Universitas Surabaya

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Universitas Surabaya
Didirikan 11 Maret 1968
Jenis Perguruan Tinggi Swasta
Rektor Prof. Ir. Joniarto Parung, M.M.B.A.T., Ph.D.
Lokasi Kampus UBAYA Ngagel; Jalan Ngagel Jaya Selatan 169, Surabaya, Indonesia; Telepon: +62-31-298-1100
Situs web www.ubaya.ac.id
Logo ubaya lowres.jpg

Universitas Surabaya (UBAYA) adalah sebuah universitas di Surabaya, Jawa Timur. UBAYA merupakan penerus Universitas Trisakti Surabaya yang didirikan pada tahun 1966. Namanya diganti menjadi Universitas Surabaya pada 1968. Hari jadi UBAYA ditetapkan pada 11 Maret 1968. Universitas ini memiliki tiga kampus, kampus 1 berada di Ngagel, kampus 2 berada di Rungkut, dan kampus 3 berada di Trawas. Kampus 1 lebih difokuskan untuk rektorat dan politeknik, kampus 2 untuk pendidikan S1, dan kampus 3 untuk kegiatan pembelajaran di outdoor.

Universitas ini tercatat dalam 50 Promising Indonesian Universities[1]. Selain itu, Ubaya ranking ke-70 dalam UI Green Matric World University [2]

PROGRAM STUDI[sunting | sunting sumber]

Fakultas Farmasi[sunting | sunting sumber]

Fakultas Farmasi memiliki 3 (tiga) program studi (PS) yaitu: (1) program studi S-1 Farmasi, (2) program studi pendidikan profesi Apoteker, dan (3) program studi S-2 Ilmu Farmasi - minat Farmasi Klinis dengan total mahasiswa aktif sekitar 1200. Sesuai dengan visi-misinya, Fakultas Farmasi menyelenggarakan pembelajaran yang memfasilitasi peserta didik dalam proses pengembangan dirinya menjadi farmasis yang kompeten, memiliki ilmu pengetahuan, ketrampilan profesional, sosial dan komunikasi yang unggul, serta karakter dan perilaku farmasis profesional. Proses pembelajaran dirancang untuk memberikan pengetahuan dan pengalaman praktek dalam bidang kefarmasian yang selalu disesuaikan dengan perkembangan kebutuhan masyarakat dan dunia kerja. Fokus pengembangan saat ini mengarah pada pengembangan bidang Klinis-Komunitas dan bidang Sains-Industri. Pengembangan bidang Klinis-Komunitas difokuskan pada promosi praktek kefarmasian yang berkualitas, layanan yang berpusat pada kepentingan pasien, serta pengobatan yang rasional, sedangkan pengembangan bidang Sain-Industri difokuskan pada pengembangan obat, produk obat, dan kosmetik yang berbasis bahan alam. Untuk itu dikembangkan fasilitas untuk kegiatan kuliah, diskusi, laboratorium untuk kegiatan praktikum dan penelitian, apotek pendidikan, perpustakaan, serta tempat praktek kerja profesi di berbagai apotek, rumah sakit, industri, maupun pemerintahan. Jejaring kerja sama telah dijalin dengan berbagai lembaga dalam negeri maupun luar negeri, diantaranya dengan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), Dinas Kesehatan Propinsi Jawa Timur, Balai Besar BPOM di Surabaya, PT Kimia Farma, berbagai Apotek di Jatim, Rumah Sakit dan Industri Farmasi di Jatim, Jateng, Jabar, DKI Jakarta, dan Bali. Selain menjadi anggota Majelis Asosiasi Pendidikan Tinggi Farmasi Indonesia (APTFI), Fakultas Farmasi UBAYA juga mengembangkan kerjasama dengan berbagai lembaga pendidikan dan penelitian dalam dan luar negeri maupun dengan organisasi profesi farmasi. Pengembangan berbagai fasilitas pembelajaran di kampus, kerjasama dengan berbagai lembaga dalam dan luar negeri dalam kegiatan pembelajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat, apotek pendidikan, serta adanya Pusat Informasi Obat & Layanan Kefarmasian (PIOLK), Pusat Informasi & Pengembangan Obat Tradisional (PIPOT), serta laboratorium pengujian Center for Drug Evaluation & Analysis (C-DEA), ditunjang manajemen berbasis mutu serta transparansi, diharapkan dapat memberikan jaminan kepastian bagi peserta didik maupun masyarakat yang memperoleh layanan tridharma dari Fakultas Farmasi UBAYA.

