Spelling bee

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Spelling bee adalah sebuah kompetisi dimana orang (seringkali adalah anak-anak), diminta untuk mengeja salah satu kata (biasanya dalam bahasa Inggris). Kompetisi ini dikenalkan pertama kalinya di Amerika Serikat.[1]

Sekarang, kompetisi spelling bee tingkat nasional maupun internasional (paling banyak menggunakan bahasa Inggris) telah diselenggarakan di berbagai belahan dunia, seperti Amerika Serikat, Inggris Raya, Australia, Selandia Baru, Kanada, Indonesia, India, Bahrain, Jamaika, Jerman, Puerto Riko, dan lain sebagainya. Instruksi yang sama juga diperkenalkan dalam waktu yang berbeda, yaitu "dikte" (lazim untuk anak TK). Secara resmi, pemenang pertama dari kejuaraan spelling bee resmi adalah Andrew Smith, pada tahun 1925.

Asal muasal kata "bee"[sunting | sunting sumber]

Seringkali, kata "bee" adalah salah satu kata yang digunakan untuk menjelaskan apa yang sedang berlangsung, misalnya quilting bee, an apple bee, dan husking bee. Tidak jelas dari mana asal kata tersebut, tetapi kata tersebut dimulai dari Proto Inggris, yaitu "bēn" (yang berarti doa).[2] Tetapi, belakangan ini, logo spelling bee adalah "lebah", yang sering berkumpul satu sama lain, di sarangnya (tepatnya di pohon). Coba lihat di logo Spelling Bee EF belakangan ini (semua logonya ada lebah-nya, bukan?).

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Ternyata, sebelum ada kompetisi resmi ataupun internasional dari spelling bee itu sendiri, masih banyak orang yang mengadakan kompetisi mengeja ini, sebelum kompetisi resmi tersebut diprakarsai tahun 1825.[butuh rujukan] Kuncinya jelas, yaitu kamus (untuk spelling bee) yang dibuat oleh Noah Webster pada tahun tersebut. Pertama kali dipublikasikan pada tahun 1786 dan sering disebut sebagai "The blue-backed Speller" (Kontestan berlatar-belakang warna biru). Sekarang ini, buku-buku tentang mengeja yang dipublikasikan oleh Webster, digunakan untuk mengajar ataupun belajar, bagi para murid di seantero Amerika Serikat. Sekarang, kamus kunci yang digunakan untuk berbagai kejuaraan adalah kamus yang dicetak oleh Merriam-Webster.

Amerika Serikat[sunting | sunting sumber]

Di Amerika Serikat, pertama kalinya spelling bee diadakan oleh harian The Courier-Journal dari Louisville, Kentucky. Kompetisi ini hanya diikuti oleh sekitar 9 orang dan dimenangkan oleh Frank Neuhauser pada tahun 1925. Sejak saat itulah, kompetisi spelling bee tingkat nasional di Amerika semakin berkembang. Tetapi, kompetisi ini tidak diadakan pada saat perang. Pada tahun 1941, kompetisi ini diakusisi oleh Scripps Howard News Service (Servis Berita Scripps Howard) dan berganti nama menjadi Scripps Howard National Spelling Bee dan pada akhirnya berganti lagi menjadi Scripps National Spelling Bee. Dalam kompetisi tingkat nasional tersebut, pada kenyataannya negara-negara di luar Amerika Serikat seperti Kanada, Jamaika, Puerto Riko, Bahama, Korea Selatan, Jepang, Selandia Baru, Liberia, Ghana, dan juga perwakilan dari Benua Eropa (harap diperhatikan bahwa Arab Saudi dan Meksiko pernah berpartisipasi dalam ajang tersebut dua kali).

Di Amerika Serikat, spelling bee juga diadakan, mulai dari tingkat sekolah hingga tingkat nasional (walaupun sebetulnya itu tingkat internasional karena itu diikuti berbagai negara di dunia). Pemenang dari kompetisi tersebut akan diberikan piala (bergilir?) dan mendapatkan uang tunai. Banyak media (terutama koran) yang berbahasa Inggris, serta yayasan pendidikan, ikut serta dalam mendanai peserta dalam kompetisi ini (dan biasanya para peserta dikalungi plakat berisi nomor dan sponsor mereka pada saat kompetisi). Pada tahun 2005, area kontestan meluas sampai Samoa Amerika, Bahama, Kanada (yang pada waktu itu baru ikut), Selandia Baru (yang pada waktu itu baru ikut), Puerto Riko, Eropa yang sering diwakili oleh Jerman, dan juga Amerika Serikat itu sendiri (Amerika Serikat seringkali mengirimkan wakil paling banyak). Kompetisi ini disiarkan di ESPN, pada waktu kompetisi (kecuali putaran pertama). Makanya, masyarakat dari negara lain, termasuk Indonesia, bisa menonton kompetisi tersebut (jangan-jangan seluruh dunia berminat ikut). Kompetisi ini menggunakan Webster's Third New International Dictionary (Kamus Internasional Ketiga Webster).

