Shaun the Sheep Movie

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Shaun the Sheep Movie
Poster film yang menampilkan Shaun, Bitzer, Timmy, Slip, Shirley, dan domba lainnya sedang berlari, dan Trumper menangkap mereka.
Poster perilisan teater Inggris
Sutradara
Produser
  • Paul Kewley
  • Julie Lockhart
Penulis
  • Mark Burton
  • Richard Starzak
Penulis ceritaMark Burton
Didasarkan
dari
Shaun the Sheep
oleh Nick Park
Pemeran
Penata musikIlan Eshkeri
Sinematografer
PenyuntingSim Evan-Jones[1]
Perusahaan
produksi
DistributorStudioCanal UK
Tanggal rilis
  • 24 Januari 2015 (2015-01-24) (Sundance)[3]
  • 06 Februari 2015 (2015-02-06) (Britania Raya)[4]
  • 18 Februari 2015 (2015-02-18) (Indonesia)
Durasi85 menit[5]
NegaraBritania Raya[1]
BahasaInggris (tidak ada dialog)
Anggaran$25 juta[6]
Pendapatan
kotor
$106.2 juta[7]

Shaun the Sheep Movie adalah film komedi petualangan animasi gerak henti Inggris tahun 2015 yang didasarkan pada serial televisi Inggris tahun 2007 Shaun the Sheep,dibuat oleh Nick Park, yang merupakan spin off dari film Wallace and Gromit, A Close Shave (1995). Film ini mengikuti Shaun dan kawanannya ke kota besar untuk menyelamatkan petani mereka, yang mendapati dirinya amnesia di sana akibat kenakalan mereka.

Ini diproduksi oleh Aardman Animations, dan dibiayai oleh StudioCanal bekerja sama dengan Anton Capital Entertainment,[6][8] dengan mantan perusahaan juga mendistribusikan film di Inggris dan beberapa negara Eropa lainnya.[9] Richard Starzak dan Mark Burton menulis dan menyutradarai film tersebut, Ilan Eshkeri menggubah musik, dan Justin Fletcher, John Sparkes, dan Omid Djalili memberikan suara-suara. Film ini tayang perdana pada 24 Januari 2015, pada Sundance Film Festival, dan secara teatrikal dirilis di Inggris Raya pada 6 Februari 2015. Film ini menghasilkan $106,2 juta di box office dan menerima pujian universal dari para kritikus, dengan banyak yang menyebutnya, "menyenangkan, absurd, dan sangat inventif, "dan memuji animasinya. Ini memegang peringkat persetujuan 99% pada Rotten Tomatoes dan merupakan salah satu film animasi berperingkat tertinggi di situs web. Shaun the Sheep Movie dinominasikan di 88th Academy Awards untuk Academy Award for Best Animated Feature. Itu dinominasikan di 73rd Golden Globe Awards, BAFTA Awards dan menang di Toronto Film Critics Awards untuk Best Animated Film. Itu mendapatkan lima nominasi di Annie Awards termasuk Fitur Animasi Terbaik. Sekuel yang berdiri sendiri berjudul A Shaun the Sheep Movie: Farmageddon dirilis pada 18 Oktober 2019.

Alur cerita[sunting | sunting sumber]

Shaun, seekor domba nakal yang tinggal bersama kawanannya di Peternakan Mossy Bottom, bosan dengan rutinitas hidup di peternakan. Ia membuat rencana untuk mendapatkan hari libur dengan mengelabui petani agar kembali tidur dengan menghitung dombanya berulang kali. Namun, karavan tempat mereka menidurkan petani itu secara tidak sengaja terguling, membawanya ke kota. Bitzer, anjing petani, mengejarnya. Petani menerima pukulan di kepala dan dibawa ke rumah sakit, di mana dia didiagnosis dengan amnesia sebelum pergi. Dia mengembara ke salon rambut dan, bertindak berdasarkan ingatan samar-samar tentang mencukur dombanya, memotong rambut selebriti. Selebritas menyukai hasilnya dan petani tersebut mendapatkan popularitas sebagai penata rambut bernama "Mr. X".

