Universitas Trisakti

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Universitas Trisakti
Moto Menjadi Universitas Terkemuka, Bermutu Internasional dalam Mengembangkan llmu Pengetahuan, Teknologi dan Seni untuk Meningkatkan Kualitas Hidup dan Peradaban
Didirikan 1965
Jenis Universitas Swasta
Rektor Prof. Dr. Thoby Mutis
Staf akademik 1.019 buah (2005)
Jumlah mahasiswa 30.000 orang (2005)
Lokasi Jl. Kyai Tapa No.1, Jakarta Barat, DKI Jakarta, Indonesia
Warna Biru Tua
Julukan Usakti
Situs web http://www.trisakti.ac.id

Universitas Trisakti merupakan satu-satunya perguruan tinggi swasta di Indonesia yang didirikan oleh Pemerintah Republik Indonesia pada tanggal 29 November 1965 melalui Surat Keputusan Menteri PTIP Nomor 013/da/1965 yg ditandatangani oleh Dr. Sjarif Thajeb. Tanggal 29 November ini kemudian ditetapkan sebagai hari kelahiran Universitas Trisakti. Universitas Trisakti (Usakti) salah satu perguruan tinggi yang terletak di pusat kota Jakarta, tepatnya di Jalan Kyai Tapa, Grogol, yang merupakan sebuah kawasan padat perkotaan di daerah Jakarta Barat. Dilihat dari posisi, kondisi kampus Universitas Trisakti sangatlah strategis, karena berada tepat di tengah-tengah jantung ibu kota Jakarta yang merupakan pusat pemerintahan, kegiatan bisnis, perekonomi dan politik nasional. Karena letaknya tersebut, maka Universitas Trisakti diharapkan dapat menjadi barometer perubahan beserta penggerak pembangunan daerah dan pembangunan ditingkat nasional dan apa ya

.[1]

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Universitas Baperki (1958 - 1962)[sunting | sunting sumber]

Masa transisi, sebelum akhirnya menjadi Universitas Trisakti.

Universitas Trisakti pada awal berdirinya diberi nama dengan Universitas Baperki yang didirikan oleh para petinggi organisasi Baperki pada tahun 1958 [2]. Tidak lama setelah itu, tepatnya pada tahun 1962 nama tersebut berubah kembali menjadi Universitas Res Publica, atau yang lebih dikenal oleh masyarakat pada waktu itu dengan nama URECA [3]. Universitas ini awalnya dibangun untuk menjawab tantangan keterbatasan kesempatan jenjang pendidikan tinggi ditanah air, baik bagi banyak rakyat miskin maupun warga keturunan pada umumnya [4]. Melihat keadaan ini maka Siauw Giok Tjhan, seorang wartawan dan aktivis politik [5], yang mana menjabat sebagai ketua umum Baperki pada saat itu, memprakarsai pengumpulan dana yang digalang baik dari kalangan pribumi maupun keturunan guna membangun suatu wadah dan media pembelajaran akademis bagi masyarakat luas [6].

Universitas Res Publika (1962 - 1965)[sunting | sunting sumber]

Pemilihan nama Universitas Res Publica itu sendiri diambil dari kepingan pidato kepresidenan yang disampaikan oleh Presiden Soekarno yang berarti "Untuk Kepentingan Umum", sehingga Universitas Res Publica pada waktu itu adalah suatu wadah pendidikan yang didirikan dan bertujuan untuk mewakili kepentingan rakyat dan masyarakat banyak [7]. Selang beberapa tahun setelah itu, Indonesia mengalami peristiwa G30S PKI pada tahun 1965, yang mengakibatkan dibubarkannya Baperki oleh pemerintahan Orde Baru pada tahun 1966. Kejadian tersebut secara langsung menyebabkan pengambil alihan URECA, kembali ke tangan pemerintah. Hal ini disebabkan karena URECA pada saat itu digolongkan sebagai salah satu kendaraan golongan Komunis Indonesia yang anti Pancasila, dan dianggap telah berkhianat kepada kedaulatan kehidupan kebangsaan dan bernegara. [8]