Fakultas Hukum[sunting | sunting sumber]

Sejak masih bernama Universitas TRISAKTI pada tahun 1966, Fakultas Hukum merupakan salah satu dari tiga fakultas (farmasi, hukum dan ekonomi) yang dimiliki UBAYA. Berdasarkan Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 172/PT/III/1968, tanggal 5 September 1968, Program Pendidikan Tinggi lmu Hukum di Fakultas Hukum UBAYA berstatus Terdaftar. Fakultas Hukum UBAYA telah meniti waktu demi waktu dengan semangat dan tekad bulat mewujudkan tujuan yang digariskan dalam Rencana Induk Pengembangan (RIP) 1976 – 1983, yaitu menghasilkan sarjana hukum yang memiliki kemampuan analitis, keahlian dan ketrampilan di bidang hukum, berkepribadian baik serta berpartisipasi dalam era pembangunan. Dengan diterbitkannya Pola Umum Pengembangan Jangka Panjang UBAYA 1984, sebagai pengganti RIP 1976 – 1983, Fakultas Hukum UBAYA melakukan pemantapan di bidang kurikulum. Sejalan dengan itu, pada tahun akademik 1982 – 1983 penyelenggaraan pendidikan hukum di Fakultas Hukum UBAYA dilaksanakan dengan Sistem Kredit Semester. Pada tanggl 18 Februari 1985, berdasarkan Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 071/O/1985, Fakultas Hukum UBAYA memperoleh status Diakui. Selanjutnya, pada tanggal 8 September 1986, dengan Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudyaan Republik Indonesia Nomor 0611/O/1986, Fakultas Hukum UBAYA memperoleh status akreditasi Disamakan untuk 6 jurusan, yakni :

  • Jurusan Hukum Perdata
  • Jurusan Hukum Pidana
  • Jurusan Hukum Administrasi Negara
  • Jurusan Hukum Tata Negara
  • Jurusan Hukum Internasional

Fakultas Bisnis dan Ekonomika[sunting | sunting sumber]

Fakultas Bisnis dan Ekonomika (FBE) UBAYA merupakan salah satu fakultas tertua di UBAYA yang berdiri sejak 1968 dengan nama Fakultas Ekonomi (FE) pada awal pendiriannya. Perubahan nama FE menjadi FBE diresmikan mulai tahun 2009 untuk menyesuaikan diri dengan standar internasional untuk sekolah bisnis. Hingga saat ini jumlah alumni FBE UBAYA telah mencapai lebih dari 15,000 orang yang berkarir di sebagai profesional di sektor swasta, pengusaha, akademisi, dan pemerintahan. Kurikulum (desain materi kuliah dan proses pembelajaran) di FBE UBAYA telah berstandar internasional dan mendapatkan pengakuan di berbagai sekolah bisnis terkemuka di Eropa, Amerika, dan Asia. Mahasiswa dapat memilih program reguler atau program internasional dengan pilihan double- degree. Selama menempuh pendidikan di FBE UBAYA, mahasiswa juga dapat mengikuti kuliah di beberapa perguruan tinggi mancanegara yang menjadi mitra UBAYA selama satu/dua semester untuk kemudian nilainya ditransfer ke UBAYA. Mitra internasional FBE UBAYA adalah:

  • Harvard University, US
  • University of Pennsylvania, US
  • Beijing Normal University, China
  • California State University-East Bay, US
  • Flinders Business School, Australia
  • Grenoble Ecole de Management, France
  • Guangxi University, China
  • Handelshochscule Leipzig, Germany
  • Ho Chi Minh City Open University,Vietnam
  • Rotterdam Business School, The Netherlands
  • Maastricht School of Management, The Netherlands
  • University de La Rochelle, France
  • University of Northern Iowa, US
  • Woosong University, South Korea
  • Zhejiang Gongshang University, China
  • Kim Il Sung University, North Korea