Sementara itu, para domba menemukan kehidupan mustahil tanpa petani, jadi Shaun menyelinap ke bus ke kota; Yang mengejutkan, sisa kawanannya mengikutinya dengan bus lain. Mereka menyamar sebagai manusia dan mulai mencari petani, tapi Shaun ditangkap oleh Trumper, seorang pekerja pengontrol hewan yang terlalu bersemangat. Shaun bertemu kembali dengan Bitzer di penjara hewan, dan dengan bantuan anjing tunawisma bernama Slip, mereka berhasil melarikan diri saat memenjarakan Trumper. Mereka menemukan petani itu, tetapi dia tidak mengenali mereka, banyak kesedihan mereka.

Shaun, Bitzer, dan kawanannya berlindung di gang gelap ketika mereka menemukan bukti hilangnya ingatan petani, menghidupkan kembali semangat mereka. Mereka menyusun rencana yang melibatkan menidurkan petani itu lagi, mengembalikannya ke trailer dengan kuda pantomim (benar-benar kawanan domba dengan penyamaran yang rumit), dan mengaitkan trailer ke bus kembali ke Mossy Bottom. Rencananya awalnya berhasil, tetapi mereka dikejar oleh Trumper (setelah lolos dari penguncian), yang sekarang berniat membunuh mereka langsung.

Di pertanian, kelompok bersembunyi di dalam gudang. Trumper yang gila, menggunakan traktor, mencoba mendorong gudang ke tambang batu terdekat. Petani itu bangun, mendapatkan kembali ingatannya, dan Trumper dikalahkan melalui kerja tim. Slip pergi, tapi diadopsi oleh sopir bus yang menemukannya di jalan. Petani dan hewan saling menghargai satu sama lain, dan keesokan harinya petani membatalkan kegiatan rutin hari itu untuk hari libur resmi. Epilog menunjukkan bahwa layanan pengendalian hewan diubah menjadi pusat perlindungan hewan, Trumper menemukan pekerjaan yang mengenakan setelan ayam untuk mempromosikan restoran.

Dalam adegan kredit menengah, petani melihat laporan berita yang merinci beberapa kekacauan yang dia alami selama penyelamatannya dari kota, yang membuat dia dan para hewan terkejut.

Dalam adegan pasca-kredit, seekor ayam jantan (yang telah memegang tanda di awal film) membawa tanda bertuliskan "The End" dan dia memutarnya dan bertuliskan "Go home." Ayam jantan meninggalkan ruangan. Salah satu kawanan datang ke kamar dengan penyedot debu, dan mulai membersihkan.

Pengisi suara[sunting | sunting sumber]

Omid Djalili
Omid Djalili menyuarakan Trumper.

Sumber nama karakter kecuali dinyatakan lain:

  • Justin Fletcher sebagai Shaun, seekor domba yang bertindak sebagai pemimpin kawanan
    • Fletcher juga memerankan Timmy, seekor domba yang mengagumi Shaun
  • John Sparkes sebagai si Petani
    • Sparkes juga Bitzer, seekor anjing yang membantu Petani
  • Omid Djalili sebagai Trumper, seorang pekerja Kontainmen Hewan
  • Kate Harbour sebagai ibu Timmy
    • Harbour juga berperan sebagai Merly, seorang pekerja di toko penata rambut
  • Richard Webber sebagai Shirley, seekor domba gemuk
  • Tim Hands sebagai Slip, seekor anjing tunawisma
  • Simon Greenall sebagai si kembar, dua domba
  • Emma Tate sebagai Hazel, seorang anggota kawanan
  • Henry Burton sebagai dokter junior
    • Burton juga pengunjung penahanan Hewan
  • Dhimant Vyas sebagai konsultan rumah sakit
  • Sophie Laughton sebagai pengunjung penahanan Hewan
  • Nia Medi James sebagai domba opera
  • Sean Connolly sebagai Penata rambut
    • Connolly juga memainkan Maitre D, Pegolf, Angry Panto Horse dan Karakter Rumah Sakit
  • Stanley Unwin sebagai Penyiar Terminal Bus dan Penyiar Rumah Sakit
  • Andy Nyman sebagai Nuts,[1] seekor domba dengan mata yang aneh
  • Jack Paulson sebagai selebriti dengan masalah rambut
  • Nick Park sebagai dirinya sendiri

