Maastrichtium

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Maastrichtium adalah sub-kala keenam dan terakhir dari kala Kapur Akhir, yang dimulai pada 72.1 juta tahun lalu, hingga 66 juta tahun lalu. Subkala ini ditentukan dengan kronostratigrafi, dan sudah memiliki GSSP (Global Boundary Stratotype Sections and Points).[1] Akhir dari subkala ini ditandai dengan punahnya dinosaurus.

Definisi[sunting | sunting sumber]

Peristiwa kepunahan Kapur–Paleogen (sebelumnya dikenal sebagai peristiwa kepunahan Kapur–Tersier)[2] terjadi pada akhir zaman ini. Dalam kepunahan massal ini, banyak kelompok yang umum dikenal seperti dinosaurus non-unggas, plesiosaurus dan mosasaurus, serta banyak kelompok lain yang kurang dikenal, punah. Penyebab kepunahan ini paling sering dikaitkan dengan asteroid dengan lebar sekitar 10 hingga 15 kilometer (6,2 hingga 9,3 mil)[3][4] yang bertabrakan dengan Bumi, mengakhiri Kapur.

Maastrichtium diperkenalkan ke dalam literatur ilmiah oleh ahli geologi Belgia André Hubert Dumont pada tahun 1849, setelah mempelajari strata batuan dari Grup Kapur yang dekat dengan kota Maastricht di Belanda. Lapisan-lapisan ini sekarang diklasifikasikan sebagai Formasi Maastricht - baik formasi maupun panggung mendapatkan namanya dari kota. Formasi Maastricht dikenal karena fosilnya dari zaman ini, terutama reptil laut raksasa Mosasaurus, yang namanya diambil dari sungai terdekat Maas (mosa adalah bahasa Latin untuk sungai Maas).

Dasar dari Masa Maastricht adalah kemunculan pertama spesies amon ''Pachydiscus neubergicus''. Di lokasi tipe asli dekat Maastricht, catatan stratigrafi kemudian ditemukan tidak lengkap. Profil referensi untuk pangkalan itu kemudian ditunjuk di bagian sepanjang sungai Ardor yang disebut Grande Carrière, dekat dengan desa Tercis-les-Bains di barat daya Prancis.[5] Puncak Tahap Maastricht didefinisikan berada pada anomali iridium pada batas Kapur–Paleogen (batas K–Pg), yang juga dicirikan oleh kepunahan banyak kelompok kehidupan, seperti foraminifera tertentu dan nanoplankton berkapur, semuanya amon dan belemnit, dll.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Geologic TimeScale Foundation - Stratigraphic Information". timescalefoundation.org. Diakses tanggal 2021-09-02. 
  2. ^ Penunjukan ini sebagai bagian dari istilah, 'Tersier', yang sekarang tidak disarankan sebagai unit geokronologis formal oleh Komisi Internasional untuk Stratigrafi.
  3. ^ "Scientists reconstruct ancient impact that dwarfs dinosaur-extinction blast" American Geophysical Union.
  4. ^ "Dinosaur asteroid hit 'worst possible place" BBC News Online.
  5. ^ GSSP dijelaskan oleh Odin (2001); Odin & Lamaurelle (2001).