Rebbachisaurus

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Rebbachisaurus
Rentang fosil: Kapur Akhir,
99–97 jtyl
Vertebra dorsal (A, B) dan skapula (C) dari spesimen holotipe.
Klasifikasi ilmiah
Kerajaan:
Filum:
(tanpa takson):
(tanpa takson):
(tanpa takson):
(tanpa takson):
Superfamili:
Famili:
Genus:
Rebbachisaurus

Spesies:
R. garasbae
Nama binomial
Rebbachisaurus garasbae
Lavocat, 1954
Sinonim

Rebbachisaurus (berarti "kadal Aït Rebbach") adalah genus dari dinosaurus sauropoda dari superfamili Diplodocoidea yang hidup pada periode Kapur Akhir di wilayah yang sekarang merupakan Afrika dan kemungkinan juga Amerika Selatan sekitar 99 hingga 97 juta tahun lalu. Sisa-sisa milik Rebbachisaurus sudah ditemukan di Maroko, Niger, Algeria, Tunisia, dan kemungkinan juga Argentina (bila Rayososaurus merupakan hewan yang sama, atau sinonim dari, dengan Rebbachisaurus), meski hanya sisa-sisa yang ditemukan di Maroko merupakan satu-satunya sisa yang bisa dihubungkan dengan genus ini secara pasti. Penemuan dari Rayososaurus, sebuah genus sauropoda Amerika Selatan yang hampir identik dengan genus ini, dapat merupakan hewan yang sama dengan Rebbachisaurus, mendukung teori bahwa masih ada lajur daran yang mengubungkan Afrika dan Amerika Selatan pada periode Kapur Awal, lama setelah sebelumnya umum dianggap sudah berpisah.[2]

Sejarah penemuan[sunting | sunting sumber]

Perbandingan tulang punggung Rebbachisaurus (kiri) dengan tulang punggung Maraapunisaurus (kiri) dan Histriasaurus (kanan).

Antara 8 Oktober 1948 dan 3 Januari 1952, René Lavocat mengumpulkan holotipe Rebbachisaurus garasbae (MNHN-MRS 1958), yang terdiri dari sepuluh tulang rusuk, tulang belikat kanan, sebelas ruas tulang belakang, sakrum, satu humerus, dan dua tulang yang mungkin milik panggul, dalam Formasi Aoufous di Gara Sbaa, Errachidia di Maroko. Dia menamai jenis spesies tersebut R. garasbae pada tahun yang sama tetapi hanya tulang belikat dan satu tulang belakang dari sebelas yang pada awalnya dideskripsikan, sangat singkat dan tanpa ilustrasi.[3] Fosil-fosil tersebut dibiarkan tidak terdeskripsikan dan diabaikan hingga tahun 2015, ketika Jeffrey Wilson dan Ronan Allain membersihkan holotipe dan mendeskripsikan sisa fosil yang tidak pernah dideskripsikan Lavocat pada tahun 1954.[4] Spesimen kedua, terdiri dari sebagian vertebra berukuran tinggi hingga 1,45 meter (4,8 kaki) jika lengkap (juga ditemukan di Aoufous) juga telah ditugaskan ke R. garasbae.

Spesies kedua diberi nama oleh de Lapparent pada tahun 1960,[5] Rebbachisaurus tamensnensis. Spesimen jenis, yang dikumpulkan oleh Lapparent dalam Formasi intercalaire Kontinental (awalnya diyakini telah ditemukan di lokalitas Gall, Formasi Tiourarén) di Niger, diduga terdiri dari dua humeri dan dua femora, dan spesimen kedua terdiri dari empat gigi terisolasi, sebuah fragmen gigi dengan tiga gigi, lebih dari 100 tulang belakang, enam chevron, 12 tulang rusuk, 5 tulang belikat, sebuah ilium, dua ischia, dan banyak elemen anggota badan, namun, bahan takson ini dikumpulkan dari berbagai lokasi di Sahara, seperti beberapa situs di Formasi Elrhaz di Niger, dan tidak merujuk pada Rebbachisaurus.

Spesies ketiga diberi nama oleh Calvo dan Salgado pada tahun 1995, Rebbachisaurus tessonei.[6] Spesies ini ditemukan di Formasi Candeleros di Argentina, berdekatan dengan tempat holotipe Giganotosaurus carolinii ditemukan. Spesies ini kemudian dipindahkan ke genus baru Limaysaurus pada tahun 2004.[7]

Sering diyakini bahwa rebbachisaurid Rayososaurus agrioensis, dinamai oleh José Bonaparte pada tahun 1996, identik dengan Rebbachisaurus garasbae. Rayososaurus sangat mirip dengan Rebbachisaurus dan ada beberapa perdebatan mengenai apakah Rayososaurus memang merupakan genus yang terpisah. Namun, perbedaan morfologi dan temporal cenderung mendukung perbedaan tersebut, karena Rayososaurus diketahui dari Formasi Candeleros di Argentina, sedangkan Rebbachisaurus diketahui dari Formasi Aoufous di Maroko.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ L. M. Ibiricu, G. A. Casal, M. C. Lamanna, R. D. Martínez, J. D. Harris and K. J. Lacovara. (2012). The southernmost records of Rebbachisauridae (Sauropoda: Diplodocoidea), from early Late Cretaceous deposits in central Patagonia. Cretaceous Research 34:220-232
  2. ^ Bonaparte, J. (1996). "Cretaceous tetrapods of Argentina". Münchner Geowissenschaften Abhandlungen 30: 73-130.
  3. ^ Lavocat, R. (1954) "Sur les dinosauriens du Continental Intercalaire des Kem-Kem de la Daoura" (On the dinosaurs from the Continental Intercalaire of the Kem Kem of the Doaura). Comptes Rendus 19th International Geological Congress 1952 1: 65-68.
  4. ^ Wilson, Jeffrey A.; Allain, Ronan (2015-06-23). "Osteology of Rebbachisaurus garasbae Lavocat, 1954, a diplodocoid (Dinosauria, Sauropoda) from the early Late Cretaceous–aged Kem Kem beds of southeastern Morocco". Journal of Vertebrate Paleontology. 35 (4): e1000701. Bibcode:2015JVPal..35E0701W. doi:10.1080/02724634.2014.1000701. ISSN 0272-4634. 
  5. ^ de Lapparent A. F. (1960) "The dinosaurs of the “Continental Intercalaire” of the central Sahara". Memoirs of the Geological Society of France 39: 1-60.
  6. ^ Calvo G. O. and Salgado L (1995) "Rebbachisaurus tessonei sp. nov. A new sauropod from the Albian-Cenomanian of Argentina; new evidence on the origin of the Diplodocidae". GAlA No 11, pp. 13-33.
  7. ^ Salgado, L., Garrido, A., Cocca, S. E., and Cocca, J. R. (2004). "Lower Cretaceous rebbachisaurid sauropods from Cerro Aguada Del León, Neuquén Province, northwestern Patagonia, Argentina." Journal of Vertebrate Paleontology, 24(4): 903-912, December 2004.