Scripps National Spelling Bee 2008

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
George W. Bush dengan juara tahun 2008 Sameer Mishra di Oval Office, 13 Agustus 2008.

Scripps National Spelling Bee 2008 adalah edisi ke-81 dari penyelenggaraan Scripps National Spelling Bee. Kompetisi ini diselenggarakan di Grand Hyatt Ballroom yang terletak di Washington, D.C., Amerika Serikat.

Partisipan[sunting | sunting sumber]

Sebanyak 288 peserta dari berbagai negara mengikuti kompetisi ini, dan merupakan jumlah peserta terbanyak pada saat itu. Ghana merupakan negara Afrika pertama yang mengikuti kompetisi ini, disusul Liberia pada tahun 2010. Berikut ini adalah daftar negara yang mengikuti kompetisi:

Sistem kompetisi[sunting | sunting sumber]

Sistem kompetisi yang dianut tahun ini adalah sistem baru. Putaran pertama dilaksanakan secara tertulis tetapi elektronik. Setiap peserta mendengarkan kata-kata berdasarkan keterangan dari pembaca kata melalui headphone dan peserta mengetiknya melalui keyboard komputer. Peserta tidak boleh mengambil tes di waktu yang sama dan tidak boleh membocorkan kata yang mereka dapat kepada orang lain, karena jika dibocorkan maka peserta akan didiskualifikasi. Setiap kata yang dieja benar di putaran pertama bernilai 1 poin. Peserta mendapatkan 50 kata dan 25 kata diambil nilainya.

Putaran kedua diselenggarakan secara lisan dengan semua peserta bertanding. Kata yang dieja benar di putaran kedua bernilai 3 poin dan akan dijumlahkan dengan nilai putaran pertama. Kurang lebih 100 peserta lolos ke babak perempatfinal. Mulai babak perempatfinal (putaran ketiga), peserta yang salah mengeja akan langsung tereliminasi sampai akhirnya tersisa satu peserta. Jika satu peserta yang bertahan tersebut dapat mengeja kata dengan benar, maka ia keluar sebagai juara.

Alur[sunting | sunting sumber]

Sebanyak 288 peserta mengikuti putaran pertama. Mereka harus bertarung di putaran kedua untuk memperebutkan kurang lebih 90 tempat di babak perempatfinal. Mulai babak perempatfinal, satu demi satu peserta tereliminasi hingga tersisa satu peserta. Berikut ini adalah daftar finalis tahun ini:

Yang lebih menguntungkan lagi, beberapa di antara para finalis salah mengeja di putaran kedua – tetapi mereka lolos melalui bantuan nilai di putaran pertama, termasuk juaranya.[2]

Fakta unik[sunting | sunting sumber]

  • Sidharth Chand merupakan debutan pertama yang masuk ke babak final tahun ini (masuk babak final tahun berikutnya tetapi menduduki peringkat kedelapan) – disusul oleh Jahnavi Iyer dan Austin Pineda pada tahun yang sama (2008).
  • Beberapa saat setelah menjadi finalis kompetisi ini, Scott Remer merilis bukunya yang berjudul "Words of Wisdom" (Kata-kata penuh harapan)
  • Di salah satu putaran babak final, Sameer Mishra salah mengucapkan kata numnah menjadi "numb nuts", dan beberapa saat kemudian mengucapkannya dengan benar. Kesalahan pengucapan tersebut membuat seluruh penonton tertawa.
  • Kavya Shivashankar menjadi peserta pertama yang selalu mencapai final di seluruh partisipasinya (mulai tahun 2006 – peringkat kesepuluh, 2007 – peringkat kedelapan, 2008 – peringkat keempat, 2009 – juara).

Publisitas[sunting | sunting sumber]

Kompetisi ini ditayangkan oleh 3 saluran yang berbeda, yaitu ABC Sports, ESPN360, dan ESPN. Pada tahun ini, ESPN360 menyiarkan babak perempatfinal, ESPN menyiarkan babak semifinal, dan ABC menyiarkan babak final.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Joseph White (2008-05-31). "Indiana boy spells 'guerdon' to win national bee". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2008-06-03. Diakses tanggal 2008-05-31. 
  2. ^ "Scripps National Spelling Bee: Sameer Mishra". 2008-05-31. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2008-08-20. Diakses tanggal 2008-05-31. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]