Tidak hanya anak-anak saja yang dapat mengikuti kompetisi spelling bee ini. Lansia (orang lanjut usia) pun dapat mengikuti kompetisi serupa, tetapi bukan Scripps National Spelling Bee. Mereka mengikuti AARP Senior Spelling Bee yang diadakan oleh perusahaan AARP. Kompetisi tersebut tidak diselenggarakan di Washington, D.C., tetapi di Cheyenne, Wyoming. Sayangnya, kompetisi tersebut baru bisa diikuti oleh peserta yang berdomisili di Amerika Serikat. Maria Dawson adalah salah satu orang yang memecahkan rekor dalam kompetisi ini, yaitu orang pertama yang memenangkan kompetisi tersebut dua kali berturut-turut.

Kanada[sunting | sunting sumber]

Tidak hanya di Amerika Serikat, di Kanada juga ada kompetisi spelling bee. Yang paling terkenal adalah Spelling Bee of Canada (Spelling Bee dari Kanada), yang diadakan sejak tahun 1987. Lambat laun, pamor kompetisi tersebut pudar dan digantikan oleh kompetisi yang dikelola oleh media dari seluruh Kanada, Canwest Canspell National Spelling Bee, yang dikenal menjadi rivalnya. Seringkali, pemenang dari tahap regional kompetisi tersebut dikirim ke tingkat internasional di Amerika Serikat.

Britania Raya[sunting | sunting sumber]

Sejak tahun 2009, The Times Spelling Bee diadakan bagi seluruh siswa di seantero Britania Raya. Kompetisi tersebut diadakan oleh salah satu harian terkenal di sana, The Times. Bedanya, kalau spelling bee pada umumnya bersifat individual, kompetisi yang satu ini bersifat kelompok, yaitu semua sekolah akan dipertandingkan, mulai dari tingkat regional hingga tingkat internasional (karena se-Britania Raya). Kontestan (sekolah) yang mendapatkan poin tertinggi akan menjadi juara (jika menjadi juara di tingkat regional, mereka akan maju ke babak selanjutnya).

India[sunting | sunting sumber]

Di India, spelling bee diadakan secara internasional. Kompetisi tersebut bernama MaRRS International Spelling Bee. Pesertanya adalah 60 siswa dari India dan 60 siswa dari negara lain (biasanya Timur Tengah) yang mengikuti penjaringan terlebih dahulu. Tidak melalui penjaringan pada umumnya, tetapi ada 3 putaran menulis dan 1 putaran lisan. Nilai tertinggi dari 3 putaran menulis tersebut (kemungkinan) akan lolos ke babak lisan. Di situlah, kemampuan mereka diadu. Jika ada 1 orang di panggung dan mengeja dengan benar, maka ia ditetapkan sebagai juara. Sebetulnya, kompetisi ini adalah kompetisi tingkat internasional yang diadakan di seluruh Asia. Apakah Indonesia berminat mengikuti kompetisi ini?

Indonesia[sunting | sunting sumber]

