Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti Jakarta

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti telah berkiprah di dunia pendidikan dan pariwisata sejak tahun 1969 merupakan perguruan tinggi swasta pertama yang menyelenggarakan program Diploma IV di Indonesia dengan gelar "Sarjana Sains Terapan" (SST.)

Dengan lebih dari 5000 alumni yang telah menyebar ke berbagai industri baik di tanah air maupun mancanegara, ini merupakan akses kuat dalam turut memperluas kesempatan dan peluang karier di industri pariwisata yang kompetitif.

Sejarah Singkat[sunting | sunting sumber]

  • 2 Juni 1969 Didirikan dengan nama Akademi Perhotelan dan Kepariwisataan Trisakti dengan Direktur pertama Bp. Mulyanto Sindu Dharmoko, SE. Berlokasi Ruang Kuliah Ex-ATELINDO-Grogol.
  • 1973 Lokasi kuliah dipindahkan ke kampus A-USAKTI
  • 1973 Lokasi kuliah dipindahkan ke kampus A-USAKTI
  • 1974 Memperoleh Status Terdaftar berdasarkan SK. No. 268/0/1981 tertanggal 23 April
  • 27 Juli 1985 Berubah nama menjadi Akademi Pariwisata Trisakti-
  • 17 Maret 1986 Mendapatkan penghargaan sebagai Akademi Pariwisata Terbaik se-KOPERTIS Wilayah III
  • September 1987 Lokasi Kampus dipindahkan dari kampus USAKTI-Grogol ke Jln. IKPN Tanah Kusir Bintaro Jakarta Selatan
  • 3 Desember 1988 Peresmian Kampus D-Bintaro oleh ENPARPOSTEL, Bp. Soesilo Soedarman
  • 21 Juni 1989 Akademi Pariwisata Trisakti memperoleh Status Disamakan berdasarkan SK. No. 0383/0/1989
  • 1994 Memperoleh sertifikat penghargaan Adikarya Wisata Tingkat DKI dan Nasional
  • 1995 Memperoleh sertifikat penghargaan Adikarya Wisata I
  • 1996 Memperoleh sertifikat penghargaan Adikarya Wisata II
  • 10 April 1997 Akademi Pariwisata Trisakti membangun gedung baru (B) yang peresmiannya dilakukan

oleh MENDIKBUD Prof. Dr. Ing. Wadirman Djojonegoro

  • 15 Juni 1999 Perubahan bentuk Akademi Pariwisata Trisakti menjadi Sekolah Tinggi Pariwisata

Trisakti SK No102/D/0/1999.

  • 30 Agustus 2001 Izin Operasional Program Diploma I didapatkan dari Dikti
  • 17 September 2009 Izin Operasional Program S2 didapatkan dan mulai menerima mahasiswa pada tahun akademik 2010-2011

Metode Pengajaran[sunting | sunting sumber]

Interaksi proses pengajaran dilaksanakan melalui berbagai metode berikut ini :

1. Perkuliahan teori yang disajikan melalui ceramah, diskusi, seminar, workshop, role-play, sehingga dapat meningkatkan efektifitas pemahaman mahasiswa.

2. Praktek dilakukan di dalam kampus dengan fasilitas yang lengkap dan modern, dan Praktek Kerja Lapangan (On-the-Job Training) di industri. Untuk mahasiswa program studi Perhotelan Praktek Kerja Lapangan dilakukan di hotel-hotel bertaraf internasional, baik di Indonesia maupun di luar negeri seperti Singapura, Malaysia, Belanda, dan Dubai serta di berbagai industri jasa boga seperti restoran, katering atau jasa graha seperti usaha properti. Praktek Kerja Lapangan mahasiswa program studi Usaha Perjalanan Wisata dilakukan di berbagai biro perjalanan atau perusahaan penerbangan domestik maupun asing serta praktik memandu di dalam dan luar negeri.

3. Penelitian ke berbagai obyek pariwisata nusantara untuk melengkapi pengetahuan yang diberikan di kelas guna memperluas pemahaman serta wawasan, mahasiswa terhadap perkembangan yang terjadi di lapangan dan di industri.


Tujuan Pendidikan

Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti sebagai pendidikan formal yang khusus mengelola pendidikan di bidang pariwisata dalam pendiriannya bertujuan :

1. Ikut serta dalam mencerdaskan bangsa menuju kearah terciptanya sistem pendidikan nasional.

2. Menjadi lembaga pendidikan sebagai pusat penggalian, pembinaan, pemeliharaan dan pengembangan ilmu pengetahuan khususnya di bidang kepariwisataan.

3. Menyiapkan para tenaga profesional dengan gelar Ahli Madya Pariwisata (A.Md.Par) dan Ahli Pariwisata (A.Par) yang memiliki kemampuan teoritis dan teknis dalam mengisi lowongan jabatan di tingkat manajerial.

