ini disusun oleh Tom Howe. Awalnya diyakini Ilan Eshkeri, yang menggubah musik Shaun the Sheep Movie, akan kembali, tapi rumor ini salah.

Lagu tema film ini diberi judul "Lazy" dan ditulis oleh Howe dan dilakukan oleh The Vaccines dan Kylie Minogue. Lebih lanjut, seperti film sebelumnya, film ini menggabungkan remix dari lagu tema seri "Life's a Treat". Baik Mark Thomas dan Vic Reeves kembali untuk melakukan remix dan bergabung dengan Nadia Rose.

Perilisan[sunting | sunting sumber]

A Shaun the Sheep Movie: Farmageddon pertama kali dirilis di Jerman pada 26 September 2019 sementara di Inggris, dirilis pada 18 Oktober 2019.[5] Awalnya bermaksud dirilis teatrikal di Amerika Serikat pada 13 Desember 2019 oleh Lionsgate, Netflix membeli hak distribusi untuk AS, Kanada, dan Amerika Latin dan mendorong tanggal perilisan Amerika ke 14 Februari 2020.[6]

Pemasaran[sunting | sunting sumber]

Pada Januari 2018, diumumkan bahwa trailer film ini akan diputar secara teatrikal di depan film Aardman lainnya, Early Man, di seluruh dunia, mengungkapkan judul dan sinopsis baru film tersebut.[7] Pada 7 Desember 2018, Aardman mengumumkan melalui media sosial mereka bahwa trailer teaser untuk film tersebut beserta tanggal rilisnya akan tiba pada minggu berikutnya. Trailer teaser dirilis pada 11 Desember 2018, diikuti oleh trailer resmi pertama yang dirilis pada 1 April 2019.[8] Pada 3 Juli 2019 trailer kedua dirilis.[9]

Penghasilan[sunting | sunting sumber]

Box office[sunting | sunting sumber]

Pada 29 Desember 2019, A Shaun the Sheep Movie: Farmageddon telah menghasilkan $43,1 juta,[10] dengan negara terlaris adalah UK ($9,2 juta), Jerman ($6,7 juta) dan Prancis ($5,4 juta). Saat ini peringkat sebagai film animasi gerak henti terlaris ke-16 sepanjang masa.

Respon kritik[sunting | sunting sumber]

Agregator ulasan Rotten Tomatoes mencatat 96% ulasan positif berdasarkan 74 kritik dan peringkat rata-rata 7,50/10. Konsensus kritis berbunyi, "A Shaun the Sheep Movie: Farmageddon mempertahankan pesona materi layar kecilnya sambil secara aktif memperluas dunia karakter."[11] Pada Metacritic, film ini memiliki skor 79 dari 100, berdasarkan pada 17 kritik, yang menunjukkan "ulasan yang umumnya menguntungkan".[12]

Penghargaan dan nominasi[sunting | sunting sumber]

Penghargaan Tanggal Upacara Kategori Nominasi Hasil
British Academy Film Awards 2 Februari 2020 BAFTA Award for Best Animated Film Will Becher, Richard Phelan dan Paul Kewley Nominasi
British Animation Awards 12 Maret 2020 Best Long Form Will Becher dan Richard Phelan Menang
British Independent Film Awards[13] 1 Desember 2019 Best Effects Howard Jones Menang
Douglas Hickox Award Will Becher dan Richard Phelan Nominasi
Critics' Choice Super Awards[14] 10 Januari, 2021 Best Animated Movie A Shaun the Sheep Movie: Farmageddon Belum diputuskan
Music + Sound Awards UK 21 Juli 2020 Best Original Composition in a Feature Film Tom Howe Nominasi
National Film Awards UK 1 Juli 2020 Best Animated Film Will Becher dan Richard Phelan Nominasi
London Critics Circle Film Awards 30 Januari 2020 Technical Achievement Award Nominasi
Satellite Awards 19 December 2019 Best Motion Picture, Animated or Mixed Media Nominasi
World Soundtrack Awards[15] 24 Oktober 2020 World Soundtrack Award for Discovery of the Year Tom Howe Nominasi

Permainan video[sunting | sunting sumber]

Sebuah film adaptasi dari Home Sheep Home, yang berjudul Home Sheep Home: Farmageddon Party Edition dirilis di Nintendo Switch and Steam pada Oktober 2019. Dalam permaian tersebut, Shaun, Shirley, dan Timmy menemukan jalan mereka kembali ke rumput hijau rumah, semuanya dipandu oleh Lu-La.[16] Permainan platform-puzzle menggunakan kembali banyak alur permainan dari game Home Sheep Home sebelumnya.[17]

Refrensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "A Shaun the Sheep Movie: Farmageddon (2019) – International Box Office Results". Box Office Mojo. Diakses tanggal 12 November 2019. 
  2. ^ Erbland, Kate (11 December 2018). "'A Shaun the Sheep Movie: Farmageddon' First Trailer: Aardman's Beloved Flock Goes to Space". IndieWire (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 15 February 2019. 
  3. ^ Sister Reacts To My Performance! (dalam bahasa Inggris), diakses tanggal 2019-09-17 
  4. ^ Hopewell, John; Hopewell, John (2015-09-14). "'Legend,' 'Shaun,' Smash Benchmarks for Studiocanal". Variety (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2020-03-13. 
  5. ^ "Release Dates | Shaun the Sheep". shaunthesheep.com. Diakses tanggal 2020-03-13. 
  6. ^ Desowitz, Bill. "Netflix Adds Aardman's 'A Shaun the Sheep Movie: Farmageddon' to Animation Slate — Exclusive – IndieWire". Diakses tanggal 2020-03-13. 
  7. ^ "IN THE PIPELINE: First Teaser Trailer For Aardman's 'Shaun The Sheep 2' This Weekend". TrailerTrack (dalam bahasa Inggris). 2018-01-24. Diakses tanggal 2020-03-13. 
  8. ^ Shaun the Sheep Movie 2: Farmageddon – Official Trailer, diakses tanggal 2020-03-13 
  9. ^ Shaun the Sheep Movie: Farmageddon: OFFICIAL TRAILER 2, diakses tanggal 2020-03-13 
  10. ^ "A Shaun the Sheep Movie: Farmageddon". Box Office Mojo. Diakses tanggal 2020-03-13. 
  11. ^ A Shaun the Sheep Movie: Farmageddon (2020) (dalam bahasa Inggris), diakses tanggal 2020-03-13 
  12. ^ A Shaun the Sheep Movie: Farmageddon, diakses tanggal 2020-03-13 
  13. ^ Yang, Rachel (2020-01-15). "NOMINATIONS THE AWARDS 2019". BIFA. Diakses tanggal 2020-01-15. 
  14. ^ Yang, Rachel (2020-11-19). "Critics Choice Super Awards". Critic's Choice Asociation. Diakses tanggal 2020-11-19. 
  15. ^ Yang, Rachel (2020-09-17). "'Star Wars', '1917' composers nominated for World Soundtrack Awards". BIFA. Diakses tanggal 2020-09-17. 
  16. ^ "Archived copy". Diarsipkan dari versi asli tanggal 25 September 2019. Diakses tanggal 25 September 2019. 
  17. ^ Ltd, Aardman Animations. "Home Sheep Home Farmageddon Party Edition game". www.homesheephomegame.com (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2020-03-13. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]