Universitas Pancasila

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Universitas Pancasila
[[Berkas:
Upzhoy.jpg
|150px|alt=Lambang Universitas Pancasila]]
Lambang Universitas Pancasila
Didirikan 28 Oktober 1966 [1]
Jenis Perguruan tinggi swasta
Rektor Prof. Dr. Wahono Sumaryono, Apt
Lokasi DKI Jakarta, DKI Jakarta, Indonesia
Kampus Urban
Warna Biru
Julukan Jaket Biru
Situs web http://www.univpancasila.ac.id

Universitas Pancasila, disingkat UP, adalah salah satu perguruan tinggi di Indonesia. Kampus utamanya terletak di bagian Selatan kota Jakarta, dan kampus utama lainnya terdapat di daerah Borobudur, Jakarta Pusat.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Universitas Pancasila didirikan pada tanggal 28 Oktober 1966, merupakan penggabungan dari Universitas Pancasila (lama) yang didirikan pada tahun 1963 dan Universitas Bung Karno.

Pancasila yang dijadikan nama dari Universitas ini tidaklah sekedar tanda pengenal dan pembeda dari Universitas-universitas lainnya, melainkan memiliki kedalaman arti yang hakiki, sesuai dengan misi yang diemban Universitas Pancasila, yaitu “Memberikan peranan positif dalam pengembangan ilmu dan teknologi serta pengembangan masyarakat ber-Pancasila seperti yang dicita-citakan dalam Pembukaan Undang-undang Dasar 1945.”

Dalam rangka inilah Universitas Pancasila berniat dan beritikad untuk menghasilkan sarjana-sarjana yang berjiwa Pancasila, memiliki nilai dan sikap, pengetahuan, kecerdasan, ketrampilan serta kemampuan berkomunikasi, dan kesadaran ekologi guna pembangunan dan pembinaan bidang hukum, ekonomi dan ekologi untuk menunjang pembangunan.

Dalam menjalankan roda kehidupan di bidang akademis, pada tahap awal telah tersedia tanah seluas 10.160 m2 dan bangunan/gedung seluas 5.196 m2 terletak di Jl. Borobudur No. 7 Jakarta Pusat. Tanah dan gedung tersebut dihibahkan dari Pemerintah cq. Departemen Keuangan kepada Yayasan Pendidikan dan Pembina Universitas Pancasila (YPPUP) yang ditandatangani pada tanggal 21 April 1987. Disamping itu, pada tahun 1985, Universitas Pancasila mendapat pinjaman gedung di Jl. Garuda Kemayoran Jakarta Pusat untuk kegiatan Fakultas Ekonomi.

Dengan telah selesai dibangunnya gedung Fakultas Ekonomi di Srengseng Sawah Jakarta Selatan pada tahun 1988, perkuliahan mahasiswa Fakultas Ekonomi pindah ke gedung yang baru dan secara bertahap diikuti oleh Fakultas yang lain. Saat ini Universitas Pancasila telah mempunyai kampus di Srengseng Sawah seluas 111.255 m2 dengan bangunan seluas 38.076 m2 terdiri dari Rektorat, Fakultas Ekonomi, Fakultas Farmasi, Fakultas Hukum dan Fakultas Teknik, sementara itu kampus Jl. Borobudur No. 7 Jakarta Pusat, saat ini dipergunakan untuk perkuliahan Program Pascasarjana.

Dalam hal pengelolaan, pembinaan umum Universitas Pancasila dibawah naungan yayasan, yaitu Yayasan Pendidikan dan Pembina Universitas Pancasila yang didirikan dengan Akte Notaris G.H.S. Loemban Tobing S.H Nomor : 14 tanggal 19 Januari 1970.

Yayasan[sunting | sunting sumber]

Pimpinan[sunting | sunting sumber]

Ketua  : DR.(HC) Ir.Suyono Sosrodarsono Wakil Ketua : Prof.Dr.M.H.Matondang, SE, MA. Anggota  :

  1. Prof.Dr.Awaloedin Djamin, MPA.
  2. Dr. Edie Toet Hendratno, SH., M.Si.

Dewan Pengurus[sunting | sunting sumber]

Ketua  : DR.(HC) Ir.Siswono Yudohusodo Wakil Ketua  : Dr.Cosmas Batubara Sekretaris  : Komisaris Jendral Pol(Purn) Awil Luthan Bendahara  : M.Rifqi Yusuf, SE.