Produksi[sunting | sunting sumber]

Pada bulan Januari 2011, BBC melaporkan bahwa Aardman telah mulai mengembangkan versi film dari Shaun the Sheep, dengan rencana akan siap untuk rilis 2013/2014.[10] Pada bulan April 2013, diumumkan bahwa film ini ditulis dan disutradarai oleh Richard Starzak dan Mark Burton, akan dibiayai dan didistribusikan oleh StudioCanal Prancis. Film ini akan mengikuti Shaun dan kawanan dombanya ke kota besar untuk menyelamatkan peternak mereka, yang dipaksa oleh kenakalannya Shaun untuk meninggalkan peternakan.[9] Pada tanggal 24 September 2013, diumumkan bahwa film ini akan dirilis pada tanggal 20 Maret 2015,[11] tetapi kemudian dipercepat menjadi tanggal 6 Februari 2015.[4] Pengambilan gambar utama dan produksi dimulai pada tanggal 30 Januari 2014.[12]

Musik[sunting | sunting sumber]

Ilan Eshkeri menyusun musik untuk film ini.[13] Judul lagu, "Feels Like Summer", adalah kolaborasi antara Tim Wheeler (dari band rock Ash), penyusun lagu Ilan Eshkeri dan mantan-Kaiser Chiefs Nick Hodgson.[14] Soundtrack tersebut telah dirilis di Britania Raya secara digital pada tanggal 1 Juni 2015 dan di CD pada tanggal 29 Juni 2015.[15]

Seluruh musik diciptakan oleh Ilan Eshkeri, kecuali lagu yang diberi keterangan khusus.

No.JudulPenyanyiDurasi
1."Feels Like Summer"Tim Wheeler3:00
2."Humdrum Day"Ilan Eshkeri2:31
3."Shaun's Plan"Ilan Eshkeri2:01
4."You're Mine"Chad Hobson dan Lucille Findlay3:40
5."Shaun's Farm House Party"Ilan Eshkeri1:18
6."Runaway Caravan"Ilan Eshkeri3:19
7."Anarchy on the Farm"Ilan Eshkeri1:17
8."Shaun's Mission"Ilan Eshkeri1:23
9."Doctor Bitzer"Ilan Eshkeri2:09
10."Trumper"Ilan Eshkeri1:33
11."Big City"Eliza Doolittle3:19
12."Le Chou Brulé"Sally Heath0:54
13."Gaol House Blues"Ilan Eshkeri1:12
14."Beauty Parade"Ilan Eshkeri1:50
15."Gaol Break"Ilan Eshkeri2:53
16."Finding the Farmer"Ilan Eshkeri2:41
17."Building the Horse"Ilan Eshkeri2:04
18."Feels Like Summer"The Baa Baa Shop Quintet1:44
19."Trumper on the Scent"Ilan Eshkeri1:01
20."Got to Sleep Counting Sheep"Ilan Eshkeri1:44
21."Panto Horse Chase"Ilan Eshkeri1:44
22."Caravan Ride Home"Ilan Eshkeri1:34
23."Showdown at the Quarry"Ilan Eshkeri4:38
24."Goodbye Slip"Ilan Eshkeri1:00
25."Feels Like Summer - (Instrumental)"Tim Wheeler1:50
26."Life's a Treat (Shaun the Sheep Theme) - (Rizzle Kicks mix)"Mark Thomas, Vic Reeves dan Rizzle Kicks2:41
Durasi total:54:45

