Universitas Atma Jaya Jakarta

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya
Moto Terpercaya Kualitas Lulusannya
Didirikan 1 Juni 1960
Jenis Perguruan Tinggi Swasta
Rektor Prof. Dr. Ir. M.M. Lanny W. Pandjaitan, M.T.
Jumlah mahasiswa 12238[1]
Lokasi Jl. Jenderal Sudirman 51, Jakarta 12930
Jl. Pluit Raya 2, Jakarta 14440Jakarta, DKI Jakarta
Situs web www.atmajaya.ac.id
Logo Unika Atma Jaya

Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya atau disingkat Unika Atma Jaya adalah sebuah perguruan tinggi swasta di Jakarta yang didirikan oleh Yayasan Atma Jaya pada tanggal 1 Juni 1960. Kampus utama Unika Atma Jaya terletak di daerah Semanggi, Jakarta Selatan dan kampus lainnya terletak di daerah Pluit, Jakarta Utara.

Unika Atma Jaya dipandang sebagai salah satu lembaga pendidikan tinggi swasta yang tertua dan bergengsi di Indonesia. Menurut survei terbaru dari Majalah Globe Asia (2008) Unika Atma Jaya mendapat ranking 3 di antara seluruh universitas swasta di Indonesia [2]. Survei itu juga didukung oleh survei yang dilakukan Pusat Data dan Analisis Tempo (PDAT) terbaru (2010)yang di tingkat nasional berada di urutan keempat sebagai universitas swasta terbaik menurut persepsi calon mahasiswa dan orang tua. Dalam survey terbaru PDAT di 2011, Unika Atma Jaya masuk dalam 5 besar universitas swasta terbaik di Indonesia menurut persepsi para pengguna lulusan/kalangan dunia kerja.[3]. Sedangkan survey Majalah Tempo sejak tahun 2005 hingga 2007 menempatkan Unika Atma Jaya dalam Top 10 universitas-universitas terbaik di Indonesia [4]. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi mengkategorikan Unika Atma Jaya dalam 50 Promising Indonesian Universities yang memiliki kredibilitas Nasional dan mempunyai keinginan untuk dapat bekerja sama secara International dari 2.864 institusi perguruan tinggi di Indonesia [5].

Selama tahun 2008 hingga sekarang Unika Atma Jaya melakukan reformasi di bidang akademik dan non akademik, antara lain dengan usaha untuk meningkatkan jumlah program sarjana dan pascasarjana, pembangunan kampus baru di daerah Bumi Serpong Damai, Tangerang Selatan, dan kebijakan untuk meningkatkan kualitas SDM Unika Atma Jaya.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Unika Atma Jaya merupakan buah gagasan yang dibahas pada rapat para Uskup se-Jawa pada Juni 1952. Dalam pertemuan itu diutarakan kemungkinan pembentukan suatu perguruan tinggi Katolik di Indonesia. Di Jakarta gagasan itu terwujud sejak didirikannya Yayasan Atma Jaya oleh sekelompok cendekiawan muda Katolik pada tanggal 1 Juni 1960. Yayasan inilah yang kemudian mendirikan sebuah perguruan tinggi Katolik dengan nama Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya. Mereka antara lain: Ir. J.P. Cho, Ir. Lo Siang Hien-Ginting, Drs. Goei Tjong Tik, I.J. Kasimo, J.B. Legiman, S.H., Drs. F.X. Frans Seda, J.Pang Lay Kim, Tan Bian Seng, Anton M. Moeliono, St. Munadjat Danusaputro, J.E. Tan, Ben Mang Reng Say.

Pada tahun-tahun awal, Unika Atma Jaya dibantu oleh para suster Ursulin, dengan menyediakan ruang kuliah di kompleks persekolahan Ursulin, di Jalan Lapangan Banteng Utara dan kompleks Santa Theresia, Menteng. Sejak tahun 1967, Atma Jaya berangsur-angsur menempati kampus di Jalan Sudirman yang terkenal dengan nama kampus Semanggi. Selanjutnya menempati kampus Pluit, di Jakarta Utara untuk Fakultas Kedokteran (FK), Rumah Sakit Atma Jaya (RSA), dan Rumah Duka Atma Jaya.

