Universitas Kristen Petra

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Universitas Kristen Petra
Didirikan 22 september 1961
Jenis Perguruan Tinggi Swasta
Rektor Prof. Ir. Rolly Intan M.A.Sc., Dr.Eng.
Lokasi Siwalankerto 121-131 Surabaya; Telp.: +62 31 8439040, 8394830-31; Fax: +62 31 8436418
Situs web www.petra.ac.id
Logo petra lowres.jpg

Universitas Kristen Petra (UK Petra) merupakan perguruan tinggi swasta nasional di Jawa Timur. Universitas yang berdiri sejak tahun 1961 ini senantiasa memfokuskan setiap upaya pada pengembangan kualitas pendidikan.

Saat ini UK Petra memiliki mahasiswa sekitar 8.000 orang yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia. Pendidikan yang diselenggarakan meliputi program Pascasarjana dan Strata 1 (S1) yang terdiri dari enam Fakultas yaitu: Fakultas Sastra, Fakultas Teknik Sipil & Perencanaan, Fakultas Teknologi Industri, Fakultas Ekonomi, Fakultas Seni & Desain, serta Fakultas Ilmu Komunikasi. Selain program pendidikan akademik, UK Petra juga menyelenggarakan beberapa program profesional yang memberikan pengetahuan dan ketrampilan praktis bagi para profesional maupun siswa SMA/SMK.

Seluruh proses belajar mengajar dan aktivitas penyelenggaraan perguruan tinggi diselenggarakan di area seluas 101.782 m2, berlokasi di jalan Siwalankerto 103-105, 121-131, dan 142-144 Surabaya, yang mudah diakses dengan berbagai sarana transportasi. Dalam pengembangannya, uk petra membangun gedung baru dengan tujuan yang lebih baik. Akan tetapi, hal itu menyebabkan mahasiswa tidak dapat parkir mobil di gedung P, sehingga dialihkan ke lapangan ANTA. Belum adanya pusat olahraga sehingga ada beberapa ukm yang diadakan di luar uk petra.

Program Studi[sunting | sunting sumber]

Pasca Sarjana[sunting | sunting sumber]

  • Magister Teknik Sipil
  • Magister Manajemen

Sarjana[sunting | sunting sumber]

Fakultas Sastra[sunting | sunting sumber]

  • Program Studi Sastra Inggris Universitas Kristen Petra
  1. Linguistik (Ilmu Bahasa)
  2. Literature (Ilmu Sastra)

Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan[sunting | sunting sumber]

  1. Disain
  2. Konstruksi

Fakultas Teknologi Industri[sunting | sunting sumber]

  1. Arus Kuat
  2. Arus Lemah
  3. Telematika
  1. Program Teknik Mesin
    1. Disain
    2. Manufaktur
    3. Konversi Energi
  2. Program Otomotif
  1. Program Informatika
    1. Informatika
    2. Teknologi Informasi
  2. Program Sistem Informasi Bisnis

Fakultas Ekonomi[sunting | sunting sumber]

  • Akuntansi
  1. Program Akuntansi Bisnis Universitas Kristen Petra
  2. Program Akuntansi Pajak Universitas Kristen Petra
  3. International Business Accounting Program Universitas Kristen Petra
  • Manajemen
  1. Program Manajemen Bisnis Universitas Kristen Petra
  2. Program Manajemen Perhotelan Universitas Kristen Petra
    1. Restaurant Management
    2. Service Management
  3. Program Manajemen Kepariwisataan Universitas Kristen Petra
    1. Tour & Travel Management
    2. Mall & Retail Management
  4. International Business Management Program Universitas Kristen Petra
  5. Program Manajemen Pemasaran Universitas Kristen Petra
    1. Brand Communication
    2. Sales Management
  6. Program Manajemen Keuangan Universitas Kristen Petra
    1. Personal Finance (Perancang Keuangan)
    2. Business Valuation (Penilaian Bisnis)
    3. Risk Management (Manajemen Resiko)

Fakultas Seni dan Desain[sunting | sunting sumber]

  • Desain Interior
  • Desain Komunikasi Visual

Fakultas Ilmu Komunikasi[sunting | sunting sumber]

  • Ilmu Komunikasi

LAYANAN DAN AKTIVITAS MAHASISWA[sunting | sunting sumber]

Saat ini mahasiswa Universitas Kristen Petra berasal dari beragam latar belakang budaya. Mereka tidak hanya berasal dari Jawa Timur tetapi juga dari provinsi-provinsi lain di Pulau Jawa dan daerah-daerah di Kawasan Timur Indonesia. Universitas Kristen Petra memfasilitasi kegiatan-kegiatan kemahasiswaan yang diwadahi secara internal, baik melalui lembaga-lembaga kemahasiswaan, maupun secara eksternal melalui program kegiatan di tingkat nasional dan internasional. Berpatisipasi aktif dalam berbagai lomba-lomba yang bersifat keilmuan, olah raga dan seni budaya di dalam dan luar negeri, merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari kegiatan kemahasiswaan di Universitas Kristen Petra.

