Universitas Pembangunan Jaya

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Universitas Pembangunan Jaya
Didirikan 2011
Jenis Perguruan Tinggi Swasta
Rektor Prof. Gunawan Tjahjono, M.Arch., Ph.D.
Lokasi Bintaro Jaya Tangerang Selatan
Situs web http://upj.ac.id/

Universitas Pembangunan Jaya (UPJ) adalah perguruan tinggi baru yang didirikan oleh kelompok usaha Pembangunan Jaya dengan Ijin Operasional sesuai dengan Surat Keputusan Menteri Nomor 38/D/O/2011 tanggal 25 Pebruari 2011. Kelompok usaha Pembangunan Jaya memiliki 17 usaha yang bergerak dibidang property, manufaktur, konsultan manajemen, konsultan desain, kontraktor, pariwisata/rekreasi, trading, mekanikal dan elektrikal dan pendidikan. Kelompok usaha Pembangunan Jaya telah mempunyai pengalaman 50 tahun dalam mengelola sektor usaha dan beritikad untuk mengabdikan sebagian dari kegiatan usaha induknya ke pendidikan dalam membangun sumber daya manusia Indonesia yang lebih berkualitas. Itikad ini, telah diwujudkan dengan mendirikan Yayasan Pendidikan Jaya sejak 3 September 1992.

Yayasan Pendidikan Jaya telah menaungi penyelenggaraan pendidikan taman kanak-kanak, pendidikan dasar dan pendidikan menengah yaitu TK/SD/SMP/SMA Sekolah Pembangunan Jaya I di Bintaro sejak tahun 1992, TK/SD/SMP/SMA Global Jaya tahun 1995, dan TK dan SD Sekolah Pembangunan Jaya II di Surabaya sejak tahun 2006. Konsep pendidikan tingkat dasar dan menengah memiliki visi; ‘membentuk insan Indonesia yang gemar belajar, kreatif, mandiri, berbudi pekerti luhur’ . Keunggulan pendidikan yang diselenggarakan oleh Pembangunan Jaya I, II dan Global Jaya adalah kepiawaian para guru dalam (a) mendorong siswa untuk menerapkan nilai-nilai humanis secara nyata dengan mengembangkan kompetensi siswa untuk berani berbicara, kritis, mampu menganalisa, mampu mengemukakan pendapat dan berimajinasi serta memiliki ketrampilan motorik dan seni, (b) menerapkan pendidikan sains melalui pemanfaatan school science center yang mengasah pengetahuan dan ketrampilan di bidang fisika, kimia, biologi, matematika dan sosial sains, (c) menerapkan nilai-nilai entrepreneurship dengan mengembangkan kreativitas, inovasi, kemandirian, dan keberanian mengambil resiko, dan (d) menerapkan konsep sustainable eco development dengan mengembangkan wawasan dan melestarian lingkungan hidup yang baik. Keseluruhan proses pendidikan dasar dan menengah telah membangun sikap/afektif umum yang baik dan sangat dibutuhkan manusia Indonesia.

Pembangunan Jaya (PJ) sadar akan kewajibannya sebagai bagian dari lembaga pendidikan di dalam kehidupan bangsa ini dan dengan pengalaman membangun sumber daya insani melalui pendidikan dasar dan menengah, PJ mempunyai kepercayaan diri untuk melangkah lebih jauh dengan menyelenggarakan perguruan tinggi yang akan diberi nama Universitas Pembangunan Jaya. Induk organisasi PJ merasa sudah waktunya merintis jenis perguruan tinggi yang unik dan sesuai dengan kekuatannya serta berpeluang menciptakan generasi berikut yang mampu mendorong perkembangan kehidupan bangsa ke arah cerdas, kreatif, bermoral, penuh tanggung jawab sebagai warga dan mampu menciptakan lapangan kerja baru.

Keunggulan UPJ[sunting | sunting sumber]

UPJ berorientasi pada keterpaduan dan keseimbangan perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan humaniora untuk peningkatan kualitas hidup manusia yang mandiri, bermoral, bertanggung jawab dan peka terhadap lingkungan. Atas pertimbangan tersebut maka UPJ menentukan ciri khas/keunggulan adalah:

Pembangunan manusia yang Humanis, Berwawasan Lingkungan Berkelanjutan, dan berjiwa kewirausahaan/kepeloporan (Eco-Sustainable-Development and the Spirit of Entrepreneur). Keseimbangan ketiga aspek tersebut akan menghasilkan sebuah pola pembangunan yang berwawasan lingkungan, menguntungkan dan sesuai dengan ekspektasi serta sistem sosial budaya masyarakat. Karenanya, pola pembangunan yang dihasilkan akan lebih adaptif, kreatif dan berkelanjutan.

