Tiranosaurus

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
?Tyrannosaurus
Rentang fosil: Cretaceous Akhir, 68.5–65.5 Jtl
Tengkorak Tyrannosaurus rex, Palais de la Découverte, Paris.
Tengkorak Tyrannosaurus rex, Palais de la Découverte, Paris.
Klasifikasi ilmiah
Kerajaan: Animalia
Filum: Chordata
Kelas: Reptilia
Superordo: Dinosauria
Ordo: Saurischia
Upaordo: Theropoda
(tidak termasuk) Coelurosauria
Superfamili: Tyrannosauroidea
Famili: Tyrannosauridae
Upafamili: Tyrannosaurinae
Genus: Tyrannosaurus
Osborn, 1905
Spesies
  • T. rex (tipe)
    Osborn, 1905
Sinonim
Lihat Tulisan*

Tyrannosaurus rex (Tyrannosaurus, arti 'kadal yang kejam' / rex, arti 'raja) merupakan salah satu jenis dinosaurus karnivora yang terbesar. T-rex dapat tumbuh sepanjang 12,5 meter (sekitar 40 kaki)dan berat mencapai 4-7 ton . Dinosaurus ini memangsa dinosaurus herbivora besar seperti triceratops dan edmontosaurus yang merupakan herbivora terbesar di saat itu. Selain itu tyrannosaurus juga diketahui memiliki salah satu gigitan terkuat dibanding hewan darat lain yang pernah ada.

Deskripsi[sunting | sunting sumber]

Meskipun tubuh dan kepalanya amat besar tyrannosaurus memiliki suatu kejanggalan, yaitu tangannya yang amat kecil, menurut para ahli, tangan yang kecil milik Tyrano saurus hanya digunakan pada saat berhubungan badan. Tyrannosaurus kemungkinan memakainya untuk bangkit dari tanah saat berbaring. Selain itu ada sedikit bukti kalau mereka memiliki bulu. Tengkorak tyrannosaurus sendiri panjangnya kurang lebih 1,5 meter (sekitar 5 kaki). Rahangnya memiliki gigi yang amat besar sepanjang kurang lebih 15 cm (terbesar) dan sangat kuat. Panjang tubuh monster ini kemungkinan sekitar 11-12,4 meter (berdasarkan spesimen terbesarnya yaitu "Sue"). Namun baru-baru ini diketahui bahwa T-rex dapat tumbuh hingga 13 meter. T-rex dapat berlari hingga 40 km/jam,letak matanya pada kepalanya mirip dengan serigala, mata itu digunakan untuk melihat keadaan musuhnya atau mangsanya.

Perilaku[sunting | sunting sumber]

Tyrannosaurus kemungkinan berperilaku sama seperti buaya dan dan reptil modern lainnya, hal ini diketahui dari bentuk otak mereka yang amat mirip dengan buaya dan aligator. Dalam catatan fosilnya juga ditemukan sedikit bukti perilaku sosial.Fosil menunjukkan bahwa Tyrannosaurus adalah binatang kanibal-ditemukan gigi spesimen yang lebih besar di spesimen yang lebih kecil. Dahulu para ilmuwan mengira Tyrannosaurus rex tidak mengasuh anak-anaknya,namun kini kita tahu bahwa mereka adalah orang tua yang baik.Tyrannosaurus mempunyai kehidupan sosial yang aktif.Mereka kemungkinan menjadi dewasa pada usia 20 tahun dan mungkin mati pada usia 50-70 tahun.Tyrannosaurus jantan tumbuh hingga 11,8 m dan berat 6 ton,lebih kecil daripada Tyrannosaurus betina yang bisa mencapai 12,5 m dan berat 7 ton.Saat musim kawin,Tyrannosaurus jantan akan berburu mangsa dan menghadiahkannya pada sang betina sebagai'persyaratan'.Ini mungkin bisa saja dilakukan karena ukuran si betina lebih besar dan bisa saja menjadikan jantan sebagai santapannya.Dari bukti fosil Tyrannosaurus adalah keluarga Tyrannosauridae,yang mencakup Albertosaurus(Panjang 9 m dari Kanada),Daspletosaurus(Panjang 9,2 m dari Amerika Serikat dan Kanada),Gorgosaurus(Panjang 8,5 m dari Amerika Serikat),dan Tarbosaurus(Panjang 10-11 m dari Mongolia).