4. Mengisi jabatan di dunia pariwisata termasuk perhotelan yang sampai saat ini masih "meminjam" tenaga kerja asing.


Lama Pendidikan

Lama pendidikan untuk kedua Program Studi di Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti adalah minimal 3 tahun untuk Diploma III dan 4 tahun untuk Diploma IV.


Sistem Pendidikan

1. Implementasi program pendidikan dengan Sistem Kredit Semester (sks) dengan perbandingan teori dan praktik adalah 40:60. Untuk Diploma III, program ditempuh dalam 5 semester di kampus dan 1 semester di industri pariwisata. Sementara untuk Diploma IV, program ditempuh dalam 7 semester di kampus dan 1 semester di industri pariwisata (hingga angkatan 2008); 6 semester di kampus dan 2 semester di industri pariwisata untuk Diploma IV (diberlakukan per angkatan 2009).

2. Program yang ditawarkan adalah jenjang D III dan D IV, yang menekankan pada segi keterampilan dan profesionalisme.

Kerjasama Internasional[sunting | sunting sumber]

Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti telah mengadakan kerjasama internasional dengan:

  • Ecole des Art Culinaires at de L'Hotelier (EACH), Perancis
  • The Australian College of Travel and Hospitality Management (ACTH)- Melbourne, Australia
  • Hotel Management School of Leeuwarden (HMSL) dan Hotel Restaurant Catering (HORECA), Belanda
  • University of Ulster - Northern Ireland, UK
  • University of Curtin - Perth, Australia
  • Disney Worldwide Services Inc - Florida, USA

STP Trisakti Online[sunting | sunting sumber]

STP Trisakti

Pascasasarjana STP Trisakti[sunting | sunting sumber]

Pascasasarjana STP Trisakti

Program Pascasarjana STP Trisakti merupakan Program Pascasarjana Pariwisata PERTAMA yang memperoleh Izin Operasional sejak Ilmu Pariwisata di-sah-kan menjadi ilmu pada tahun 2008 oleh Dirjen Pendidikan Tinggi yang pada saat itu di jabat oleh Prof Fasli Jalal. Program ini dalam pembelajarannya menerapkan metode pembelajaran DUAL MODE yang artinya ada Pembelajaran Tatap Muka dan di dukung dengan Pembejaran Online. Pembelajaran Online dilakukan melalui situs web 3tell dari kepangjangan Trisakti Tourism Electronic Learning Laboratory yang bisa di akses melalui alamat http://3tell.stptrisakti.net/

Program Pendidikan

PROGRAM MAGISTER HOSPITALITI DAN PARIWISATA (M. Par)

Program Pascasarjana STP Trisakti menyelenggarakan Program Magister Hospitaliti dan Pariwisata (M.Par) diperuntukkan bagi lulusan Sarjana (S1) atau yang sederajat dari berbagai disiplin ilmu. Lapangan pekerjaan lulusan M.Par adalah Profesional atau Konsultan hospitaliti dan pariwisata. Untuk itu subyek yang diberikan adalah : 1. Knowledge repository yang dititik beratkan pada Profesionalism meskipun Scientific Thinking, Problem Solving juga tetap dipelajari 2. Information and Communication 3. Beban studi 39 sks

PROGRAM MAGISTER SAINS HOSPITALITI DAN PARIWISATA (M.Si.Par)

Disamping itu Program Pascasarjana STP Trisakti juga menyelenggarakan Program Magister Sain Hospitaliti dan Pariwisata (M.Si.Par) yang diperuntukkan bagi lulusan Sarjana (S1) atau yang sederajat dari berbagai disiplin ilmu. Lapangan pekerjaan lulusan M.Si.Par adalah Dosen, Peneliti, Akademisi, Ilmuwan, Teknokrat, dan Birokrat, Untuk itu subyek yang diberikan adalah : 1. Knowledge repository yang dititik beratkan pada Scientific Thinking, Problem Solving meskipun Profesionalism juga tetap dipelajari 2. Innovation and Improvisation 3. Beban studi 45 sks

Program Studi / Major : Hospitaliti dan Pariwisata / Hospitality and Tourism Bidang Keahlian / Minor 1. Kajian Pemasaran Hospitaliti dan Pariwisata / Hospitality and Tourism Marketing Studies 2. Kajian Sumberdaya Manusia Hospitaliti dan Pariwisata / Hospitality and Tourism Human Resources Studies 3. Kajian Konferensi, Insentif, dan Pameran / Meeting, Incentive, Conference, and Exhibiton Studies 4. Kajian Kuliner Indonesia / Indonesian Culinary Studies 5. Kajian Pariwisata Warisan Budaya Indonesia / Indonesian Heritage and Culture Tourism Studies 6. Kajian Atraksi dan Destinasi Pariwisata / Attraction and Destination Tourism Studies 7. Kajian Lodjing, dan Properti / Lodging and Property Studies


Mylike 18 Oktober 2012 01.31 (UTC)