Atma Jaya berarti Rohlah yang jaya. Roh yang jaya memberi semangat untuk selalu meningkatkan mutu pendidikan. Keunggulan akademis dan lulusan profesional adalah orientasi utama.

Kini, Unika Atma Jaya telah memiliki delapan fakultas dengan 17 program studi untuk program sarjana (S1) dan Program Pasca Sarjana dengan 2 program magister: Magister Manajemen (MM) dan Magister Linguistik Terapan Bahasa Inggris (LTBI) pada tahun 1992 dan satu program doktor Linguistik Terapan Bahasa Inggris (LTBI)pada tahun 2002/2003. Fakultas Ekonomi (FE) dan Fakultas Ilmu Administrasi (FIA) berdiri pada tahun 1960, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) dan Fakultas Teknik (FT) tahun 1961, Fakultas Hukum (FH) tahun 1965, Fakultas Kedokteran (FK) tahun 1967, Fakultas Psikologi (FP) tahun 1992 dan Program Magister Profesi Psikologi tahun 2005, serta Fakultas Teknobiologi (FTb) tahun 2002. Pada tahun 2009, Unika Atma Jaya membuka kelas sore untuk program studi FE Manajemen, FE Akuntansi, dan FKIP Bahasa Inggris yang ditujukan terutama bagi orang yang sudah bekerja yang tidak dapat mengikuti jadwal kuliah reguler.

Kampus[sunting | sunting sumber]

Unika Atma Jaya memiliki 2 buah kampus yang berbeda.

Semanggi[sunting | sunting sumber]

Kampus Semanggi terletak di daerah pusat bisnis DKI Jakarta yaitu Semanggi, Jakarta Selatan [6]. Fakultas yang berada di kampus ini adalah Fakultas Ekonomi, Fakultas Ilmu Administrasi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Fakultas Teknik ( Elektro, Mesin, dan Industri), Fakultas Hukum, Fakultas Psikologi, Fakultas Teknobiologi, dan beberapa program Pascasarjana; Magister Manajemen, Magister Profesi Psikologi, Magister Teknobiologi serta Magister dan Doktor Linguistik Terapan Bahasa Inggris.

Pluit[sunting | sunting sumber]

Kampus Pluit terletak di daerah Pluit, Jakarta Utara [7]. Fakultas yang berada di kampus ini adalah Fakultas Kedokteran, Rumah Sakit Atma Jaya beserta Rumah Duka Atma Jaya, dan Museum Anatomi.

Fakultas[sunting | sunting sumber]

Unika Atma Jaya memiliki 8 fakultas dan 1 sekolah pascasarjana,yaitu:

  1. Program Studi Manajemen
  2. Program Studi Akuntansi
  3. Program Studi Ekonomi Pembangunan
  1. Program Studi Ilmu Administrasi Niaga
  2. Program Studi Ilmu Komunikasi
  3. Program Studi Hospitality (Pariwisata)
  1. Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris
  2. Program Studi Pendidikan Teologi
  3. Program Studi Bimbingan Konseling
  4. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
  1. Program Studi Teknik Mesin
  2. Program Studi Teknik Elektro
  3. Program Studi Teknik Industri
  1. Program Magister Ilmu Hukum
  2. Program Magister Manajemen
  3. Program Magister Linguistik Terapan Bahasa Inggris
  4. Program Magister Profesi Psikologi
  5. Program Sains Psikologi
  6. Program Magister Teknobiologi
  7. Program Doktor Lingusitik Terapan Bahasa Inggris

Unit Kegiatan Mahasiswa[sunting | sunting sumber]

Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) merupakan organisasi kemahasiswaan di tingkat Universitas yang fungsinya menampung berbagai minat dan bakat dari para mahasiswa Unika Atma Jaya. Unit Kegiatan Mahasiswa tersebut antara lain:

  • UKM Lain-lain
    • Bela Negara (Resimen Mahasiswa)
    • Pastoran Atma Jaya
    • Wanachala

Fasilitas[sunting | sunting sumber]

Perpustakaan[sunting | sunting sumber]

