Klad

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Pengelompokan reptilia dan burung umumnya dianggap monofiletik.

Klad atau klade adalah suatu kelompok taksonomi yang memiliki satu leluhur bersama dan semua keturunannya juga berasal dari moyang tersebut. Kelompok semacam itu dikatakan sebagai kelompok monofiletik, yang dapat digambarkan melalui analisis filogenetika, seperti dalam diagram pohon atau suatu kladogram.

Jika suatu klad secara konsisten selalu muncul dalam berbagai analisis kladistika dengan menggunakan berbagai himpunan data, klad tersebut dapat diadopsi dalam taksonomi dan dapat menjadi suatu takson. Meskipun demikian, tidak semua takson yang diakui saat ini dapat dianggap sebagai klad. Reptilia, misalnya, merupakan kelompok parafiletik karena tidak memasukkan aves (burung) yang juga dianggap berevolusi dari leluhur yang sama dari reptilia.

Dalam kladistika, suatu klad yang terdapat dalam suatu klad lain disebut "tersarang" dalam klad tersebut. Klad yang tersarang tersebut memiliki beberapa kegunaan, misalnya dapat memberikan cakupan ekspansi pada suatu wilayah geografis yang terisolasi.

Berkembangnya penggunaan teknik-teknik biologi molekuler membuat penggunaan kladistika menjadi populer, dan banyak pengelompokan klasifikasi klasik yang sekarang harus ditinjau ulang karena tidak menggambarkan proses evolusi yang semestinya, sebagaimana yang ditunjukkan oleh hasil analisis kladistika. Contoh yang paling populer adalah pada klasifikasi Chordata/Vertebrata dan Tumbuhan Berbunga (Angiospermae).

Pranala luar[sunting | sunting sumber]