Yunnanosaurus

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
?Yunnanosaurus
Rentang fosil: Early - Middle Jurassic
Yunnanosaurus huangi
Yunnanosaurus huangi
Klasifikasi ilmiah
Kerajaan: Animalia
Filum: Chordata
Kelas: Sauropsida
Superordo: Dinosauria
Ordo: Saurischia
Upaordo: Sauropodomorpha
Infraordo: Prosauropoda
Famili: Yunnanosauridae
Young, 1942
Genus: Yunnanosaurus
Young, 1942
Spesies

Y. huangi Young, 1942 (type)
Y. youngi Lu et al., 2007


Yunnanosaurus adalah genus dinosaurus prosauropoda dari Awal hingga Periode Jura Tengah, dimana posisi waktu pada saat itu membuat salah satu prosauropods terakhir. Hal ini terkait erat dengan Lufengosaurus. Dikenal dari dua spesies yang ada, ukuran Yunnanosaurus berkisar dari panjang 7 meter (23 kaki) dan tinggi 2 m (6,5 kaki) sampai panjang 13 m (42 kaki) dalam spesies terbesar.

Penemuan[sunting | sunting sumber]

Yang Zhongjian (alias C.C. Young) menemukan kerangka-kerangka Yunnanosaurus pertama di Formasi Lufeng Yunnan, Tiongkok. Fosil temuan itu terdiri lebih dari dua puluh kerangka yang belum lengkap, termasuk dua tengkorak, dan digali oleh Tsun Yi Wang.

Pertumbuhan gigi[sunting | sunting sumber]

Ada gigi berbentuk sendok lebih dari enam puluh yang ada dalam rahang Yunnanosaurus, dan menjadi unik di antara prosauropoda yang mengasah gigi mereka sendiri karena mereka "[memakai] melawan satu sama lain sebagai makan hewan." Para ilmuwan mempertimbangkan gigi mereka menjadi lebih maju dibandingkan dengan prosauropoda lain, karena mereka berbagi fitur dengan sauropoda.

Namun, para ilmuwan tidak menganggap Yunnanosaurus menjadi sangat dekat dengan sauropoda dalam kekerabatan karena bagian sisa tubuh hewan adalah jelas prosauropod dalam desain. Ini adalah perbedaan penting yang menyiratkan bahwa kesamaan dalam gigi antara Yunnanosaurus dan sauropoda mungkin merupakan contoh evolusi konvergen.