Seiring dengan tergulingnya masa pemerintahan Presiden Soekarno, banyak mahasiswa URECA yang sebelumnya telah terdaftar di Universitas tersebut, tidak mau mendaftarkan kembali status kemahasiswaan mereka [9]. Hal ini dikarenakan banyak dari mereka yang telah terdaftar menjadi anggota, partisipan maupun pengurus dari organisasi CGMI (Consentrasi Gerakan Mahasiswa Indonesia) yang mempunyai kecenderungan beraliran kiri (oposisi pemerintah) atau sekadar khawatir akan stigmatisasi kiri beserta paham komunisnya [10]. Selanjutnya Universitas Trisakti berdiri setelah dibubarkannya Universitas Res Publica oleh masa pemerintahan orde baru, yang pada awalnya merupakan prakarsa dari ketua umum Baperki, Siauw Giok Tjhan [11]

Setelah dibubarkannya Universitas Res Publica dan pengambilalihan gedung operasional oleh pemerintah masa Orde Baru [12], , Universitas Trisakti terlahir dengan wujud dan bentuk yang baru. Pembentukan susunan kepengurusan dan keanggotaan dewan operasional yang dilakukan dan dipimpin langsung oleh pemerintah. Dari pembentukan tersebut maka disepakati bahwa universitas akan dipimpin oleh Presidium sementara yang terdiri dari tiga unsur, yaitu unsur Departemen PTIP, unsur ABRI dan unsur Lembaga Pembinaan Kesatuan Bangsa (LPKB) [13].

Universitas Trisakti (1965 - sekarang)[sunting | sunting sumber]

Berdasarkan konsesus tersebut maka Universitas Trisakti merupakan unit perguruan tinggi swasta yang pertama dan satu-satunya, yang didirikan oleh pemerintahan Republik Indonesia [14]. Pada awal berdirinya Universitas Trisakti hanya terdapat 5 Fakultas, yaitu Fakultas Teknik yang dibawahnya terdapat 5 jurusan (Teknik Mesin, Teknik Elektro, Teknik Sipil, Arsitektur & Seni Rupa), Fakultas Kedokteran Gigi, Fakultas Kedokteran, Fakultas Ekonomi dengan 2 Jurusan (Ekonomi Perusahaan, Ekonomi Akuntansi), serta Fakultas Hukum dan Pengetahuan Masyarakat [15].

Pada masa sekarang kampus Universitas Trisakti, juga dikenal karena keterterlibatannya dalam peristiwa 12 Mei 1998 atau yang lebih dikenal dengan Tragedi Trisakti yang menyebabkan empat mahasiswa Universitas Trisakti meninggal dunia dalam baku tembak oleh aparat keamanan, sesaat para mahasiswa memutuskan untuk melanjutkan demo dan turun ke jalan. Mahasiswa yang telah gugur adalah: Elang Mulya Lesmana, Hafidhin Royan, Hery Hartanto dan Hendriawan Sie [16].

Latar Belakang[sunting | sunting sumber]

Pada tanggal 29 November 1965 [17] Universitas Trisakti dibuka kembali setelah adanya penandatanganan Surat Keputusan Menteri Perguruan Tinggi dan Ilmu Pengetahuan (PTIP) Nomor 013/dar tahun 1965 oleh Dr. Syarif Thayeb [18] dengan nama baru, yaitu Universitas Trisakti. Nama tersebut merupakan penganugrahan langsung dari Dr. Ir Soekarno yang menjabat sebagai President Republik Indonesia pada saat itu.

Berdiri di atas bangunan semi permanen seluas 5.000 m2 , tenaga dosen 223 orang dan 2.328 mahasiswa terdaftar [19]. Pada tahun 1967 Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mashuri, SH menawarkan agar Universitas Trisakti menjadi Perguruan Tinggi Negeri, namun pihak Universitas Trisakti memutuskan untuk tetap sebagai Perguruan Tinggi Swasta.

