Universitas Bunda Mulia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Universitas Bunda Mulia
Jenis Perguruan Tinggi Swasta
Rektor Doddy Surja Bajuadji, SE, MBA
Lokasi Jl. Lodan Raya No. 2, Ancol, Jakarta Utara, Indonesia
Situs web http://www.ubm.ac.id
Logo-ubm.gif

Universitas Bunda Mulia (dikenal juga dengan nama "University of Bunda Mulia", atau disingkat "UBM") adalah perguruan tinggi swasta di Indonesia dengan pusat kegiatan pembelajaran terletak di Jakarta Utara, Indonesia.

UBM merupakan salah satu institusi perguruan tinggi yang sangat mengedepankan pengembangan teknologi informasi dalam hal pencapaian lulusan-lulusan yang memiliki keunggulan kompetitif dibandingkan institusi-institusi perguruan tinggi lainnya. UBM merupakan salah satu lembaga pendidikan tinggi swasta yang paling prestisius di Indonesia.

Berdasarkan seleksi dilakukan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi sejak Maret hingga Juni 2006 terhadap lebih dari 2.000 perguruan tinggi di Indonesia, dengan penyaringan informasi dari EPSBED, Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT), PHK A1, A2, A3 dan B, TPSDP, DUE, QUE dan INHERE, serta dari publik seperti Majalah Mingguan TEMPO & Webometrics, tersaring sebanyak 156 universitas yang dianggap layak untuk mengikuti seleksi ke tahap yang lebih lanjut. Sehubungan dengan seleksi lanjutan ini, UBM terpilih sebagai salah satu perguruan tinggi yang termasuk dalam 50 Promising Indonesian Universities.

Pelaksanaan pemilihan institusi-institusi pendidikan tinggi yang masuk dalam kategori Promising Universities ini, dilaksanakan dengan mekanisme evaluasi intensif serta berdasarkan proposal yang diajukan oleh universitas-universitas yang terpilih pada tahap awal. Adapun kiteria seleksi dan bobotnya adalah sebagai berikut:

  1. Penghargaan yang diraih – 30%
  2. Kehidupan Kampus (mahasiswa) – 20%
  3. Fasilitas (sarana prasarana kampus) – 10%
  4. Penelitian & Pengabdian pada masyarakat – 25%
  5. Kerjasama International – 15%

Kelima kriteria tersebut juga dipakai oleh Asia Week, Times Higher & World Education untuk menentukan Top Ranked Universities secara Internasional.

Prestasi tersebut bukanlah merupakan hal yang mengejutkan, mengingat reformasi dalam bidang akademik dan non-akademik dilakukan sejak tahun 2003 hingga saat ini oleh Yayasan Pendidikan Bunda Mulia, antara lain dengan usaha untuk meningkatkan kuantitas lulusan program sarjana dan pascasarjana, pembangunan kampus baru, serta dukungan infrastruktur teknologi informasi yang terkini. Alhasil, UBM mampu membuktikan dirinya sebagai sebuah perguruan tinggi yang ”menjanjikan” (promising). Pada periode penyeleksian tersebut, di Kopertis Wilayah III, UBM merupakan 1 (satu) dari 7 (tujuh) perguruan tinggi yang terpilih (info jumlah perguruan tinggi di Kopertis Wilayah III Jakarta adalah 308).


Sejarah[sunting | sunting sumber]

Cikal bakal Universitas Bunda Mulia adalah dari dua sekolah tinggi yang dikelola oleh Yayasan Pendidikan Bunda Mulia, yaitu Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) dan Sekolah tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Bunda Mulia.

Bermula dari Akademi Manajemen Informatika dan Komputer (AMIK) Bunda Mulia yang didirikan dengan Akta Notaris Mohamad Said Tadjoedin no.108 tanggal 11 Desember 1986. AMIK Bunda Mulia berdiri berdasarkan Surat Keputusan Mendikbud No. 183/O/1987 tanggal 30 Maret 1987 untuk program studi Manajemen dengan jenjang pendidikan Diploma Tiga (D-III).

