Arief Muhammad

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Arief Muhammad
Ariefmuhammad.jpg
Nama lahir Muhammad Arief
Nama lain Poconggg
Lahir 26 Oktober 1990 (umur 24)
Bendera Indonesia Batam, Indonesia
Pekerjaan Penulis, Pemeran, Blogger
Tahun aktif 2009 - sekarang
Hubungan Rossy Eka Putri (Kakak)
Rossa Romadhona (Kakak)
Citra Dessy (Kakak)
Orang tua Iskandar Yakoeb (ayah)
Roslainar (ibu)
Situs web Poconggg

Arief Muhammad (lahir dengan nama Muhammad Arief Yakoeb di Batam, 26 Oktober 1990; umur 24 tahun), akrab dipanggil Poconggg, adalah seorang penulis asal Indonesia. Di Indonesia, Arief yang berdarah Minangkabau ini dikenal sebagai selebriti Twitter dan penulis buku jenaka. Buku pertamanya yang berjudul Poconggg Juga Pocong masuk kategori best seller. Buku tersebut menampilkan kehidupan seikat Pocong yang galau tapi senang menghibur. Blognya diberi judul www.poconggg.com dan mulai aktif sejak bulan Oktober 2010. Sampai saat ini, blog tersebut telah dikunjungi lebih dari 3 juta orang.

Keluarga dan Pendidikan[sunting | sunting sumber]

Arief Muhammad memulai pendidikannya di Taman Kanak-kanak Tarbiyatul Hidayah, Batam. Lalu melanjutkan Sekolah Dasar di SDN 004. Kemudian Ia melanjutkan studi di SLTP N 6 Batam. Setelah lulus SMP, ia melanjutkan pendidikan di SMA Kartini, Batam. Sekarang Arief Muhammad masih tercatat sebagai mahasiswa fakultas hukum Universitas Trisakti[1].

Perjalanan[sunting | sunting sumber]

Awalnya Arief Muhammad membuat sebuah akun twitter dengan nama Poconggg pada tahun 2009. Sambutan masyarakat Indonesia sangat baik terhadap akun tersebut. Hal ini terlihat dari banyaknya orang yang tergila-gila dan rela melakukan apa saja untuk Poconggg[2].

Kemudian ia membuat blog yang diberi nama www.poconggg.com pada tahun 2010. Pada tahun 2010 pula ia mulai menulis sebuah buku berjudul Poconggg Juga Pocong yang akhirnya terbit pada bulan juni 2011. Karena penjualan bukunya yang sangat baik, buku tersebut akhirnya diangkat ke layar lebar oleh salah satu production house ternama di Indonesia, Maxima Pictures. [3]. Selain sebagai pemilik hak cipta buku, ia juga dilibatkan untuk menulis skenario film tersebut.

Awalnya tidak ada satupun orang yang mengetahui identitas dibalik akun Poconggg. Barulah pada bulan september 2011, identitas Poconggg yang notabenenya adalah Arief Muhammad pun dibongkar oleh orang yang sampai sekarang tidak ketahuan identitasnya.[4]. Poconggg adalah salah satu akun twitter fenomenal di Indonesia[5]. Tak jarang kicauannya menjadi trending topik kawasan dunia. Penggemarnya pun sangat banyak. [6].

Setelah identitasnya terbongkar, Arief Muhammad pun menjadi sangat dikenal[7]. Ia sering mengadakan talkshow, baik di mal maupun sekolah-sekolah. Ia juga sering diundang untuk menjadi pembicara untuk membicarakan tentang dunia penulisan dan sosial media[8]. Selain itu, ia menjadi sering masuk berita dan majalah-majalah nasional[9].

Tidak berhenti sampai di situ, pada bulan Oktober, Arief Muhammad dipilih untuk membawakan sebuah acara talkshow di salah satu televisi swasta Indonesia, Trans TV. Di acara itu Arief Muhammad dipercaya sebagai Host[10].

Pada bulan Desember 2011, Arief Muhammad bersama Raditya Dika membuat sebuah situs anak muda yang bernama www.nyunyu.com. Situs ini resmi dikeluarkan pada tanggal 3 februari 2012. Arief memimpin langsung situs tersebut[11].

Sekarang, 2012, Arief Muhammad sedang menulis buku ke-2 yang sudah dinanti-nanti oleh penggemarnya.

Karya tulis[sunting | sunting sumber]

Novel

Filmografi[sunting | sunting sumber]

Host[sunting | sunting sumber]

Penulis skenario[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]