Perilisan[sunting | sunting sumber]

Shaun the Sheep Movie ditayangkan perdana pada 2015 Sundance Film Festival, sebagai bagian dari program Sundance Kid pada 24 Januari 2015.[3] Film ini secara teatrikal dirilis di Inggris Raya pada 6 Februari 2015, oleh StudioCanal.[4]

Film ini dirilis di Amerika Serikat pada 5 Agustus 2015 oleh Lionsgate, dan poster filmnya memalsukan beberapa film dengan anggaran lebih tinggi tahun itu, termasuk Ant-Man (berganti nama Ant-Lamb), Minions (berganti nama Muttons), Spectre (berganti nama Shaun), Mission: Impossible – Rogue Nation (berganti nama Mutton: Impossible – Rogue Bacon), Fantastic Four (berganti nama Fantastic Flock), dan The Hunger Games: Mockingjay (berganti nama The Hungry Games: Eating Hay).[16]

Shaun the Sheep Movie dirilis dalam bentuk DVD dan Blu-ray di Inggris Raya pada 1 Juni 2015 oleh StudioCanal.[17]

Penerimaan[sunting | sunting sumber]

Box office[sunting | sunting sumber]

Biaya produksi film ini kurang dari $25 juta.[6] Ini mendapat $106,2 juta di seluruh dunia,[7] dengan beberapa pasar terbesarnya adalah Inggris ($22 juta), Amerika Utara ($19,4 juta) dan Jerman ($12,1 juta).[18]

Respon kritik[sunting | sunting sumber]

Agregator ulasan Rotten Tomatoes mencatat 99% ulasan positif berdasarkan 169 kritikus dan penilaian rata-rata 8.06/10, yang per Januari 2018 menjadikannya film animasi dengan penilaian tertinggi ke-17 sepanjang masa.[19] Konsensus situs tersebut berbunyi, "Hangat, lucu, dan animasi yang cemerlang, Shaun the Sheep adalah permata stop-motion lain di mahkota ramah keluarga Aardman."[20] Pada Metacritic, film ini memiliki skor 81 dari 100, berdasarkan 30 kritik, menunjukkan "universal acclaim".[21] Pada CinemaScore, penonton memberi film itu nilai rata-rata "B+" pada skala A+ sampai F.[22]

Sekuel[sunting | sunting sumber]

Pada 14 September 2015, StudioCanal mengumumkan sedang mengerjakan sekuelnya dengan Aardman.[6]

Pada 25 Oktober 2016, Aardman mengonfirmasi bahwa sekuelnya akan masuk ke praproduksi pada Januari 2017 sebagai Shaun the Sheep Movie 2, dengan Richard Starzak, co-sutradara dari film pertama, kembali.[23]

