Scripps National Spelling Bee

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Scrippsspellingbee.jpg

Scripps National Spelling Bee (dulu disebut Scripps Howard National Spelling Bee dan sering disebut sebagai National Spelling Bee) adalah kompetisi mengeja tertinggi yang diadakan di Amerika Serikat, dengan peserta yang juga berasal dari negara lain. Kompetisi ini dijalankan oleh basis organisasi nirlaba yang dijalankan oleh The E.W. Scripps Company dan dihelat seminggu setelah Hari Peringatan, biasanya diadakan di Gaylord National yang terletak di Oxon Hill, Maryland, Amerika Serikat. Biasanya, kompetisi ini terbuka untuk seluruh pemenang kompetisi mengeja lokal yang diadakan sponsor di Amerika Serikat. Lambat laut, kompetisi mulai diikuti berbagai negara, yaitu Kanada, Meksiko, Jamaika, Selandia Baru, Guam, U.S. Virgin Islands, Samoa Amerika, Ghana, Benua Eropa (khususnya Jerman), Korea Selatan, Bahama, dan Arab Saudi. Peserta dari luar Amerika Serikat harus menjadi juara tingkat nasional setempat. Sejak tahun 1994, ESPN menyiarkan putaran-putaran terakhir kompetisi, dan sejak 2006, disiarkan pula putaran-putaran awal dan babak final disiarkan langsung oleh ABC.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Kompetisi ini dimulai pada tahun 1925 sebagai konsolidasi dari kompetisi mengeja terkenal di sana yang diadakan oleh The Courier-Journal di Louisville dan memiliki 9 peserta. Kemudian, E.W. Scripps Company mengambil hak kompetisi ini. Kompetisi ini diadakan pada akhir Mei atau awal Juni setiap tahun. Peserta adalah siswa yang belum lulus SMP (di sana kelas 8), mencapai usia ke-15, belum pernah memenangi National Spelling Bee. Tujuannya adalah untuk membetulkan budaya mengeja anak dan memperkaya kosakata dan pengetahuan tentang bahasa Inggris.

Serangga lebah telah menjadi ikon kompetisi ini selama bertahun-tahun. Sebetulnya, kata bee dalam konteks ini tidak ada hubungannya dengan serangga lebah. Yang dimaksud dengan bee di sini adalah "perkumpulan" dimana orang sering berkumpul bersama untuk suatu aktivitas,[1] dan seringkali kata ini sering dihubungkan dengan been.[2]

Kompetisi ini merupakan kompetisi pendidikan terbesar dan terlama yang diselenggarakan oleh organisasi nirlaba E.W. Scripps Company dan 288 sponsor di Amerika Serikat, Eropa, Kanada, Selandia Baru, Guam, Jamaika, Puerto Riko, Kepulauan Virgin Amerika Serikat, dan Samoa Amerika.

Ketersediaan sponsor terbatas dan biasanya para peserta disponsori oleh media (koran harian atau mingguan) yang disajikan dalam Bahasa Inggris di seluruh dunia. Setiap sponsor menyelenggarakan seleksi di komunitasnya dengan kerjasama dengan sekolah yang berada di sana: baik publik, privat, sewaan, parokial, virtual, dan home schools.

Semua sekolah harus mendaftar untuk memastikan semua siswanya dapat berpartisipasi dan mendapatkan materi yang dipergunakan untuk jalannya kompetisi ini. Selama pendaftaran, koordinator seleksi tingkat sekolah menerima susunan acara dan peraturan kompetisi lokal.

Buku panduan untuk persiapan juga dipublikasikan secara daring.[3]

Juara dari setiap kompetisi lokal akan melaju ke Scripps National Spelling Bee yang diadakan di Washington, D.C.

Sistem[sunting | sunting sumber]

Kualifikasi Regional[sunting | sunting sumber]

Untuk berpartisipasi di Scripps National Spelling Bee, seorang peserta wajib memenangi kualifikasi regional. Setiap kawasan dapat membuat aturan sendiri untuk babak ini. Biasanya, aturan setiap kawasan tidak sama dengan aturan dalam kompetisi ini.

