Tulang kering

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Gray260.png

Tulang kering (bahasa Inggris: shinbone, shankbone) atau disebut juga tibia, adalah satu dari dua tulang yang lebih besar dan lebih kuat yang berada di bawah lutut pada vertebrata (tulang yang satunya lagi adalah fibula), yang menghubungkan lutut dengan tulang pergelangan kaki. Secara umum dikenal sebagai tulang yang paling kuat dalam memikul beban berat,[1] tibia dapat ditemukan di sebelah fibula. Merupakan tulang terbesar kedua dalam tubuh manusia, yang terbesar adalah femur. Dinamai tibia berdasarkan seorang pemain flute Yunani, bernama Aulos yang juga dikenal sebagai Tibia. Tulang kering juga berfungsi sebagai penyambung lengan, tulang kering berisi sumsum merah yang kaya akan darah merah,[2] dan tulangnya berbentuk pipa.

Galeri[sunting | sunting sumber]

Rujukan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ (Inggris) "Internal loads in the human tibia during gait". Institute of Orthopaedic Research and Biomechanics, University of Ulm; Wehner T, Claes L, Simon U. Diakses 2011-09-17. 
  2. ^ (Inggris) "Extraosseous blood supply of the tibia and the effects of different plating techniques: a human cadaveric study". Department of Orthopaedic Surgery, Washington University School of Medicine; Borrelli J Jr, Prickett W, Song E, Becker D, Ricci W. Diakses 2011-09-17.