Sejak 2002 Trisakti resmi menerapkan (merupakan bagian Pilot Project) RUU Badan Hukum Pendidikan, Konflik yang dipicu akibat pemisahan manajemen dari pihak Rektorat yang ingin mengatur peruntukan dan sejak saat itu. Pihak rektorat menyatakan sejak 29 Agustus 2002 Usakti secara resmi menjadi badan hukum pendidikan dan lepas dari Yayasan Trisakti secara hukum. Sedangkan yayasan berpendapat, ketentuan tersebut bertentangan dengan Peraturan Pemerintah Nomor 30 tahun 1999 tentang Pendidikan Tinggi yang menyatakan, semua tugas, fungsi, dan tata cara kerja perguruan tinggi harus sepengetahuan penyelenggara atas usul senat PT yang bersangkutan. Hingga saat ini trisakti resmi menerapkan Undang-Undang Badan Hukum Pendidikan

Lambang[sunting | sunting sumber]

Lambang Universitas Trisakti

Resmi pada bulan Juni 1966 [20], Universitas Trisakti pada akhirnya menggunakan lambang Trisula [21] yang diputuskan setelah diadakannya sayembara pembuatan lambang untuk Universitas Trisakti. Pondasi dasar dan ide awal dari lambang tersebut merupakan intisari pidato dari Dr.Ir. Soekarno dimana beliau pada saat itu masih menjabat sebagai Presiden Republik Indonesia yang pertama [22]. Di dalam pidato beliau, banyak terdapat materi-materi yang pada akhirnya memberikan inspirasi untuk terciptanya lambang trisula sebagai lambang dan identitas diri dari Universitas Trisakti. Lambang tersebut adalah penyempurnaan dari Eko Purwoto, MA, yang ditugaskan untuk memperbaiki dan malakukan penyempurnaan dari sekian banyak desain yang masuk dari hasil sayembara tersebut.

Penyempurnaan tersebut dirasakan karena lambang Universitas Trisakti yang baru dapat mewakili falsafah kehidupan berpancasila [23]. Oleh karena itu gambar batang tombak yang terlukis pada gambar trisula tersebut dihapus dan diganti dengan lima buah “kaki” yang mirip kelopak bunga. Lima “kaki” tersebut yang melambangkan Pancasila dalam desain diletakkan di bawah bentuk trisula, yang memberikan arti dan makna hakiki bahwa Pancasila merupakan landasan bagi Universitas Trisakti. Desain akhirnya yang berupa gambar lambang Universitas Trisakti sebagai mana adanya sekarang ini, yaitu berbentuk logo tanpa dasar atau latar belakang apapun [24]. Logo trisula tersebut lebih lanjut dapat di terjemahkan artinya sebagai berikut:

  • Kedaulatan Politik
  • Swadaya Ekonomi
  • Pribadi Kebudayaan Indonesia

Tiga pondasi pemahaman tersebut lebih lanjut dikenal dengan istilah Trikarma, yang kemudian menjadi tiang penyangga utama dalam perkembangan dan pertumbuhan Universitas Trisakti ke banyak aspek kehidupan kebangsaaan dan bernegara pada kedepannya.

Fakultas[sunting | sunting sumber]

Pada saat ini Universitas Trisakti mempunyai total jumlah mahasiswa aktif lebih dari 30.000 jiwa. Universitas Trisakti atau yang biasa disingkat dengan Usakti merupakan salah satu kampus swasta terbesar di Jakarta yang terdiri dari 9 fakultas yaitu:

  1. Fakultas hukum
  2. Fakultas kedokteran umum
  3. Fakultas kedokteran gigi
  4. Fakultas ekonomi
  5. Fakultas teknik sipil dan perencanaan
  6. Fakultas teknologi industri
  7. Fakultas teknologi kebumian dan energi
  8. Fakultas arsitektur lansekap dan teknologi lingkungan
  9. Fakultas seni rupa dan desain

Program Studi[sunting | sunting sumber]

Universitas Trisakti mempunyai total 23 program studi sarjana (S1) ditambah dengan 8 program studi pasca sarjana (S2), dan 3 program studi doktoral (S3). Total dosen pengajar terdiri dari 1.019 orang dosen biasa dan 888 orang dosen luar biasa. Dari sejumlah dosen tersebut, sebanyak 68 orang telah memiliki jabatan akademis sebagai guru besar.

Program Diploma Tiga (D-3)[sunting | sunting sumber]

Program Diploma Universitas Trisakti dirancang untuk memberikan solusi, dengan cara membantu menyediakan tenaga kerja yang terampil dan siap pakai, terutama tenaga kerja yang menguasai dan memahami masalah umum perkantoran sesuai dengan tuntutan perkembangan zaman.

Program Sarjana (S-1)[sunting | sunting sumber]

Universitas Trisakti menawarkan 9 Fakultas yang terdiri dari 23 jurusan akademis untuk jenjang pembelajaran Strata satu (S-1).