Kebanyakan sekolah dan kompetisi regional (biasanya diketahui Scripps sebagai kompetisi lokal) menggunakan buku panduan resmi. Sampai tahun 1994, buku panduan ini berjudul "Words of the Champions" (Kata untuk Para Juara). Kemudian, sampai tahun 2006, judul buku berganti nama menjadi "Paideia" dan rekaman suaranya dapat diunduh secara daring, sebelum pada tahun 2007 diubah menjadi "Merriam-Webster Spell-It!" yang berisi lebih dari 701 kata. Buku tersebut diterbitkan oleh Merriam-Webster yang bekerjasama dengan panitia. "Spell It!" berisi kurang lebih 1150 kata, yang dibagi berdasarkan asal bahasa, dan di setiap halaman ada berbagai latihan. Buku panduan ini diperbarui setiap tahunnya. Untuk tingkat sekolah sampai tingkat regional, biasanya panitia menggunakan School Pronouncer's Guide yang di dalamnya terdapat koleksi kata dari "Spell It!" dan juga kata-kata "kejutan" yang tidak didapatkan di buku tersebut, tetapi di kamus resmi kompetisi, Webster's Third New International Dictionary, Unabridged.

Setiap sponsor kualifikasi regional mendapatkan Sponsor Bee Guide yang dibuat oleh panitia. Ada dua volume, dimana setiap volume terdapat kata dari "Spell It!" dan kata-kata "kejutan". Biasanya, banyak sponsor tidak memakai kata-kata dari "Spell It!" agar dapat diakui secara resmi.

[sunting | sunting sumber]

Untuk berpartisipasi di tingkat nasional, peserta harus mendapatkan sponsor. Scripps memiliki lebih dari 288 sponsor (banyak diantaranya media koran) dari Amerika Serikat, Bahama, Selandia Baru, dan Benua Eropa yang mencakup wilayah yang cukup luas dan mengadakan kompetisi regional mereka untuk mengirimkan perwakilan mereka ke ajang ini.

Format Kompetisi[sunting | sunting sumber]

Putaran Pertama[sunting | sunting sumber]

Sebelumnya, Putaran Pertama diadakan secara lisan. Kemudian, diadakan dengan sistem tulis dengan pembaca kata membacakan kata dan keterangannya, kemudian peserta menuliskannya di lembar jawaban yang telah disediakan. Jumlah kata dalam putaran ini adalah 25 kata. Peserta dengan nilai tertinggi akan lolos ke putaran berikutnya.

Sistem sekarang lebih modern dengan diadakannya tes secara elektronik melalui media komputer, dengan pembaca kata sekarang Jacques Bailly membacakan kata beserta keterangannya. Setiap peserta mendapatkan 50 kata dan 25 kata diantaranya dimasukkan ke dalam nilai yang mereka dapat. Putaran ini diselenggarakan pada hari pertama kompetisi, dengan waktu yang tidak terbatas.

Akan tetapi, dengan sistem yang sekarang, peserta tidak boleh mengambil tes di waktu yang sama dan tidak boleh membocorkan kata yang mereka dapat di putaran ini kepada siapapun.

Setiap kata yang dieja dengan benar akan mendapatkan satu poin.

Putaran Kedua[sunting | sunting sumber]

Putaran ini merupakan putaran lisan, dimana setiap peserta mendapatkan kesempatan untuk mengeja 1 kata. Jika sebuah kata dieja benar, maka peserta akan mendapatkan 3 poin dan dijumlahkan dengan poin di Putaran Pertama. Kata-kata di putaran ini diambil dari kamus resmi kompetisi Webster's Third New International Dictionary, Unabridged. Sejak tahun 2009, putaran kedua berkolaborasi dengan putaran ketiga untuk babak penyisihan. Sedangkan sejak tahun 2010, sumber kata adalah panduan yang dipelajari peserta dan dibagikan beberapa saat sebelum kompetisi.