Pada tahun 1995 berdasarkan SK Dirjen Dikti No.429/Dikti/Kep/1995 tanggal 10 Oktober 1995 AMIK berubah bentuk menjadi Sekolah Tinggi Manajemen dan Komputer Bunda Mulia (STMIK Bunda Mulia).

Seiring dengan perkembangan di lingkungan Bunda Mulia, dan juga kepercayaan dari masyarakat dan pemerintah, maka STMIK Bunda Mulia berubah menjadi Universitas Bunda Mulia dengan dikeluarkannya SK Menteri Pendidikan Nasional No. 73/D/O/2003 pada tanggal 10 Juni 2003, yang memuat mengenai pemberian izin penggabungan Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) dan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) serta penambahan program-program studi baru menjadi Universitas Bunda Mulia.

Seiring dengan peningkatan status dari Sekolah Tinggi menjadi Universitas, pada tahun 2003, Yayasan Pendidikan Bunda Mulia mengembangkan kampus kedua yang berlokasi di Jl. Lodan Raya No.2, Jakarta Utara, dengan luas tanah 45.000 m2. Dibandingkan dengan kampus pertamanya yang berlokasikan di Jl. A.M. Sangaji No. 20, Jakarta Pusat 10130, Kampus terbaru ini dilengkapi sarana dan prasarana yang lebih canggih, yakni dukungan infrastruktur teknologi informasi terkini, koneksi Internet berkecepatan-tinggi (banyak murid yang mengeluhkan kecepatan internet yang ternyata dirasakan tidak seperti yang dijanjikan, mungkin karena jarak jangkauan WIFI yang kurang jauh), laboratorium bahasa dan komputer yang sangat memadai untuk mendukung proses kegiatan belajar-mengajar.

Program Studi[sunting | sunting sumber]

Universitas Bunda Mulia memiliki Program Studi sebagai berikut:

Jenjang Diploma (D3)[sunting | sunting sumber]

Jenjang Sarjana (S1)[sunting | sunting sumber]

  1. School of Marketing (Pemasaran)
  2. School of Retail (Ritel)
  • Akuntansi, gelar Sarjana Ekonomi (S.E.)
  • Psikologi, gelar Sarjana Psikologi (S.Psi.)
  • Ilmu Komunikasi, gelar Sarjana Ilmu Komunikasi (S.Ikom.)
  • Budaya dan Bahasa Inggris, gelar Sarjana Humaniora (S.Hum.)
  • Budaya dan Bahasa Tiongkok, gelar Sarjana Humaniora (S.Hum.)
  • Hospitaliti dan Pariwisata, gelar Sarjana Pariwisata (S.Par.)

Jenjang Magister (S2)[sunting | sunting sumber]

Logo UBM[sunting | sunting sumber]

Makna Tipografi:[sunting | sunting sumber]

Tipografi logo yang merupakan akronim dari Universitas Bunda Mulia, menggunakan huruf kecil mencerminkan kerendahan hati Universitas Bunda Mulia dalam langkahnya kedepan untuk menyiapkan pendidikan yang selalu up to date dan relevan dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Lingkaran elips (bulat lonjong) dengan point-point bergradasi melambangkan kurikulum pendidikan Universitas Bunda Mulia yang tak kenal henti dalam meningkatkan kualitas SDM yang bergerak selaras dalam pusaran globalisasi dan arus informasi.

Makna Warna:[sunting | sunting sumber]

  • Biru adalah warna teknik/teknologi yang menyiratkan ketenangan, kedewasaan, kemantapan dalam berkarya, tapi selalu maju selaras waktu dalam penguasaan teknologi.
  • Kuning krem melambangkan sifat maju dalam berpikir, inovatif, tajam dan cemerlang dalam pemikiran.
  • Abu-abu melambangkan kemajuan pemikiran, kemoderenan, dan keintelegensiaan.