Universitas Kristen Petra menyediakan berbagai macam organisasi kemahasiswaan untuk mendukung pembentukan mahasiswanya secara holistik. Di setiap jurusan terdapat Himpunan Mahasiswa (HIMA)yang melayani kebutuhan mahasiswa jurusan. Sementara di level fakultas terdapat Badan Perwakilan Mahasiswa Fakultas (BPMF) yang merupakan badan legislatif bagi mahasiswa di tingkat fakultas. Sedangkan di tingkat universitas terdapat Majelis Perwakilan Mahasiswa (MPM), Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM), dan Pelayanan Mahasiswa (PELMA) yang menjadi sarana memperluas wawasan dan mengekspresikan diri melalui kegiatan-kegiatan yang sesuai dengan bakat, minat, kemampuan serta keterampilan yang ingin dicapainya. Terdapat sekitar 40 unit kegiatan yang dapat diikuti mahasiswa (Unit Kegiatan Mahasiswa), mulai dari kegiatan penalaran, olah raga, hingga apresiasi seni. Melalui program tersebut diharapkan mahasiswa dapat mengembangkan soft skill yang sangat dibutuhkan saat mereka harus berorientasi dengan dunia kerja dan masyarakat.

Universitas Kristen Petra memiliki landasan komitmen yang sangat kuat untuk memfasilitasi kesempatan bagi setiap mahasiswa mengenyam pendidikan seluas-luasnya. Hal ini direalisasikan dengan menyediakan berbagai jenis beasiswa, baik bagi mereka yang berprestasi akademik dan ekstra kurikuler, maupun bagi mereka yang ekonominya tergolong lemah. Sumber beasiswa ini tidak saja berasal dari Universitas Kristen Petra saja, tetapi juga dari pemerintah (Kopertis) dan beberapa industri. Selain itu, universitas juga menyediakan layanan yang berkaitan dengan kesehatan, jaminan asuransi dan dana kesejahteraan untuk mahasiswa.

PERPUSTAKAAN[sunting | sunting sumber]

Sebagai salah satu pusat informasi yang melayani kebutuhan informasi seluruh sivitas akademika dan masyarakat umum, Perpustakaan Universitas Kristen Petra menyediakan berbagai jenis layanan berkualitas dengan didukung oleh teknologi informasi yang berorientasikan kepada kepuasan pengguna, seperti layanan referensi dan informasi, layanan peminjaman koleksi, layanan majalah dan jurnal, layanan audio visual, penelusuran informasi, layanan database, keanggotaan untuk masyarakat luar dan beberapa jenis layanan lainnya.

Selain koleksi dalam bentuk tercetak seperti buku dan majalah, Perpustakaan juga memiliki dan terus mengembangkan koleksi digital yang merupakan produksi lokal sebagai sumber pembelajaran seperti Digital Theses (Tugas Akhir/Tesis mahasiswa Universitas Kristen Petra), e-Dimensi (artikel jurnal Dimensi), Surabaya Memory (dokumentasi perkembangan kota Surabaya dari masa ke masa), Petra@rt Gallery(karya seni komunitas kampus Universitas Kristen Petra), Petra iPoster (poster kegiatan/acara di kampus Universitas Kristen Petra), Petra Chronicle (dokumen sejarah dan perkembangan Universitas Kristen Petra). Tidak ketinggalan koleksi audio visual dan online journal databases ProQuest yang dilanggan secara rutin. Untuk mengakses keberadaan koleksi tersebut, tersedia katalog online iSPEKTRA yang dapat diakses di http://dewey.petra.ac.id

Perpustakaan Universitas Kristen Petra semakin memantapkan diri menjadi pusat informasi terutama bagi sivitas akademika dengan melahirkan produk terbaru yaitu DIVo atau Desa Informasi teleVision. DIVo adalah salah satu fasilitas di Perpustakaan Universitas Kristen Petra berupa media elektronik yang menampilkan informasi dalam bentuk multimedia untuk kebutuhan seluruh pengguna Perpustakaan maupun sivitas akademika. Dengan adanya DIVo diharapkan semangat Perpustakaan untuk dapat menjadi jembatan informasi bagi seluruh jurusan dan sivitas Universitas Kristen Petra dapat terwujud dengan baik.

Melalui website Perpustakaan Universitas Kristen Petra http://library.petra.ac.id dan email library@petra.ac.id pengguna perpustakaan dapat memanfaatkan layanan perpustakaan tanpa harus hadir di perpustakaan.

Dengan motto "A caring learning zone" Perpustakaan Universitas Kristen Petra ingin mencapai terbentuknya masyarakat belajar melalui peran barunya sebagai pendamping dan mitra profesional bagi masyarakat akademis dan praktisi.