Putaran Ketiga[sunting | sunting sumber]

Putaran ini merupakan putaran lisan. Sebelum tahun 2009, putaran ini merupakan putaran pertama babak semifinal. Setiap peserta mengeja satu kata yang bersumber dari Spell It! (buku panduan resmi) atau daftar kata tambahan yang dibagikan kepada peserta. Seperti Putaran Kedua, peserta akan mendapatkan 3 poin jika mengeja sebuah kata dengan benar. Juri akan menjumlahkan poin yang didapat peserta dari putaran pertama hingga putaran ketiga. Jumlah poin jika peserta mengeja semua kata dengan benar adalah 31. 50 peserta dengan nilai tertinggi akan melaju ke babak semifinal.

Putaran Keempat[sunting | sunting sumber]

Dimulai dari Putaran Keempat, seluruh peserta berkompetisi di babak semifinal. Sistem kali ini berbeda, yaitu peserta yang salah mengeja langsung tereliminasi. Peserta mendapatkan kesempatan untuk mengeja satu kata dan jika benar, peserta lolos ke putaran berikutnya. Perlu diingat bahwa putaran ini merupakan putaran lisan.

Kata-kata dari Putaran Pertama hingga putaran terakhir merupakan kata-kata dari kamus, digunakan sejak bergulirnya kompetisi ini pertama kali pada tahun 1925, termasuk daftar kata yang dibuat oleh Scripps – berjudul Consolidated Word List. Daftar kata ini terbagi dalam 3 kelompok yaitu: tidak sering keluar (Words Appearing Infrequently), tidak terlalu sering keluar (Appearing with Moderate Frequency), dan sering keluar (Words Appearing Frequently). Hampir 800 halaman dengan 24.000 kata di dalamnya. Daftar kata tersebut merupakan daftar kata yang didesain khusus bagi peserta yang "ahli" kata-kata dari Spell It!. Meskipun daftar kata tersebut tidak lagi tersedia di situs resmi Scripps, daftar kata tersebut bisa diunduh di mana-mana melalui internet dan sangat membantu bagi para peserta yang mempersiapkan diri menuju Putaran Pertama ataupun Putaran Keempat.

Sisanya[sunting | sunting sumber]

Semua peserta berkompetisi hingga salah satu peserta keluar sebagai juara. Jika hanya tersisa satu peserta, peserta yang masih bertahan tersebut harus mengeja kata-kata dengan benar untuk dapat menjadi juara. Jika salah, maka semua peserta yang masih bertahan di putaran terakhir akan kembali maju untuk memulai putaran baru. Jika jumlah peserta di sebuah putaran tersisa dua atau tiga, maka pembaca kata akan mengalihkan daftar kata menjadi kata di bagian Championship Words. Dan jika semua peserta mengeja total 25 kata dalam daftar itu dengan benar, maka mereka akan keluar menjadi juara bersama.

Peraturan putaran lisan[sunting | sunting sumber]

Sebelum 2004, peserta tidak diperbolehkan untuk mengeja hingga pembaca kata menyatakan bahwa kata telah dibacakan dan dijelaskan oleh peserta; bisa saja pembaca kata memaksa peserta untuk mengeja. Sejak tahun 2004, peserta diperbolehkan untuk bertanya tentang informasi dari kata yang mereka dapatkan. Pertanyaan yang dapat mereka tanyakan adalah:

  • Definisi
  • Asal bahasa
  • Jenis kata
  • Pengucapan alternatif
  • Contoh kalimat
  • Akar kata

Sebuah bel berbunyi jika waktu berpikir peserta telah habis dan juri memberitahukan bahwa Finish Time akan dimulai. Peserta dapat melihat sisa waktu dari 30 detik; tidak boleh ada perangkat waktu lainnya. Peserta bisa saja tidak bertanya kepada pembaca kata, tetapi wajib mengeja. Peserta yang mengeja melebihi batas waktu akan tereliminasi. Juri tidak boleh mengakui suatu ejaan jika belum selesai dieja. Jika merasa tidak jelas, peserta boleh mengulang kembali ejaan tanpa mengubah huruf yang sebelumnya disebutkan. Jika diubah, maka peserta langsung tereliminasi.