Dewan Pengawas[sunting | sunting sumber]

Dewan Pengawas : Drs.Sunarno Prawirosujanto, Apt.

Kampus[sunting | sunting sumber]

Jakarta Selatan[sunting | sunting sumber]

Kampus Universitas Pancasila yang berada di Jakarta Selatan ini terletak di perbatasan antara kota Depok dan Jakarta Selatan. Alamat lengkap kampus Jakarta Selatan ini terletak di Jalan Srengseng Sawah, Jagakarsa, Jakarta Selatan 12640. Seluruh program pendidikan jenjang D3 dan S1 terletak di kampus Jakarta Selatan ini. Di Depan kampus Jakarta Selatan terdapat sebuah stasiun yang dinamakan dengan nama Universtas, yakni Stasiun Universitas Pancasila, yang mengakomodir kebutuhan warga kampus yang berasal dari berbagai tempat sekitaran Jakarta dan kebutuhan masuarakat sekitar kampus. Untuk menghubungi kampus, dapat dilakukan panggilan ke nomor telepon (021)78880305,7874344,98880038,7270086.

Jakarta Pusat[sunting | sunting sumber]

Kampus Universitas Pancasila yang berada di Jakarta Pusat ini terletak di Jalan Borobudur Nomor 7, Jakarta Pusat 10320. Program jenjang Magister (S2) dan Doktor (S3) dipusatkan di kampus ini. Untuk menghubungi kampus, dapat dilakukan paggilan ke nomor telepon Program Doktor, Telp (021)3904271, Magister Manajemen, Telp (021)3904269, Magister Akuntansi, Telp (021)7872355, Magister Ilmu Kefarmasian, Telp (021)7864727, Magister Ilmu Hukum, Telp (021)3919013 dan Magister Teknik Mesin, Telp(021)31926047.

Fakultas dan Program[sunting | sunting sumber]

Program Profesi[sunting | sunting sumber]

  1. Profesi Apoteker

Program Diploma 3[sunting | sunting sumber]

  1. Fakultas Ekonomi & Bisnis
    1. Akuntansi
    2. Perpajakan
  2. Fakultas Farmasi
  3. Fakultas Teknik
    1. Teknik Elektro
    2. Teknik Mesin
  4. Pariwisata

Program Sarjana[sunting | sunting sumber]

  1. Fakultas Hukum
  2. Fakultas Farmasi
  3. Fakultas Ekonomi & Bisnis
    1. Manajemen
    2. Akuntansi
  4. Fakultas Teknik
    1. Arsitektur
    2. Teknik Informatika
    3. Teknik Elektro
    4. Teknik Sipil
    5. Teknik Mesin
    6. Teknik Industri
  5. Fakultas Psikologi
  6. Fakultas Komunikasi
  7. Fakultas Pariwisata

Program Magister[sunting | sunting sumber]

  1. Magister Manajemen
  2. Magister Manajemen Eksekutif
  3. Magister Akuntansi
  4. Magister Hukum
  5. Magister Teknik Mesin
  6. Magister Farmasi

Program Doktor[sunting | sunting sumber]

  1. Doktor Ekonomi

Fasilitas[sunting | sunting sumber]

Perpustakaan [2][sunting | sunting sumber]

UPT Perpustakaan Universitas Pancasila sebagai wahana pendidikan, penelitian dan informasi penunjang sarana belajar telah memberikan aksesbilitas layanan yang bermutu kepada mahasiswa/pengguna terhadap kemudahan mencari bahan pustaka, keluasaan meminjam, bantuan mencarikan bahan pustaka dari perpustakaan lain dan ketersediaan layanan e-library.

Penulusuran informasi yang ada di perpustakaan dapat dengan mudah dilakukan karena sudah terotomasi dengan sistem yang dapat diakses secara online. Selain itu mahasiswa/pengguna dapat memanfaatkan link dari media elektronik/web lainnya untuk membantu menemukan informasi yang dibutuhkan secara cepat dan tepat, seperti :

  1. https://perpus.univpancasil.ac.id
  2. https://digilib.univpancasila.ac.id
  3. https://perpusffup.or.id

Lembaga Konsultasi dan Bantuan Hukum[sunting | sunting sumber]

Universitas Pancasila menyediakan bantuan hukum dengan adanya LKBH atau Lembaga Konsultasi dan Bantuan Hukum dengan tenaga profesional di bidang hukum. LKBHUP ini ditujukan untuk semua warga yang tidak mampu yang tersangkut kasus hukum. LKBHUP ini terletak di gedung Fakultas Hukum Universitas Pancasila lantai 4.