Spelling bee mulai diadakan di Indonesia sejak tahun 2003, dimana saat itu siswa EF bertarung untuk menjadi juara. Pada akhirnya, tahun 2006, diadakan kompetisi spelling bee dengan skala yang lebih besar, yaitu mulai dari tingkat regional (setiap cabang EF di seluruh Indonesia akan mengadakan kompetisi tersebut), dan kemudian tingkat nasional yang diadakan di Jakarta. Peraturan pada tahun 2006 hingga 2008 mengatakan bahwa, para peserta harus menghadapi sekali tes tulis untuk babak penyisihan, dan jika lolos, mereka akan lolos ke babak perempatfinal yang juga tes tulis. Kemudian, jika lolos ke babak semifinal, mereka harus memencet bel dan menjawab setelah kata dibacakan (dan itu rebutan). Siapa yang mendapatkan nilai tertinggi akan maju ke babak final dengan peraturan yang sama (perbedaannya adalah nilai tertinggi pertama menjadi juara pertama, yang tertinggi kedua menjadi juara kedua, dan yang tertinggi ketiga menjadi juara ketiga). Kemudian, pada tahun 2009, peraturan berubah drastis. Yaitu, peserta harus mengikuti tes tulis pada babak penyisihan. Kemudian, setengah dari jumlah kontestan tersebut akan maju ke babak semifinal dan dilaksanakan secara tertulis. 15 peserta terbaik akan lolos ke babak final. Di babak final itu, peraturan lain lagi. Yaitu, setiap peserta akan mengambil satu gulungan kertas (atau bola) dari kotak yang disediakan panitia. Peserta membacakan nomor tersebut dan pronouncer akan membacakannya. Sayangnya, waktu mengeja tetap, yaitu 15 detik, dan lebih disayangkan lagi, kita tidak bisa menanyakan definisi dari kata tersebut (siswa kelas 1 sampai 3 SD kadang kebingungan). Jika peserta salah mengeja, peserta tidak mendapatkan poin, sedangkan jika benar, akan mendapatkan 1 poin. Seperti biasanya, nilai tertinggi pertama menjadi juara pertama, tertinggi kedua menjadi juara kedua, dan tertinggi ketiga menjadi juara ketiga. Jika ada nilai yang sama, untuk menentukan pemenangnya diadakan babak tambahan dengan aturan yang sama seperti babak final.

Spelling bee tingkat nasional[sunting | sunting sumber]

Peserta kompetisi spelling bee yang mempersiapkan diri dengan serius pasti mempelajari semua aspek dalam suatu kata, termasuk diantaranya adalah asal mula kata tersebut. Pastinya, itu berguna untuk mengeja kata-kata yang lebih sulit dan menantang (termasuk kata-kata paling panjang di dunia, siapa bisa mengeja?). Seringkali, mereka mempelajari materi tersebut dari bahan yang diberikan oleh panitia Scripps National Spelling Bee, ataupun materi dari sumber lain (misalnya internet).

Publikasi pertama yang berisi bahan untuk kompetisi berjudul "Words for the Champion" (Kata-kata untuk Sang Juara). Lambat laun, judul publikasi tersebut berubah menjadi "Paideia", yang versi audio-nya bisa diunduh dari internet. Sejak tahun 2007, judul buklet publikasi berubah menjadi "Merriam-Webster Spell It!" yang digunakan hingga sekarang. Buklet tersebut berisi sekitar 1150 kata dari beberapa asal kata berbeda (911 kata biasa dan sisanya kata yang menantang).

Consolidated Word List (Daftar Kata yang Teratur) juga digunakan para calon peserta untuk mempersiapkan diri menghadapi kompetisi ini. Disusun oleh panitia Scripps National Spelling Bee dan juga disebarkan melalui internet. Di sumber tersebut, tercantum beberapa kata yang sering keluar dalam ajang tersebut.

Peserta spelling bee juga mencari sumber lain, termasuk buku, salah satunya adalah buku yang berisi daftar kata dan strategi dalam menghadapi spelling bee, diterbitkan oleh Hexco Academies. Internet juga sering menjadi referensi para peserta untuk berlatih menjelang kompetisi.

Spelling bee tingkat sekolah[sunting | sunting sumber]

Di sekolah, lomba spelling bee sering diadakan, seringkali dalam rangka Bulan Bahasa. Mulai dari TK hingga SMP, mengadakan kompetisi ini, apalagi SMA.

Dalam kultur lain[sunting | sunting sumber]

Televisi[sunting | sunting sumber]