Sejarah Penemuan[sunting | sunting sumber]

Tahun 1892, ditemukan bagian dari tulang punggung yang diduga punya T-rex oleh panteolog bernama Edward Drinker Cope dan diberi nama Manospondylus gigas. Fosil kedua ditemukan tahun 1900 oleh Barnum Brown dari negara bagian Wyoming dan diberinama Dynamosaurus imperiosus oleh Henry Fairfield Osborn pada tahun 1905. Dan fosil ketiga pun ditemukan oleh Henry Fairfield Osborn pada tahun 1902 di negara bagian montana dan diberi nama Tyrannosaurus rex. Fosilnya tidak utuh,tapi gigi dan rahangnya masih lengkap.Sejak itulah dinosaurus ini menjadi terkenal karena untuk waktu yang lama sempat diduga sebagai karnivora terbesar di darat,sampai Carcharodontosaurus ditemukan tahun 1920 dan Giganotosaurus tahun 1994,yang ternyata jauh lebih besar daripada T-rex.

Pembagian Genetik[sunting | sunting sumber]

Sinonim[sunting | sunting sumber]

  • Manospondylus Cope, 1892
  • Dynamosaurus Osborn, 1905
  • Nanotyrannus Bakker, Williams et Currie, 1988
  • Dinotyrannus Olshevsky, 1995
  • Stygivenator Olshevsky, 1995

Posisi Taksonomi[sunting | sunting sumber]

Hasil Penelitian Tyrannosaurus[sunting | sunting sumber]

Cara Berdiri[sunting | sunting sumber]

Tipe Gozila (gambar-1)
Tipe Balance (gambar 2)

Dalam Cara Berdiri awalnya diperkirakan T-rex berjalan seperti gozila(seperti kangguru ketika berdiri). Tetapi akhir-akhir ini diperkirakan T-rex lebih bongkok Seperti yang ada di gambar-2.

Kepintaran[sunting | sunting sumber]

Otak dan indra penciuman T-rex sangat bagus dan matanya pun terletak dibagian yang baik sehingga T-rex Bisa menyerang mangsa nya dengan baik karena T-rex bisa memperkirakan berapa jauh nya dengan mangsa dan bisa menyusun strategi. Dan ditambah dengan saluran setengah lingkaran yang bagus senhingga keseimbangannyapun bagus.

Kecepatan[sunting | sunting sumber]

Tentang Kecepatan T-rex Masih banyak Teori-teori yang kuat, disebabkan oleh fosil jejak T-rex yang langka, saat T-Rex akan berlari dia akan mundur terlebih dahulu untuk mencari power yang tepat atau untuk memfokuskan serangannya... Di bawah ini akan dijelaskan teori-teoritersebut

Teori 40km/h~50km/h
Berat T-rex diperkirakan sekitar 4-5ton sehingga para ilmuwan menyimpulkan bhwa kecepatan T-rex adalah 40-50km/h. Tetapi karena ditemukannya fosil-fosil T-rex, bisa dibilang bahwa berat T-rex lebih berat.
Teori Susah Lari
Donald Henderson membuat allosaurus dan Tyrannosaurus dengan gambar 3D dan membuat simulasi dan membandingkanya, dan dia menyatakan bahwa kecepatan T-rex paling cepat adalah 18km/h karena panjang langkah nya tidak terlalu besar pada tahun 1999. dan pada tahun 2002 John Hutchinson menyatakan bahwa T-rex tidak bisa lari.
Teori 30km/h
Bill Sellers dari universitas Manchester membuat simulasi T-rex dan menyimpulkan bahwa berat T-rex adalah 6 ton dan kecepatan T-rex bisa mencapai 29km/h. didalam teorinya pun dinyatakan kecepatan minimum T-rex 20km/h sampai 50km/h.

Dalam Kebudayaan Populer[sunting | sunting sumber]

Sejak pertama ditemukan T-rex menjadi amat terkenal. Salah satu kemunculannya yang paling terkenal adalah dalam film Jurassic Park. Mereka juga dimunculkan dalam serial dokumenter seperti serial 'walking with' dan juga game serta buku.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]