Program Studi Sarjana[sunting | sunting sumber]

  1. Fakultas Hukum
  2. Fakultas Kedokteran Umum
  3. Fakultas Kedokteran Gigi
  4. Fakultas Ekonomi
  5. Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan
  6. Fakultas Teknologi Industri
  7. Fakultas Teknologi Kebumian dan Energi
  8. Fakultas Arsitektur Lansekap dan Teknologi Lingkungan
  9. Fakultas Seni Rupa dan Desain

Program Magister (S-2)[sunting | sunting sumber]

Universitas Trisakti juga menyediakan jenjang pendidikan tinggi Program Sarjana (S2), yang ditawarkan kepada masyarakat umum. Jenjang Program Pasca Sarjana yang ditawarkan adalah [25] :

  • Magister Manajemen
  • Magister Hukum.
  • Teknik Industri.
  • Akuntansi.

Durasi studi yang harus ditempuh dalam oleh setiap Mahasiswa Program Pasca Sarjana berjarak antara 4-6 semester. Terdapat pengecualian khusus Program Magister Ilmu Kedokteran Gigi lama studi 6 semester. Tiap semester rata-rata mempunyai beban 12 sks, yanag dilaksanakan dengan metode sebagai berikut [26] :

  • Kuliah.
  • Analisis kasus.
  • Kajian teoritis.
  • Studi kepustakaan.
  • Studi lapangan.
  • Seminar.
  • Penulisan makalah.

Proses pengajaran akademis lebih ditekankan pada penguasaan kemampuan analitikal, persepsional dan konsepsional terhadap berbagai masalah yang dihadapi dalam pembangunan di era globalisasi. Dengan demikian lulusannya diharapkan mempunyai kemampuan berfikir melalui masalah (think through the problem) dan kemampuan untuk mengembangkan keterampilan profesinya dibidang [27] :

Salah satu Program Pasca Sarjana Magister Management yang ditawarkan Universitas Trisakti adalah Konsentrasi Service Management, dimana program ini memberikan pengetahuan tentang bagaimana mengelola hubungan dengan pelanggan. Program ini lebih berkonsentrasi kepada sektor jasa seperti Hotel, Rumah Sakit, Perbankan, Pendidikan, Konvensi, Pameran, dan Layanan Publik lainnya.

Program Doktor (S-3)[sunting | sunting sumber]

Sebelum seseorang dapat mengejar Program Doktor atau S3, maka kandidat tersebut harus memiliki dasar-dasar ilmiah, pengetahuan serta metodologi yang baik sebagai dasar untuk melanjutkan studi ke jenjang pendidikan S3 (Doktor) di dalam lingkungan Universitas Trisakti.

Kampus[sunting | sunting sumber]

Universitas Trisakti memiliki banyak kampus yang tersebar di berbagai lokasi, baik di dalam maupun yang berlokasi di luar kota. Kampus-kampus tersebut biasanya ditempatkan sesuai dengan Fakultas dan Jurusan dari perkuliahan masing-masing bagian. Kampus-kampus tersebut adalah:

Kampus Dalam Kota[sunting | sunting sumber]

  • Kampus A, Berlokasi di Jl. Kyai Tapa no. 1 Grogol Jakarta Barat 11440. Pusat administrasi (Rektorat), Fakultas Hukum, Ekonomi, Teknik Sipil & Perencanaan, Teknologi Industri, Teknologi Kebumian & Energi , Arsitektur Lansekap & Teknologi Lingkunngan, Seni Rupa & Desain, serta Program Pascasarjana
  • Kampus B, Berlokasi di Jl. Kyai Tapa Kav 262 Grogol Jakarta Barat 11440. Tempat Perkuliahan untuk Fakultas Kedokteran Umum dan Kedokteran Gigi.
  • Kampus C, Berlokasi di Jl. A. Yani (By Pass) Kav. 85, Rawasari, Jakarta Timur 13210. Sekolah Tinggi Manajemen Asuransi Trisakti (STMA Trisakti) dan Sekolah Tinggi Media Komunikasi Trisakti (Mediakom Trisakti).
  • Kampus D, Berlokasi di Jl. IKPN Tanah Kusir Bintaro Jakarta Selatan 12330. Tempat Perkuliahan untuk Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti (STPT).
  • Kampus F, Berlokasi di Jl. Jenderal Ahmad Yani No 107 By Pass, Rawasari, Jakarta Timur 13210. Tempat Perkuliahan untuk sebagian mahasiswa Fakultas Ekonomi.
  • Kampus G, Berlokasi di Jl. Kyai Tapa no. 100 Grogol Jakarta Barat 11440. Tempat Pusat Medis Trisakti dan perkuliahan untuk sebagian mahasiswa Kedokteran Umum.