Unika Atma Jaya memiliki 4 perpustakaan, 3 perpustakaan terletak di Kampus Semanggi dan 1 perpustakaan terletak di Kampus Pluit. Perpustakaan yang terletak di Kampus Semanggi adalah Perpustakaan Pusat, Perpustakaan Pusat Kajian Pembangunan Masyarakat (PKPM), dan Perpustakaan Pusat Kajian Bahasa dan Budaya (PKBB). Sedangkan di Kampus Pluit terdapat Perpustakaan Kedokteran. Semua perpustakaan di Unika Atma Jaya terbuka untuk umum. Perpustakaan Pusat Unika Atma Jaya memiliki koleksi lebih dari 85.000 judul buku yang terdiri atas buku, skripsi, tesis, karya ilmiah dosen, majalah ilmiah (jurnal), majalah populer, surat kabar, kamus, ensiklopedia, handbook, CD-ROM serta materi pandang dengar (Audio-Visual-Materials). Koleksi perpustakaan UAJ juga meliputi lebih dari 8.300 judul jurnal elektronik yang dilanggan dari Proquest dan WestLaw. Terdapat pula sekitar 500 desertasi elektronik dari bidang Teknik, Ekonomi dan Moneter, Bisnis, Matematika dan IPA serta Psikologi. Selain itu terdapat koleksi khusus antara lain terbitan dari lembaga-lembaga internasional seperti World Bank, International Development Research Centre, Commission of the European Communities, UNCTAD, Selly Oak Colleges, koleksi mikrofis / film (Salus, Korn Archive, Indonesian Monographs, Indonesian Archeological Photographs, dan lain lain) yang disimpan di Perpustakaan PKPM. Perpustakaan PKBB memiliki koleksi lebih dari 12.000 judul buku dengan topik mulai dari fonologi, morfologi, sintaksis, semantik, pragmatik, psikolinguistik, sosiolinguistik, bahasa dan budaya, tes bahasa, analisis kesalahan, analisis wacana, pengajaran bahasa, pemerolehan bahasa, hingga komputerisasi bahasa. Sejak awal 2002 Perpustakaan Unika Atma Jaya menggunakan system AtmaLib (Atma Jaya Digital Library System) untuk memudahkan interaksi antara perpustakaan dan pengguna serta komunikasi di antara penulis dan pengguna. Melalui AtmaLib pengguna tidak hanya dapat menelusuri pelbagai format informasi, tetapi juga melakukan publikasi elektronik, melakukan tinjauan pustaka atas dokumen yang ada di perpustakaan, membuat riwayat hidup, dan sebagainya. AtmaLib dikembangkan dengan pendekatan pengelolaan pengetahuan.

Laboratorium Komputer[sunting | sunting sumber]

Unika Atma Jaya memiliki 5 laboratorium komputer, yaitu 4 laboratorium komputer di Kampus Semanggi dan 1 laboratorium komputer di Kampus Pluit. Unika Atma Jaya juga memiliki fasilitas pencetakan dokumen yang terletak di Perpustakaan Pusat. Semua komputer di laboratorium tersambung ke internet dengan akses kecepatan tinggi. Selain itu seluruh area Kampus Semanggi dan Kampus Pluit telah tersambung melalui jaringan internet nirkabel dengan WiFi.

Aula Serbaguna[sunting | sunting sumber]

Unika Atma Jaya memiliki 4 aula serbaguna yang biasa digunakan untuk seminar, lokakarya, rapat, pelatihan, kegiatan seni dan orkestra, pengukuhan guru besar, dan lain-lain. Keempat aula serbaguna tersebut antara lain Aula D, Ruang Arinze, serta Ruang Lo Siang Hien Ginting dan Auditorium Unika Atma Jaya yang terletak di Gedung Yustinus (Kampus Semanggi). Kapasitas Ruang Arinze adalah sebanyak 150 orang, Aula D sebanyak 300 orang, Ruang Lo Siang Hien Ginting sebanyak 500 orang dan Auditorium Unika Atma Jaya sebanyak 1000 orang.

Gelanggang Olahraga[sunting | sunting sumber]

Gelanggang Olahraga (Sport Hall) Unika Atma Jaya merupakan fasilitas olahraga indoor yang dapat dipergunakan untuk aneka macam olahraga dan pertandingan. Selain itu terdapat pula 1 lapangan bulu tangkis indoor dan sarana tenis meja.