Rencana Strategis[sunting | sunting sumber]

Universitas Pembangunan Jaya mengemban misi mencerdaskan dan mengembangkan kehidupan bangsa yang berbudi luhur, menjadi pusat pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni, serta ilmu sosial dan kemanusiaan yang unggul dengan menyelenggarakan pendidikan yang bermutu Tinngi, melakukan penelitian dan pengembangan untuk kemajuan dan Kesejahteraan bangsa Indonesia serta kemaslahatan umat manusia. Dan Rencana Strategis Universitas Pembangunan Jaya telah dikembangkan untuk mendukung cita-cita luhur itu semua.

Program Studi[sunting | sunting sumber]

Universitas Pembangunan Jaya memiliki 10 program studi, yaitu:

  1. Akuntansi
  2. Manajemen
  3. Psikologi
  4. Ilmu Komunikasi
  5. Desain Produk
  6. Desain Komunikasi Visual
  7. Teknik Informatika
  8. Sistem Informasi
  9. Teknik Sipil
  10. Aritektur

Kerjasama[sunting | sunting sumber]

Program Studi Akuntansi Universitas Pembangunan Jaya bekerja sama dengan Universitas Indonesia dalam hal penjaminan mutu pengajaran kepada mahasiswanya.

Penyesuaian kurikulum, mulai dari buku teks yang digunakan, silabus dan SAP yang disampaikan kepada mahasiswa, topik-topik sentral yang diangkat, hingga dosen tamu yang diundang dari Universitas Indonesia, merupakan bagian dari bentuk kerja sama dalam upaya menjaga kualitas pengajaran di Program Studi Akuntansi Universitas Pembangunan Jaya.

Tenaga pengajar di program studi Akuntansi UPJ juga diberikan pelatihan yang sama seperti yang diberikan ke dosen-dosen prodi Akuntansi di UI. Dengan demikian Prodi Akuntansi UPJ ingin memastikan bahwa kualitas dosennya tidak lebih rendah dari kualitas dosen-dosen di Prodi Akuntansi UI.

Dalam jangka panjang, akan dirintis juga kerja sama dalam hal sharing facilities, dimana para mahasiswa Prodi Akuntansi UPJ juga dapat memanfaatkan fasilitas dan pelayanan yang diberikan pada mahasiswa Akuntansi UI, seperti perpustakaan, pusat penelitian, laboratorium akuntansi dan lain-lain, sehingga belajar Akuntansi di UPJ tidak akan jauh berbeda dengan belajar Akuntansi di UI.

Jaminan Mutu / Kompetensi[sunting | sunting sumber]

Untuk mekanisme penjaminan mutu, Program Studi Akuntansi bersama dengan program studi lainnya di UPJ, bersama-sama membangun sistem penjaminan mutu internal (SPMI) yang memudahkan pengendalian mutu dari berbagai aspek, seperti materi pelajaran, aktivitas kemahasiswaan, atau pun mutu sarana dan prasarana yang harus disediakan untuk menunjang proses belajar mengajar di UPJ.

Mekanisme penjaminan mutu ini didesain sedemikian rupa, sehingga walau pun personel akademis ataupun personel operasional lainnya diganti dengan orang lain, kualitas pekerjaan yang dihasilkan tidak akan berbeda karena memiliki standar yang sama serta prosedur pelaksanaan yang jelas dan praktis. Dengan demikian, prodi Akuntansi UPJ menjamin mahasiswanya akan menerima pelayanan terbaik selama mereka belajar di UPJ. Kerja sama dengan Universitas Indonesia juga diharapkan akan membantu program studi Akuntansi UPJ dalam menjaga mutu kurikulum dan materi yang disampaikan kepada mahasiswanya.


Pranala luar[sunting | sunting sumber]

  • Situs resmi
  • website : www.upj.ac.id
  • Phone : 021.745 5555