Kampus Luar Kota[sunting | sunting sumber]

  • Kampus Nagrak, Jl. KH. Rafei-Alternatif Cibubur, Km 6, Bogor 16968. Kantor Manajemen Sementara, Center of Science Technology and Community Development (CSTCD)

Fasilitas[sunting | sunting sumber]

Fasilitas Kampus[sunting | sunting sumber]

Jumlah ruang kuliah: 326 ruang kuliah (di Kampus A, B, dan F).

Perpustakaan[sunting | sunting sumber]

Koleksi buku: Diperkirakan sekitar 51.977 judul, 84.556 eksemplar. Perpustakaan Fakultas/Jurusan: disetiap fakultas tersedia perpustakaan fakultas

Laboratorium[sunting | sunting sumber]

101 unit laboratorium dan 7 studio

  • Fakultas Hukum
Laboratorium Bahasa, Kemahiran Litigasi, Kemahiran non Litigasi, Sidang Peradilan Semu, Lembaga Bantuan Hukum
  • Fakultas Ekonomi
Bahasa, Mikro I, Statistik, Evaluasi Proyek/Studi Kelayakan, Dasar Akuntansi, Komputer, Pemeriksaan Akuntansi, Manajemen Keuangan, Manajemen Operasional.
  • Fakultas Kedokteran
Biologi, Fisika, Kimia, Histologi, Anatomi, Ilmu Faal, Biokimia, Patologi, Parasitologi, Mikrobiologi, Farmakologi, Patologi Klinik, Radiologi, Multipurpose.
  • Fakultas Kedokteran Gigi
Radiologi, Kimia, Biokimia, Mikrobiologi, Histologi, Biologi, BioCore, Fisiologi, Patologi, Anatomi, Farmakologi, Fotografi, Teknik Gigi.
  • Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan
Beton, Ukur Tanah, Mekanika Tanah, Hidrolika, Mekanika Teknik, Transportasi, Fotografi, Audio Fisual, Komputer Grafik, Tata Permukiman Lingkungan, Perancangan, Gambar Teknik.
  • Fakultas Teknologi Industri
Fisika, Percontohan Mesin, Teknologi Mekanik, Ilmu Logam, Mekanika Teknik, Pengukuran Listrik dan Rangkaian Listrik, Sistem Pengaturan, Komputer, Elektronika, Telekomunikasi, Konservasi Energi, T.T.T. dan Penyaluran Energi, Komputasi Industri, Analisis Perancangan Kerja dan Ergonomi, Sistem Produksi, Gambar Mesin.
  • Fakultas Teknologi Kebumian dan Energi
Analisis Fluida Reservoir, Analisis Batuan Reservoir, Teknik Pemboran dan Produksi, Konservasi Peralatan, Penilaian Formasi, Enhanced Oil Recovery, Petrologi dan Mineralogi, Paleonologi dan Stratigafi, Geofisik, Geoteknik dan Teknik Lingkungan, Geokimia, Kimia.
  • Fakultas Arsitektur Lansekap dan Teknologi Lingkungan
Kebun Percobaan, Laboratorium Lingkungan, Mekanika Fluida, Mikro Biologi, Geologi, Perancangan Wilayah dan Kota
  • Fakultas Seni Rupa dan Desain
Fotografi, Komputer, Produk Industri, Proses Cetak, Animasi.

Lembaga Penelitian[sunting | sunting sumber]

4 pusat penelitian yaitu:

  • Pusat Penelitian Lingkungan Hidup.
  • Pusat Penelitian Pengembangan dan Penerapan Teknologi.
  • Pusat Penelitian Kesehatan Masyarakat dan Kependudukan.
  • Pusat Penelitian Pengembangan dan Pendidikan.

Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM)[sunting | sunting sumber]

  • Unit Penalaran

UKM IKT [Informasi Komunikasi Teknologi], UKM Penerbitan, UKM Penalaran Ilmiah, UKM Trisakti Marketing Club, UKM Trisakti English Club.

