Rudy Choirudin

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Rudy Choirudin
Lahir28 Oktober 1964 (umur 59)
Surabaya, Jawa Timur, Indonesia
KebangsaanIndonesia
Nama lain
  • Chef Rudy
Pekerjaan
Tahun aktif1981–sekarang

Rudy Choirudin, (lahir 28 Oktober 1964) adalah seorang jurutama masak dan penulis berkebangsaan Indonesia. Ia dikenal berkat inovasinya dalam pembuatan bumbu dasar pada masakan. Selain itu, Rudy juga menulis beberapa buku mengenai resep masakan. Ia kerap disebut sebagai juru masak terbaik di kategori masakan khas Indonesia terutama masakan rumahan yang kerap dijadikan referensi bagi ibu-ibu rumah tangga.

Biografi[sunting | sunting sumber]

Anak keenam dari tujuh bersaudara pasangan almarhum R Soedakso dan RA Sabaria Zannah ini tumbuh di lingkungan yang akrab dengan dunia masakan. Ibunya adalah pengusaha restoran yang sukses karena berhasil menyulap empat warung makan menjadi restoran. Sayangnya empat kali pula ibunya harus menutup restoran itu karena harus mengikuti suaminya yang berdinas di kota lain.

Rudy yang sangat dekat dengan ibunya, telah mengenal masakan dengan berbagai bumbu sejak kecil. Bahkan saat SMP, Rudy telah belajar memodifikasi masakan. Rudy melanjutkan sekolah menengahnya di Lampung, ia pun kemudian kembali ke Surabaya untuk menamatkan SMA-nya. Pada tahun 1985, Rudy hijrah ke Jakarta untuk melanjutkan ke Akademi Pariwisata Trisakti Jakarta. Rudy juga mengikuti berbagai seminar tentang makanan dan masakan serta meraih banyak prestasi di berbagai lomba masak dan festival memasak. Rudy menemukan bumbu dasar pada tahun 1987 dan aktif memperkenalkannya.

Rudy pernah menjadi restaurant manager di Java Garden Restaurant (1988-1990), staff pengajar Lembaga Kuliner Indonesia (1990-1991), pembawa acara di salah satu Radio Wanita di Jakarta (1991-1994), dan staff khusus untuk redaksi masakan majalah wanita Kartini (1988-1995). Nama Rudy melejit berkat acara Selera Nusantara dan Resep Oke Rudy di RCTI yang diasuhnya.

Buku[sunting | sunting sumber]

  • Resep Praktis Dengan Bumbu Dasar Merah (2001)
  • Hidangan Nusantara (2000)
  • Cake Cantik dalam Plastik Mika (2004)
  • Seri Mini Layer Cake: Fruit (2007)
  • Seri Mini Layer Cake: Cheese (2007)

Pranala luar[sunting | sunting sumber]