Kerjasama yang telah dikembangkan selama ini mencakup berbagai program seperti pertukaran mahasiswa dan staf pengajar, Study Abroad Programme, Double Degree Programme, Visiting Professorship, penelitian bersama dan penulisan bersama jurnal internasional, studi banding, seminar, workshop, conference dan kegiatan-kegiatan lain berskala internasional. Kerjasama ini memberikan kesempatan pada mahasiswa UBAYA untuk berinteraksi dan belajar dalam lingkungan internasional di kampus UBAYA sendiri. Program-program yang ditawarkan meliputi program reguler dan program internasional. Metode pembelajaran berupa diskusi, seminar, studi kasus, praktek lapangan, simulasi, company/factory visit, dan ceramah. Secara periodik materi dan metode pembelajaran dievaluasi dan disempurnakan dengan melibatkan pengajar serta para praktisi bisnis, pengguna lulusan dan alumni. Masa studi normal adalah 8 semester. Untuk mahasiswa yang berprestasi baik, dapat menyelesaikan studi dalam waktu 6/7 semester. Program-program tersebut terdiri dari: Program reguler:

  • Perbankan dan Investasi
  • Bisnis Internasional
  • Keuangan Korporat
  • Pasar Modal
  • Manajemen Pemasaran (Marketing)
  • Manajemen Layanan dan Pariwisata
  • Manajemen Jejaring Bisnis
  • Manajemen Sumber Daya Manusia dan Organisasi
  • Akuntansi

Program Internasional :

  • International Business Networking / IBN (single degree dan double degree)
  • Professional Accounting / PA (single degree dan double degree)

Fakultas Psikologi[sunting | sunting sumber]

Tanggal 30 Oktober 1984 terbit Keputusan Mendikbud RI Nomor 0511/O/1985 yang antara lain berisi pengesahan Jurusan pada Fakultas Psikologi Universitas Surabaya, namun yang kemudian dicabut dan diganti dengan Keputusan Mendikbud RI Nomor 0395/O/1986 pada 23 Mei 86 tentang Penyesuaian Jalur, Jenjang, dan Program Pendidikan serta Penataan Kembali nama Unit, Jurusan/Program Studi Status Terdaftar pada PTS dalam Lingkungan Kopertis Wilayah VII. Keputusan kemudian berubah dengan terbitnya status Diakui dari SK. Dirjen Dikti Nomor 62/DIKTI/KEP/1993 tanggal 29 Januari 1993, status Disamakan dengan SK. Dirjen Dikti Nomor 386/DIKTI/KEP/1996 tanggal 19 Juli 1996 dan terakreditasi A berdasarkan Nomor SK-BAN PT DEPDIKBUD RI Nomor 002/BAN-PT/Ak-III/XII/1998 tanggal 22 Desember 1998. Terakhir Fakultas Psikologi dapat mempertahankan Akreditasi A, berdasarkan Nomor 035/BAN-PT/Ak-VII/S1/VIII/2004 tanggal 23 Agustus 2004. Saat ini fakultas psikologi telah memiliki 5 gedung besar (PA, PB, PC, PD, dan sebagian PE), dengan jumlah dosen tetap 38 orang yang memiliki kualifikasi akademik yang baik. Perkembangan sumbangan TRI DHARMA PENDIDIKAN TINGGI (pengajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat) makin luas dan berarti di masyarakat. Kita perlu bercermin pada perjalanan sejarah psikologi UBAYA. Betapa usaha, perjuangan dan kecintaan terhadap Psikologi UBAYA telah mengembangkan Psikologi UBAYA menjadi seperti ini.

Fakultas Teknik[sunting | sunting sumber]

Fakultas Teknik UBAYA menyediakan pendidikan teknik dan menjalankan penelitian dasar maupun terapan yang relevan bagi kepentingan masyarakat pada umumnya dan industri kususnya. Kehadiran fakultas teknik di lingkungan UBAYA menjadikan UBAYA suatu universitas yang lengkap sebagai lembaga pendidikan yang berorientasi pada pembangunan. Pemantapan kegiatan akademik, pembangunan sarana akademik dan hubungan dengan industri menjadi prioritas utama dari program fakultas teknik dalam masa-masa yang akan datang.

Dengan 1.600 mahasiswa dan 28 tenaga dosen tetap, dan 106 tenaga dosen tidak tetap pada awal tahun akademik 1991/1992, dosen dan mahasiswa secara konsisten dikembangkan sehingga pada tahun 2004/2005 jumlah dosen tetap menjadi 102 orang dengan kualifikasi pendidikan 47 orang S-1, 49 orang S-2, 6 orang S-3.

Jumlah mahasiswa Fakultas Teknik tahun akademik 2004-2005, 2456 orang. Jumlah peminat yang sangat mencolok ini menggambarkan kebutuhan masyarakat yang nyata. Popularitas FT UBAYA menjadikan fakultas muda ini cukup berwibawa di Surabaya.

