Brachiosaurus

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
?Brachiosaurus
Rentang fosil: Jurassic akhir
Kerangka Brachiosaurus
Kerangka Brachiosaurus
Klasifikasi ilmiah
Kerajaan: Animalia
Filum: Chordata
Kelas: Sauropsida
Superordo: Dinosauria
Ordo: Saurischia
Upaordo: Sauropodomorpha
Infraordo: Sauropoda
Famili: Brachiosauridae
Genus: Brachiosaurus
Elmer S.Ringgs, 1901
Spesies
  • B. altithorax
  • B. brancai
Sinonim
  • Giraffatitan brancai

Brachiosaurus adalah salah satu jenis dinosaurus herbivora dari kelompok Saurischia pinggul dan termasuk ke dalam kelompok Sauropodomorpha (Sauropoda).Brachiosaurus adalah salah satu dinosaurus raksasa yang sudah dikenali dengan sangat baik.

Ukuran[sunting | sunting sumber]

Brachiosaurus termasuk satu dari tujuh dinosaurus terbesar sepanjang masa.Panjang tubuhnya bisa mencapai 26,5 m dengan tinggi 14 m atau lebih tinggi daripada gedung empat lantai dengan berat 50-70 ton.Brachiosaurus jarang diserang-mereka hidup dalam kelompok kecil dan bisa dengan mudah menghancurkan predator potensial seperti Allosaurus atau Saurophaganax dengan menginjaknya menggunakan bobot tubuhnya yang luar biasa.Panjang tengkoraknya sekitar 80 cm.

Karakteristik[sunting | sunting sumber]

Brachiosaurus hidup pada zaman Jurasik Akhir,155-145 juta tahun yang lalu. Brachiosaurus memiliki leher sepanjang 9 m yang tersusun dari belasan tulang belakang dan tulang rusuk berbentuk aneh.Keadaan ini menyebabkan leher Brachiosaurus kemungkinan besar tidak selentur yang pernah diduga para ilmuwan.Kaki depannya juga jauh lebih tinggi daripada kaki belakangnya,membuat tubuh Brachiosaurus terlihat menurun.

Penemuan dan Penamaan[sunting | sunting sumber]

Fosil Brachiosaurus ditemukan pada tahun 1902 di Amerika Serikat oleh Elmer Smith Ringgs.Ringgs menamainya dalam Bahasa Yunani dan Latin yang berarti”Kadal berlengan” karena kaki depannya lebih panjang daripada kaki belakang.Fosil Brachiosaurus ditemukan di Morisson Formation B(Amerika Serikat)dan Tendaguru Beds (Tanzania).Brachiosaurus yang ditemukan di Amerika Utara diberi nama”Brachiosaurus altithorax”sedangkan yang ditemukan di Afrika diberi nama”Brachiosaurus brancai”,yang juga disebut Giraffatitan brancai(Jerapah raksasa).

Hidup restorasi

Kerangka Brachiosaurus terlengkap dipajang di Museum Humboldt,Berlin.Kerangka ini memiliki panjang 22,5 m dan tinggi nyaris 12 m dengan berat 27,2 sampai 49 ton.Kerangka ini berdasar pada fosil Brachiosaurus yang belum tumbuh maksimal yang ditemukan di Lembah Tendaguru.

Dalam Budaya Populer[sunting | sunting sumber]

Brachiosaurus ditampilkan dalam banyak buku dan film,termasuk dua film Jurassic Park, dimana dinosaurus pertama yang dilihat Dr.Alan Grant,Dr.Ellie Sattler,dan Dr.Ian Malcolm adalah seekor Brachiosaurus,yang juga mengejutkan Tim dan Max saat mereka berada diatas pohon setelah menghindar dari Tyrannosaurus.Di film Jurassic Park III,rombongan Brachiosaurus terlihat ketika pesawat melintasi Isla Sorna,dan menyapa tim Paul Kirby di sungai. Brachiosaurus juga ditampilkan di Walking With Dinosaurs produksi BBC episode dua: Time For Titans,bersama dengan Diplodocus hallorum muda.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]