  • Ada salah satu acara televisi dari Britania Raya yang berjudul "Spelling Bee", disiarkan mulai 31 Mei 1938. Acara tersebut adalah acara pertama yang menghadirkan spelling bee. Kontestan dari acara tersebut mayoritas artis. Bukan hanya itu saja, acara tersebut adalah acara televisi yang menghadirkan permainan pertama di dunia.[3]
  • Ada acara televisi yang berbentuk permainan juga, ditayangkan oleh televisi kabel Black Family Channel, berjudul "Thousand Dollar Bee". Acara tersebut adalah acara yang mayoritas pesertanya anak-anak dan cara permainannya seperti spelling bee.[4][5]
  • Acara televisi pada tahun 2004, berjudul "The Great American Celebrity Spelling Bee" (Spelling Bee Luar Biasa untuk Artis), diadakan oleh 4 tim dari 4 selebriti yang bermain untuk amal. Dalam acara ini juga hadir Samir Patel, kontestan Scripps National Spelling Bee yang pernah menjadi juara 2 bersama Aliya Deri.
  • 5 episode dari acara televisi yang disiarkan ESPN, "Cheap Seats" (Tempat duduk murah), yang menayangkan spelling bee tahun 1994 sampai 1997 beserta analisis-nya.
  • Acara permainan yang disiarkan oleh NBC, "The Singing Bee", yang mengadopsi sistem spelling bee, perbedaannya adalah, kalau Singing Bee itu menyanyi, hampir sama seperti acara Happy Song di Indosiar, sedangkan kalau spelling bee mengeja.
  • Spelling Bee, salah satu tema dari salah satu komedi sketsa "Saturday Night Live", dimana Will Forte, mengirimkan 75 huruf berisi ejaan salah kata "business" (bisnis), sampai ada 12 kali huruf q tanpa berhenti.

Acara televisi fiksional[sunting | sunting sumber]

  • Pada tahun 1876, puisi yang dibuat Bret Harte berjudul "The Spelling Bee of Angels" (Spelling Bee untuk Para Malaikat), menceritakan tentang kontes spelling bee yang diselenggarakan di kamp para penambang.
  • Fitur tentang spelling bee muncul di salah satu acara televisi "Little Town on the Prairie" (Kota kecil di Padang Rumput), disutradarai oleh Laura Ingalls Wilder, dimana 'Pa' merupakan "mantra bawahnya."
  • Salah satu acara televisi Brazil, disiarkan oleh Globo, dibawakan oleh presenter TV terkenal di sana, Luciano Huck. Di acara tersebut, para peserta (biasanya para artis), dintantang untuk mengeja kata-kata (dalam bahasa Portugis). Acara tersebut dinamakan Caldeirão do Huck yang disiarkan sejak tahun 2007.
Episode salah satu televisi fiksional[sunting | sunting sumber]
  • Salah satu episode dari acara "Friends" (Sahabat), yang berjudul "TOW The Late Thanksgiving" (Seret Thanksgiving yang Terlambat), yang menceritakan bahwa Rachel berbohong kepada Ross bahwa ia telah mengikuti kejuaraan spelling bee.
  • "I'm Spelling as Fast as I Can" (Saya mengeja secepat yang saya bisa), yang merupakan salah satu episode dari serial kartun "The Simpsons".
  • Salah satu episode dari acara televisi "The Proud Family" (Keluarga yang berbangga), berjudul "Spelling bee"
  • Salah satu episode dari acara televisi "Roseanne", berjudul "Aliens" (Sekumpulan alien).
  • Salah satu episode dari acara televisi "Psych", berjudul "Spellingg Bee".
  • Salah satu episode dari acara televisi "Hey Arnold!", berjudul "Spelling Bee".
  • Salah satu episode dari acara televisi "My Name is Earl" (Nama saya Earl), berjudul "The Professor" (Seorang profesor).
  • Salah satu episode dari acara televisi "South Park" (Taman sebelah Selatan), berjudul "Hooked on Monkey Phonics" (Ketagihan suara Monyet).
  • Salah satu episode dari acara televisi "According to Jim" (Berdasarkan (pernyataan) Jim), berjudul "Spelling Bee"
  • Salah satu episode dari acara televisi "Full House", berjudul "Spellbound".
  • Salah satu episode dari acara televisi "Ned's Declassified School Survival Guide" (Petunjuk Penyelamatan Sekolah yang Tidak Terklasifikasi milik Ned), berjudul "Sick Days & Spelling Bees" (Hari Sakit & Spelling Bee)
  • Salah satu episode dari acara televisi "Mr. Belvedere" (Tuan Belvedere), berjudul "The Spelling Bee".
  • Salah satu episode dari acara televisi "The Suite Life of Zack and Cody (Hidup yang Cocok antara Zack dan Cody), berjudul "Neither a Borrower nor a Spelling Bee" (Bisa saja pinjaman, bukan spelling bee).
  • Salah satu episode dari acara televisi "Drawn Together" (Digambar bersama), berjudul "Spelling Applebee's".
  • Salah satu episode dari acara televisi yang dipublikasikan oleh CBC, yaitu "The Red Green Show" (Acara hijau-merah), dengan judul "The Spelling Bee".
  • Salah satu episode dari acara televisi "Frasier", berjudul "War of the Words" (Perang Kata).
  • Salah satu episode dari acara televisi "Family Guy" (Orang keluarga), berjudul "Tales of a Third Grade Nothing" (Cerita tentang ketiadaan kelas tiga) dan "Mr. Griffin Goes To Washington" (Tuan Griffin/Pak Griffin Ke Washington)
  • Salah satu episode dari acara televisi "Grey's Anatomy" (Anatominya Grey), berjudul "The Name of the Game" (Nama dari sebuah Pertandingan), Dr. Shepherd dan Dr. Bailey mengobati juara spelling bee kelas 7 (setara kelas 1 SMP di Indonesia dan setara kelas 2 SMP di Amerika Serikat), membuatnya mengeja salah satu kata untuk menyembuhkan penyakitnya, selama penyembuhan otak (yang sedang bermasalah).

