Mamenchisaurus

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
?Mamenchisaurus
Rentang fosil: Jurasik Akhir
Mamench DB.jpg
Klasifikasi ilmiah
Kerajaan: Animalia
Filum: Chordata
Kelas: Sauropsida
Superordo: Dinosauria
Ordo: Saurischia
Upaordo: Sauropodomorpha
Infraordo: Sauropoda
Famili: Mamenchisauridae
Genus: Mamenchisaurus
Young, 1954
Spesies
  • M. constructus Young, 1954 (type)
  • M. hochuanensis Young & Zhao, 1972
  • M. sinocanadorum Russell & Zheng, 1994
  • M. youngi Pi, Ouyang & Ye, 1996
  • M. anyuensis He et al., 1996
  • M. jingyanensis Zhang, Li & Zeng, 1998

Mamenchisaurus adalah jenis dari dinosaurus herbivora berkaki empat yang memiliki bentuk leher yang sangat panjang. Sebagian besar spesiesnya hidup pada 145-150 juta tahun yang lalu, pada periode Tithoania di akhir periode Jurasik.

Penemuan[sunting | sunting sumber]

Fosil Mamenchisaurus jingyanesi, di Museum Sejarah Alam Beijing.

Fosil Mamenchisaurus pertama kali ditemukan pada tahun 1952 di sebuah situs konstruksi jalan tol di Sichuan, Republik Rakyat Tiongkok. Sebagian fosil tulang diteliti dan dinamakan Mamenchisaurus constructus pada tahun 1954 oleh Professor Yang Zhongjian atau C. C. Young, seorang paleontologis terkenal Tiongkok.

Pada tahun 1972, spesies kedua dari Mamenchisaurus ditemukan (M. hochuanensis).

Mamenchisaurus berarti 'Kadal Mamenchi', dari bahasa mandarin Pinyin (马 'kuda') dan mén (门 'gerbang'), chi adalah translitrasi dari kata (溪 'aliran'), dikombinasikan dengan akhiran -saurus yang berarti "kadal").

Ukuran[sunting | sunting sumber]

Mamenchisaurus adalah Sauropoda raksasa. Panjangnya berkisar antara 20-25 m dengan berat mencapai 23 ton, menjadikannya sebagai satu dari delapan belas dinosaurus terbesar. Tingginya sekitar 5-6 m. Leher Mamenchisaurus adalah leher paling panjang dari semua makhluk yang pernah berjalan di Bumi, yaitu antara 9-13 m. Walaupun sangat panjang, leher ini tidak terlalu luwes atau lentur karena ditopang oleh sistem tendon dan otot-otot yang sangat kuat. Beberapa ilustrasi pada zaman dahulu menganggap Mamenchisaurus bisa mengangkat lehernya lurus ke atas untuk mencapai daun di pohon yang tinggi, namun kini ide itu dibantah. Posisi kepala yang terlalu tinggi akan membuat jantung sulit memompa darah ke kepala dan leher sepanjang itu lebih mungkin digunakan untuk membantu kepalanya merenggut daun-daun yang berada jauh dari tubuhnya. Beberapa ahli juga berpikir herbivora ini hidup di air, menggunakan daya apung untuk mencari makanan, tetapi Mamenchisaurus bisa terperosok ke lumpur karena beratnya yang luar biasa, dan lebih memilih untuk hidup di tanah kering.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]