Universitas Bakrie

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Universitas Bakrie
Didirikan 2006
Jenis Perguruan Tinggi Swasta
Rektor Prof. Ir. Sofia W. Alisjahbana, M.Sc., Ph.D.
Lokasi Jakarta, DKI
Situs web http://www.bakrie.ac.id/

Universitas Bakrie merupakan sebuah Universitas swasta di Jakarta, Indonesia yang berada dibawah naungan Yayasan Pendidikan Bakrie. Universitas Bakrie saat ini berlokasi di Kawasan Rasuna Epicentrum Jl. HR Rasuna Said Kav C–22, Kuningan, Jakarta Selatan.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Berawal dari pengambil alihan STIE Mulia Persada oleh Yayasan Pendidikan Bakrie, maka pada tahun 2006 STIE Bakrie School of Management (BSM) pun berdiri. Saat itu Bakrie School of Management hanya memiliki 1 program studi, yaitu Management. Pada tahun 2007, Bakrie School of Management memiliki 2 program studi dengan penambahan program studi Akuntansi.

Pada Juli 2009 Yayasan Pendidikan Bakrie (YPB) menetapkan pendirian Universitas Bakrie berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia, Nomor 102/D/0/2009 menggantikan status Bakrie School of Management (BSM) yang semula STIE menjadi Universitas dengan tambahan program studi baru. Pada tanggal 9 Agustus 2010, Universitas Bakrie diresmikan oleh Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Prof. Dr. Ir. H. Mohammad Nuh, DEA.

Program Studi[sunting | sunting sumber]

Saat ini Universitas Bakrie telah memiliki 10 Program Studi S-1. Diantaranya :

Program Studi S-2:

  • Magister Manajemen

Beasiswa[sunting | sunting sumber]

Salah satu keunggulan Universitas Bakrie adalah program beasiswa yang kontinyu dan variatif. Sejak didirikan tahun 2006, Universitas Bakrie telah menyalurkan beasiswa kepada lebih dari 600 mahasiswa yang diseleksi melalui Ujian Saringan Mahasiswa di 33 provinsi di Indonesia. Sebagian besar mahasiswa Universitas Bakrie adalah penerima beasiswa penuh 4 tahun yang diseleksi melalui ujian ketat di berbagai sekolah unggulan di tanah air.

Lokasi[sunting | sunting sumber]

Saat ini Universitas Bakrie terletak di Kawasan Rasuna Epicentrum, Kuningan, Jakarta Selatan yang merupakan kawasan segitiga emas Jakarta. Universitas Bakrie dikelilingi oleh berbagai fasilitas umum yang dapat menunjang kebutuhan setiap mahasiswa, seperti Epicentrum Walk Rasuna, Pasar Festival, Gelanggang Mahasiswa Soemantri Brodjonegoro, Apartemen Taman Rasuna, Bakrie Tower, Elite Club (Pusat Kebugaran), Cinema XXI Epicentrum Walk, Halte Trans Jakarta Busway dan masih banyak yang lainnya.

Direncanakan pada tahun 2015 Universitas Bakrie akan memiliki kampus ramah lingkungan yang modern dengan konsep "An Eco-Friendly campus" di kawasan terpadu Bogor Nirwana Residence untuk menggantikan kampus Kuningan (Rasuna Epicentrum) yang nantinya akan dijadikan kampus Pasca Sarjana. Sehingga pada tahun 2012 direncanakan semua program S1 akan pindah ke kampus Bogor Nirwana Residence

Pranala Luar[sunting | sunting sumber]