Di film[sunting | sunting sumber]

  • Film yang dibuat pada tahun 1994, "Billy Madison".
  • Terinspirasi dari novel tahun 2001, "Bee Season" (Musim lebah), akhirnya dibuatlah film yang berjudul "Bee Season". Filmnya baru dirilis pada tahun 2005.
  • Film yang dibuat pada tahun 2006, "Akeelah and the Bee" (yang dimaksud Bee di sini adalah Spelling Bee, bukan lebahnya).
  • Film animasi yang dibuat pada tahun 1969, "A Boy Named Charlie Brown" (Seorang anak bernama Charlie Brown).
  • Pada tahun 1986, ABC memutar film "The Girl Who Spelled Freedom" (Seorang anak (perempuan) yang mengeja kata perdamaian). Film tersebut menceritakan seorang anak yang berasal dari Kamboja mengikuti kejuaraan spelling bee.[6]
  • Film dokumenter yang dibuat pada tahun 2002, berjudul "Spellbound", yang menceritakan tentang beberapa juara spelling bee tingkat nasional. Film tersebut menjadi nominasi Academy Award kategori dokumenter.
  • Salah satu adegan dalam film "Mean Girls", yang menunjukkan bahwa seorang perempuan mengeja kata 'xylocarp'.

Dalam pementasan teater[sunting | sunting sumber]

Di literatur[sunting | sunting sumber]

Kritik dan alternatif[sunting | sunting sumber]

Ternyata, kompetisi ini mengundang kritik dari berbagai elemen masyarakat.[oleh siapa?] Salah satu orang mengatakan bahwa spelling bee hanya fokus di mengeja dan tidak menjelaskan apa makna, definisi, dan asal dari kata yang disebutkan pronouncer untuk peserta.[butuh rujukan] Biasanya, dalam penyelenggaraan spelling bee tingkat nasional, lebih banyak kata-kata yang sering dipakai masyarakat daripada kata-kata yang terbilang susah nan panjang. Pemerhati Spelling mengadakan protes, bersamaan dengan digelarnya Spelling Bee tingkat Nasional. Dalam orasi tersebut, organisasi itu mengatakan bahwa sepatutnya Bahasa Inggris lebih dikembangkan.

Maka dari itu, beberapa acara TV yang berkaitan dengan spelling bee berhenti menyiarkan acara tersebut dengan alasan yang sama:

  • Acara "Win With Words" (Menang dengan kata), yang disiarkan oleh GSN, dan The Princeton Review, dihentikan penyiarannya tanpa alasan yang jelas, dan pada kenyatannya, salah satu perusahaan yang mensponsori acara tersebut dibeli oleh perusahaan yang lain.
  • "National World Power Challenge" (Tantangan Kekuatan Dunia tingkat Nasional), yang diselenggarakan oleh majalah Reader's Digest, tidak diselenggarakan lagi sejak musim 2007/2008, akibat program tersebut dibeli oleh perusahaan yang lain. Masa depan program ini masih dibicarakan.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "RTÉ Television - The View". Rte.ie. 2003-10-07. Diakses 2010-10-26. 
  2. ^ [3], noun Merriam-Webster: bee [3]
  3. ^ "Spelling Bee (1)". UKGameshows. Diakses 2010-10-26. 
  4. ^ "Thousand Dollar Bee" (2004)
  5. ^ “”. "1000 Dollar Bee". Youtube. Diakses 2010-10-26. 
  6. ^ The Girl Who Spelled Freedom (1986) (TV)

Pranala luar[sunting | sunting sumber]