PENERIMAAN MAHASISWA BARU[sunting | sunting sumber]

Setiap tahun, Universitas Kristen Petra melakukan proses seleksi penerimaan mahasiswa baru berdasarkan Penelusuran Minat dan Kemampuan melalui beberapa jalur penerimaan, yaitu:

  • Jalur Prestasi

Dilaksanakan sekitar bulan September/Oktober melalui kerjasama dengan beberapa SMA mitra. Persyaratan akademik yang harus dipenuhi adalah nilai Matematika dan bahasa Inggris dalam rapor kelas XI sesuai ketentuan yang diberlakukan Universitas Kristen Petra.

  • Jalur Kerjasama

Dilaksanakan sekitar bulan September/Oktober melalui kerjasama dengan beberapa SMA mitra. Jalur ini tidak mempunyai persyaratan akademis secara khusus, namun penerimaannya tetap memperhatikan nilai rapor kelas XI dan kuota jurusan/program yang diterima.

  • Jalur Umum

Jalur ini dibuka untuk umum dan dilaksanakan beberapa kali yaitu:

  1. Periode Januari: antara awal s/d akhir Januari
  2. Open House: dilaksanakan bulan Maret/April
  3. Kawasan Timur Indonesia (KTI): dilaksanakan melalui kerjasama dengan beberapa SMA di kota-kota: Denpasar, Mataram, Kupang, Ambon, Makassar, Manado, Tana Toraja, Balikpapan, Samarinda, Tarakan, Palangkaraya, Banjarmasin, Pontianak, Singkawang, Jayapura
  4. Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru periode bulan April s/d Juni.

Beasiswa yang ditawarkan di jalur tersebut di atas adalah:

  • Beasiswa Ekonomi Lemah
  • Beasiswa Putra Putri Pendeta
  • Beasiswa Olahragawan
  • Beasiswa Kawasan Timur Indonesia

COMMUNITY OUTREACH PROGRAM[sunting | sunting sumber]

COP adalah suatu bentuk kegiatan akademik kemahasiswaaan yang memadukan Darma Pendidikan dan Pengajaran, Penelitian, serta Pengabdian kepada Masyarakat sekaligus dalam satu kegiatan. Sebagai kegiatan pendidikan dan pengajaran, COP merupakan bagian integral dari kurikulum pendidikan tinggi Strata-1. Terkait penelitian, mahasiswa peserta COP mengamati, menelaah/menganalisis, menarik kesimpulan dari data dan informasi tentang permasalahan dan kebutuhan masyarakat sasaran kemudian merumuskan langkah-langkah penyelesaian dalam program kerja bersama masyarakat. Sebagai kegiatan pengabdian kepada masyarakat, mahasiswa peserta COP dapat mengamalkan ilmu pengetahuan teknologi, dan seni (IPTEKS) yang dikuasainya secara ilmiah, melembaga dan langsung kepada masyarakat yang akan menikmati manfaat IPTEKS tersebut. Dalam konteks internasionalisasi, COP merupakan salah satu wadah pelayanan, pembelajaran dan interaksi multikultural, ilmu pengetahuan dan teknologi serta seni mahasiswa antar berbagai negara.

Sejak tahun 1996 sampai 2003 COP bermitra dengan Pemerintah Kabupaten Magetan dan telah diikuti oleh mahasiswa Universitas Dongseo - Korea Selatan, Inholland University – Belanda, Hongkong Baptist University - Hongkong. Pada tahun 2004 sampai 2014, COP berpindah lokasi di wilayah Kabupaten Kediri dengan peserta yang terus berkembang hingga saat ini (tahun 2008) 8 universitas luar negeri dari 5 negara sudah bergabung, seperti: Inholland University - Belanda, Hongkong Baptist University - Hongkong, International Christian University – Jepang, St. Andrew’s University – Jepang, Chinese University of Hongkong, Polytechnic University Hongkong dan Soochow University – Taiwán.

Mulai tahun 2003, COP dilaksanakan dengan metode Service Learning, sebuah metode pembelajaran yang mensinergikan kemampuan akademik dengan kepedulian pelayanan kepada masyarakat dalam keseluruhan aktivitas. Tema yang senantiasa menjadi patron COP adalah: “Kepedulian sosial mahasiswa yang diimplementasikan melalui aktivitas riil dalam rangka memberdayakan masyarakat desa tertinggal”. Adapun tujuan COP:

  1. Menumbuhkan kesadaran bagi mahasiswa bahwa masih sangat banyak elemen masyarakat di desa yang membutuhkan bantuan.
  2. Mendorong mahasiswa untuk melakukan kajian/riset/survei tentang permasalahan/ kebutuhan masyarakat desa dan bersama-sama mencari solusi sesuai kebutuhan nyata.
  3. Memberikan learning experience bagi mahasiswa dalam komunitas internasional. untuk belajar hidup bersama masyarakat desa sesuai pranata sosial dan budaya yang berlaku di masyarakat setempat.

Pada tahun 2008, COP terpilih oleh Dirjen DIKTI sebagai Outstanding Program dari program Tridarma Unggulan Perguruan Tinggi di Indonesia.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]