Program Studi di Fakultas Teknik adalah:

  • Program Studi Teknik Elektro
  • Program Studi Teknik Kimia
  • Program Studi Teknik Industri
  • Program Studi Teknik Informatika
  • Program Kekhususan Manufaktur
  • Program Kekhususan Sistem Informasi
  • Program Kekhususan Multimedia
  • Information Technology (International Dual Degree)

Fakultas Teknobiologi[sunting | sunting sumber]

Fakultas Teknobiologi menggabungkan ilmu kimia dan biologi dalam penerapan langsung ilmu dalam dunia industri, lingkungan, ataupun kesehatan. Hal-hal yang dipelajari pada fakultas ini antara lain teknologi DNA rekombinan yang meliputi pemutusan dan penyambungan DNA, memasukan DNA dari satu makhluk hidup ke makhluk hidup lain, dan memperbanyak DNA. Teknik pemurnian DNA, protein (enzim), fine chemicals. Teknik perbanyakan tanaman dengan kultur jaringan. Teknik pemanfaatan mikroorganisme untuk pembuatan senyawa berguna (enzim, asam organik, makanan fermentasi spt, yogurt, Nata, maupun keju dll).

Fakultas Teknobiologi adalah fakultas pertama di Indonesia Timur yang mengkhususkan diri mempelajari ilmu-ilmu bioteknologi. Fakultas ini berdiri pada tahun akademik 2005-2006, dalam rangka merespon kebutuhan penggunaan bioteknologi. Bidang industri seperti industri MSG, Makanan fermentasi (yogurt, Keju, Nata, Saos dll), Industri pembuatan gula cair (high fructose syrup), Industri pakan ternak, Industri minuman dan masih banyak lagi. Bioteknologi juga telah memasuki industri pertanian seperti perbanyakan tanaman menggunakan kultur jaringan, pengembangan tanaman transgenik. Bioteknologi juga memasuki dunia forensik untuk penentuan korban kejahatan dan identitas orang tua kandung seorang anak. Lulusan fakultas teknobiologi UBAYA yang telah dilengkapi teknik-teknik yang berhubungan dengan bioteknologi, akan mampu mengerjakan hal-hal yang berkaitan dengan bioteknologi pada bidang-bidang di atas, sehingga dapat berkarir di bidang tersebut.

Fakultas Industri Kreatif[sunting | sunting sumber]

Fakultas Industri Kreatif Universitas Surabaya merupakan fakultas termuda yang dimiliki oleh UBAYA saat ini. Dalam proses pembelajarannya, Fakultas Industri Kreatif UBAYA tidak hanya memberikan kemampuan pelatihan individu, namun juga kemampuan bekerja sama dengan industri dan pemerintah untuk menumbuhkan sektor ini. Dengan adanya koneksi, maka manfaat kreativitas dapat diakui oleh bisnis multinasional dan diminati dalam berbagai industri.

Fakultas ini diresmikan pada bulan Juni 2012 dengan dua program studi yaitu Desain dan Manajemen Produk (DMP) serta Desain Fashion dan Produk Lifestyle (DFP). Fakultas ini didirikan untuk menjawab kebutuhan industri dan masyarakat terhadap tenaga terampil yang memiliki talenta yang dapat dikembangkan secara terarah untuk menghasilkan produk inovatif-kreatif. Lulusan Fakultas Industri Kreatif diarahkan untuk bekerja mandiri sebagai Entrepreneur atau bekerja di industri kreatif.

Pasca Sarjana[sunting | sunting sumber]

1. Magister Manajemen

Program Magister Manajemen (M.M.) mempunyai tujuan spesifik terhadap lulusannya: (1) Memahami konstelasi hukum dan asas-asas yang menghubungkan suatu konsep dengan konsep yang lain, melalui proposisi yang diajarkan, (2) Memahami pengertian konsep yang membentuk proposisi-porposisi, baik secara konstitutif/operasional, dapat dirujuk pada kasus-kasus empiris, (3) Mencari informasi ilmiah yang dapat dipakai untuk menjelaskan gejala-gejala yang berkembang dalam masyarakat beserta semua dinamikanya, (4) Mengaplikasikan proposisi-proposisi ilmiah yang berhubungan dengan teknologi sebagai penggunaan ilmu-ilmu tertentu sesuai dengan cara-cara bertanggungjawab, (5) Melakukan prediksi-prediksi sesuai dengan bidang ilmu, khususnya teknologi, berikut spesialisasi yang ditekuninya, sehingga dapat mengendalikan gejala-gejala empiris yang relevan dalam menghadapi perubahan.