Pusat Kesehatan[sunting | sunting sumber]

Terdapat beberapa fasilitas di Kampus Semanggi yang didirikan dengan tujuan untuk melayani beberapa kebutuhan penting mahasiswa yaitu: Poliklinik dan Ruang Bimbingan Konseling Mahasiswa.

Prestasi[sunting | sunting sumber]

Prestasi membanggakan yang pernah diraih oleh Unika Atma Jaya antara lain memenangkan ASEAN Energy Awards dalam ASEAN Energy Competition yang diselenggarakan oleh ASEAN Centre for Energy pada tahun 2006. Unika Atma Jaya juga merupakan salah satu dari 10 Perguruan Tinggi yang diberi izin oleh pemerintah untuk meningkatkan kualifikasi guru SD ke jenjang S1 melalui sistem pendidikan jarak jauh berbasis ICT serta dipercaya menyelenggarakan program sertifikasi guru SD dalam jabatan melalui pendidikan.

Unika Atma Jaya termasuk dalam jaringan Indonesian Higher Education Network (INHERENT) bersama dengan PTN dan PTS terkemuka di Indonesia. Dan pada tahun 2007 Unika Atma Jaya terpilih sebagai salah satu dari “50 Promising Indonesian Universities” oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Republik Indonesia.

Sedangkan prestasi yang pernah diraih oleh mahasiswa Unika Atma Jaya di antaranya menjadi juara I National Round: Phillip C. Jessup’s International Law Moot Court Competition 2007, terpilih mewakili Indonesia dalam Hitachi Young Leaders Initiative VIII di Vietnam pada Januari 2007, serta terpilih mewakili Asia Tenggara dalam rangkaian kegiatan Dragon 100-2006 Study Tour di Hongkong dan Xian, China. Pada tahun 2008, Fakultas Hukum Unika Atma Jaya berhasil meraih Juara II Indonesia National Round: International Humanitarian Law Moot Court Competition 2008 yang diadakan oleh ICRC dan Indonesian Society of International Law. Pada Juli 2009, Unit Kegiatan Mahasiswa, Atma Jaya Debating Club (ADC) berhasil menjadi juara nasional ajang debat bergengsi National University English Debate Championship dan mewakili Indonesia di tingkat internasional di Turki pada Desember 2009. Prestasi lain yang tidak kalah membanggakan adalah terpilihnya salah seorang mahasiswa Unika Atma Jaya menjadi Juara I dalam Kompetisi Bebaskan Pengetahuan 2010 yang diselenggarakan oleh Wikipedia dan mewakili Indonesia dalam Konferensi Internasional Wikimania di Polandia.

Kerjasama[sunting | sunting sumber]

Unika Atma Jaya bekerja dengan beberapa universitas asing untuk program pertukaran pelajar, pertukaran dosen, beasiswa, penelitian bersama, dan kegiatan-kegiatan lainnya. Beberapa universitas yang menjalin kerjasama dengan Unika Atma Jaya antara lain:

  • Kanda University of International Studies (Jepang)
  • Southern Taiwan University of Technology (Taiwan)
  • Chung Yuan Christian University (Taiwan)
  • Woosong University Solbridge International (Korea)
  • Kyungsung University (Korea)
  • Catholic University of Korea (Korea)
  • Sogang University (Korea)
  • Daegu Mirae College (Korea)
  • University of Santo Tomas (Filipina)
  • The University of New South Wales (Australia)
  • Flinders University
  • University of Queensland (Australia)
  • Katholieke Universiteit Nijmegen(Belanda)
  • Maastricht Univesity (Belanda)
  • Radboud University (Belanda)
  • University of Illinois (Amerika)
  • Universitat Regensburg (Jerman)
  • Gelsenkirchen University of Applied Sciences-Bolcholt Campus (Jerman)
  • University of Applied Sciences Wuerzburg-Schweinfurt (Jerman)
  • The Webropol University (Jerman)

Dengan institusi dan asosiasi di luar negeri, antara lain:

  • National Center for Genetic Engineering & Biotechnology (Thailand)
  • National Science & Technology Development Agency (Thailand)
  • BIOTECH (Thailand)
  • The Australian Consortium for In Country Indonesian Studies (Australia)
  • Coca Cola Foundation (Amerika)
  • Max Planck Institute for Evolutionary Anthropology (Jerman)
  • German Caritas Association (Jerman)
  • The Katholiescher Akademischer Auslander Dienst (KAAD)