Ruang Peradilan Semu[sunting | sunting sumber]

Ruang Peradilan Semu digunakan oleh mahasiswa Fakultas Hukum sebagai sarana simulasi untuk mengikuti beberapa kompetisi peradilan semu di seluruh Indonesia.

Laboratorium [3][sunting | sunting sumber]

Universitas Pancasila memiliki laboratorium yang sangat lengkap sebagai pendukung program studi dalam melaksanakan proses pembelajaran.Salah satu fungsinya adalah sebagai sarana untuk melaksanakan riset/penelitian/pratikum dalam bidang terkait. Banyak Instansi/Perusahaan Perguruan Tinggi yang menjalin kerjasama dengan UP untuk mengadakan riset/penelitian/pratikum di laboratorium UP.

Tax Center [4][sunting | sunting sumber]

Universitas Pancasila telah bekerjasama dengan Dirjen Pajak, dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di bidang perpajakan dengan bantuan tenaga ahli dari Dirjen Pajak dan memfasilitasi tempat untuk riset/penelitian/praktek bagi dosen dan mahasiswa. Selain itu Tax Center mempunyai fungsi; sebagai pusat info pajak, sebagai pusat konsultasi pajak dan sebagai pusat bantuan hukum pajak. Tax Center berada di Fakultas Ekonomi & Bisnis Universitas Pancasila

Pojok Bursa Efek Indonesia[sunting | sunting sumber]

Universitas Pancasila Telah Bekerja sama dengan Bursa Efek Indonesia, guna meningkatkan pelayanan serta memberikan kemudahan dalam memperoleh informasi bisnis yang ter update setiap harinya, Pojok BEI ini berada Di Pojok Fakultas Ekonomi & Bisnis Universitas Pancasila

Fasilitas Kesehatan[sunting | sunting sumber]

Poliklinik [5][sunting | sunting sumber]

Poliklinik UP merupakan sarana penunjang pelayanan kesehatan yang disediakan untuk pegawai UP dan mahasiswa UP secara gratis. Disamping itu Poliklinik UP juga melayani masyarakat umum. Poliklinik UP buka setiap hari kerja, Senin s/d Jum’at pukul 08.00 s/d 16.00 WIB.

Apotek [6][sunting | sunting sumber]

Apotek UP, merupakan apotek pendidikan untuk mendukung praktek kerja lapangan, penelitian dan pembuatan tugas akhir mahasiswa. Apotek pendidikan UP juga untuk pelayanan kesehatan kepada pegawai UP, mahasiswa UP dan masyarakat. Apotek pendidikan UP menyediakan obat, vitamin, suplement dan juga produk – produk kesehatan yang terdaftar secara resmi di Indonesia. Apotek pendidikan UP buka setiap hari kerja, Senin s/d Jum’at pukul 08.00 s/d 16.00 Wib. dan Sabtu pukul 08.00 s/d 12.00 WIB.

Oganisasi Kemahasiswaan[sunting | sunting sumber]

Organisasi Kemahasiswaan Merupakan Organisasi kemahasiswaan sebagai sarana pengembangan potensi mahasiswa serta partisipasi aktif terhadap peningkatan kualitas pendidikan dan kemajuan Indonesia sesuai disiplin ilmunya.

Pusat Kegiatan Mahasiswa UP

Pusat Kegiatan Mahasiswa Universitas Pancasila[sunting | sunting sumber]

  • Senat Mahasiswa Universitas Pancasila (SEMA-KMUP)
  • Badan Perwakilan Mahasiswa (BP-KMUP)
  • Satuan Kegiatan Islam
  • Cicera
  • Paduan Suara
  • Pncak Silat
  • Taekwondo
  • Tarung Darajat
  • Komunitas Vespa
  • Rohani Kristen
  • Photo UP

Fasilitas lainnya[sunting | sunting sumber]

Trivia[sunting | sunting sumber]

  • Menurut survey Tempo, FHUP adalah salah satu fakultas hukum paling diminati di DKI Jakarta.
  • FFUP juga merupakan fakultas farmasi yang paling banyak peminatnya mengingat sedikitnya kampus yang menyediakan fakultas farmasi.


Rujukan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ [1], di situs resminya.
  2. ^ [2]
  3. ^ [3]
  4. ^ [4]
  5. ^ [5]
  6. ^ [6]