  • Unit Olah Raga,

UKM Bola Basket, UKM Bola Volley, UKM Softball, UKM Sepak Bola, UKM Hockey, UKM Tenis Lapangan, UKM Tenis Meja, UKM MPA Aranyacala, UKM Bowling, UKM Catur & Bridge, UKM Renang, UKM Diving.

  • Unit Bela Diri

UKM Perisai Diri, UKM Merpati Putih, UKM Budi Sejati, UKM Karate, UKM Kempo, UKM Tae Kwon Do, UKM Kendo, UKM Aikido, UKM Judo Trisakti.

  • Unit Seni Budaya

UKM PSMUT, UKM Seni dan Budaya, UKM DC Bahana Gembita.

  • Unit Kerohanian

UKM Islam Hudzaifah Trisakti, UKM Kerohanian Katolik, UKM Kerohanian Kristen, UKM Kerohanian Buddha, UKM Kerohanian Hindu.

  • Unit Khusus

Pramuka Gudep 3191, Pramuka Gudep 3192, Pramuka Gudep 3193, Pramuka Gudep 3194, KOPMA, MENWA.

Fasilitas Penunjang[sunting | sunting sumber]

  • Gelanggang Mahasiswa berkapasitas 1.000 tempat duduk.
  • Auditorium berkapasitas 300 orang di Gedung D.
  • Pusat medis, poliklinik gigi/dental hospital di Kampus B.
  • Sejumlah bank (BNI, Mandiri, Syariah Mandiri, DKI), kantor pos, koperasi, toko buku, kantin, telepon umum, warung telekomunikasi (wartel)
  • Lapangan olahraga (sepak bola, voli, tenis lapangan, basket, bulu tangkis).
  • Masjid Asy Syuhada Trisakti (3 lantai) dengan aula masjid dilantai terbawah.
  • Stasiun radio MSTri-FM, dan area parkir yang cukup luas.
  • Pusat Kebudayaan dan Bahasa Spanyol Aula Cervantes.

Fasilitas Lain[sunting | sunting sumber]

  • Universitas Trisakti juga mempersiapkan kampus tambahan penunjang di Nagrak seluas 124 m2 untuk menjadi Center of Science Technology and Community Development.
  • Untuk kegiatan pengembangan keilmuan tersedia lahan di Ciganjur seluas 2.500 m2
  • Cirata seluas 841,14 m2,
  • Banyuasih, Pandeglang, Banten direncanakan akan diperluas menjadi 100 hektar yang dipergunakan untuk Program Studi Kelautan, pembinaan koperasi nelayan, pembinaan ekonomi kerakyatan pesisir, mengembangkan lahan tidur di Pulau Jawa dan luar Jawa agar menjadi produktif dan mempunyai nilai ekonomis tinggi serta menjadi pusat pengabdian kepada masyarakat.

Kasus[sunting | sunting sumber]

Rektor[sunting | sunting sumber]

Daftar rektor yang terdapat dalam universitas ini:

No Nama Masa Jabatan
1 Drs. MA Siswadji 1965-1976
2 Ir. Poedjono Hardjoprakoso 1976-1980
3 Prof. Dr. Ir. P. Haryasudirja 1980-1988
4 Ir. Hartono Kadri 1988-1990
5 H. Mulyatno Sindhudarmoko, SE 1990-1994
6 Prof. Dr. R. Moedanton Moertedjo 1994-1998
7 Prof. Dr. Thoby Mutis 1998-petahana
(masa habis tahun 2014)