Lembaga Penelitian[sunting | sunting sumber]

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) bertujuan meningkatkan ketrampilan meneliti para dosen / peneliti dan mahasiswa, mengembangkan penelitian dasar dan terapan baik yang berbasis disiplin ilmu secara spesifik maupun yang bersifat lintas atau multi disiplin dalam rangka memperkaya mutu pengajaran, mencari solusi praktis maupun memengaruhi kebijakan di tingkat universitas dan masyarakat baik lokal, nasional maupun internasional, serta memberikan jasa pelayanan bagi semua segmen masyarakat, dengan fokus kegiatan pada peningkatan kesejahteraan masyarakat ekonomi lemah dan tersisih.

LPPM mewujudkan tujuannya melalui Pusat Kajian Pembangunan Masyarakat, Pusat Kajian Bahasa dan Budaya, Pusat Penelitian Kesehatan, Pusat Pengembangan Etika dan Pusat Pemberdayaan Masyarakat.

Alumni dan Bimbingan Karier[sunting | sunting sumber]

Melalui Biro Kemahasiswaan, Alumni dan Bimbingan Karier (BKAK), mahasiswa dan alumni memperoleh layanan karier berupa pelatihan ketrampilan kerja, magang, bursa kerja dan lain-lain. Ikatan Alumni Atma Jaya juga telah dibentuk sejak tahun 1975 dan bertujuan untuk menggalang kekompakan dan tali persaudaraan baik antar alumni maupun dengan almamater.

Pusat Pengajaran Bahasa (PPB)[sunting | sunting sumber]

Unika Atma Jaya membuka kesempatan luas bagi para peminat bahasa untuk mengikuti berbagai kursus bahasa yang tersedia. Mahasiswa dan masyarakat umum dapat mengikuti kursus Bahasa Inggris, Mandarin, Jepang, Korea, Perancis, maupun Spanyol. PPB juga membuka kursus bahasa Indonesia bagi penutur asing, legal translation, legal drafting, legal english course, maupun kelas persiapan TOEFL PBT, TOEFL IBT, IELTS, maupun TOEIC. Selain menyelenggarakan kursus bahasa, PPB juga memfasilitasi program ACICIS yang merupakan organisasi non-profit hasil kerja sama dengan Murdoch University, Australia. Dalam program ini, para mahasiswa asal Australia menempuh kegiatan selama satu semester penuh di Indonesia dengan Unika Atma Jaya sebagai tuan rumah penyelenggara.

Rektor[sunting | sunting sumber]

No Nama Masa Jabatan
1 Romo Danuwinata, SJ 1983-1987
2 Dra. E. Mariana Setiadarma 1987-1995
3 Prof. Dr. Thomas Suyatno 1995-1999
4 Prof. Dr. Harimurti Kridalaksana 1999-2003
5 Prof. Bernadette N. Setiadi, Ph.D. 2003-2007
6 Prof. Dr. F.G. Winarno 2007-2011
7 Prof. Dr. Ir. M.M. Lanny Widyastuti Pandjaitan, M.T. 2011-petahana
(masa habis tahun 2015)

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ PTS Online, 2010, http://www.pts.co.id/?q=profil-pts&kode=031-007
  2. ^ Indonesian University Rankings, Globe Asia magazine vol. 2 number 4, April 2008.
  3. ^ Universitas Swasta Pun Menawarkan Keunggulan, Koran Tempo, 2010, http://epaper.korantempo.com/KT/KT/2010/04/17/ArticleHtmls/17_04_2010_013_011.shtml
  4. ^ Akreditasi Institusi, 2010, http://www.atmajaya.ac.id/content.asp?f=0&id=3998
  5. ^ 50 Promising Indonesia Universities, (2010), Embassy of The Republic of Indonesia, http://www.embassyofindonesia.org/education/promisinguniversities.htm
  6. ^ Peta Kampus Semanggi dapat dilihat di sini [1].
  7. ^ Peta Kampus Pluit dapat dilihat di sini [2].

Pranala luar[sunting | sunting sumber]