Scripps National Spelling Bee 2006

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Scripps National Spelling Bee 2006 adalah penyelenggaraan ke-79 dari kompetisi mengeja tertinggi di Amerika, Scripps National Spelling Bee. Dua puluh putaran dibutuhkan untuk menentukan pemenang kali ini. Juaranya adalah Kerry Close dengan mengeja kata Ursprache dengan benar. Juara kedua diraih peserta asal Kanada, Finola Hackett setelah salah mengeja weltschmerz.

Partisipan[sunting | sunting sumber]

Sebanyak 275 peserta dari berbagai negara mengikuti kompetisi ini. Berikut ini adalah daftar negara yang mengikuti kompetisi tahun ini:

Sistem kompetisi[sunting | sunting sumber]

Sistem kompetisi menganut sistem lama, yaitu adanya tes tulis 25 kata. Pembaca kata membacakan kata beserta keterangannya, kemudian dieja peserta di lembar jawaban yang disediakan. Satu kata bernilai satu poin dan digabungkan dengan poin putaran kedua yang bernilai tiga. Peserta dengan nilai tertinggi akan melaju ke babak perempatfinal.

Putaran kedua pada saat itu merupakan putaran lisan. Mulai babak perempatfinal, peserta yang salah mengeja akan langsung tereliminasi sampai menyisakan satu peserta. Satu peserta yang tersisa itu harus mengeja kata terakhirnya dengan benar.

Alur[sunting | sunting sumber]

Putaran pertama dimulai dengan 275 peserta (139 putra dan 136 putri). Kemudian, di putaran kedua, 275 peserta masih berkompetisi untuk memperebutkan tempat di babak semifinal. Terpilihlah kurang lebih 90 peserta untuk melaju ke babak perempatfinal. Mulai babak itulah, pertarungan dimulai. Satu demi persatu peserta tereliminasi, sampai akhirnya tersisa 2 peserta yaitu Finola Hackett dan Kerry Close. Pertarungan ketat di antara mereka pun dimulai sampai berakhir di putaran ke-19. Kerry Close keluar sebagai juara dengan mengeja Ursprache dengan benar.

Kontroversi[sunting | sunting sumber]

Sebuah kesalahan (fatal) terjadi di putaran kedelapan. Saryn Hooks akan mengeja kata hechsher yang berarti dukungan makanan dari rabbi. Akan tetapi, dalam daftar kata yang dipegang dewan juri, ejaannya adalah 'hechscher'. Ejaan yang dieja oleh Hooks malah dibenarkan dan ia lolos ke putaran kesembilan sampai akhirnya menjadi juara ketiga. Padahal seharusnya, Hooks tereliminasi di putaran kedelapan.

Publisitas[sunting | sunting sumber]

ESPN, saluran yang menyiarkan babak final kompetisi sejak tahun 1994, menyiarkan babak penyisihan (CNN menayangkan babak final tahun 1991–1993). Pembawa acaranya adalah Chris McKendry dari acara SportsCenter ESPN, sedangkan untuk ABC pembawa acaranya adalah Robin Roberts dari acara Good Morning America. Sebagai analis dari kedua penyiaran ini adalah Paul Loeffer yang pernah menjadi finalis dalam kompetisi ini. Sedangkan bagian reporter diisi oleh Chris Conelly. ESPN dan ABC juga menyiarkannya dalam resolusi tinggi