Mulai Tahun 2001, Program Magister Manajemen UBAYA dimana melakukan kerjasama dalam program pertukaran pelajar dengan Leipzig Graduate School of Management (HHL) di Jerman.


2. Magister Hukum

Program Magister Hukum (M.Hum) secara spesifik mengharapkan agar lulusannya : (1) Bersifat terbuka, tanggap terhadap perubahan dan kemajuan ilmu-ilmu teknologi, khususnya yang berkaitan dengan keahliannya, (2) Mampu meningkatkan layanan profesi melalui penelitian dan pengembangan dalam spektrum yang lebih luas dengan bidang ilmu hukum, (3) Mampu melakukan kegiatan penelitian dalam pengembangan ilmu hukum, (4) Bertanggung jawab serta terlibat aktif dalam masalah hukum, khususnya di bidang bisnis.


3. Magister Kenotariatan

Program Magister Kenotariatan (M.Kn) dirancang agar partisipannya mampu mengembangkan diri menjadi manusia rasional ilmiah dalam bidang kenotariatan. Melalui interaksi dengan para dosen yang bertindak sebagai fasilitator dan memanfaatkan fasilitas yang tersedia, lulusan harus memperoleh peningkatan kemampuan dan penguasaan pengetahuan ilmiah berikut sarana-sarananya sehingga dapat mengantarkannya memasuki dunia bisnis maupun memasuki dunia akademis.


4. Magister Profesi Psikologi

PPMPP merupakan program pendidikan strata dua (S-2) yang dimaksudkan untuk meningkatkan kualitas sarjana strata satu (S-1) psikologi agar memiliki kompetensi yang lebih meyakinkan guna memasuki lapangan kerja sesuai minat profesionalnya. Tujuan ini diwujudkan dalam tiga karaketristik pokok yang menjadi ciri pembeda PPMPP UBAYA : (1) Merupakan program semi spesialis. Program pendidikan dirancang untuk mengakomodasi minat profesional mahasiswa, terutama sebagai bekal berkarya di bidang psikologi klinis, psikologi industri-organisasi (PIO), dan psikologi pendidikan. Pendidikan S-1 Psikologis masih bersifat generalis. (2) Mempunyai bobot kegiatan praktek dan pelatihan yang lebih besar dibanding paparan teori untuk lebih membekali kompetensi yang dibutuhkan dalam lapangan kerja nyata. (3) Mementingkan kemandirian mahasiswa dalam komitmen belajar didukung oleh dosen yang lebih banyak menjalankan fungsi suportif dan fasilitatif. Suasana belajar kolaboratif dan partisipasif akan lebih mendominasi warna pendidikan PPMPP UBAYA. Lulusan PPMPP memperoleh pengakuan formal sebagai sarjana strata dua (S-2, bergelar Magister Psikologi, disingkat M.Psi) sekaligus berkewenangan memberikan jasa konsultasi atau menjalankan praktek profesional, termasuk menggunakan tes psikologi. Lulusan PPMPP berhak mencantumkan gelar M.Psi., Psikolog dibelakang namanya. Kelulusan sebagai sarjana S-2 ditandai dengan keberhasilan lulus 47 sks, termasuk 4 sks untuk penyelesaian tugas akhir. Untuk memperoleh kewenangan sebagai psikolog akan dilakukan ujian komprehensif, yang ditempuh setelah seseorang menyelesaikan ujian tugas akhir.