Edisi terbaru[sunting | sunting sumber]

Tahun Keterangan
2008 Kompetisi ke-81
2009 Kompetisi ke-82
2010 Kompetisi ke-83
2011 Kompetisi ke-84
2012 Kompetisi ke-85
'2013 Kompetisi ke-86

Daftar juara[sunting | sunting sumber]

Hadiah[sunting | sunting sumber]

Juara kompetisi ini akan mendapatkan hadiah uang sebesar $30,000 dan mendapatkan piala dari Scripps, tabungan pendidikan sebesar $2,500 dan perpustakaan referensi dari Merriam-Webster, hadiah uang sebesar $3,800 dari Encyclopædia Britannica, dan hadiah uang sebesar $5,000 dari Sigma Phi Epsilon Educational Foundation.

Semua peserta mendapatkan jam (diproduksi oleh TimeCal) dari Scripps, Webster's Third New International Dictionary, Unabridged dalam CD-ROM dari Merriam-Webster, Penghargaan Samuel Louis Sugarman yang berisi tabungan pendidikan $100, dan hadiah uang dari Scripps. Besar hadiah uang tersebut tergantung dengan pencapaian peserta, antara $100 bagi peserta yang tidak lolos ke babak perempatfinal hingga $12,500 untuk peserta yang menjadi juara kedua.

Publisitas[sunting | sunting sumber]

Film[sunting | sunting sumber]

Dokumenter[sunting | sunting sumber]

Film Spellbound dinominasikan sebagai film dokumenter terbaik Academy Awards 2002. Film tersebut menceritakan tentang delapan peserta, termasuk juara 1999 Nupur Lala.

Fiksi[sunting | sunting sumber]

Film Bee Season yang diproduksi tahun 2005 dibuat berdasarkan novel yang dikarang oleh Myla Goldberg. Novel tersebut menceritakan tentang perjuangan seorang perempuan menuju Scripps National Spelling Bee. Ceritanya hampir sama dengan Akeelah and the Bee pada tahun berikutnya, dan pernah dibuat opera berjudul The 25th Annual Putnam County Spelling Bee, yang menceritakan tentang para peserta menjelang National Spelling Bee. Novel yang dirilis tahun 2007, Spelldown, dikarang oleh Karon Luddy, menceritakan perjuangan seorang anak dari tingkat wilayah Shirley County menuju Scripps National Spelling Bee.

Nonfiksi[sunting | sunting sumber]

Buku American Bee yang dikarang oleh James Maguire, menceritakan tentang 5 peserta yang berhasil mencapai babak final kompetisi: Samir Patel, Katharine Close, Aliya Deri, Jamie Ding, dan Marshall Winchester, serta menceritakan sejarah kompetisi.[4]

Lain-lain[sunting | sunting sumber]

Mulai tahun 2011, orang dapat melihat langsung kompetisi dari lokasi penyelenggaraan. Harga tiket bervariasi.[5]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Online Etymology Dictionary
  2. ^ What is the origin of the term spelling bee?
  3. ^ Spell It!
  4. ^ Bruno, Debra (2006-05-28). "Word Nerds: Superbright youngsters who vie to make the best-speller list". Chicago Sun Times. 
  5. ^ http://spellingbee.com/event-ticketing

Bacaan lebih lanjut[sunting | sunting sumber]

  • Gormley, Amelia. Verbomania: Experiencing the National Spelling Bee
  • Maguire, James. American Bee

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Situs media yang berhubungan