Aligator

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Aligator
Alligator
Rekaman

Taksonomi
KerajaanAnimalia
FilumChordata
KelasReptilia
OrdoCrocodilia
FamiliAlligatoridae
GenusAlligator
Cuvier, 1807
Aligator di Louisiana

Aligator adalah hewan yang termasuk dalam genus Alligator, namun dapat pula merujuk pada lingkup yang lebih luas, yaitu famili Alligatoridae[1], meskipun famili tersebut juga mencakup kelompok kaiman dari sub famili Caimaninae. Aligator masih berkerabat dekat dengan kelompok hewan buaya (famili Crocodylidae). Nama aligator diambil dari bahasa Spanyol, sekelompok koloni Spanyol yang pertama kali menjelajah daerah berawa-rawa yang luas di Semenanjung Florida menjumpai hewan yang mereka sebut el laganto yaang berarti "sang kadal". Koloni Prancis yang saat itu menduduki daerah hilir Sungai Mississippi juga menjumpai hewan-hewan yang sama dan mereka juga menyebutnya Allagetra yang berarti "kadal-rawa". Kedua kata tersebut akhirnya diserap ke dalam Bahasa Inggris oleh koloni Inggris yang juga berada di sana menjadi Alligator.

Perbedaan aligator dengan buaya (crocodile) terlihat jelas dari bagian mulut dan gigi, mulut aligator terlihat lebih lebar dan bibir tampak rapi menutupi gigi. Sedangkan buaya mempunyai mulut agak memanjang dan membentuk huruf V, dan banyak terlihat gigi yang keluar dari bibir, walaupun dalam keadaan mulut tertutup. Khususnya gigi keempat bagian bawah.

Terdapat 5 spesies Aligator di dunia, namun hanya 2 spesies yang masih hidup, yakni:

Di samping itu terdapat lagi 6 spesies Caiman, yang masih juga keluarga aligator (masih anggota keluarga besar Crocodilian, yang total semuanya beranggotakan 23 spesies).

Habitat[sunting | sunting sumber]

Ada dua negara di dunia yang memiliki aligator: Amerika Serikat dan Republik Rakyat Tiongkok. Aligator Tiongkok terancam punah dan hanya tinggal di lembah Sungai Yangtze. Aligator Amerika ditemukan dari Carolina, Amerika Serikat kemudian ke bagian barat di sepanjang pesisir Teluk Meksiko sampai Texas bagian tenggara. Mayoritas Aligator Amerika terdapat di Louisiana, Mississippi selatan, dan Florida Everglades. Di Florida sendiri, terdapat lebih dari 1 juta aligator. Aligator Amerika tinggal di lingkungan air tawar, seperti kolam, rawa-rawa, daratan basah (wetland), dan sungai. Di Tiongkok, mereka hanya tinggal di hilir Sungai Yangtze.

Perilaku[sunting | sunting sumber]

Aligator adalah hewan yang hidup sendiri. Spesies terbesarnya (jantan dan betina) akan mempertahankan wilayah utamanya. Mangsa utama aligator adalah hewan yang lebih kecil yang dapat mereka bunuh dan makan dalam satu gigitan. Aligator kadang-kadang juga memangsa hewan yang lebih besar dengan cara mencengkramnya dan menenggelamkannya di dalam air.

Reproduksi[sunting | sunting sumber]

Aligator adalah hewan yang berkembang biak secara musiman. Masa kawin pada musim semi ketika air hangat. Aligator berkembang biak secara bertelur.

  1. ^ Parker, Sybil, P. (1984). McGraw-Hill Dictionary of Biology. McGraw-Hill Company.