Sekuelnya, berjudul A Shaun the Sheep Movie: Farmageddon, dirilis di Inggris Raya pada 18 Oktober 2019,[24] sementara Netflix merilis film di Amerika Serikat pada 14 Februari 2020.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c "Shaun the Sheep Movie (2014)". British Film Institute. Diarsipkan dari versi asli tanggal 31 December 2014. Diakses tanggal 6 March 2015. 
  2. ^ Lodge, Guy (24 January 2015). "Film Review: 'Shaun the Sheep Movie'". Variety. Variety Media, LLC. Diakses tanggal 29 October 2017. 
  3. ^ a b Means, Sean P. (15 December 2014). "Sundance Film Festival adds three children's films and a Robert Redford premiere". The Salt Lake Tribune. Utah. Diarsipkan dari versi asli tanggal 11 July 2015. Diakses tanggal 14 January 2015. 
  4. ^ a b c Payne, Joey (28 May 2014). "Film Changes W/C 26/05". Digital Cinema Media. Diarsipkan dari versi asli tanggal 11 July 2015. Diakses tanggal 28 May 2014. 
  5. ^ "Shaun the Sheep Movie". British Board of Film Classification. Diakses tanggal 16 January 2015. 
  6. ^ a b c d Hopewell, John (14 September 2015). "'Legend,' 'Shaun,' Smash Benchmarks for Studiocanal". Variety. Variety Media, LLC. Diarsipkan dari versi asli tanggal 15 September 2015. Diakses tanggal 15 September 2015. 
  7. ^ a b "Shaun the Sheep Movie (2015)". Diakses tanggal 17 May 2016. 
  8. ^ Jaafar, Ali (9 February 2015). "StudioCanal In Talks To Re-Up Slate Financing With Anton Capital – Berlin". Deadline Hollywood. Penske Business Media, LLC. Diakses tanggal 27 August 2015. 
  9. ^ a b "Shaun the Sheep set for big-screen adventure in 2015". BBC News. British Broadcasting Corporation. 25 April 2013. Diarsipkan dari versi asli tanggal 15 September 2015. Diakses tanggal 28 April 2013. 
  10. ^ "Aardman Animations plan new Shaun the Sheep film". BBC Online. 27 Januari 2011. Diakses tanggal 28 April 2011. 
  11. ^ Jardine, William (8 Agustus 2013). "Aardman News: Shaun the Sheep Movie Coming March 2015". A113Animation. Diakses tanggal 24 September 2013. 
  12. ^ "Cameras are Rolling on the Shaun the Sheep Movie". ComingSoon.net. Diakses tanggal 30 Januari 2014. 
  13. ^ "Ilan Eshkeri Scoring Aardman Animations' 'Shaun the Sheep'". filmmusicreporter.com. 30 November 2014. Diakses tanggal 14 Desember 2014. 
  14. ^ "'Feels Like Summer' Song Available to Download Now!". Shaun the Sheep. Diakses tanggal 27 April 2015. 
  15. ^ http://shaunthesheep.com/news/movie-soundtrack-released-uk
  16. ^ Gardner, Elysa (5 August 2015). "'Shaun the Sheep' stars in blockbuster movie ... posters". USA Today. Diakses tanggal 7 September 2015. 
  17. ^ Healy, Jamie (1 June 2015). "Whiplash, Ex Machina, American Sniper: 1 June's new DVDs". Radio Times. Diakses tanggal 25 August 2015. 
  18. ^ "Shaun the Sheep Movie (2015) – International Box Office Results". Box Office Mojo. IMDb.com, Inc. Diakses tanggal 28 December 2015. 
  19. ^ "Top 100 Animation Movies". Rotten Tomatoes. Fandango. Diakses tanggal 16 January 2018. 
  20. ^ "Shaun the Sheep Movie". Rotten Tomatoes. 5 February 2015. Diakses tanggal 7 August 2015. 
  21. ^ "Shaun the Sheep Movie". Metacritic. Diakses tanggal 7 August 2015. 
  22. ^ "'Mission: Impossible' Beats 'Fantastic Four'; 'The Gift' Unwraps $11.8M, 'Ricki And The Flash,' 'Shaun The Sheep' Results — Box Office Final". Deadline Hollywood. Penske Business Media, LLC. Diakses tanggal 8 August 2015. 
  23. ^ Tartaglione, Nancy (25 October 2016). "Aardman, Studiocanal Reunite Flock For 'Shaun The Sheep Movie 2' – AFM". Deadline Hollywood. Penske Business Media, LLC. Diakses tanggal 25 October 2016. 
  24. ^ Reyes, Mark (2018-04-26). "Chicken Run Is Finally Getting A Sequel". Cinema Blend. Diakses tanggal 2018-04-26. Not to mention, Shaun The Sheep Movie Farmageddon, is set to flock to theaters in the UK on April 5th, 2019. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]