Alumnus (alfabetis)[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Universitas Trisakti Universitas Trisakti adalah universitas swasta yang ber-Wawasan Kebangsaan yang peka dan peduli terhadap perubahan/kejadian yang berakibat pada masyarakat.
  2. ^ [indo-marxist Sejarah hitam univ. TRISAKTI] [indo-marxist] Sejarah hitam univ. TRISAKTI.
  3. ^ [indo-marxist Sejarah hitam univ. TRISAKTI] [indo-marxist] Universitas Res Publica.
  4. ^ [indo-marxist Sejarah hitam univ. TRISAKTI] [indo-marxist] Keterbatasan kesempatan untuk jenjang pendidikan tinggi ditanah-air.
  5. ^ [id-wikipedia Baperki.
  6. ^ [indo-marxist Sejarah hitam univ. TRISAKTI] [indo-marxist] prakarsa Siauw Giok Tjhan maka dikumpulkanlah dana dari kalangan tionghoa dan non-tionghoa. sehingga universitas RES PUBLICA adalah universitas rakyat.
  7. ^ [indo-marxist Sejarah hitam univ. TRISAKTI] [indo-marxist] Pemilihan Nama Universitas Res Publica
  8. ^ Pengkhianatan Pancasila Universitas Res Publika merupakan salah satu monumen golongan komunis Indonesia yang anti Pancasila yang telah berkhianat kepada Pancasila dan bangsa Indonesia.
  9. ^ [http://www.crisiscentertrisakti.com/sejarah.php Crisis Center Trisakti.
  10. ^ [indo-marxist Sejarah hitam univ. TRISAKTI] [indo-marxist] Sejarah hitam univ. TRISAKTI.
  11. ^ [indo-marxist Sejarah hitam univ. TRISAKTI] [indo-marxist] Sejarah hitam univ. TRISAKTI.
  12. ^ Setelah peristiwa G30S, Universitas Res Publica ditutup, dan gedungnya diambil alih oleh pemerintah. URECA di Jakarta kemudian dibuka kembali dengan kepengurusan yang baru, dengan nama Universitas Trisakti.
  13. ^ yang menginpirasi nama Universitas tersebut. Setelah melalui proses screening mahasiswa, personel administrasi, dosen yang sangat ketat, maka berdasarkan Surat keputusan Menteri PTIP No. 013/dar/tahun 1965 & 014/dar/tahun 1965, pada tanggal 29 Nopember 1965 Menteri PTIP Brigjen dr. Sjarif Thajeb meresmikan pembukaan “UNIVERSITAS TRISAKTI” yang berdiri di atas reruntuhan eks Universitas Res Publika yang telah dihancurkan oleh massa rakyat yang marah karena berindikasi dan terlibat dalam petualangan G30S/PKI.
  14. ^ Sejarah Universitas Trisakti
  15. ^ Pada awal berdirinya Universitas Trisakti hanya terdapat 5 Fakultas Pada awal berdirinya Universitas Trisakti hanya terdapat 5 Fakultas
  16. ^ Era Baru Reformasi. Tahun 1998 sejarah telah mencatat, 4 mahasiswa Universitas Trisakti gugur sebagai Pahlawan Reformasi dalam peristiwa 12 Mei 1998 yang ditandai dengan runtuhnya kekuasaan Orde Baru menuju Era Reformasi
  17. ^ Sejarah Singkat Universitas Trisakti Sejarah Singkat Universitas Trisakti.
  18. ^ Sejarah Singkat Universitas Trisakti Nama Universitas Trisakti diberikan oleh Dr. Ir. Soekarno, Presiden Republik Indonesia.
  19. ^ Sejarah Singkat Universitas Trisakti Sejarah Singkat Universitas Trisakti.
  20. ^ [http://www.crisiscentertrisakti.com/ Lambang Universitas Trisakti tercipta berawal dari Sayembara yang diadakan oleh Presidium.
  21. ^ [http://www.crisiscentertrisakti.com/ Pada bulan Juni 1966, Lambang Universitas Trisakti tercipta berawal dari Sayembara yang diadakan oleh Presidium.
  22. ^ [http://www.crisiscentertrisakti.com/ Pada bulan Juni 1966, Lambang Universitas Trisakti tercipta berawal dari Sayembara yang diadakan oleh Presidium.
  23. ^ [http://www.crisiscentertrisakti.com/ Lambang Universitas Trisakti Berfalsafah Pancasila.
  24. ^ [http://www.crisiscentertrisakti.com/ Pada bulan Juni 1966, Lambang Universitas Trisakti tercipta berawal dari Sayembara yang diadakan oleh Presidium.
  25. ^ [Pasca Sarjana Program Pasca Sarjana yang ditawarkan Universitas Trisakti.
  26. ^ [Pasca Sarjana Durasi Program Pasca Sarjana.
  27. ^ [Pasca Sarjana Proses Pengajaran Program Pasca Sarjana.
  28. ^ http://www.detiknews.com/read/2011/01/20/002711/1550241/10/yayasan-minta-mahasiswa-tidak-terpancing-isu-negatif