Maskot UBM _ BIEM[sunting | sunting sumber]

BieM adalah pencerminan dari civitas akademika Universitas Bunda Mulia. Dengan empat kelebihannya BieM menjadi sosok teladan dan maskot dari Universitas Bunda Mulia, Nilai inti nya :

  1. Smart : merupakan pribadi yang cerdas
  2. Diligent : Selalu rajin dan tekun dalam mengerjakan sesuatu
  3. Sincere : berhati tulus.
  4. Helpful : pribadi yang suka membantu sesama


Prestasi[sunting | sunting sumber]

Beberapa prestasi yang berhasil diraih oleh civitas akademika UBM, antara lain:

  • Pada Oktober 2012, mahasiswa UBM mendapatkan kesempatan untuk menjadi bintang dalam promosi tayang iklan "Take Me Out Indonesia" di Indosiar yang akan ditayangkan di televisi selama sebulan penuh.
  • Pada Juni 2012, mahasiswa UBM menjadi Juara 1 dan 2 kategori favorit melalui Facebook pada Marching Mascot 2012 yang diadakan oleh GrandmasHotels.com.
  • Pada Juni 2012, tim basket UBM meraih Juara II dalam kompetisi Liga Bola Basket Mahasiswa (LIBAMA) Divisi Nasional.
  • Pada Mei 2012, mahasiswa Universitas Bunda Mulia (UBM) mengukir prestasi di dalam acara Communication Festival yang diselenggarakan Jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Multimedia Nasional (UMN), Serpong- Tangerang. Perwakilan Program Studi Ilmu Komunikasi UBM berhasil menjadi Finalis dan Pemenang dari berbagai kompetisi yang diadakan dalam acara tersebut.
  • Pada Mei 2012, mahasiswi UBM dengan essaynya yang berjudul Menghadapi Tantangan Global dengan Identitas Bangsa yang Kental berhasil menembus tingkat nasional pada lomba essay yang diselenggarakan oleh STAIN Purwokerto yang bekerja sama dngan LPM Obsesi Bahasa.
  • Pada April 2012, mahasiswa UBM kembali menorehkan prestasi di tingkat nasional dalam lomba Chinese Bridge tingkat universitas ke-11 seleksi wilayah Jakarta yang diselenggarakan oleh Badan Koordinasi Pendidikan Bahasa Mandarin Jakarta.
  • Pada April 2012, perwakilan Program Studi Bahasa dan Budaya Inggris (BBI) Universitas Bunda Mulia (UBM), berhasil meraih peringkat Juara III dalam lomba nasional Spelling Bee yang diselenggarakan di Universitas Indonesia (Depok) yang bertajuk National ASEAN Law Students Association English Competition.
  • UBM lolos sebagai 20 besar tim debat bahasa Inggris bertaraf nasional dalam even European Union Intervarsity Debate Championship 2011 (EU-IDC 2011) yang diselenggarakan pada 17-18 November 2011 di Usmar Ismail Hall, Gedung Pusat Perfilman Jakarta. Acara bergengsi yang baru diselenggarakan dua kali ini, disponsori oleh Delegasi Uni Eropa yang dipimpin Charles Whitley (Head of Political, Press, and Information Sections Delegation of The European Union to Indonesia, Brunei Darussalam, and ASEAN). Adapun topik perdebatan mengusung isu politik, ekonomi, pendidikan, sosial, pertahanan dan keamanan yang sedang menjadi isu hangat di dunia, khususnya di Eropa dan Asia. Kompetisi melibatkan 89 tim dari berbagai perguruan tinggi se-Indonesia. Mereka bersaing memperebutkan piala dari delegasi Uni Eropa dan berkesempatan mengikuti pelatihan secara intensif di kantor Delegasi Uni Eropa. UBM lolos bersama antara lain UI, UGM, IPB, Unpad, Unair, Unsoed, UPH, Binus, dan Unika Atma Jaya (UAJ).
  • dan lain-lain.


Lihat pula[sunting | sunting sumber]


Pranala luar[sunting | sunting sumber]