5. Magister Farmasi Klinis

Keseluruhan program diselenggarakan dalam empat semester dengan kredit total sebanyak 43 sks termasuk magang, dengan 14 kali tatap muka @60 menit setiap sks setiap semester, mahasiswa dapat menyelesaikan studi dalam waktu lebih cepat. Keberadaan farmasis di bidang klinis semakin dibutuhkan dalam menanggapi keprihatinan masyarakat terhadap morbiditas dan mortalitas yang terkait dengan penggunaan obat. Adanya layanan farmasi klinis akan membantu dalam memaksimalkan efek terapeutik, meminimalkan risiko dan biaya serta menghormati pilihan pasien. Untuk dapat melakukan layanan farmasi klinis, tenaga profesional kesehatan memerlukan keterampilan dalam hal : menerapkan pengetahuan terapeutik, mengkorelasikan kondisi sakit dengan pemilihan obat, menggunakan catatan khusus pasien, menginterprestasikan data laboratorium, mengenal kemungkinan timbulnya reaksi obat yang tidak dikehendaki, mengkaji literatur medis dan obat-obatan serta dapat berkomunikasi secara efektif dengan pasien dan tenaga kesehatan lainnya. Total 43 sks yang dapat ditempuh dalam empat semester atau kurang. Lulusan program ini memperoleh gelar “Magister Farmasi (Klinis) M.Farm(Klin).” yang dapat digunakan sebagai bekal bekerja sebagai farmasis klinis di rumah sakit dan komunitas.


6. Magister Akuntansi

Akuntansi merupakan suatu sistem informasi yang didesain sepenuhnya untuk berbagai pihak yang berkepentingan (stakeholder) agar dapat menjadi dasar untuk pengambilan keputusan. Mengingat peran pentingnya, akuntansi seringkali disebut dengan bahasa bisnis. Dinamika perubahan dan relevansi kebutuhan informasi inilah yang merupakan tantangan bagi Program Studi Magister Akuntansi (M.Ak) Universitas Surabaya untuk turut berperan dalam mengembangkan penyaji informasi yang relevan dan terpercaya agar menjadi pengetahuan aktual untuk memberikan nilai tambah dalam era knowledge society and economy.


Program Studi Akuntansi, Program Studi Manajemen Pemasaran, Program Studi Sekretari, Prfogram Studi Bahasa Inggris Bisnis, Program Studi Perpajakan

  • Program Pendidikan Profesi: Pendidikan Profesi Apoteker, Pendidikan Profesi Akuntansi (PPA)

Unit dan Lembaga[sunting | sunting sumber]

  • Pusat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM)
  • Pusat Studi Lingkungan Hidup (PSL)
  • Pusat Studi Hak Asasi Manusia (Pusham): melakukan kajian / penelitian, diseminasi dan advokasi tentang HAM untuk membentuk manusia yang dapat menghormati, menghargai dan menjunjung tinggi HAM, demokrasi dan keadilan tanpa adanya perbedaan jenis kelamin, usia, ras, suku, agama, kemampuan jasmani, keyakinan politik, serta status sosial dan ekonomi.
  • Centre for Business and Industrial Studies (CBIS): merupakan lembaga penelitian dengan fokus penelitian sektor industri, usaha kecil dan sektor publik, serta memfasilitasi komunitas pebisnis dalam rangka berbagi pengetahuan dan pengembangan inovasi dalam bisnis.
  • Pusat Informasi Obat dan Layanan Kefarmasian (PIOLK): dibentuk pada tahun 1999, bekerjasama dengan Nottingham University, Inggris, dengan dukungan Higher Education Link (HEL) British Council. PIOLK UBAYA didirikan untuk memfasilitasi, mendukung dan menjamin keefektifan, keamanan dan kerasionalan pengobatan melalui penyediaan informasi yang tidak memihak, tidak bias secara komersial dan terkaji.
  • Pusat Pemberdayaan Komunitas Kota (Pusdakota): lembaga pemberdayaan komunitas yang berbasis gerakan nilai dengan karakter utama otonom, nirlaba, pluralis (melampaui batas-batas keagamaan, ras, kesukuan, golongan dan kedaerahan), egaliter (tidak mengabdi kepada kepentingan politik tertentu), cinta damai dan aktif menggalang gerakan masyarakat sipil perkotaan.
  • Centre for Professional Development (CPD): lembaga dibawah Fakultas Ekonomi yang dibentuk tahun 2003 dan memberikan layanan pelatihan (in-house training dan public training), konsultasi dan riset bagi dunia bisnis dan masyarakat umum.
  • Sistem Informasi Manajemen (SIM): Unit Sistem Informasi Manajemen merupakan unit yang bertanggungjawab terhadap kelancaran penggunaan media telekomunikasi, jaringan komputer, perangkat lunak pendukung administrasi dan perangkat keras di lingkungan Universitas Surabaya.

Penghargaan[sunting | sunting sumber]

  • 2013 : 5 Besar PTS Unggulan Jawa Timur menurut Kopertis Wilayah VII Jawa Timur (total 327 PTS se-Jawa Timur)

Pranala luar[sunting | sunting sumber]